4 Menu Ngikan Paling Enak dengan Sambal Istimewanya

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 4 Juli 2021

Kemunculan Ngikan membuat geger jagat kuliner. Bagaimana tidak? Pada kemunculan perdananya, gerai makanan berbahan ikan milik Rachel Venya ini berhasil menyedot perhatian. Gerai food container-nya di daerah Tebet selalu dibanjiri pengunjung. Tak tanggung-tanggung pengunjung rela antre berjam-jam untuk mendapatkan menu ikan goreng berbalut tepung ini.

Review dari food blogger dan Youtuber sudah banyak bertebaran di media sosial. Jadi, untuk kamu yang ingin kenal lebih dekat hidangan racikan Rachel Venya ini, kamu bisa tonton ulasannya. Karena dalam artikel ini, kami akan mengulas menunya saja. Nah, berikut ini informasi menunya.

Latar Belakang Lahirnya Ngikan

4 Menu Ngikan Paling Enak dengan Sambal Istimewanya 1Sumber: inikepri.com

Sejak 2019 Ngikan mulai hadir menambah variasi unik makanan cepat saji. Di saat pebisnis lain menggunakan ayam, burger dan makanan cepat saji lainnya, Rachel Venya hadir dengan produk olahan ikannya. Tentu saja ini memperkaya pilihan kuliner modern yang bisa dicicipi.

Gerai makanan yang dinamai Ngikan ini biasanya beroperasi dari jam 10.00 – 22.00. Jadi, untuk kamu yang sedang mencari menu makan, kamu bisa tuh mampir ke gerainya Ngikan yang sudah tersebar di beberapa kota-kota besar di Jabodetabek.

Tapi jangan heran jika kamu tidak menemukan meja dan kursi di gerainya. Gerai Ngikan bukanlah sebuah restoran, namun food container yang menyajikan makanan untuk dibawa pulang pengunjung. Di gerainya kamu hanya akan menemukan satu kursi untuk menunggu pesanan siap dibawa pulang.

Ide awal terciptanya Ngikan adalah karena adanya keinginan untuk mendobrak kebiasaan masyarakat Indonesia yang jarang makan ikan. Terlebih lagi, ikan adalah bahan yang kurang popular dibandingkan ayam atau daging sapi.

Tapi Rachel Venya nekat mengembangkan bisnis kuliner ini untuk membangun kesadaran masyarakat supaya lebih tertarik untuk mengkonsumsi ikan.

Daging ikan yang disajikan di Ngikan adalah ikan dori yang kandungan gizinya sangat melimpah. Daging yang berduri ini diproses dengan cara dibuang duri dalam dagingnnya. Kemudian daging ikan dipotong dan diberi tepung yang telah dibumbui rempah.

Kelebihan lain dari Ngikan terletak pada nasinya. Nasi yang digunakan Ngikan patut diacungi dua jempol. Ngikan tidak menggunakan nasi putih biasa, melainkan nasi liwet hangat dengan rempah-rempah yang membuat nasi lebih sedap.

Menu Ngikan yang Bisa Dipesan

4 Menu Ngikan Paling Enak dengan Sambal Istimewanya 2Sumber: qraved.com

Kalau ditanya apa menu paling enak dari Ngikan? Ya kami pasti menjawab semua menu enak. Apalagi sambalnya itu lho. Sambal Ngikan diibaratkan bahan pelengkap yang wajib ada dalam setiap sajian Ngikan.

Pada dasarnya Ngikan adalah paduan fish & rice, ikan goreng tepung yang dipadukan dengan nasi liwet kaya rempah. Aroma rempah dan gurihnya nasi membuat ikan renyah terasa lebih lezat. Sambal yang disajikannya pun membuat kelezatannya meningkat. Agar lebi lebih jelas, silahkan lanjut membaca.

1. Ngikan Sambal Woku

Ngikan Sambal Woku adalah menu terbaru. Siapa sangka bahwa nasi liwet bisa menjadi sajian yang enak saat dipadukan dengan sambal woku khas Minahasa. Sambal woku adalah bumbu yang berasal dari Provinsi Sulawesi Utara.

Bumbu yang digunakan untuk membuat sambal woku terdiri dari daun kemangi, daun pandan, kunyit, daun jeruk, tomat, daun bawang, cabai, jahe, bawang putih dan serai. Semua bumbu tersebut ditumbuk halus dan diberi sedikit minyak.

Namun, pada menu Ngikan Sambal Woku, bumbu sambalnya dibuat lebih sederhana sehingga bisa menyeimbangkan rasa nasi liwet dan daging ikannya.  Tampilannya tidak secerah sambal asli Minahasa tersebut. Meskipun demikian, aroma khas dan cita rasa sambal woku masih terasa.

Satu porsi Ngikan Sambal Woku dibanderol dengan harga yang terjangkau, hanya sekitar Rp 19.000++ saja. Murah, ya? Itulah kenapa gerai Ngikan selalu dipadati pengunjung. Karena selain enak, harganya pun ramah di dompet.

2. Ngikan Sambal Oseng Mercon

4 Menu Ngikan Paling Enak dengan Sambal Istimewanya 4

Kalau menu satu ini mempunyai tingkat pedas paling tinggi di antara sambal-sambal yang lainnya. Tak heran, karena sambal oseng mercon mengutamakan cabai rawit sebagai bahan utamanya. Bumbu yang sempat booming di daerah Yogyakarta ini menjadi sambal favorit yang ada di Ngikan.

Seperti yang kita ketahui bahwa oseng mercon yang juga dikenal dengan nama oseng halilintar ini banyak digunakan sebagai bumbu tetelan daging sapi. Tapi di Ngikan, bumbu pedas gurih yang bikin nagih ini menjadi sambal cocolan ikan goreng tepung. Rasanya? Super nikmat!

Nasi liwet hangat beraroma wangi rempah jadi terasa lebih lezat berpadu dengan sambal oseng mercon dari Ngikan. Selain itu, pilih menu satu ini adalah menu yang banyak direkomendasikan oleh para influencer.

Ada potongan daging sapi dan gajih yang membuat sambal oseng mercon lebih terasa nikmat. Kamu bisa mendapatkan menu ini dengan harga sekitar Rp 19.000++.

Baca juga: Menu Ayam Geprek Pangeran Terenak yang Mesti Dicoba

3. Ngikan Sambal Acar Kuning

4 Menu Ngikan Paling Enak dengan Sambal Istimewanya 5

Kalau sambal oseng mercon akan jadi menu favorit para penggemar pedas, saus acar kuning pas untuk kamu penggemar makanan bercita rasa netral. Tingkat pedasnya berada di level aman. Menu Ngikan sambal acar kuning adalah sambal yang membuat cita rasa ikan wangi.

Sambal acar kuning khas Ngikan memiliki rasa asam dan gurih. Rasa dan aroma kunyitnya mendominasi dengan kadar yang pas sehingga tidak merusak cita rasa keseluruhan sambal. Nah, menu satu ini dibanderol dengan harga yang sama, sekitar Rp 19.000++.

Nasi liwet hangat dengan potongan ikan dori renyah yang besar menjadi lebih sedap dipadukan dengan sambal acar kuning. Jadi mirip ikan bumbu kuning khas Cianjur versi modern.

4. Ngikan Sambal Matah

4 Menu Ngikan Paling Enak dengan Sambal Istimewanya 6

Terakhir, ada menu Ngikan sambal matah. Sambal khas Bali yang popular karena rasa segar, asin dan pedasnya ini membuat sajian Ngikan jadi lebih sedap. Aroma rempah dan pulennya nasi jadi bikin nagih.

Kalau biasanya nasi liwet dipadukan dengan sambal terasi atau sambal korek, ternyata bumbu sambal matah yang menggunakan jeruk nipis, serai dan bawang merah ini tak kalah enak. Bau harum sambalnya langsung menyapa indera penciuman. Jadi bikin selera makan bertambah.

Sambal matah dari Ngikan dibuat sedikit berbeda. Kalau biasanya sambal matah disajikan mentah dan cita rasa asamnya lebih kuat, sambal matah dari Ngikan menggunakan bahan yang sudah digoreng. Jadi rasa asam dan segarnya tidak begitu kuat.

Bahkan rasa pedasnya tidak sekuat sambal matah pada umumnya. Masih tergolong aman untuk kamu yang tidak begitu menyukai makanan pedas. Untuk harganya sendiri masih sama. Semua menu Ngikan dibanderol kurang lebih Rp 19.000.

Nah, itulah beberapa menu Ngikan paling enak yang bisa kami rekomendasikan. Ngikan adalah gerai makanan cepat saji yang mengusung konsep modern yang praktis. Kepraktisannya terlihat dari pengemasan dan pilihan menu yang disajikan. Menu Ngikan tersaji dalam kemasan kotak kertas food grade yang sederhana.

Nasi liwetnya dibungkus dengan kemasan kertas minyak. Sedangkan sambalnya sendiri dibungkus dengan cup kecil. Porsi sambal, nasi dan ukuran ikannya pas. Jadi, selain ayam goreng, kamu punya menu ikan goreng yang tidak kalah lezat racikan Rachel Venya nih. Langsung saja datangi gerainya. Mudah-mudahan tidak kebagian jatah antrean panjang.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram