10 Merk Wine Prancis yang Terkenal dengan Kualitas Premium

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 11 Agustus 2021

Minuman anggur biasanya dikonsumsi dalam perayaan atau saat bersulang bersama teman atau keluarga dalam acara ulang tahun, pernikahan atau kesuksesan bisnis. Nah, salah satu wine yang biasanya dipilih adalah wine dari Prancis. Sejak dulu negara Prancis terkenal dengan wine atau minuman anggurnya. Prancis dari zaman dahulu sudah membuat anggur paling bersinar di dunia.

Disebutkan kalau minuman anggur dan Prancis memiliki penyulingan yang paling unggul dan menghasilkan merk wine Prancis terkenal dan terbaik di dunia internasional. Ada banyak merek wine Prancis yang populer di dunia. Nah, berikut ini adalah 10 merek wine Prancis terkenal yang memiliki reputasi internasional.

1. Château Gruaud Larose

Château Gruaud Larose merupakan merek wine Prancis terkenal dan terbaik di dunia. Para penyuka wine akan menyajikan merek ini kepada orang-orang terdekat juga tersayang dengan senang hati ketika sedang bersama. Perusahaan dan merek wine ini mempunyai nama yang sama.

Menjadi merek wine terbaik, perusahaan inti tidak mengenal kata kompromi untuk kualitas wine mereka sehingga popularitas mereka tetap terjaga hingga sekarang. Perusahaan wine ini mempunyai 84 hektar kebun anggur.

Letak perkebunannya berada di dataran tinggi di sebelah barat Château Beychevelle yang kaya kerikil. Wine merek Château Gruaud Larose merupakan campuran dari Cabernet Sauvignon (65%), Cabernet Franc (8%) Merlot (25%) serta Petit Verdot (2%).

Vinifikasi, yaitu proses perubahan jus anggur menjadi wine dengan fermentasi, berlangsung dalam tong kayu serta tong semen dan terakhir minuman anggur disimpan dalam tong kayu kecil yang terbuat dari kayu ek selama 18 bulan.

Wine Gruaud-Larose yang berusia masih muda bisa menjadi tannic (mengandung rasa pahit di ujung) dan tidak halus untuk tetapi ketika menua, wine ini menjadi sangat harmonis dan menghasilkan karakteristik yang kompleks dan menawan dari buah-buahan hitam pekat, rempah-rempah, cedar dan akar manis.

2. Château La Conseillante

Château La Conseillante

Château La Conseillante adalah salah satu yang terbaik dari produsen Pomerol. Merek ini bisa dilacak sejarahnya ke tahun 1735 kemudian sejak 1874 beralih tangan ke keluarga Nicolas.

La Conseillante memiliki kebun anggur seluas 13 hektar yang berada di dataran tinggi di Pomerol timur di perbatasan dengan St-Emilion, wilayah penghasil anggur lainnya. Kebun anggur La Conseillante dibatasi oleh Petit-Village, L`Evangile, Cheval Blanc dan Vieux Château-Certan.

Wine dari La Conseillante merupakan campuran dari 25% Cabernet Franc, 70% Merlot serta 5% Malbec. Anggur dari perkebunan ini dipanen dengan tangan kemudian difermentasi dalam tong stainless steel yang suhunya dikontrol.

Sesudahnya wine disimpan di dalam tong kayu ek kecil yang 90% baru selama 18-20 bulan. Wine-nya dikemas dalam botol yang tanpa filter.

3. N°1 Saint-Cernin Blanc

N°1 Saint-Cernin vintage merupakan minuman anggur vintage (waktu panen anggur) 2017. Wine ini merupakan anggur putih yang sangat langka. N°1 Saint-Cernin vintage berasal dari 4 barel, sejumlah 1.200 botol.

Wine ini berasal dari buah anggur Chardonnay yang tumbuh dan divinifikasi di Limoux yang berada di kaki Pegunungan Pyrenean di daerah barat daya Prancis. Daerah ini merupakan terroir (lingkungan alami tempat wine diproduksi) yang diakui oleh penggemar wine di seluruh dunia.

Warna wine ini kuning pucat dengan dengan highlight berwarna emas. Wine ini matang dalam tong yang terbuat dari kayu ek sehingga menghasilkan bau yang sangat lembut, sedikit wangi dipanggang dengan aroma brioche dan frangipane yang dilengkapi dengan tekstur yang buttery.

4. Château Duhart-Milon

Wine yang asalnya dari distrik Pauillac di daerah Provinsi Bordeaux ini Bernama Château Duhart-Milon. Wine Prancis ini memiliki reputasi sebagai merek anggur Prancis terbaik. Kilang anggur yang mempunyai klasifikasi Bordeaux Wine Official ini menonjol sebagai yang terbaik serta premium.

Merk anggur Château Duhart-Milon adalah merek wine Prancis terkenal juga terbaik. Château Duhart-Milon memiliki hamparan tanah yang menakjubkan yang panjangnya sekitar 175 hektar. Di dalamnya berisi tanaman anggur Cabernet Sauvignon, Cabernet Franc, dan Merlot terbaik.

Kilang anggur ini didirikan tahun 1855 dan sekarang mempunyai rangkaian anggur terbaik serta langka dan terkenal sekali di kalangan pecinta wine.

5. Domaine du Vissoux

Mereka wine Prancis yang terkenal lainnya yaitu Domaine du Vissoux. Nama ini berhubungan dengan pembuatan anggur terbaik. Domaine du Vissoux lokasinya berada di di Saint-Vérand yang termasuk Distrik Pierres Dorées di daerah selatan Beaujolais.

Merek wine ini menonjol dan menjadi terkenal karena proses pembuatan wine-nya menggabungkan metode tradisional dan yang modern dalam proses pembuatan anggur. Pembuat wine ini adalah Pierre-Marie Chermette dan Martine.

Mereka sangat berdedikasi dalam bisnis ini dan memproduksi wine bagi para pecinta minuman anggur. Mereka memiliki produk yang menonjol di antaranya creme de cassis, Beaujolais white, Brouilly, Crémant de Bourgogne, Windmill, dan Fleurie yang merupakan wine terroir terbaik dan original.

Wine ini difermentasi dengan hati-hati di dalam tong kayu atau tong yang terbuat dari baja sehingga menghasilkan anggur yang luar biasa yang memiliki semburat buah batu ceri, beri, dan lilac.

6. Pétrus

 Pétrus

Salah satu minuman anggur yang sangat langka dan mahal di dunia ini, 30 tahun yang lalu hampir tidak pernah terdengar namanya. Barulah sesudah tahun 1962 ketika keluarga Moueix membeli setengah saham di properti tersebut, potensi Pétrus yang sesungguhnya mulai benar-benar terlihat.

Sekarang Pétrus berada di bawah arahan Christian Moueix dan Bernama Jean Claude Berrouet. Kebun anggur dengan luas sekitar 11,4 hektar tersebut berada di dataran tinggi di bagian tertinggi Pomerol di timur jauh dari wilayah penghasil anggur.

Hampir seluruh tanah lapisan atas serta lapisan bawah di Pétrus merupakan tanah liat (tanah di properti yang berdekatan dengan Pétrus merupakan campuran pasir-kerikil atau pasir-lempung) dan anggur Merlot tumbuh subur di tanah ini. Kebun anggur Pétrus 95 persennya ditanami Merlot.

Anggur dipanen menggunakan tangan hanya di sore hari saja saat embun pagi telah menguap. Tujuannya supaya tidak berisiko terjadi penurunan kualitas sedikit pun. Kemudian anggur difermentasi di dalam tong semen. Sementara wine difermentasi dalam  tong kayu ek yang 100% baru pada kurun waktu sekitar 22-28 bulan. Wine ini di kemas tanpa filter.

Pétrus memiliki rasa yang kaya, kuat dan terkonsentrasi. Wine ini kerap kali memiliki karakteristik cokelat, truffle, rempah-rempah Asia dan buah-buahan hitam yang matang sekali dan creamy.

7. Château Margaux

Sebagian besar penghasil wine terbaik di Prancis memiliki kebun anggur yang berada di distrik Bordeaux Prancis. Daerah ini diberkati dengan tanah yang terbaik serta rasa wine yang menghasilkan dan memberi rasa eksplisit dan holistik pada anggur yang diproduksi di wilayah ini.

Dikenal juga sebagai La Mothe de Margaux Château Margaux, perusahaan yang memproduksi wine ini muncul pada abad ke-19. Daerah Médoc di Gironde merupakan pusat dari perusahaan penghasil anggur untuk wine ini.

Di antara beragam jenis wine, Pavillon Rouge du Château  serta Pavillon de Blanc du Château  Margaux merupakan produk wine yang menonjol dan merupakan wine nomer satu dan sudah memberikan wine terbaik bagi para pecinta anggur untuk waktu yang cukup lama.

8. Château La Mission Haut-Brion

Château La Mission Haut-Brion merupakan wine merah yang dibuat di wilayah pembuat wine yang bernama Pessac-Léognan, Bordeaux. Ini merupakan wine Crus Classés (kebun anggur peringkat atas yang ditunjuk dalam Klasifikasi Bordeaux tahun 1855) dalam klasifikasi Graves tahun 1953.

Wine putih dari Château La Mission Haut Brion Blanc memiliki umur 13-16 bulan. Wine tersebut merupakan wine full-bodied dengan kandungan alkohol yang lebih tinggi dan memiliki konsentrasi aroma truffle, asap, tanah, tembakau, dan rempah-rempah.

9. Château Leoville Las Cases

Château Léoville Las Cases merupakan salah satu kilang anggur terbesar dan tertua di daerah Médoc.  Kilang anggur ini merupakan yang terbesar dari 3 properti Léoville dan tidak diragukan lagi saat ini diragukan lagi Château Léoville Las Cases merupakan perkebunan terkemuka di St-Julien.

Kebun anggur Léoville Las Cases memiliki luas sekitar 97 hektar dan berada di tanah liat berkerikil dengan plot terbesar serta dikelilingi oleh dinding batu dan membentang di antara Desa St-Julien dengan Château Latour.

Wine-nya merupakan campuran yang didominasi Cabernet Sauvignon (65%), dan dimatangkan dalam tong kayu ek yang 70-80% baru selama 18 bulan. Léoville Las Cases memproduksi wine dengan wewangian paling eksotis di Médoc.

10. Château Lafite Rothschild

Memiliki sejarah sebagai pembuat anggur selama 400 tahun sejarah, tidak diragukan lagi Château Lafite merupakan salah satu pembuat anggur tertua di dunia. Wine merah mereka sangat dihargai oleh para kolektor dan dijual secara teratur dengan harga yang fantastis, memecahkan rekor.

Campuran khas Bordeaux merek ini yaitu anggur Cabernet Sauvignon, Merlot, Petit Verdot, dan Cabernet Franc. Vintage (dipanen) tahun 2000 di wilayah Bordeaux merupakan awal yang sangat bagus untuk abad baru pembuatan anggur Prancis.

Hasilnya adalah wine merah yang luar biasa aromatik dengan aroma grafit dan tembakau. Nikmati wine dengan rasa murbei dan kismis hitamnya ini bersama dengan daging sapi atau daging rusa.

Negara Prancis memang terkenal dengan produk wine-nya. Beberapa daerah seperti Bordeaux, Champagne, Burgundy atau Beaujolais terkenal di dunia karena produk wine-nya yang memiliki kualitas super dan banyak memiliki harga jual yang fantastis.

Kalau kamu penyuka wine, pasti sudah hapal dengan merk-merek wine Prancis terkenal di atas. Semakin tua sebuah wine biasanya harganya akan sangat mahal tapi ini hanya untuk wine merah saja. Tertarik untuk membeli?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram