Kocok Perutmu di Mie Baso dan Mie Kocok Sledri 69

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 16 Oktober 2020

Siapa yang tidak tahu mie kocok? Makanan lezat khas Bandung ini sudah dikenal di mana-mana, bahkan sering dijadikan menu andalan katering untuk acara pernikahan, khususnya di daerah Tanah Sunda.

Mie kocok dibuat dari mie kuning pipih yang disajikan dengan kuah kaldu sapi kental, irisan kikil (tendon kaki sapi), toge, serta irisan seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Mie kocok sering diberi tambahan bakso dan babat sapi.

Kenapa namanya mie kocok? Konon nama ini merujuk pada proses memasaknya. Pedagang mie kocok akan mengocok-ngocok mie di dalam sendok sup besar yang ada lubang-lubang kecilnya di dalam air panas. Kamu pasti familiar dengan sendok sup besar ini kalau sering makan bakso. Untuk lebih sedapnya, mie kocok dapat dinikmati dengan kecap manis, sambal, perasan jeruk nipis atau cuka.

mie kocok sledri 69

Duh, jadi lapar, ya? Tapi, tenang saja, karena Keluyuran akan memberi tahu kamu tempat makan mie kocok enak di Bandung. Adalah Mie Kocok Sledri 69, tempat makan mie kocok yang ada di daerah Pasar Baru. Cocoknya sehabis beres belanja, kamu langsung melipir ke Mie Kocok Sledri 69 untuk mengisi perut.

Di sepanjang jalan daerah Pasar Baru penuh oleh tempat makan gerobak, dan jenis makanan yang paling banyak dijual adalah baso dan mie kocok. Tapi, kamu harus pilih-pilih karena tidak semuanya enak. Menurut Keluyuran, salah satu tempat mie baso dan mie kocok yang enak di daerah Pasar Baru adalah Mie Baso dan Mie Kocok Sledri 69 ini.

Tempat

mie kocok sledri 69

Di tempat ini kamu bisa memesan Mie Baso, Mie Kocok, atau Mie Kocok + Baso. Gambar di atas merupakan tempat menyimpan mie dan togenya. Author suka sekalim soalnya tempatnya dilapisi daun pisang lagi, tidak langsung ditaruh begitu saja. Jadinya terkesan lebih higienis, kan?

mie kocok sledri 69

Jadi tempat duduk untuk makan mie kocok di Mie Baso dan Mie Kocok Sledri 69 ini ada dua. Kedua tempat ini saling bersebrangan dan kamu bebas mau duduk di mana saja. Kalau di tempat yang sebelah kiri jalan, tempatnya terbuka (tidak ada terpal penutup), jadi orang-orang dan kendaraan yang lewat bisa melihat kamu sedang makan.

Mungkin kamu akan merasa kurang nyaman, soalnya di sana sering macet. Jadi, orang-orang di angkot atau kendaraan yang stuck bisa memelototi kamu makan mie kocok lama-lama, hehe! Tapi, kalau kamu tidak peduli akan hal itu, sih, cuek saja. Tempat duduk yang satu lagi berada di sisi kanan jalan. Menurut author tempat yang ini agak pengap, soalnya agak sempit dan tertutup.

mie kocok sledri 69

Waktu itu author duduk si bangku sisi kiri jalan. Di mejanya sudah disediakan esensiil untuk membuat mie baso dan mie kocok pesanan kamu jadi lebih sedap. Ada sambal yang pedasnya mantap, irisan jeruk nipis, cuka, kecap, merica, garam (kalau menurut kamu kuahnya kurang asin), kecap manis, dan ada juga kerupuk black.

Menu

mie kocok sledri 69

Namanya juga tempat makan Mie Baso dan Mie Kocok, berarti yang wajib dicoba adalah Mie Kocoknya. Jadi, waktu itu author memesan semangkuk mie kocok baso. Seperti inilah wujudnya! Menurut author, porsi mie kocok ini pas banget, tidak terlalu banyak dan tidak sedikit. Pas membuat perut kenyang, tapi tidak membuatnya jadi begah. So, kamu bisa lanjut jalan-jalan sehabis makan mie kocok di sini.

Dalam seporsi mie kocok baso ini kamu akan mendapatkan mie kuning gepeng, dua/tiga baso kecil, kikil yang super banyak, toge, serta taburan seledri dan bawang goreng. Rasa kuahnya tidak terlalu kental, tapi menurut author sudah pas seperti itu supaya tidak terasa enek.

Basonya enak, kenyal-kenyal gemas, sayang cuma dikasih sedikit. Kalau kamu belum puas ingin makan basonya, boleh juga pesan basonya saja satu porsi, hehe.

Mienya matang pas, tidak terlalu lembek, tapi tidak keras juga. Karena kalau memasak mienya tidak benar suka tercium bau. Tapi, di sini mienya pas. Dan, kikil sapinya enak banget. Tidak keras, gampang dikunyah dan gampang juga ditelan. Enak banget pokoknya!

mie kocok sledri 69

Habis makan semangkuk mie kocok baso, paling enak minum yang segar-segar. Di sini ada banyak pilihan minuman, mulai dari aneka jus, teh botol kemasan, es kelapa, dan es jeruk. Kamu bisa pesan es jeruk + kelapa juga kalau mau.

mie kocok sledri 69

Ya, itu dia review singkat dan cerita pengalaman Keluyuran makan di Mie Baso & Mie Kocok Sledri 69. Overall mie kocok basonya enak, es jeruknya juga segar. Yang kurang oke mungkin es kelapanya saja, soalnya tidak pakai kelapa muda. Tapi, yang penting kan baso dan mie kocoknya mantap!

Lokasi

Kalau dari Pasar Baru, kamu hanya perlu jalan ke arah kanan, lalu berhenti di belokan pertama. Sudah, sampai. Mudah sekali untuk menemukannya, bukan?

Harga

Soal harga.. author lupa lagi, soalnya waktu itu ditraktir oleh calon mertua (hehe). Tapi, kalau tidak salah semangkuk mie kocok baso ini dihargari Rp 16.000-an, dan untuk minumannya Rp 8.000-an. Nanti kalau ada kesempatan author mau balik lagi untuk makan mie kocok sekaligus mencatat harganya.

Bagaimana, penasaran tidak ingin mencoba makan di sini? Atau, apakah kamu pernah makan di Mie Baso & Mie Kocok Sledri 69 ini? Ceritakan pengalaman kamu di kolom komentar, yuk.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram