Keluyuran / Kuliner Korea / Lezatnya 10 Mie Khas Korea yang Bikin Wisatawan Ketagihan

Lezatnya 10 Mie Khas Korea yang Bikin Wisatawan Ketagihan

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juni 2019

Korea adalah destinasi negara di Asia Timur yang paling banyak dikunjungi wisatawan Indonesia selain Jepang dan Hong Kong. Budaya dan hiburan di Korea selalu membuat siapa saja tertarik berlibur di negara yang mendapat julukan negeri ginseng tersebut.

Makanan Korea memang sudah lazim ditemukan di tanah air. Baik itu restoran maupun snacks dari Korea bisa dengan mudah ditemukan di negara kita. Salah satu jenis makanan Korea yang sayang bila dilewatkan begitu saja adalah mie. Korea punya beragam hidangan mie yang akan membuat air liur menetes, lho.

Keluyuran akan mengajakmu mengenal 10 mie khas Korea yang bakal bikin kamu ketagihan. Kalau ke Korea, jangan lupa untuk mencicipi mie-mie ini, ya!

10 Mie Khas Korea

1. Ramyun

Ramyun

* sumber: instantnoodleme.com

Kalau Jepang punya ramen, Korea juga punya mie sejenis, namanya ramyun. Perbedaan ramen dan ramyun terlihat jelas pada jenis mie yang dipakai. Ramen menggunakan mie yang lurus dan tipis, sedangkan ramyun memakai mie keriting yang cukup padat dengan tekstur yang sama dengan mie instan di Indonesia.

Ramyun sangat identik dengan kuahnya yang pedas. Bahkan, ramyun yang tidak pedas rasanya kurang begitu nendang. Jika kamu sedang berkunjung ke Korea Selatan, kamu juga bisa membawa pulang ramyun ini sebagai oleh-oleh khas Korea dan dinikmati bersama kerabat di tanah air.

2. Jajangmyeon

Jajangmyeon

* sumber: aromasian.com

Mie kok sausnya hitam pekat?” Memang begitulah ciri khas dari jajangmyeon. Di antara jenis mie khas Korea lainnya, jajangmyeon inilah yang paling terkenal. Menu mie yang satu ini bisa ditemukan hampir di setiap restoran Korea yang terdapat di tanah air.

Saus hitam pada jajangmyeon terbuat dari kacang hitam. Konon, makanan ini dibawa oleh imigran Tiongkok yang tinggal di Incheon. Lama kelamaan masyarakat lokal pun turut mengkonsumsi mie ini dan menjadikan jajangmyeon sebagai salah satu makanan khas negeri ginseng.

3. Budae Jjigae

Budae Jjigae

* sumber: www.happychomp.com

Yang satu ini juga merupakan mie khas Korea yang cukup populer beberapa tahun terakhir. Jika kamu sering menonton video mukbang di YouTube, mie yang satu ini pasti terasa familiar untukmu. Budae jjigae adalah mie yang dimasak bersama ham atau daging kalengan.

Asal usul mie ini bermula ketika Perang Korea berakhir. Kala itu, masyarakat yang tinggal di Uijeongbu, provinsi Gyeonggi, menggunakan bahan makanan yang diperoleh dari Pangkalan Militer Amerika Serikat. Bahan makanan tersebut adalah ham atau daging kalengan.

Kini, makanan ini tergolong sebagai “jjigae” alias sup yang dihidangkan dalam panci kecil. Sebagai variasi, kita bisa menambahkan mie (ramyun), jamur, telur, sayuran, dan keju. Hmm.. Lezatnya nggak ada yang ngalahin!

4. Japchae

Japchae

* sumber: www.maangchi.com

Pernah makan so’un goreng? Nah, japchae ini memiliki rupa dan rasa yang mirip banget dengan so’un goreng. Namun, tetap saja mie Korea yang satu ini memiliki cita rasa tersendiri yang bisa bikin ketagihan. Japchae juga termasuk mie khas Korea yang selalu ada di daftar menu restoran-restoran Korea di tanah air.

Japchae dimasak dengan minyak wijen dan diberi bahan pelengkap berupa sayur, jamur, dan telur. Rasa dan teksturnya yang mirip dengan so’un goreng membuat japchae mudah diterima oleh lidah masyarakat Indonesia yang mungkin belum terbiasa menyantap hidangan khas Korea.

5. Naengmyeon

Naengmyeon

* sumber: www.maangchi.com

Tak hanya Jepang yang punya ‘mie dingin’ alias soba, Korea pun juga punya, namanya Naengmyeon. Mie ini biasa dinikmati ketika cuaca sedang panas-panasnya. Meskipun kamu tidak terbiasa makan mie dengan kuah yang dingin, tapi mie yang satu ini patut dicoba karena nagih banget.

Naengmyeon terbuat dari tepung gandum dan tepung soba. Adonan mie ini dipotong tipis lalu direbus. Nah, ketika bentuknya sudah menjadi mie, tinggal disiram saja pakai kuah kaldu ayam atau kaldu sapi dingin. Beri irisan lobak, cabai, dan telur rebus agar rasanya semakin lezat!

6. Kalguksu

Kalguksu

* sumber: www.timeout.com

Dengan kuah bening dan aroma yang menggoda, kalguksu juga merupakan mie khas Korea yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Mie yang terbuat dari tepung gandum ini dipotong secara manual menggunakan pisau, tidak seperti mie-mie lain yang dipotong dengan mesin.

Kalguksu disajikan dengan kuah kaldu yang gurih. Sebagai topping-nya, kamu bisa memilih kerang atau suwiran ayam. Mie ini disajikan dalam keadaan hangat. Masyarakat Korea terbiasa mengkonsumsi kalguksu pada musim panas untuk menghangatkan bagian dalam tubuh.

7. Makguksu

Makguksu

* sumber: www.dramasrok.com

Walaupun namanya hampir mirip dengan kalguksu, makguksu ini menawarkan cita rasa dan tampilan yang berbeda, lho. Mie khas Korea yang satu ini terbuat dari tepung buckwheat. Makguksu bisa disajikan dengan kuah atau kering tanpa kuah.

Mie ini lebih nikmat jika disantap dengan beberapa pendamping seperti gula, kaldu, cuka, mustard, atau minyak wijen. Aneka topping yang tersedia untuk melengkapi makguksu antara lain adalah rumput laut, wijen, sayuran, dan telur.

8. Bibim Guksu

Bibim Guksu

Apa bedanya bibimbap dengan bibim guksu?” Perbedaan yang paling utama sudah jelas terdapat pada sumber karbohidratnya. Bibimbap menggunakan nasi, sedangkan bibim guksu menggunakan mie yang terbuat dari tepung terigu. Mie tradisional ini sangat terkenal di Korea, lho.

Bibim guksu disajikan dalam keadaan kering alias tidak berkuah. Topping yang diletakkan di atas bibim guksu ini hampir sama dengan yang terdapat di dalam bibimbap, yakni sayuran, jamur, kimchi, dan telur. Kita juga bisa menambahkan bulgogi di atasnya jika ingin menyantap mie dengan daging sapi.

Sama seperti ketika hendak menikmati bibimbap, kamu harus mengaduk bibim guksu terlebih dahulu sampai semua saus dan topping tercampur rata. Selanjutnya, tinggal makan deh!

9. Jjampong

Jjampong

* sumber: www.maangchi.com

Suka seafood, tapi juga suka mie? Hmm.. Nampaknya jjampong adalah makanan yang tepat untuk memuaskan kecintaanmu terhadap seafood dan mie. Mie berkuah pedas ini disajikan dengan topping makanan laut, seperti kerang, udang, dan gurita. Akan tetapi, kalau tak suka gurita biasanya ada penjual jjampong yang menggantinya dengan cumi-cumi.

Mie yang dipakai untuk jjampong merupakan mie yang terbuat dari tepung gandum. Jjampong akan terasa nikmat jika dinikmati selagi panas, lho. Buat kamu yang gemar menyantap makanan pedas, mie ini bakal sesuai dengan seleramu.

10. Milmyeon

Milmyeon

Jalan-jalan ke Busan tak lengkap rasanya bila tidak mencoba milmyeon, mie khas Busan, Korea. Mie yang satu ini memiliki rasa dan tekstur yang unik karena dibuat dari tepung kentang dan tepung ubi jalar. Disajikan dengan kuah kaldu sapi yang gurih, milmyeon menawarkan rasa yang enak dan sedap.

Milmyeon cocok dinikmati kapanpun, baik itu musim panas atau musim dingin. Topping yang dipakai untuk mie ini sangat sederhana, yakni saus spesial, irisan lobak, dan telur rebus. Akan tetapi, ketika kamu sudah mencicipinya, dijamin kamu bakal ketagihan makan mie ini.

Dari 10 mie khas Korea ini, manakah yang sudah kamu coba? Mari jelajahi sajian khas Korea lebih jauh lagi dengan membaca artikel kue khas Korea berikut ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *