10 Rekomendasi Mie Aceh di Medan yang Wajib Dicicipi

Ditulis oleh Siti Hasanah

Mie aceh merupakan salah satu kuliner asli dari daerah Aceh. Namun, penyebarannya tidak hanya di wilayah itu. pasalnya mie aceh pun hadir di beberapa kota di Indonesia, termasuk Medan. Dengan bumbu rempas khas Aceh, kuliner yang satu ini selalu menjadi menu yang selalu dicari oleh para wisatawan yang datang ke Medan.

Di Medan, kedai mie aceh tersebar di sudut-sudut kota. Beberapa di antaranya berupa kedai yang juga menjual menu lain. Meski begitu, tetap saja mie aceh jadi menu pilihan utama di kedai tersebut. Di kota ini, ada banyak kedai yang populer dengan hidangan mie-nya. Di mana sajakah itu? Ini dia informasinya!

1. Mie Aceh Simpang Barat

  • Alamat: Jl. Gatot Subroto No. 100 F, Sei Putih Tim. Ii, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20114
  • Jam Buka: Setiap Hari Jam 06.00 – 02.00
  • Telepon: 0813-7699-9091
  • Harga: mulai dari Rp 16.000

Olahan mie dari kedai Mie Aceh Simpang Barat terbuat dari mie kuning yang dimasak dengan bumbu khas dan disajikan dalam keadaan sedikit basah atau nyemek.

Mie dari kedai ini adalah salah satu menu makan malam yang paling banyak buru. Pasalnya kedai mie ini buka sampai dini hari. Kamu yang kelaparan tengah malam bisa mampir ke kedai Mie Aceh Simpang Barat.

Mie Aceh Simpang Barat menyediakan aneka topping yang melengkapi sajian mie, dan menurut para pelanggan kedai mie ini, topping udang adalah topping paling lezatnya. Porsi udang yang melimpah menjadi alasan mengapa topping ini dipilih.

Kuah mie yang kental dan kaya akan rempah berpadu dengan mie yang kenyal dan gurih membuat hidangan Mie Aceh Simpang Barat begitu populer. Kamu yakin tidak tertarik mencicipi sajian menggiurkan ini?

2. Mie Aceh Titi Bobrok

  • Alamat: Jl. Setia Budi No. 17D, Sei Sikambing B, Kec. Medan Sunggal
  • Jam Buka: setiap hari 11.00 – 20.00
  • Harga: Rp 20.000

Jika kamu sudah mencicipi Mie Aceh Titik Bobrok, kamu mungkin paham mengapa mie aceh ini terkenal. Mie aceh titik Bobrok dirintis oleh Alm Bapak Fuadi Yusuf sejak tahun 1996. Yang membuat mie aceh ini populer adalah jenis topping-nya yang banyak dan bumbunya yang lezat.

Beberapa topping yang bisa dipilih oleh pengunjung adalah kepiting, udang, dan cumi. Mie aceh topping udang dan kepiting adalah menu favorit dari kedai mie ini dan selalu jadi incaran pelanggan setia Mie Aceh Titi Bobrok.

Tidak hanya disukai oleh pelanggan dari indonesia. Banyak turis dari Bangladesh, Singapura dan Malaysia yang menyukai mie aceh dengan dua topping tersebut.

3. Mie Aceh Mama Nur Kitchen

Mie Aceh Mama Nur KitchenSumber: mhm.asia
  • Alamat: Jl. Arief Rahman Hakim, Sukaramai I, Kec. Medan Area, Kota Medan, Sumatera Utara 20227
  • Jam Buka: Setiap Hari Jam 10AM–9PM
  • Telepon: 0821-6853-7961
  • Harga: mulai dari Rp 13.800

Mama Nur Kitchen sejatinya adalah resto khas Qatar yang pertama di Medan. Resto ini punya banyak variasi menu yang menggiurkan. Menu-menunya tidak hanya menu khas Qatar, di sini juga tersedia berbagai menu khas Nusantara, salah satunya adalah mie aceh.


Ia membuat mie yang biasa digunakan dalam pembuatan mie aceh mulai dari proses paling awal, yakni mulai dari mengumpulkan bahan-bahan, mengawetkan, serta dan memasak serta menyajikannya. Itulah kenapa cita rasa mie aceh dari Mama Nur Kitchen sangat khas dan nikmat serta terjamin kebersihannya.

Mama Nur tidak menambahkan MSG ke dalam mie aceh buatannya. Salah satu menu mie aceh yang wajib dicicipi adalah Mie Aceh Shawarma, sajian mie aceh fusion Aceh-Qatar. Di atasnya terdapat potongan shawarma sebagai ciri khasnya.

4. Mie Aceh Kepiting Cirasa

  • Alamat: Jl. Gatot Subroto, Sei Putih Tim. II, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20111
  • Jam Buka: Setiap Hari Jam06.00 – 11.00
  • Harga: Rp15.000 – Rp25.000

Tempat boleh sederhana, tapi rasa tetap luar biasa. Kedai Mie Aceh Kepiting Cirasa mempunyai ciri khas, yakni gerobak, dan kedai yang terbuat dari tenda dengan meja dan kursi yang simpel. Menu andalan dari kedai mie aceh ini adalah mie dengan topping kepiting.

Mie aceh kepiting pun dibanderol dengan harga yang bersahabat. Cita rasa yang lezat dengan rasa yang nikmat adalah daya tarik dari kedai mie aceh ini. Topping kepitingnya pun disajikan dalam porsi yang besar.

5. Mie Aceh Husein

  • Alamat: Jl. Setia Budi No.88, Tj. Rejo, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20122
  • Jam Buka: setiap hari 24 jam
  • Telepon: 0812-6454-6440
  • Harga: Rp 20.000

Jika dibandingkan dengan Mie Aceh Titi Bobrok, Mie Aceh Husein mungkin sedikit kalah pamor. Namun, soal rasa, hidangan mie aceh dari kedai ini boleh diadu. Cita rasa dari bumbu yang diracik kedai ini mampu membuat pelanggannya kembali.

Kedai Mie Aceh Husein ini temasuk spot kuliner yang sudah lama berdiri lho, yakni sudah sejak tahun 1997. Mie aceh dari kedai Husein ini disajikan dengan topping berupa potongan daging dan kerupuk emping. Kerupuk emping disajikan disekeliling piring, bikin nafsu makan semakin meningkat.

Baca juga: 10 Tempat Makan Mie Balap di Medan untuk Sarapan Pagi

6. Mie Aceh Nasabe

  • Alamat: Jl. Mustafa No.1c, Glugur Darat II, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20238
  • Jam Buka: Setiap Harijam 15.00 – 02.00
  • Telepon: 0813-7071-2266
  • Harga: Rp 12.000

Warung Mie Aceh Nasabe ini memang punya banyak menu yang pastinya lezat, misalnya nasi goreng, roti canai, martabak, dan menu nasi lainnya. Namu, menu mie aceh adalah menu andalannya.

Aroma yang lezat dari mie aceh sangat menggugah selera. Mienya disajikan dalam porsi yang banyak dengan bumbu yang melimpah. Tidak heran jika banyak pelanggan yang kembali ke warung Mie Aceh Nasabe.

Mie Aceh Warung Nasabe sudah banyak direkomendasikan oleh para pencinta kuliner yang berkunjung ke Medan. Selain mie aceh, pelanggan dapat menikmati sajian kopi aceh juga. Warung yang mengusung konsep warkop ini punya nuansa yang hangat dan bersahabat.

7. Mie Aceh Blessings Coffee

  • Alamat: Jl. Tuasan No.77a, Sidorejo Hilir, Kec. Medan Tembung, Kota Medan, Sumatera Utara 20222
  • Jam Buka: Setiap Hari 24 Jam
  • Telepon: 0853-6157-4662
  • Harga: Rp 10.000

Patokan lokasi berdirinya Mie Aceh Blessing Coffee adalah letaknya berdekatan dengan kompleks kampus UNIMED. Untuk mahasiswa yang tengah berhemat di akhir bulan, kedai mie aceh yang satu ini akan membantumu menghilangkan rasa lapar.

Sepiring mie aceh yang disajikan berukuran besar. Dengan harga yang ekonomis dan porsi yang banyak, tidak salah jika kedai mie ini dijuluki sebagai kedai yang ramah pada orang berkantong tipis.

Jangan khawatir soal cita rasa. Mie Aceh Blessing Coffee diracik dengan rempah-rempah dan bumbu yang pasti menggugah selera. Tidak percaya? Coba deh cicipi langsung mienya.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram