15 Menu Ramen Bajuri Terenak dengan Cita Rasa Unik

Ditulis oleh Siti Hasanah

Masyarakat Indonesia sudah sangat akrab dengan ramen. Kurang lebih sejak dua dekade terakhir di kota-kota besar di Indonesia terdapat banyak kedai yang menjual ramen dengan variasi kuah dan topping beragam. Namanya pun tak kalah unik. Di Bandung misalnya, kedai ramennya dinamai dengan penamaan lokal, seperti yang Ramen Bajuri lakukan.

Ramen Bajuri adalah salah satu kedai ramen yang ramen popular di Indonesia. kedainya sudah tersebar di beberapa wilayah. Di musim-musim tertentu kedai ramen dipenuhi pengunjung yang ingin merasakan nikmatnya kuah ramen. Uniknya, ramen ini menjadi hidangan yang ramah di kantong karena harganya yang relatif murah. Kita intip yuk menu terenak apa yang ada di Ramen Bajuri!

Ramen dan Uraian Sejarahnya

Ramen dan Uraian SejarahnyaSumber: infobdg.com

Ditilik dari asal usul katanya, ramen berasal dari bahasa Mandarin yang mana La artinya menarik dan Mian adalah mie. Jadi bisa diartikan bahwa ramen adalah penggambaran penganan berupa mie yang dibuat dengan cara menarik-narik adonannya.

Ramen di negeri asalnya, Jepang diperkirakan sudah muncul di tahun 1868-1912. Saat itu seorang koki asal Tiongkok membuat sebuah hidangan khusus berupa mie Cina yang diberi kaldu khusus yang terbuat dari daging dan ikan.

Mie Cina yang dihasilkannya mempunyai tekstur lebih kenyal dari mie yang sekarang. Itu disebabkan oleh penggunaan sodium karbonat. Saat itu ramen masih bernama Shina Soba. Sebelum nama ramen ditetapkan untuk menyebutkan penganan ini, ada beberapa nama yang digunakan, yakni chuka soba.

Namun, karena ada ketegangan antara Cina dan Jepang, pemerintah melarang hal-hal berbau China digunakan di Jepang. Ini berakibat berubahnya nama shina soba menjadi chuka soba.

Kedai ramen sendiri diperkirakan sudah muncul sejak tahun 1923. Saat itu penjual ramen menjajakan ramen dengan menggunakan gerobak. Gerobak ramen pertama kali muncul di Tokyo dan di Yokohama pasca gempa bumi melanda wilayah Kanto.

Sedangkan kedai ramen dimulai sejak tahun 1968. Ini adalah tahun di mana Takumi Yamada membuka kedai ramen pertama di dekat Universitas Keiro yang dinamai Ramen Jiro. Kedai ramen ini dikenal karena porsinya yang banyak dan kuah berminyak dengan penggunaan bawang putih yang melimpah.

Ramen Bajuri dan Menu Terenaknya

Ramen Bajuri dan Menu TerenaknyaSumber: destinasibandung.co.id

Perjalanan ramen masuk ke Indonesia tidaklah singkat. Berbagai hal dilalui oleh makanan yang diproses dengan cara direbus ini. Yang pasti ramen khas Jepang yang berasal dari China ini kini sudah bukan lagi hidangan asing bagi masyarakat Indonesia.

Berbagai kedai ramen bermunculan di negeri khatulistiwa ini. Ramen Bajuri adalah salah satu yang banyak diminati oleh pelanggan di Indonesia. Keunggulan ramen ini adalah keberhasilannya memadukan cita rasa ramen Jepang dan sentuhan khas Nusantara. Ini di beberapa menu terenaknya!


1. Ramen Akhir Bulan

Ramen Akhir BulanSumber: traveloka.com

Namanya sangat bersahabat dengan isi dompet ya? Memang begitu tujuannya. Ramen Akhir Bulan dibuat sebagai sebuah solusi bagi pengunjung yang ingin menikmati ramen di waktu-waktu kritis, seperti akhir bulan.

Harga satu porsinya berkisar Rp15.000-Rp20.000. Untuk porsi besar dan topping yang bermacam-macam, tentu ramen ini bisa dibilang murah. Dengan nominal harga tersebut pengunjung sudah bisa mendapatkan mie ramen dengan dua jenis topping, yakni tofu (tahu kering) dan sosis.

2. Ramen Jamur

Ramen Jamur

Ramen satu ini direkomendasikan bagi kamu penggemar jamur sejati. Pasalnya jamur yang menjadi tambahan di menu ramen ini sangat melimpah. Ramen jamur berisi beberapa jenis jamur, seperti jamur kancing, jamur tiram, jamur kuping dan lain-lain.

Jamur-jamur itu dipotong besar-besar dan diberi tepung sehingga renyah. Sangat memuaskan para pecinta jamur. Bahan tambahan lainnya adalah telur rebus, sayur, dan bakso suki. Satu porsi yang dijual dengan kisaran harga Rp20.000.

3. Ramen Ebi Furai

Ramen Ebi Furai

Kali ini giliran para penggemar seafood yang dimanjakan oleh kedai Ramen Bajuri. Ramen Ebi Furai diberi topping ebi furai dan calamary. Cita rasa seafood-nya sangat kental dan topping yang diberikannya banyak.

Di daftar menu, harga ramen ini kira-kira Rp26.400. Ramen Bajuri terkenal dengan porsinya yang besar. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kurang kenyang memakannya.

4. Ultimate Ramen

Ultimate RamenSumber: brisik.id

Ramen dengan porsi jumbo yang bikin perut kekenyangan. Makan ramen ini ibarat bikin acara mukbang sendiri. Pasalnya satu porsi Ultimate Ramen porsinya lebih besar dari porsi regular. Sangat besar untuk disantap satu orang. Topping-nya pun banyak.

Pilihan topping yang tersedia adalah jamur enoki, telur rebur, ebi, katsu, sayur dan lain-lain. Agar lebih menantang, kami sarankan pilih kuah dengan tingkat pedas yang tidak terlalu tinggi agar rasa kuah dan ramennya tidak kalah dengan sambal.

Tapi jika kamu ingin menantang ketahanan pedas diri sendiri, boleh kok memilih kuah dengan tingkat pedas paling tinggi. Meskipun bikin lidah serasa terbakar, tapi kelezatan kuahnya tidak hilang. Kamu masih bisa merasai nikmatnya. Oh ya, harga Ultimate Ramen ini kurang lebih Rp34.800.

5. Ramen Inokitake

Ramen Inokitake

Harganya sekitar Rp25.000. Tapi dasar Ramen Bajuri, porsi satu mangkoknya tetap besar dan penuh. Tidak hanya penuh dengan kuah ramen, tapi benar-benar penuh dengan mie dan bahan-bahan lainnnya. Satu mangkuknya padat berisi.

Nah, Ramen Inokitake adalah ramen yang diberi topping jamur. Tenang saja, ada tambahan bahan lainnya seperti telur rebus, sayuran dan tahu kering.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram