Rekomendasi 10 Menu di Spiegel Bar & Bistro yang Paling Enak

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 26 Agustus 2021

Spiegel Bar & Bistro menempati sebuah bangunan kuno yang usianya sudah ratusan tahun. Kabarnya bangunan tua bergaya Eropa abad pertengahan ini pernah dijadikan sebagai perkantoran, toko dan gereja sebelum sekarang ini dijadikan sebagai cafe yang hits di semarang.

Pengelola asli bangunan ini adalah seorang pria bernama Herman Spiegel, juragan toko kelongtong. Herman Spiegel pulang kampung di tahun 1935, akan tetapi bangunannya masih berdiri kokoh sampai sekarang dan menjadi bangunan heritage no. 59.

Kini orang lebih mengenal Spiegel sebagai café yang menyajikan menu Eropa, Asia dan beragam roti dan kopi. Nuansa klasik khas bangunan tua menjadi daya tarik café ini. Simak informasi menu paling enaknya yuk, kalau-kalau kamu sempat ke Semarang!

1. Cream Soup Spiegel

Telah disinggung di atas bahwa Spiegel Bar & Bistro menyediakan aneka hidangan Eropa. Café yang bersebelahan dengan Gereja Blenduk Kota Lama Semarang ini mempunyai sajian cream soup yang lezat. Itulah kenapa kami mencantumkan menu ini diurutan pertama.

Cream Soup dari Spiegel berbeda dengan cream soup pada umumnya yang berwarna bening dan kaldunya kuat terasa lebih kuat. Spiegel Bar & Bistro punya cream soup yang terbuat dari daging cincang. Meskipun sama-sama gurih tapi cita rasa supnya berbeda.

Warna kuahnya lebih pekat dan lebih kental dibandingkan dengan cream soup pada umumnya. Dinikmati dengan roti yang renyah, cream soup ini jadi lebih terasa nikmat. Satu mangkuk sup lezat ini harganya sekitar Rp40.000.

2. Salmon Belly & Spinach Quiche with Chives Cream Sauce

Quiche merupakan hidangan yang berasal dari Perancis. Hidangan ini dibuat dengan menggunakan campuran tepung terigu, daging ikan salmon, daun bayam, daging asap dan diberi keju yang melimpah. Quiche yang berarti kue ini adalah sajian yang nikmat disantap sambil bersantai.

Kue khas Perancis buatan Spiegel menggunakan daging ikan salmon bagian perut dan ditambahkan dengan saus krim chives yang dibuat dari rempah-rempah khas Perancis. Krim saus ini pas dinikmati dengan quiche salmon yang lezat, harganya sekitar Rp76.000.

3. Grilled Cuban Baby Corn

Untuk kamu yang ingin mencicipi sajian luar negeri, kami rekomendasikan untuk mencicipi nikmatnya makanan ringan khas Cuba, Grilled Cuban Baby Corn. Makanan ringan ini berbahan dasar jagung muda yang dibakar dan dibumbui dengan cabai bubuk, mentega, daun ketumbar, dan daun peterseli.

Sajian bercita rasa pedas sedikit manis ini disajikan dalam piring kayu yang membuat kesan klasik. Cocok dengan gaya kuno bangunannya. Makanan ringan ini dihargai sekitar Rp32.000.

4. Patata A La Brava

Patata A La BravaSumber: dimanaja.com

Nah, kalau yang satu ini adalah sajian khas Spanyol yang terbuat dari kentang yang dipotong dadu. Camilan kentang versi lebih baru ini diberi tambahan bumbu aiolio garlic, mayonnaise khas Spiegel yang lezat.

Ada juga irisan daging sapi yang telah diasapi demi membuat rasa kentang goreng yang lebih sedap. Satu porsi camilan hangat ini harganya sekitar Rp50.600. Porsi yang pas untuk dinikmati ketika bersantai di Spiegel Bar & Bistro.

5. Alle Vongole

Sekarang kita beralih pada sajian khas Italia. Ada Spagheti Alle Vongole atau dalam Bahasa Indonesia berarti spaghetti kerang. Di negeri asalnya, spaghetti ini adalah hidangan yang populer. Kamu bisa menemukan sajian serupa di seluruh penjuru Italia.

Alle Vongole dari Spiegel adalah sajian wajib kamu cicipi. Spaghetti yang dimasak dengan menggunakan saus anggur putih ini sangat lezat. Spiegel memberi harga hidangan ini sekitar Rp89.000. Nikmati sajian khas Italia di dalam bangunan kuno bergaya klasik yang cantik ini.

6. Salmon Gravlax

Dari Italia kita lanjut jelajahi kuliner Nordik dengan sajian ikan salmonnya yang segar. Kali ini pilihan menu paling enak dari Spiegel yang berasal dari kawasan Nordik adalah Salmon Gravlax. Sajian ini terdiri dari irisan ikan salmon yang diawetkan dengan menggunakan garam, adas dan gula.

Para nelayanan di kawasan Nordik dulu memproses hidangan yang tergolong klasik di Eropa ini dengan cara mengubur daging ikan salmon yang telah dibumbui tersebut ke dalam pasir pantai di atas garis air pasang.

Hidangan yang dihargai sekitar Rp70.000 ini merupakan hidangan pembuka yang disajikan di atas roti atau kentang rebus. Ada tambahan daun dill, saus mustard dan hovmästarsås. Untuk kamu yang penasaran dengan sajian negeri lain, menu ini bisa jadi pilihan yang ramah di lidah orang Indonesia.

7. Brioche French Toast

Spiegel membanderol kudapan khas Prancis ini seharga kurang lebih Rp70.000. Roti yang terbuat dari tepung, telur dan mentega ini mempunyai tekstur roti yang lembut. Ciri khas dari brioche adalah kulit luarnya yang gelap keemasan dan mengembang.

Orang Eropa biasa menyantap roti brioche untuk sarapan atau camilan di jam-jam yang rawan lapar. Roti brioche ada yang dibuat dengan menambahkan choco chips dan buah-buahan.

Sarapan pagi dengan sekerat brioche, sirop maple dan whipped cream yang dicampur kayu manis ini membuat tubuh lebih berenergi. Kalau kamu kebetulan lewat ke Jalan Letjen Suprapto No. 34, jangan lupa mampir dan nikmati sarapan ala Perancis yang sedap ini, ya.

8. Pulled Beef Short Rib

Menu ini terbuat dari daging iga yang dimasak dengan cara dipanggang dengan menggunakan bawang bombay dan bumbu khas Spiegel. Sajian ini dilengkapi dengan keju cheddar, jamur dan kentang goreng yang renyah dan gurih.

Spiegel mengkreasikan iga bakar yang sedap dengan plating elegan nan cantik. Satu porsi sajian yang disajikan dalam wadah kayu ini dihargai sekitar Rp88.600. Untuk perut yang sedang kelaparan, sajian ini pasti akan cukup mengenyangkan.

9. Sicilian Dory

Menu berikutnya ada hidangan ikan dori yang lembut dengan butter rice dan bumbu kunyit. Hidangan ini menggunakan daging ikan dori fillet yang dimasak dengan bumbu khas Italia. Lalu, ada bahan pelengkap lain seperti tomat, capers, bawang bombay, minyak zaitun dan taburan kismis.

Perpaduan bahan ini sedap untuk sajian makan siang atau makan malam. Butter rice yang kayak akan bumbu menjadi terasa lebih nikmat ditambahkan dengan bahan-bahan tersebut. Penasaran? Hidangan ini harganya sekitar Rp108.000.

10. Beef Pepperoni

Tak lengkap rasanya jika kamu melewatkan sajian pizza khas Spiegel. Café yang dulunya pernah digunakan sebagai toko yang menjual berbagai peralatan rumah tangga ini punya sajian pizza yang tidak kalah enak dari pizza di restoran lain.

Salah satunya adalah Beef Pepperoni. Pizza yang dibumbui dengan bumbui salami khas Amerika-Italia ini menggunakan daging sapi yang lezat, lagi empuk.

Kelezatan varian pizza ini membuat Pizza Beef Pepperoni banyak digemari di Amerika. Tidak menutup kemungkinan orang Indonesia juga menyukai cita rasa pizza ini. Coba deh cicipi sendiri dan rasakan kelezatannya. Satu pan pizza ini dihargai sekitar Rp121.000.

Itu dia 10 rekomendasi menu yang paling enak yang dimiliki Spiegel Bar & Bistro. Mencicipi menu di Spiegel Bar & Bistro serasa menjelajahi kuliner dunia. Semua menu yang tersedia merupakan menu-menu yang terkenal di negaranya masing-masing. Untuk kamu yang kurang menyukai sajian Eropa, Spiegel punya menu tradisional khas Indonesia kok.

Menu-menu tersebut tidak kalah enak dan bikin hati puas saat menyantapnya. Ditambah dengan suasana café yang nyaman, momen makanmu jadi lebih seru. Jika kamu melihat gaya arsitektur dan desain interiornya, kamu pasti akan jatuh cinta. Masukan kota Semarang ke dalam daftar traveling-mu dan jangan lupa mampir ke Spiegel Bar & Bistro.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram