Inilah 9 Merk Ayam Goreng Korea yang Enak dan Terkenal

Ditulis oleh Siti Hasanah
  • Alamat: Salah satu cabang Seoul, 21 Myeongdong 7-gil, Myeong-dong, Jung-gu, Seoul, Korea Selatan
  • Jam buka: Setiap hari, 13.00–1.00
  • Telepon: +82 2-319-7033

5. BBQ Chicken

BBQ ChickenSumber: gwanjam.tistory.com

Dibuka pada tahun 1995, salah satu merek ayam goreng Korea yang terkenal ini sudah seperti simbol ayam goreng Korea. Karena sejarah panjang dan kualitas makanannya, loyalitas pelanggan BBQ chicken lebih tinggi dibandingkan merek lain.

BBQ merupakan singkatan dari Best of Best Quality. Merek ayam goreng ini sudah seringkali muncul dalam drama Korea. Sebut saja yang terbaru Crash Landing on You dan The King: Eternal Monarch. Sebelumnya muncul di drama Goblin.

Menu paling populer dari BBQ adalah Golden Olive Chicken. Menu ini sering nampang di drama Korea. Bahan utamanya adalah minyak zaitun extra-virgin berkualitas tinggi dan bubuk khusus yang memberikan rasa BBQ yang unik. Renyah di luar dan berair di dalam.

BBQ Chicken memiliki beberapa brand ambassador terkenal. Yang terbaru adalah BTS. Sebelumnya Suzy dan Lee Jong Suk, Wonder Girls, TVXQ, Beast, dan Hyuna. 

  • Alamat: Cabang Gangnam, 687-2-dong, Irwon 1 (il) -dong, Gangnam-gu, Gangnam-gu, Seoul
  • Jam buka: Senin – Jumat: 10:00 - 12:00, sedangkan Sabtu – Minggu: 11:00 - 11:00 
  • Telepon: +82 2-3411-5949

6. Pelicana 

PelicanaSumber: ubereats.com

Pada tahun 1982, Pelicana membuka usaha ayam gorengnya dengan ide ayam saus asam manisnya. Mereka ini dianggap sebagai ayam goreng asli Korea. Dari waktu ke waktu Pelicana merilis menu baru, tetapi tidak ada yang melebihi ayam saus asam manis dan original mereka. 

Perbandingan sempurna antara bawang putih, gochujang atau pasta cabe merah dan saus tomat membuat ayam tersebut layak untuk jadi pilihan. Dengan sejarah mereknya yang panjang, Pelicana memiliki pelanggan yang lebih berdedikasi daripada yang lain.

  • Alamat: 313 강남 프라자 1 층, Eonju-ro, Yeoksam-dong, Gangnam-gu, Seoul,
  • Jam buka: Setiap hari, 12.00-12.00
  • Telepon: +82 2-567-9779

7. Bonchon Chicken

Bonchon ChickenSumber: ubereats.com

Bonchon Chicken merupakan restoran waralaba ayam goreng internasional yang berbasis di Korea Selatan. Bonchon dalam bahasa Korea berarti "Kampung halaman Saya". Restoran Bonchon Chicken dimulai pada 2002 di Busan, Korea Selatan. 

Merek ayam goreng Korea ini kemudian menyebar ke Amerika Serikat, tepatnya di 21 negara bagian dan 8 negara lainnya. Jinduk Seo merupakan pendiri Bonchon Chicken dan Flynn Dekker saat ini menjabat sebagai CEO. 

  • Alamat: Salah satu cabang di Seoul, 77-7 Samseong-dong, Gangnam-gu, Seoul, Korea Selatan
  • Jam buka: Senin – Sabtu 05.00 – 23.00, Minggu Tutup
  • Telepon: +82 2-543-9252

Indonesia

  • Alamat: 15, Jl. Boulevard Bar. Raya No.2, RT.15 / RW.3, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, 14240
  • Telepon: 0823-941-632

8. Mexicana

Mexicana

Mexicana merupakan salah satu restoran ayam generasi pertama yang dimulai sebagai restoran mom-and-pop 31 tahun yang lalu. Sekarang merek ayam goreng ini menjalankan lebih dari 900 waralaba di seluruh negeri sebagai salah satu merek nasional teratas.

Menu yang disajikan oleh Mexicana antara lain Mayo Chicken, Buldak Chicken, Bburigo Chicken, Rice-syrup Chicken, Hot Chilli Chicken, Fried Chicken, Sweet&Mild Spicy Chicken, Half and Half Chicken, Bburigo Snow Cheese Chicken, dan Teriyaki Chicken.


  • Alamat: Salah satu cabang Seoul, 13 Teheran-ro 64-gil, Daechi 4 (sa) -dong, Gangnam-gu, Seoul
  • Jam buka: Setiap hari 15.00–2.00
  • Telepon: +82 2-539-3933

9. Gamaro Chicken

Gamaro ChickenSumber: twitter.com

Gamaro Chicken merupakan merek ayam goreng Korea lainnya yang populer di kalangan orang Korea. Merek ayam goreng ini tetap dengan rasa terbaik mereka dan kini menyempurnakannya. Untuk menggoreng ayamnya, mereka menggunakan minyak biji bunga matahari.

Selain itu, kotak kemasan ayam mereka tidak menggunakan bahan campuran yang berbahaya. Menu pilihannya seperti  saus teriyaki manis atau saus lada pedasnya, mencampurnya, atau memilih ayam goreng klasik. Brand ambassador mereka yang paling terkenal tidak lain adalah grup idola Twice.

Gamaro menyajikan potongan ayam yang gurih, tanpa tulang, renyah, seukuran gigitan dengan pilihan pedas atau manis. Ayamnya empuk, beraroma, dan berkuah, jadi tidak diperlukan saus celup tambahan. Rasa saus manis dari campuran madu, gula merah, minyak wijen, dan soy sauce.

Versi ayam pedasnya memiliki sensasi panas ekstra yang tidak berlebihan. Ayam dimasak dengan saus dengan potongan ddeok (kue beras) dalam wajan besar dan diberi kacang di akhirnya. Karena tanpa tulang, gigitan ayam dan kue beras ini mudah untuk dimakan.

  • Alamat: Salah satu cabang, 42, Dangsan-dong 5-ga, Yeongdeungpo-gu, Seoul
  • Jam buka: 12:00 - 23:00
  • Telepon: 02-2635-7292

Kalau kamu penggemar drama Korea, pasti sering sekali menyaksikan ayam goreng Korea berseliweran di layar kaca. Nah, itulah merek ayam goreng Korea yang terkenal yang bisa kamu coba karena beberapa sudah membuka cabangnya di Indonesia. Selamat mencoba!

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram