Inilah 9 Merk Ayam Goreng Korea yang Enak dan Terkenal

Ditulis oleh Siti Hasanah

Siapa yang tak akan jadi “ngiler” ketika melihat para aktor dan aktris Korea menggigit ayam goreng. Suara renyah tepungnya membuat orang jadi ingin ikut mencicipi. Nah, artikel berikut ini akan membahas beberapa merek ayam goreng Korea yang terkenal yang juga pernah muncul dalam drama dan dibintangi oleh model terkenal. Simak selengkapnya berikut ini yuk!

1. KyoChon Chicken

KyoChon ChickenSumber: rozannegold.wordpress.com

Salah satu merek ayam goreng Korea yang terkenal yaitu KyoChon Chicken. Ayam goreng ini memulai bisnisnya pada tahun 1991. Misi KyoChon yaitu selalu menyajikan hidangan ayam goreng yang berkualitas, original, dan lezat. 

Kantor pusat KyoChon berada di Osan, Provinsi Gyoenggi. Kyochon sekarang mempunyai lebih dari 48.000 pelanggan yang berada di 1.000 lokasi di seluruh Korea. KyoChon juga mempunyai 37 toko waralaba di 6 negara: Cina, Thailand, Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Amerika Serikat. 

Ayam goreng ini dulu sempat menggaet Lee Min Ho dan Super Junior untuk jadi brand ambassadornya. KyoChon terkenal dengan soy chicken-nya yang paling laris untuk segala usia. 

Ayamnya digoreng sampai garing, lalu soy sauce dengan bawang putihnya dioleskan dengan hati-hati ke setiap bagian ayam dengan kuas. Soy sauce chicken dari KyoChon banyak direkomendasikan. Varian lainnya yaitu red original yang dibuat dengan paprika merah pedas Korea, bawang putih, dan madu.

  • Alamat: Salah satu cabang di Seoul, 464-6 Changsin-dong, Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan
  • Jam buka: Setiap hari 24 jam
  • Telepon: +82 2-2231-9337

Indonesia

  • Alamat: Cabang Kelapa Gading, Mall Kelapa Gading 2 Level 2 Unit 314, Jl. Boulevard Raya, RT.13 / RW.18, Klp. Gading Tim., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara 14240
  • Jam buka: Setiap hari 10.00 – 22.00 
  • Telpon: (021) 45853833

2. Nene Chicken

Nene ChickenSumber: sunwayputramall.com

Pada tahun 1995 Ne Ne Chicken memulai bisnisnya. Mereka memulai bisnis sama seperti waralaba lainnya.  Namun ada tiga ciri khusus membuat bisnis ini menonjol dibandingkan waralaba ayam goreng yang tak terhitung jumlahnya di Korea Selatan.

Pertama, kemasan Ne Ne sensasional. Selama waktu itu, tidak ada yang seperti kotak take-out Ne Ne. Bagian luarnya mengingatkan pada kotak pizza, tetapi ketika kotaknya dibuka, susunan ayam yang rapi, acar kemerahan, dan minuman semuanya ada di dalam kotak yang sama. 

Sekarang gaya seperti ini sudah lumrah tapi sekitar 10 tahun yang lalu ini merupakan sebuah revolusi.  Kunci sukses Ne Ne lainnya adalah memilih orang yang tepat untuk strategi dukungan selebritinya. Industri ayam goreng di Korea terkenal memakai branding selebriti secara maksimal. 

Selama 12 tahun Ne Ne menggunakan Yoo Jae-seok sebagai brand ambassadornya. Dia adalah seorang komedian top di Korea yang membawakan sejumlah acara populer, seperti Running Man dan Happy Together. Sekarang NU’EST dan SEVENTEEN juga masuk dalam jajaran brand ambassador-nya.

Ayam goreng Ne Ne terkenal dengan Pa-dak (Ayam Bawang Hijau) dan snowing chicken. Padak hanya bisa dirasakan dalam budaya Korea. Ayam ini unik. Dengan ayam goreng orisinil di bagian bawahnya, tambahkan irisan daun bawang di atasnya dengan saus oriental. 


Perpaduan antara daun bawang dan saus oriental terasa menyegarkan. Lalu snowing chicken. Ini merupakan ayam goreng original yang diberi taburan bubuk keju spesial di atasnya. Persis seperti turun salju dari langit.

  • Alamat: Salah satu cabang di Seoul, 192 Donggyo-ro, Seogyo-dong, Mapo-gu, Seoul, Korea Selatan
  • Jam buka: Setiap hari, 15:00 - 01:00
  • Telepon: +82 2-334-9254

3. Goobne Chicken

Goobne ChickenSumber: twitter.com

Goobne Chicken, yang berdiri sejak tahun 2005, dikenal sebagai restoran healthy chicken di Korea. Bahkan, Goobne pernah menerima penghargaan Sharing of Happiness Awards pada tahun 2014 dari Ministry of Health and Welfare dan tahun 2013  Consumer's Choice Awards di Korea. 

Kata Goobne sendiri asalnya dari kata 'gubda' yang artinya memanggang. Mengikuti dengan nama restorannya, merek Goobne Chicken menjual menu ayam panggang yang dikatakan lebih sehat karena tidak ada penggunaan minyak sedikit pun dalam pengolahannya.

Walaupun demikian, ayam panggang Goobne Chicken cita rasa dan tekstur tidak kalah lezat dari merek ayam goreng Korea lainnya. Bahkan, Goobne Chicken memiliki tekstur dan rasa yang sangat mirip dengan ayam goreng tepung kebanyakan.

Seperti Kyochon, merek ini sudah melebarkan sayapnya hingga beberapa negara seperti Cina, Hongkong, Macau, Jepang, Malaysia, Vietnam juga Indonesia. Brand ambassador Goobne Chicken antara lain EXO dan Girls Generation. Model terbaru adalah Cha Eun-woo Astro dan Park Bo-young.

  • Alamat: Salah satu cabang Seoul, 2-39 Changcheon-dong, Seodaemun-gu, Seoul, Korea Selatan
  • Jam buka: Setiap hari, 12.00–1.00
  • Telepon: +82 2-312-9494

Indonesia

  • Alamat: Jl. Marina Indah Raya, PIK Ruko Crown Golf, Blok B No. 15-16, Bukit Golf Mediterania, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara 11470
  • Jam buka: Setiap hari, 11:30 - 21:00
  • Telpon: (021) 22339536

4. BHC Chicken

BHC ChickenSumber: danielfooddiary.com

Berdiri pada tahun 1997, Byeol Hana Chicken sudah berganti nama menjadi BHC pada tahun 2000. Pada tahun 2004, ketika flu burung melanda industri makanan, BHC terkena dampak yang parah sehingga sempat diakuisisi oleh BBQ. 

Setelah sembilan tahun, merek ayam goreng ini diakuisisi lagi tetapi oleh Citi Group. Menu baru salah satu merek ayam goreng Korea terkenal ini selalu cukup istimewa untuk menarik perhatian konsumen. Misalnya Prinkle Chicken, menu ini adalah ayam goreng dengan bumbu bubuk ajaib beserta kuahnya. 

Matcho King merupakan ayam berbahan soy sauce dengan taburan lada pedas yang melimpah. Menu populer lainnya adalah Curry Queen yang memberikan rasa kari unik yang sangat membuat ketagihan. BHC sering merilis menu baru yang menjadi hit. Namun yang paling banyak terjual tetap Prinkle.

Slogan dari BHC Chicken “Better, Healthy Choices” memastikan mereka hanya menyediakan ayam yang kualitas terbaik. Terlebih lagi, B pada BHC merupakan singkatan dari bae-dal yang dalam bahasa Korea memiliki arti 'pengiriman'.

BHC Chicken tidak hanya menyajikan hidangan mereka di restoran langsung, tetapi mereka juga memiliki layanan pengiriman yang sukses yang bertujuan untuk memuaskan pelanggan dimanapun mereka berada.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram