Daftar Menu Paling Enak di Kimukatsu, Spesialis Mille-Feuille

Ditulis oleh Syuri

Kamu mungkin tahu apa itu katsu. Makanan asal Jepang ini memang sangat populer. Biasanya katsu terbuat dari daging ayam, sapi, dan babi. Tapi, ada yang beda dari Kimukatsu (キムカツ). Restoran ini menyajikan Mille-Feuille Katsu, terinspirasi dari kue lapis Prancis, dagingnya itu dibuat berlapis-lapis hingga bertumpuk! Jadi, rasanya itu juicy di dalam tapi renyah di luar.

Restoran bernama Kimukatsu yang menyajikan katsu lapis ini konsep awalnya sama dengan cabang yang ada di Tokyo, Jepang. Tetapi, di Indonesia, mereka tidak menyajikan daging babi di restorannya. So, restoran ini halal, ya, hanya menyediakan ayam, sapi, dan ikan saja.

Sedangkan untuk penyajiannya, seperti katsu pada umumnya, yaitu dengan nasi putih dan salad kol. Kalau saladnya masih kurang, ada beberapa jenis salad lainnya yang bisa kamu pesan, loh. Menu di Kimukatsu beragam, mulai dari appetizer, main course, hingga dessert. Semua rasanya enak-enak, pelayanan gesit kurang dari 15 menit semua menu datang dalam kondisi hangat,

Menu di restoran ini tentu beragam. Tapi, ada satu hal yang sama, yaitu pilihan rasanya. Kamu bisa memilih katsunya disajikan secara Original (polos), atau dengan isian Garlic, Cheese, Black Pepper, dan Negi Shio. Semua rasa ini bisa kamu pilih baik untuk Beef Katsu maupun Chicken Katsu, ya. Untuk varian menu akan Keluyuran bahas di bawah, ya.

Racik Sausmu Sendiri

Biasanya kalau kita makan di restoran, sausnya sudah ada, tinggal kita pakai. Tapi, Kimukatsu mengajak pengunjung untuk meracik sausnya sendiri. Nanti, setiap pesanan katsu akan datang bersama mangkuk kecil dan ulekan/tumbukan.

Terus, kamu harus mengulek biji wijen yang telah disediakan sampai halus, baru tambahkan saus khas Kimukatsu yang terbuat dari fermentasi apel, tomat, dan secret recipe.

Tapi, kalau kamu lebih suka biji wijennya utuh ya tidak perlu dihancurkan dulu, langsung saja campur dengan sausnya. Cita rasa saus Kimukatsu sangat unik, sedikit asam dicampur aroma khas biji wijen. Cocok banget dipadu dengan katsumu!

Selain saus Kimukatsu original, ada beragam saos lainnya juga sebenarnya, seperti Saus Wasabi dan Cuka. Cobain saja semuanya untuk mengetahui mana saus favoritmu, ya.

Appetizer

Menu Kimukatsu paling enak dimulai dari appetizer alias makanan pembuka atau camilan. beberapa menu di bawah ini bisa dipesan sebelum kamu memilih mau jenis katsunya. Dan, sambil menunggu katsu kamu datang, kamu bisa nyemil menu ini dulu buat ganjal perut yang sudah berontak.

1. Agedashi Tofu

Mirip tahu gejrot, ya? Ini adalah tahu goreng yang diberi kuah dashi (ikan). Tofu-nya dibikin sedikit krispi di luar tapi dalamnya tetap lembut. Kuah dashi-nya juga enak, tidak enek, dan sedikit agak manis.


2. Tempe Katsu

tempe katsuSumber: kumparan.com

Tempe Katsu sebenarnya bagian dari appetizer, tapi kalau kamu vegetarian, bisa pesan katsu ini saja untuk makan besar. Rata-rata harga appetizer berkisar 9.000 sampai 25.000.

3. Homemade Gyoza

homemade gyoza_

Satu menu appetizer lain yang bisa kamu coba di Kimukatsu adalah Homemade Gyoza. Gyoza sendiri merupakan dumpling berisi daging ayam dan kol, yang digoreng hingga kecokelatan. Teksturnya garing di luar dan lembut di dalam. Satu porsi Homemade Gyoza di Kimukatsu bisa kamu dapatkan dengan harga Rp26.000-an.

Main Course

Sekarang kita masuk ke menu utama Kimukatsu. Tentu hampir semuanya berupa katsu, walau ada juga menu lainnya seperti Bibimbap, Nasi Goreng, dan Sushi. Berikut menu paling enak di Kimukatsu versi Keluyuran.

1. Original Chicken

original chicken

Duh, coba lihat itu lapisan ayam di dalam katsunya! Ini adalah Chicken Katsu Original, alias tidak diberi isian apa-apa lagi. Dari gigitan pertama saja, sudah terasa nikmatnya. Daging ayamnya juicy, tepung panko-nya garing, ditambah saus cocolan Kimukatsu yang asam manis, sudah paling maknyus! Harga Original Chicken Kimukatsu adalah Rp 45.000 (sebelum pajak).

2. Beef Garlic

Bawang putih adalah flavor enhancer semua makanan. Jadi, tentunya beef katsu yang ditambah garlic merupakan ide yang bagus. Di dalam lapisan daging sapinya terdapat bawang putih yang sudah dicacah.

Rasa bawang putihnya tidak over powering, kok, terasa pas di mulut. Harga menu ini untuk Ala Carte adalah Rp 54.000 dan untuk Set (dengan nasi, sup miso, salad kol & acar) adalah Rp 64.000. Semua harganya sebelum pajak, ya!

3. Negi Shio

negi shioSumber: kumparan.com

Ciri khas masakan Jepang adalah penggunaan daun bawang yang nyaris ditemukan di mana saja. Negi Shio ini merupakan beef katsu yang berisi irisan daun bawang.

Tapi, seperti yang varian garlic, rasa daun bawangnya tidak over power dagingnya, kok! Daging sapinya dalam tingkat kematangan medium well padahal luarnya garing banget, loh. Jangan khawatir enek, ya, karena rasanya enak banget!

4. Beef Black Pepper

beef blackpepper

Black Pepper merupakan salah satu pilihan rasa untuk katsu di Kimukatsu. Foto di atas adalah tampilan dari Beef Black Pepper Katsu. Orang-orang lebih banyak yang menyukai beef katsu daripada chicken katsu untuk rasa ini. Kalau kamu bagaimana?

5. Chicken Katsudon

Ini adalah menu Katsudon. Jadi, katsudon itu sejatinya nasi yang diberi topping telur dan biasanya katsu pork. Tapi, karena Kimukatsu Indonesia hanya menyediakan makanan halal, jadi kamu bisa memesannya dengan katsu ayam atau sapi. Kamu bisa memilih paket Set ataupun Ala Carte. Untuk yang Set dengan sup miso dan saus soyu harganya hanya sekitar Rp 55.000 saja.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram