4 Menu Roti’O Paling Enak yang Jadi Favorit Pelanggan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 24 Juni 2021

Di Indonesia, roti merupakan camilan lezat yang seringkali dijadikan bekal di untuk sarapan, makan siang atau makan malam. Sering pula dijadikan sebagai camilan untuk menemani waktu luang sambil menyesap kopi atau teh.

Salah satu varian roti yang sangat popular di masyarakat Indonesia adalah coffee bun atau roti kopi ala Meksiko. Roti beraroma kopi ini ternyata banyak disukai di negeri ini. Karena mendapat respon yang positif, kini di Indonesia hadir beberapa merek roti kopi yang terkenal.

Satu di antaranya adalah Roti’O. Roti’O mempunyai menu roti yang terkenal. Untuk kamu yang doyan kopi, roti ini bisa menjadi alternatif menikmati kopi dengan cara yang unik. Nah, simak yuk fakta Roti’O dan menu paling enak dan wajib dicoba berikut ini!

Fakta tentang Roti’O

Sebuah perusahaan dikenal karena memiliki beberapa fakta menarik yang membuat orang tertarik untuk mengetahuinya, bukan? Tak terkecuali Roti’O. Sebagai pelanggan, kita pasti mempunyai kesan tersendiri terhadap sebuah gerai atau tempat yang dikunjungi yang berpengaruh terhadap opini kita.

Kesan yang ditinggalkan mau tak mau membuat kita mengamati hal-hal menarik dari tempat tersebut. Nah, apa saja fakta dari Roti’O yang menarik untuk kita ketahui?

  • Roti Pertama Kali Diperkenalkan di Penang
Roti Pertama Kali Diperkenalkan di PenangSumber: traveloka.com

Meskipun berasal dari Meksiko, namun penyebarannya di Indonesia tidak langsung berasal dari negeri di Amerika Tengah tersebut. Roti kopi pertama kali diperkenalkan dari Penang, Malaysia. Kemudian masuk ke Indonesia.

Adonan roti terbuat bahan-bahan sederhana. Sebelum dipanggang, roti dibiarkan mengembang. Di atasnya, roti kopi diberi olesan sweet pastry, olesan yang terbuat dari campuran bahan mentega, kopi dan gula.

Ketika dimakan, olesan tersebut membuat roti menjadi renyah karena mentega, gula dan kopi menjadi lumer ketika dipanggang dan mengeras ketika didiamkan.

  • Selalu Dibandingkan dengan Rotiboy
Selalu Dibandingkan dengan RotiboySumber: myeatandtravelstory.wordpress.com

Berbicara mengenai roti kopi, masyarakat pasti teringat dengan dua brand roti, yakni Roti’O dan Roti Boy. Keduanya bahkan sangat identik dan berkaitan sehingga dibanding-bandingkan, mulai dari harga, produk, dan konsep gerainya.

Tapi tahukah kamu bahwa kedua mereka ini sama-sama berasal dari Malaysia dan dari manajemen yang sama? Itulah sebabnya kedua merek ini seakan selalu berdampingan.

Namun, kemudian pemilik Roti Boy (Malaysia) selaku master franchise Roti Boy di Indonesia berpisah dan akhirnya Roti’O membangun brand sendiri.

  • Gerai Dilengkapi Mesin Pendingin dan Alat Pemanggang
Gerai Dilengkapi Mesin Pendingin dan Alat Pemanggang

Roti’O berkomitmen untuk selalu menjaga kesegaran produk-produk yang dijualnya. Makanya Roti’O selalu menyajikan produknya dalam keadaan panas. Bahkan tak jarang pelanggan harus menunggu sampai roti matang.

Itulah kenapa gerai Roti’O selalu dilengkapi dengan mesin pendingin dan alat pemanggang. Ini membuat roti-roti dari Roti’O bisa tetap segar ketika sampai ke tangan pelanggan.

  • Identik dengan Bandara dan Stasiun
Identik dengan Bandara dan Stasiun

Coba perhatikan! Roti’O selalu tersedia di stasiun dan bandara besar di Indonesia. Setiap orang yang naik kereta atau naik pesawat pasti akan bertemu dengan gerai roti ini. Bahkan aroma dari roti ini selalu mengingatkan kita dengan dua moda transportasi tersebut.

Dilansir dari WartaKota, Roti’O memang difokuskan bergerak di bandara dan stasiun. Tak heran jika citranya sangat melekat pada dua tempat tersebut.

Agaknya perusahaan telah berhasil membuat branding tersebut sehingga kini roti dari Roti’O dikenal sebagai roti camilannya para komuter dan penumpang pesawat.

Menu Terenak di Roti’O

Menu Terenak di Roti’O

Secara garis besar menu di Roti’O terdiri dari pastry, kopi dan Signature Coffee Bun. Ketiga menu ini pasti kamu temukan di seluruh gerai Roti’O yang tersebar di beberapa tempat di seluruh Indonesia.

Namun, pastinya ada menu-menu tersendiri yang menjadi favorit banyak orang, bukan? Bahkan mungkin bagi sebagain orang menu tersebut adalah yang paling enak. Apa saja menu terenak dari Roti’O? ini dia daftarnya.

1. Kopi’O Brown Sugar

Kopi’O Brown SugarSumber: kompas.com

Belum lama ini Roti’O meluncurkan satu minuman cokelat kemasan siap minum dan tiga varian berbahan dasar kopi. Varian tersebut adalah Kopi’O Hazelnut, Kopi’O Creamy Vanilla, Kopi’O Brown Sugar dan Choco Brown Sugar.

Ketiga varian kopi ini cocok disajikan dingin. Tambahkan es batu atau masukan terlebih dahulu ke dalam lemari pendingin sebelum diminum agar rasanya lebih segar. Ciri khas kopi kekinian bikinan Roti’O adalah rasanya yang creamy dan dominasi rasa kopi yang pekat.

Di antara ketiga kopi tersebut, yang menurut kami paling enak adalah Kopi’O Brown Sugar. Ini adalah kopi yang ditambahkan gula aren, cream dan kopi. Rasanya enak dan semua bahan berpadu dengan sempurna sehingga menghasilkan cita rasa yang nikmat.

Kopi’O dibanderol dengan harga sekitar Rp40.000/500ml. Namun, tersedia pula porsi per gelas yang dijual dengan harga Rp18.000 untuk gelasnya.

2. Tuna Pastry

Tuna Pastry

Ketika bepergian ada kalanya perut lapar tapi tidak nafsu makan. Nah, Tuna Pastry adalah menu yang pas untuk mengganjal perut yang keroncongan. Ukuran pastry ini pas untuk perut selama menunggu sampai menemukan menu makanan yang lebih mengenyangkan.

Tuna Pastry adalah makanan berbentuk kue yang menjadi salah satu menu terenak yang difavoritkan pelanggan. Seperti namanya, kue ini diberi isian daging ikan tuna yang lezat. Bumbunya sedap dan ikan tunanya terasa segar. Tuna Pastry diharga sekitar Rp20.000/pcs.

Buat kamu yang tidak begitu menyukai ikan tuna, ada lho isian pastry lainnya, misalnya saja Chicken Pastry, Beef Pastry, Chocolate Pastry dan Butter Pastry. Namun, bagi kami, Tuna Pastry adalah yang terbaik.

3. Butter Croissant

Butter CroissantSumber: gramho.com

Kalau dalam bahasa Indonesia, croissant berarti roti yang berbentuk bulan sabit. Asal kata croissant diambil dari Bahasa Perancis. Makanan ini dinamakan demikian karena memang bentuknya mirip bulan sabit.

Croissant dari Roti’O adalah salah satu yang paling diminati oleh pelanggan gerai ini. Bahan-bahan untuk membuatnya adalah tepung terigu, telur, ragi, dan mentega. Adonan dibentuk berlapis-lapis sehingga akan terlihat kulit luar yang berlapis ketika matang.

Bentuk ini membuat croissant menarik dan filling yang digunakannya pun beraneka ragam. Di Roti’O terdapat beberapa jenis croissant, di antaranya adalah Butter Croissant. Menurut kami inilah yang paling enak.

Tekstur croissant memang tidak garing, namun tidak juga lembek. Croissant yang baik adalah yang mempunyai bentuk bundar menggembung sempurna. Ini menandakan adonan terbentuk dengan bagus dan cara memprosesnya sudah tepat.

Nah, croissant seperti inilah yang terdapat di gerai Roti’O yang harganya sekitar Rp12.000. Ada varian croissant lain tersedia di gerai Roti’O, yaitu Sausage Croissant. Harganya lebih mahal dari Butter Croissant, yaitu sekitar Rp20.000.

4. Coffee Bun

Coffee Bun

Ini dia varian roti yang paling disukai oleh para pelanggan. Roti ini bahkan menjadi signature dari Roti’O. Bahkan gerai ini dikenal sebagai gerai roti kopi atau coffee bun paling enak.

Menariknya, roti kopi dari Roti’O adalah roti yang harganya paling murah dibandingkan varian roti lainnya, yakni kira-kira Rp12.000/pc.

Roti kopi dari Roti’O berbentuk bulat dan diberi olesan beroma kopi khas meksiko dengan filling butter yang gurih. Roti ini mempunyai aroma khas yang menggugah selera ketika dipanggang. Teksturnya terasa renyah dan lembut.

Roti kopi ini terbuat dari bahan yang sederhana tapi mempunyai rasa yang sedap. Bahan-bahan yang digunakan terdiri dari tepung terigu, gula, sedikit garam, telur dan susu serta ragi. Bagian penting dari roti ini adalah olesan topping-nya.

Olesan roti kopi terdiri dari margarin, gula dan kopi. Inilah yang membuat aroma dari roti kopi tercium ke mana-mana. Terlebih roti kopi mempunyai filling margarin yang gurih yang melengkapi kelezatan keseluruhan rasa roti kopi.

Demikian informasi mengenai menu terenak dari Roti’O dan fakta menarik dari perusahaan yang sudah buka sejak tahun 2012 ini. Jangan heran kalau kamu mencium aroma sedap setiap kali kamu melewati gerai roti ini di stasiun-stasiun tertentu.

Roti yang kerap dibeli ketika akan bepergian ini menjadi camilan yang mengenyangkan. Rotinya empuk tapi padat. Meskipun ada lubang kosong di tengah yang biasa digunakan isian roti, namun lubang kosong ditengah tersebut tidak membuat roti kopong. Yuk, cobain rotinya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram