10 Menu Paling Enak di Saung Kito yang Bikin Nagih

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 31 Agustus 2021

Makan di saung lesehan memberikan kenikmatan tersendiri lho. Duduk beralaskan tikar di lantai memberikan keleluasaan bagi kita untuk bersantai sambil menikmati hidangan yang tersaji di depan mata. Suasana yang nyaman dengan tempat duduk lesehan seperti itu bisa kamu temukan di Saung kito, sebuah rumah makan yang berfokus pada sajian tradisional.

Rumah makan dengan konsep lesehan seperti ini merupakan tempat yang pas untuk makan bersama keluarga. Kesan yang hangat terpancar dari dekorasi kayu-kayuan seolah membawa pelanggan pada kenangan masa lalu makan di saung bambu. Nah, jika kamu sedang mencari rumah makan serupa dengan sajian rumahan, Saung Kito bisa jadi pilihan yang tepat. Berikut ini rekomendasi menunya!

1. Udang Masak Telor Asin

Sajian pertama dari Saung Kito yang banyak digemari oleh pelanggannya adalah udang masak telor asin. Saus telur asin yang kental dan bercita rasa khas menjadi bumbu yang membuat kelezatan udang meningkat.

Udangnya sendiri diproses dengan cara dibalut tepung terlebih dahulu, lalu digoreng. Setelah itu saus yang terbuat dari kuning telur asin yang dicampur dengan bumbu-bumbu dapur lainnya kemudian ditambahkan pada udang tepung yang sudah matang.

Meskipun dimasak kembali dengan saus, renyahnya tepung udang tetap terasa. Penasaran dengan sajian gurih yang satu ini? Harganya cukup bersahabat, yaitu sekitar Rp34.000.

2. Ayam Kremes

Sajian ayam masih menjadi menu populer di dalam kuliner Indonesia. Berbagai olahan daging bisa kita temukan di setiap rumah makan. Di Saung Kito, kamu bisa menemukan sajian ayam goreng dengan bumbu kremes yang lezat.

Pilih bagian dada untuk mendapatkan daging ayam yang lembut dan gurih. Jangan lewatkan sambalnya agar lebih nikmat. Sajian ini sudah terdiri dari nasi, daging ayam plus kremesan, sambal dan sayur asem. Ditawarkan dengan harga mulai dari Rp22.000 – Rp28.000.

3. Nasi Uleg Suwir Ayam

Sudah tahu kalau Saung Kito punya menu nasi uleg yang tidak kalah nikmat dari menu nasi berbumbu lainnya? Nasi uleg adalah inovasi baru dari rumah makan tradisional ini yang mencampur nasi putih dengan bumbu sambal bawang.

Nasi dan sambal kemudian dicampur merata sehingga setiap butir nasinya terasa bumbu. Sebagai pelengkapnya, ada suwir ayam, tahu dan tempe goreng, serta cabai rawit iris lengkap dengan lalapnya.

Bumbu sambal pada menu ini tidak dibuat pedas. Tapi jika kamu ingin cita rasa yang lebih pedas, kamu bisa menambahkan irisan cabai rawit pada nasi yang harganya sekitar Rp28.000. Harga menu lengkapnya sekitar Rp34.000.

4. Gurame Asam Manis

Ikan gurame adalah sejenis ikan air tawar yang terkenal sebagai bahan makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Daging ikan ini berbeda dari daging ikan yang lain.

Daging ikan gurame mempunyai tekstur yang padat. Oleh sebab itu, diperlukan cara khusus untuk memasaknya agar daging ikan gurame tidak kering dan keras. Jika kamu mencari sajian ikan gurame yang lezat dengan tekstur yang juicy, kamu bisa menemukannya di Saung Kito.

Dengan harga mulai dari Rp30.000 – Rp32.500, menu ini sudah bisa dinikmati oleh pelanggan. Nah, ada varian lainnya juga lho. Selain gurame asam manis, ada juga gurame saus telor asin, gurame masak pedas, gurame cobek mertua, gurame kremes dan gurame cabe ijo.

5. Buncis Ongseng

Menyantap masakan Sunda belum lengkap tanpa adanya olahan buncis yang krenyes-krenyes seperti menu buncis ongseng satu ini. Buncis muda segar diproses dengan cara ditumis dan dibumbui dengan bumbu dapur. Lalu, diberi tambahan potongan daging ayam yang gurih.

Menu ini enak jadi padanan yang tepat untuk nasi liwet hangat. Coba deh rasakan sendiri kenikmatan paduan menu tradisional Sunda ini, harganya sekitar Rp9.500.

6. Ikan Asin Balado

Ikan asin yang digunakan pada menu ini adalah ikan asin bulu ayam. Dinamakan demikian sebab bentuknya kecil dan sangat tipis. Bagian pinggirnya menyerupai bulu ayam. Ikan asin ini banyak dijual di pasar-pasar tradisional.

Ikan asin bulu ayam jadi lebih nikmat setelah dimasak dengan bumbu balado yang pedas. Rasa ikan yang asin bercampur dengan bumbu pedas membuat jadi lebih nikmat. Satu porsi ikan asin yang kriuk ini dibanderol sekitar Rp11.000.

7. Paket Bebek Kremes

Nah, ini nih menu favorit para pencinta hidangan bebek. Harga yang ditawarkan untuk menu ini pun terbilang ramah di kantong, yakni hanya Rp33.500 untuk menu lengkapnya. Pasti bikin semangat makannya, kan?

Sajian bebek goreng Saung Kito banyak digemari karena rasanya yang gurih dan dagingnya yang tidak alot. Daging bebeknya pun tidak amis.

Dengan tambahan sambal, lalap dan nasi putih hangat, menu ini jadi lebih menggoda. Kremes yang ditambahkan ke dalam menu bebek ini menjadi pilihan yang seru pengganti kerupuk. Kalau kamu tipe orang yang tidak bisa makan tanpa kerupuk, keberadaan kremes ini akan sangat disukai.

8. Kerang Ongseng Pete

Kerang Ongseng Pete

Menu kerang ongseng pete ini menggunakan kerang air tawar yang biasa disebut dengan remis di Jawa. Kerang ini biasa disantap dengan bumbu pedas. Nah, kalau di Saung Kito, kerang air tawar dimasak dengan dicampur potongan pete dan dibumbui dengan bumbu dapur yang mirip sambal.

Cita rasa kerang yang pedas jadi lebih nendang dengan adanya potongan pete. Sajian ini nikmat disantap dengan mendoan dan lalap. Siap-siap pesan satu porsi nasi lagi, ya karena kamu pasti akan nambah lagi. Menu yang menggugah selera harganya sekitar Rp23.500.

9. Empal Cobek Mertua

Empal Cobek MertuaSumber: instagram.com

Empal cobek mertua bukan berarti cobek yang digunakannya punya mertua pemilik rumah makan ini, ya. Dinamakan demikian sebab empal sapi ini dilengkapi dengan sambal yang pedasnya nendang yang disajikan dalam sebuah cobek.

Daging empal yang digunakan bercita rasa manis, gurih dan teksturnya empuk. Pasalnya daging ini diolah dengan memperhatikan proses pemasakan.

Oleh sebab itu, dagingnya terasa empuk. Menu empal dengan sambal yang pedas ini dibanderol dengan harga yang relatif murah lho, yakni sekitar Rp32.000.

10. Sate Ayam

Sate Ayam

Kalau bosan dengan sajian ayam goreng, sate ayam berikut ini bisa jadi pilihan alternatif yang lezat. Tingkat kematangan sate ayamnya pas sehingga ketika dikunyah dengan bumbu kacang, rasa gurih daging ayamnya terasa lebih lezat.

Kalau biasanya pelanggan berfokus pada bumbu satenya, agaknya di Saung Kito, kamu perlu memperhatikan cita rasa dagingnya juga. Ini karena daging ayamnya yang digunakan pada menu ini terasa lembut. Bukan lemak, tapi murni daging. Masukan menu ini ke dalam daftar menu pesananmu, ya, harganya mulai dari Rp22.000 – Rp28.500.

Nah, itulah 10 rekomendasi menu dari Saung Kito yang lezat. Hidangan tradisional ini pasti akan membuatmu teringat masakan rumahan biasa tersaji di rumah.

Dalam setiap pesanan yang dipesan pelanggan, Saung Kito memberikan semangkuk sayur asem dan teh secara gratis. Tunggu apalagi? Yuk, segera kunjungi resto yang terdekat dengan tempatmu sekarang!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram