Marugamates, Ini Dia 10 Menu Marugame Udon yang Paling Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa bucinnya udon Marugame? Restoran ini menjual udon, tempura, dan hidangan nasi khas Jepang. Marugame pertama kali buka di Mall Taman Anggrek pada tahun 2013. Kini, Marugame sudah tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Sebelumya, Marugame memang sudah memiliki banyak cabang di berbagai negara, bahkan kini sudah ada lebih dari 1.100 gerai di seluruh penjuru dunia.

Walaupun cabangnya ada di mana-mana, hal ini tidak membuat pemiliknya bingung, karena cita rasanya tetap sama. Marugame menggunakan resep asli dari Marugame pusat di Jepang, bahan-bahan yang digunakan natural dan berkualitas terbaik. Cara mengolahnya dan quality control-nya menggunakan standar Jepang juga. Untuk yang di Indonesia sudah ada sertifikat halal MUI-nya.

Cara pesan di Marugame itu kamu antri seperti di Hoka Hoka Bento. Nanti ditanya mau udon, nasi, atau apa oleh orang pertama. Terus, kamu jalan. Semakin maju, kamu akan melihat ada aneka side dish yaitu tempura yang jenisnya macam-macam. Kamu ambil yang mau kamu makan, terus jalan ke kasir. Nanti kamu ditanya mau minum apa, dan setelah transaksi pembayaran kamu pun dipersilakan duduk.

Dari awal mengantri sampai bayar kamu bisa melihat proses memasaknya karena konsep Marugame itu open kitchen. Setelah pesananmu datang, kamu bisa racik lagi di meja self service. Di sana ada irisan cabai rawit, irisan bawang prei, tenkasu (seperti remah gorengan tempura tapi bukan), dll.

Nah, sekarang pertanyaannya ada menu apa saja di Marugame? Tentu menu andalan mereka udon-nya, tapi udonnya sendiri bisa dinikmati dalam berbagai cara. Ada udon kuah biasa (encer), udon dengan kuah kental (kari), udon goreng (tanpa kuah), hingga udon dingin!

Pokoknya kamu harus coba semua udon-nya karena setiap jenisnya itu spesial. For starter, supaya kamu tidak pusing memilih, inilah 10 menu Marugame Udon paling enak menurut Keluyuran.

1. Niku Udon

Marugamates, Ini Dia 10 Menu Marugame Udon yang Paling Enak 1

* sumber: ceritacatatankecilku.blogspot.com

Jika kamu baru pertama kali makan di Marugame, harus nyobain yang signature-nya banget, yaitu Niku Udon. Menu ini mewakili apa yang harus kamu ekspektasikan dari semangkuk udon khas Jepang.

Udon-nya disajikan dengan sup kakedashi yang terbuat dari katsuobushi (ikan cakalang yang diawetkan lalu diiris tipis), kombu (ganggang/rumput laut), dan shoyu. Marugame menggunakan resep asli sup-nya dari Jepang!

Ditambah topping daging sapi sukiyaki impor yang empuk dan lumer di mulut, udon bercita rasa manis gurih ini bakal membuat siapa saja ketagihan. Kuahnya yang bening begitu menyegarkan, terasa ‘bersih’ di mulut dan di tenggorokan. Buat yang suka pedas, kamu bisa menambahkan bubuk cabai atau potongan kecil-kecil cabai rawit merah.

Jadi, di Marugame itu ada meja khusus yang berisi kondimen yang bisa kamu tambahkan ke mangkuk udon/nasi. Diantaranya ada cabai rawit, bawang daun, dan gorengan berbentuk remahannya (enak banget ini!). Dan itu unlimited, kamu bisa ambil sesuai kebutuhan kapan saja. Harganya sekitar Rp 53.000.

2. Chicken Katsu Curry Udon

Marugamates, Ini Dia 10 Menu Marugame Udon yang Paling Enak 2

*Sumber https://twitter.com/baskara_wisesa/status/1037562664266809344

Menu selanjutnya yang enak banget dari Marugame adalah Chicken Katsu Curry Udon. Kuah kari ini berbeda dengan Niku Udon di atas, karena ini kuahnya kental, kayak kari Jepang.

Udon ini ada dua macam topping, yaitu chicken katsu dan beef. Dua-duanya enak banget! Udon ini sangat berbeda dengan Niku yang segar, ini lebih rich, creamy, manis, dan gurih. Tenang, karinya tidak enek, kok. Untuk harganya sekitar Rp 50.000.

3. Beef Curry Udon

Marugamates, Ini Dia 10 Menu Marugame Udon yang Paling Enak 3

* sumber: pergikuliner.com

Padahal ini versi dagingnya, tapi lebih murah dari Chicken Katsu Curry Udon harganya, hihi. Soalnya daging ayamnya memang tebal dan cara memasaknya dipikirkan dengan baik, sehingga menghasilkan katsu yang spesial. Kalau daging ya pasti enak, gurih, diberi bumbu sedikit saja sudah enak banget jadinya. Mungkin seperti itu kali, ya (ngarang banget).

Sama seperti menu sebelumnya, udon ini disajikan dengan kuah kari yang gurih, tapi toppingnya daging sapi sukiyaki. Banyak banget, loh, dagingnya nggak pelit sama sekali. Selain udon, menu Curry juga bisa disajikan dengan nasi, loh! Kalau kamu bosan makan udonnya, boleh dicoba menu nasi kari Marugame. Untuk udon ini diberi harga sekitar Rp 40.000.

4. Kitsune Udon

Marugamates, Ini Dia 10 Menu Marugame Udon yang Paling Enak 4

* sumber: id.openrice.com

Masih saudaraan dengan Niku Udon, ada Kitsune Udon. Kalau kamu peskatarian (vegetarian yang masih makan ikan), cocok banget dengan menu ini. Jadi, kuahnya dibuat dari kakedashi terus topping-nya inari (kulit tahu Jepang).

Ini comfort food terbaik, sih, kalau kamu lagi kedinginan, cuaca lagi hujan, sedap banget rasanya menyeruput kuah yang segar dari Kitsune Udon. Jangan bilang “ah, cuma kulit tahu”. Beda tahu, ini enak banget. Coba juga: varian Kitsune Udon Veggie.

5. Spicy Tori Baitan Udon

Marugamates, Ini Dia 10 Menu Marugame Udon yang Paling Enak 5

Selanjutnya, ada Spicy Tori Baitan Udon dengan kisaran Rp 45.000. Kalau kamu ingin nyobain varian udon pedas dari Marugame, ya ini pesannya. Menggunakan broth kaldu ayam kental yang ada sensasi pedasnya, udon ini bakal buat kamu ketagihan. Udon ini dikasih topping daging ayam dan jamur.

Buat yang demen banget pedes sih pasti masih ngerasa kurang tapinya, soalnya rasa pedasnya itu dari chilli oil. Jadi, kamu bisa tambah bubuk cabai atau irisan cabai rawit segar. Buat yang tidak suka pedas bisa pesan Tori Baitan Udon.

6. Tendon Rice

Marugamates, Ini Dia 10 Menu Marugame Udon yang Paling Enak 6

Sebenarnya menu nasi di Marugame itu lebih ke bento-bentoan sama nasi kari yang bumbunya sama kayak udon kari, jadi bisa dibayangkan rasanya kurang lebih sama.

Nah, kalau yang satu ini namanya Tendon Rice. Dia itu nasi Jepang yang berisi aneka tempura best seller seperti ebi, chikuwa, dan green bean kakiage, yang nanti disiram saus tendon. Paket nasi seperti ini populer banget di Jepang, dan kamu bisa merasakannya di Marugame. Kalau kamu bucinnya tempura Marugame, pasti suka menu ini.

7. Spicy Beef Karubi Udon

Marugamates, Ini Dia 10 Menu Marugame Udon yang Paling Enak 7

Feelin’ spicy? Menu Spicy Beef Karubi Udon siap menjadi pilihanmu. Dibuat dari kuah kakedashi dan miso base, udon yang dimasak secara sempurna ini diberi topping sukiyaki beef, spicy chilli, tenkasu, daun bawang, dan wijen. Rasanya pedas dan gurih, cocok di lidah orang Indonesia. Sayangnya menu ini baru bisa dinikmati di restoran Marugame JABODETABEK dan Sumatera Utara.

8. Beef Carbonara Udon

Marugamates, Ini Dia 10 Menu Marugame Udon yang Paling Enak 8

* sumber: pergikuliner.com

Ingin nyobain sensasi makan udon yang nyentrik? Keluyuran rekomen Beef Carbonara Udon dengan kisaran Rp 54.000. Sebagaimana diketahui oleh umum, carbonara biasanya digunakan untuk pasta.

Nah, ini noodle-nya pakai udon, unik banget, kan? Udon dengan saus garlic mayo yang creamy ini diberi topping beef sausage berkualitas tinggi. Tak lupa, udon ini diberi taburan parsley segar, blackpepper, dan keju cheddar. Ini enak, kok, jangan takut coba!

9. Yaki Udon Beef

Marugamates, Ini Dia 10 Menu Marugame Udon yang Paling Enak 9

*Sumber: https://www.facebook.com/marugameph/photos/a.435917446764570/534062580283389/?type=1&theater

Ini mungkin rasa udon yang paling bisa masuk ke lidah semua orang Indonesia. Ini adalah udon goreng alias Yaki Udon yang punya harga sekitar Rp 49.000. Yang paling enak jadi topping-nya memang Beef, sih, kalau masaknya digoreng seperti ini.

Ada juga pilihan menu lainnya yang bisa ditambah telur mata sapi. Marugame menggunakan telur dengan omega-3. Untuk sayurannya ada kol dan wortel. Coba juga Yaki Udon Beef With Extra Fried Egg dan Yaki Udon Chicken.

10. Aneka Tempura

Marugamates, Ini Dia 10 Menu Marugame Udon yang Paling Enak 10

* sumber: www.traveloka.com

Terakhir, kamu harus coba tempura di Marugame. Wajib. Ini beda banget sama gorengan ala Indonesia. Ini tuh kayak 80% kondimen 20% tepung.

Pilihan tempura-nya ada Beef Croquette, Chicken Katsu, Chikuwa, Ebi Tempura, Egg Tempura, Inari, Kakiage, Skewered Tofu Roll, Skewered Shumai, Nori Tempura, Yakitori, Tsukune, Satsuma-Age, Taiyaki, Satsuma-imo,  dan Sweet Corn Tempura. Kisaran harganya 10-15 ribuan per tempura.

Untuk minumannya ada macam-macam juga seperti Caffe Latte (Hot/Cold), Coffee Frappe, Fresh Squeeze Orange, Fresh Watermelon Juice, Matcha Latte (Hot/Cold), Ocha (Hot/Cold), dll.

Marugame Udon merupakan restoran ramah family karena menyediakan menu kids dan ada baby chair-nya juga. Jika di restoran sendiri, Marugame memisahkan ruangan smoking dan non smoking. Kecuali jika Marugame-nya ada di dalam mall, berarti non smoking semua, ya.

Tapi, buat yang mau nongkrong sama teman atau berdiskusi dengan rekan bisnis juga cocok, kok. Harga makanannya juga standar, tidak terlalu mahal, pokoknya yang kamu bayar adalah yang kamu dapatkan. Ada menu minuman yang bisa free refill juga kalau mau lebih hemat, yaitu Lemon Tea dan Ocha (teh hijau). Kalau menu Marugame yang seperti diciptakan khusus untukmu apa?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *