Daftar Menu Paling Enak di Kimukatsu, Spesialis Mille-Feuille

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 1 Juli 2021

Kamu mungkin tahu apa itu katsu. Makanan asal Jepang ini memang sangat populer. Biasanya katsu terbuat dari daging ayam, sapi, dan babi. Tapi, ada yang beda dari Kimukatsu (キムカツ). Restoran ini menyajikan Mille-Feuille Katsu, terinspirasi dari kue lapis Prancis, dagingnya itu dibuat berlapis-lapis hingga bertumpuk! Jadi, rasanya itu juicy di dalam tapi renyah di luar.

Restoran bernama Kimukatsu yang menyajikan katsu lapis ini konsep awalnya sama dengan cabang yang ada di Tokyo, Jepang. Tetapi, di Indonesia, mereka tidak menyajikan daging babi di restorannya. So, restoran ini halal, ya, hanya menyediakan ayam, sapi, dan ikan saja.

Sedangkan untuk penyajiannya, seperti katsu pada umumnya, yaitu dengan nasi putih dan salad kol. Kalau saladnya masih kurang, ada beberapa jenis salad lainnya yang bisa kamu pesan, loh. Menu di Kimukatsu beragam, mulai dari appetizer, main course, hingga dessert. Semua rasanya enak-enak, pelayanan gesit kurang dari 15 menit semua menu datang dalam kondisi hangat,

Menu di restoran ini tentu beragam. Tapi, ada satu hal yang sama, yaitu pilihan rasanya. Kamu bisa memilih katsunya disajikan secara Original (polos), atau dengan isian Garlic, Cheese, Black Pepper, dan Negi Shio. Semua rasa ini bisa kamu pilih baik untuk Beef Katsu maupun Chicken Katsu, ya. Untuk varian menu akan Keluyuran bahas di bawah, ya.

Racik Sausmu Sendiri

Biasanya kalau kita makan di restoran, sausnya sudah ada, tinggal kita pakai. Tapi, Kimukatsu mengajak pengunjung untuk meracik sausnya sendiri. Nanti, setiap pesanan katsu akan datang bersama mangkuk kecil dan ulekan/tumbukan.

Terus, kamu harus mengulek biji wijen yang telah disediakan sampai halus, baru tambahkan saus khas Kimukatsu yang terbuat dari fermentasi apel, tomat, dan secret recipe.

Tapi, kalau kamu lebih suka biji wijennya utuh ya tidak perlu dihancurkan dulu, langsung saja campur dengan sausnya. Cita rasa saus Kimukatsu sangat unik, sedikit asam dicampur aroma khas biji wijen. Cocok banget dipadu dengan katsumu!

Selain saus Kimukatsu original, ada beragam saos lainnya juga sebenarnya, seperti Saus Wasabi dan Cuka. Cobain saja semuanya untuk mengetahui mana saus favoritmu, ya.

Appetizer

Menu Kimukatsu paling enak dimulai dari appetizer alias makanan pembuka atau camilan. beberapa menu di bawah ini bisa dipesan sebelum kamu memilih mau jenis katsunya. Dan, sambil menunggu katsu kamu datang, kamu bisa nyemil menu ini dulu buat ganjal perut yang sudah berontak.

1. Agedashi Tofu

Mirip tahu gejrot, ya? Ini adalah tahu goreng yang diberi kuah dashi (ikan). Tofu-nya dibikin sedikit krispi di luar tapi dalamnya tetap lembut. Kuah dashi-nya juga enak, tidak enek, dan sedikit agak manis.

2. Tori Kawa

Tori Kawa adalah kulit ayam goreng. Kimukatsu pandai sekali dalam menggorengnya hingga tekstur camilan ini sangat garing, mirip keripik. Rasanya gurih dan kulit ayamnya tidak keras saat digigit.

3. Tempe Katsu

Daftar Menu Paling Enak di Kimukatsu, Spesialis Mille-Feuille 4Sumber: kumparan.com

Tempe Katsu sebenarnya bagian dari appetizer, tapi kalau kamu vegetarian, bisa pesan katsu ini saja untuk makan besar. Rata-rata harga appetizer berkisar 9.000 sampai 25.000.

Main Course

Sekarang kita masuk ke menu utama Kimukatsu. Tentu hampir semuanya berupa katsu, walau ada juga menu lainnya seperti Bibimbap, Nasi Goreng, dan Sushi. Berikut menu paling enak di Kimukatsu versi Keluyuran.

1. Original Chicken

Daftar Menu Paling Enak di Kimukatsu, Spesialis Mille-Feuille 5

Duh, coba lihat itu lapisan ayam di dalam katsunya! Ini adalah Chicken Katsu Original, alias tidak diberi isian apa-apa lagi. Dari gigitan pertama saja, sudah terasa nikmatnya. Daging ayamnya juicy, tepung panko-nya garing, ditambah saus cocolan Kimukatsu yang asam manis, sudah paling maknyus! Harga Original Chicken Kimukatsu adalah Rp 45.000 (sebelum pajak).

2. Beef Garlic

Bawang putih adalah flavor enhancer semua makanan. Jadi, tentunya beef katsu yang ditambah garlic merupakan ide yang bagus. Di dalam lapisan daging sapinya terdapat bawang putih yang sudah dicacah.

Rasa bawang putihnya tidak over powering, kok, terasa pas di mulut. Harga menu ini untuk Ala Carte adalah Rp 54.000 dan untuk Set (dengan nasi, sup miso, salad kol & acar) adalah Rp 64.000. Semua harganya sebelum pajak, ya!

3. Negi Shio

Daftar Menu Paling Enak di Kimukatsu, Spesialis Mille-Feuille 7Sumber: kumparan.com

Ciri khas masakan Jepang adalah penggunaan daun bawang yang nyaris ditemukan di mana saja. Negi Shio ini merupakan beef katsu yang berisi irisan daun bawang.

Tapi, seperti yang varian garlic, rasa daun bawangnya tidak over power dagingnya, kok! Daging sapinya dalam tingkat kematangan medium well padahal luarnya garing banget, loh. Jangan khawatir enek, ya, karena rasanya enak banget!

4. Beef Black Pepper

Daftar Menu Paling Enak di Kimukatsu, Spesialis Mille-Feuille 8

Black Pepper merupakan salah satu pilihan rasa untuk katsu di Kimukatsu. Foto di atas adalah tampilan dari Beef Black Pepper Katsu. Orang-orang lebih banyak yang menyukai beef katsu daripada chicken katsu untuk rasa ini. Kalau kamu bagaimana?

5. Chicken Katsudon

Ini adalah menu Katsudon. Jadi, katsudon itu sejatinya nasi yang diberi topping telur dan biasanya katsu pork. Tapi, karena Kimukatsu Indonesia hanya menyediakan makanan halal, jadi kamu bisa memesannya dengan katsu ayam atau sapi. Kamu bisa memilih paket Set ataupun Ala Carte. Untuk yang Set dengan sup miso dan saus soyu harganya hanya sekitar Rp 55.000 saja.

6. Beef Mozzarella

Siapa yang bisa tahan godaan keju mozzarella? Beef Mozzarella Katsu ini dagingnya empuk banget. Saking lembutnya, seperti lumer saja di mulut. Apalagi ditambah lelehan keju mozza, menu ini paling cocok dimakan selagi hangat saat baru disajikan. Selain beef, ada juga Chicken Mozzarella Katsu, ya.

7. Katsu Sandwich

Kamu pernah melihat foto atau video katsu sandwich yang katsunya tebal banget di media sosial? Nah, Kimukatsu juga menyediakan menu seperti itu. Namanya simpel saja, Katsu Sandwich. Seporsinya kamu akan mendapatkan empat potongan sandwich yang gemuk-gemuk. Harga menu ini adalah sekitar Rp 35.000.

8. Mixed Katsu Platter

Kalau kamu bingung mau pesan katsu yang mana, terus kebetulan datang bersama rombongan teman atau keluarga, pesan Mixed Katsu Platter saja. Menu ini terdiri dari 2 Chicken Katsu dan 1 Beef Katsu. Rasanya bebas mau pilih apa! Mau Original, Negi Shio, pokoknya terserah, deh. Terus, cabbage salad-nya disajikan dalam mangkuk besar buat sharing.

Menu Platter seperti ini dibanderol mulai dari harga sekitar Rp 110.000 - 148.000. Psst, menu ini tidak termasuk nasi maupun minuman, ya. Jadi, kamu harus memesannya lagi secara terpisah.

9. Dory Katsu

Tidak hanya ayam dan sapi, Kimukatsu juga menyediakan pilihan ikan! Salah satunya adalah Dory Katsu. Filet ikan dory-nya dibalut panko sehingga renyah di luar. Tapi, daging dory-nya masih lembut banget.

Rasanya gurih, porsinya cukup besar juga. Kalau kamu tidak suka nasi, bisa diganti jadi curly fries, loh, pilihan karbohidratnya. Khusus untuk Dory Katsu disediakan dengan Saus Tartar, ya.

10. Gyukatsu

Daftar Menu Paling Enak di Kimukatsu, Spesialis Mille-Feuille 14

Kalau menu ini berbeda dari katsu lainnya di Kimukatsu, karena dagingnya utuh, bukan merupakan daging lapis. Katsunya dimasak sedemikian rupa sehingga dagingnya tidak overcooked walau lapisan tepungnya garing. Menu ini tidak untuk dibawa pulang, hanya bisa dinikmati saat dine-in saja, karena katsunya bisa kita 'masak' lagi di atas kompor.

11. Piyo Piyo Menchi

Di dalam katsu ada telur setengah matang?! Menu ini adalah Piyo Piyo Menchi. Jadi, di dalamnya ada soft boiled egg yang dilapisi adonan daging ayam (semacam bakso). Terus, dibalur ke tepung roti dan digoreng sampai renyah. Patut dicoba!

Dessert

Setelah puas melihat menu pembuka dan menu utamanya, rasanya kurang lengkap kalau tidak membahas makanan penutup. Berikut beberapa menu penutup dari Kimukatsu yang paling enak!

1. Tokyo Sweet Potato Miruku

Daftar Menu Paling Enak di Kimukatsu, Spesialis Mille-Feuille 16

Di tangan Kimukatsu, ubi bisa disulap menjadi dessert segar seperti ini. Harganya bahkan tidak sampai Rp 10.000, loh. Bentuknya mirip seperti mango sago tapi dari ubi manis, enak.

2. Matcha feat Ogura Mousse Cake

Walau Kimukatsu merupakan restoran Jepang dengan spesialisasi katsu, tapi di sini tersedia berbagai varian cake! Foto di atas adalah Matcha feat Ogura Mousse Cake. Matcha memang paling pas digabung dengan kacang merah, ya. Ada juga menu lainnya yaitu Avocado Chocolate Cake (sekitar Rp29.000) dan Mango Rainbow Cake yang harus kamu coba.

3. Mochi Ice Cream

Daftar Menu Paling Enak di Kimukatsu, Spesialis Mille-Feuille 18

Mochi Ice Cream is heaven! Mochi-nya tidak keras walau beku, dan di dalamnya berisi es krim yang padat. Tersedia berbagai pilihan rasa dengan harga terjangkau. Kalau kamu tidak mau mochi-nya dan mau es krimnya saja, ada juga kok menu Ice Cream terpisah. Pilihan rasanya ada vanila, ogura, matcha, dan cokelat.

Outlet Kimukatsu

Banyaknya pilihan menu di Kimatsu tentu saja bikin pengunjung lebih bebas memilih menu sesuai selera. Tertarik untuk mengunjunginya? Bisa cek alamatnya di bawah ini ya:

  • Jakarta

Kota Kasablanka, Lippo Mall Puri, Summarecon Mall Serpong, Grand Indonesia, Lippo Mall Kemang, Pacific Place Mall, Emporium Pluit Mall, Bintaro Xchange, Trans Studio Mall, Gandaria City, Mall Of Indonesia.

  • Surabaya

Tunjungan Plaza Lantai 4, Galaxy Mall level 2.

  • Semarang

DP Mall

  • Yogyakarta

Hartono Mall

Secara keseluruhan, semua menu katsu di Kimukatsu enak-enak, tekstur dagingnya lembut tapi luarnya renyah! Salad kolnya simpel tapi bisa menambah kelezatan katsunya. Keluyuran pernah me-review Kimukatsu secara eksklusif, loh! Baca ulasannya di artikel ini. Menu apa yang menurut kamu paling enak dari Kimukatsu?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram