6 Menu Zushioda Paling Enak dengan Harga Ekonomis

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 24 Juni 2021

Kuliner Jepang di Indonesia adalah salah satu kuliner yang banyak diminati proses mengolah dan rasa masakannya menjadi faktor yang menyebabkan kuliner ini disukai oleh masyarakat Indonesia. Bukan rahasia lagi jika makanan di restoran sushi dan restoran Jepang pada umumnya dibanderol dengan harga tinggi sehingga jangkauannya terbatas.

Untungnya, saat ini telah hadir Zushioda yang menyediakan kuliner Jepang dengan harga terjangkau. Zushioda berani mendobrak stigma tersebut dengan membuka warung sushi dengan konsep yang lebih merakyat. Nah, sebelum kita ulas menu terenak mereka, kita kenalan dulu yuk dengan warung tenda sushi ini!

Zushioda dan Konsep Warung Tenda Khas Jepang

Zushioda dan Konsep Warung Tenda Khas JepangSumber: berempat.com

Kamu pasti familiar dengan warung angkringan yang ada di daerah Jawa, bukan? Warung yang biasa beroperasi dari sore hingga malam hari ini tersebar di seluruh sudut-sudut kota di daerah Jawa. Di Jepang pun ada warung serupa, namanya yatai.

Negara lain yang mempunyai konsep warung serupa adalah Korea dengan pocha-nya. Angkringan, pocha dan yatai adalah stand, booth atau warung kaki lima yang beroperasi di waktu menjelang petang sampai tengah malam. Bahkan ada yang sampai dini hari.

Semua warung-warung tenda ini mempunyai kesamaan konsep, yaitu menjual makanan khas dengan harga yang jauh lebih hemat dari café atau restoran-restoran. Zushioda hadir dengan konsep seperti itu.

Warung tenda dengan konsep sederhana ini ternyata menarik orang-orang Indonesia. Terutama anak muda yang ingin merasakan pengalaman nongkrong di angkringan Jepang. Terlebih menu makanan di Zushioda sudah dimodifikasi sehingga lebih cocok dengan lidah kebanyakan orang Indonesia.

Di kondisi sekarang, masyarakat cenderung mencari substansi tempat makan yang bisa menekan pengeluaran. Hal ini merupakan sebuah peluang bisnis yang baik bagi pelaku bisnis kuliner. Sekarang banyak pebisnis makanan yang membangun bisnis mereka dengan konsep kaki lima.

Masyarakat cenderung mencari tempat makan yang menyajikan menu serupa dengan café atau restoran dengan harga yang jauh lebih murah.

Zushioda menerapkan hal ini. Dan tak disangka banyak yang menyambut dengan hangat atas dibukanya warung tenda yang menyajikan masakan Jepang ini. Zushioda menjual sushi dan masakan Jepang lainnya dalam sebuah gerobak atau meja display khusus.

Angkringan khas Jepang ini menjual menu makanan yang berbahan dasar makanan laut, daging, sayuran mentah, dan ikan-ikanan. Meskipun konsumsi makan ikan di Indonesia tidak setinggi di Jepang, namun animo masrayarakat terhadap sushi terbilang tinggi.

Ada perbedaaan yang sangat mencolok dari menu sushi di warung tenda Jepang dan menu sushi di Indonesia. Di Jepang, menu sushi menggunakan ikan dan daging mentah atau daging setengah matang.

Namun, di Indonesia, menu sushi yang ditawarkan dalam keadaan matang sehingga lebih mudah penetrasi pasar karena lebih disukai orang pelanggannya.

Menu Zushioda Paling Enak

Hadirnya Zushioda ke tengah masyarakat menjadi sebuah kabar yang menggembirakan. Dengan adanya sushi kaki lima ini, masyarakat luas bisa menikmati sushi khas Jepang dengan harga yang ekonomis.

Secara umum, menu yang ditawarkan di warung sushi ini terdiri dari sushi, sup miso dan ramen. Tak perlu khawatir dengan rasa. Menu makanan di Zushioda sudah dibuat familiar dengan lidah kita. Yuk, langsung saja ketahui menu terenak dari Zushioda agar kamu tidak penasaran!

1. Salmon Cheezy Roll

Salmon Cheezy RollSumber: daileatcious.wordpress.com

Jika membahas mengenai sushi roll pasti tidak akan jauh-jauh dari ikan salmon. Ikan salmon atau blessing fish adalah jenis ikan yang paling banuak dijadikan sebagai menu sushi. Ikan ini mempunyai banyak nutrisi, seperti asam lemak omega 3 yang bagus untuk menunjang kesehatan dan fungsi otak.

Selain itu, mengkonsumsi ikan salmon bisa membantu menurunkan kadar depresi dan stres yang berlebihan. Karena manfaatnya yang berlimpah itulah ikan salmon dipilih sebagai menu sushi. Tapi perlu kamu ketahui bahwa ada bahaya di balik mengkonsumsi ikan salmon mentah.

Jika proses masaknya tidak tepat, ikan salmon mentah bisa membahayakan tubuh. Pasalnya, daging ikan ini mengandung parasit, bakteri dan mikroba lainnya yang berbahaya bagi tubuh.

Namun, sushi ikan salmon Zushioda tidak berbahaya karena sudah diproses dengan baik sehingga manfaatnya bisa kita dapatkan.  Apalagi menu salmon roll yang dibanderol seharga sekitar Rp27.000++ dari Zushioda ini diberi tambahan keju sehingga rasanya lebih mantap.

Ikan salmon diiris tipis dan ditaruh di atas nasi khas Jepang yang telah dibumbui. Setelah itu ada tambahan saus keju di atasnya irisan daging ikan salmon ini. Mayonaise ditambahkan sebagai penambah sehingga sempurnalah rasa Salmon Cheezy Roll ini.

2. Unagi Crunchy Roll

Unagi Crunchy RollSumber: aimizumizu.com

Unagi atau dalam bahasa Indonesia disebut sidat air tawar ini sering kita temukan di restoran Jepang. Unagi mempunyai cita rasa manis. Sayangnya, untuk sebagian orang, unagi dianggap makanan yang tidak enak.

Tapi kamu harus coba menu Unagi Crunchy Roll dari Zushioda. Menu yang termasuk sushi fusion ini mempunyai cita rasa unik, ada kriuk-kriuknya.

Bumbu unagi dari sushi roll ini pun menyerap ke dalam daging bagian dalamnya. Satu Porsi Unagi Crunchy Roll terdiri dari lima potong unagi dan harganya sekitar Rp27.000.

3. Spicy Monster Roll 

Spicy Monster RollSumber: aimizumizu.com

Dibanderol sekitar Rp25.000++, Spicy Monster Roll menjadi menu yang pas buat para pencinta seafood. Sushi Roll bercita rasa pedas ini menggunakan daging kepiting dan sayuran sebagai isiannya. Ikan salmon panggang ditambahkan sebagai topping-nya. Selain itu, ada chicken floss di dalamnya.

Yang terbaik dari Zushioda adalah saus mayonya. Saus mayo mereka mempunyai rasa yang berbeda dibanding rasa saus mayo kebanyakan. Rasanya ada sensasi pedas yang membuat sushi roll lebih sedap.  Saus mayo dengan Spicy Monster Roll adalah paduan yang pas.

4. Shake Chigyo Roll

Shake Chigyo RollSumber: daileatcious.wordpress.com

Isian sushi roll ini terdiri dari daging ikan salmon pedas, tempura dan ada saus pedas mayo sebagai topping-nya. Ada delapan potong sushi roll dalam satu porsi Shake Chigyo Roll ini, harganya sekitar Rp30.000++.

Menu Shake Chygyo Roll ini salah satu menu terenak dan banyak diminati oleh pelanggannya. Pas di lidah orang Indonesia yang cenderung menyukai masakan gurih.

5. Inari Cheese Fried

Inari Cheese Fried

Zushioda punya menu unik yang wajib kamu coba. Bagi kamu yang menyukai sushi dengan daging masak, Inari Cheese Fried adalah menu yang pas buatmu. Inari Cheese Fried adalah sushi yang disajikan berbeda.

Kebanyakn sushi disajikan dengan beras Jepang yang dikukus. Nah, menu ini sedikit berbeda. Prosesnya sushi roll mengalami proses penggorengan terlebih dahulu sebelum disajikan sehingga kulit luar garing dan renyah. Inari Cheese Fried dihargai sekitar Rp22.000.

6. Chirisosu Ramen

Chirisosu RamenSumber: instagram.com

Tak lengkap rasanya jika sebuah tempat makan Jepang tidak menyertakan ramen di dalam menunya. Nah, karena kebetulan banyak permintaan untuk hidangan ramen ini, maka Zushioda memasukan hidangan ramen ke dalam daftar menu mereka.

Diberi nama Chirisosu Ramen, ramen ini diperkenalkan kepada para pelanggan Zushioda sebagai menu terbaru melengkapi menu lain yang sudah dibuat lebih dulu. Chirisosu Ramen adalah ramen dengan rasa pedas yang bisa disesuaikan. Meskipun kuah ikan yang digunakan bercita rasa pedas, kamu bisa pesan ramen dengan tingkat pedas yang lebih tinggi.

Silahkan buktikan nikmat pedasnya ramen khas Zushioda ini. Satu mangkuk ramen ini dibanderol dengan harga Rp45.000++. Porsi satu mangkuknya terbilang besar. Di dalamnya terdapat potongan daging ayam wakame, telur rebus, jagung dan sayuran.

Itulah beberapa rekomendasi menu paling enak dari angkringan Jepang, Zushioda. Sebagai camilannya, Zushioda menawarkan camilan khas Jepang seperti kacang edamame, teh khas Jepang dan lainnya.

Meskipun disebut sebagai angkringan tapi nuansa Jepangnya sangat kental, misalnya ada hiasan lentera, kaligrafi huruf Jepang dan tata meja khas Jepang. Ditambah makanan Jepang, suasana Jepangnya pun semakin lengkap.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram