Inilah 7 Minuman Khas Banjarmasin yang Mesti Kamu Coba

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mencoba berbagai kuliner adalah hal yang wajib, apalagi jika sedang mengunjungi kota baru. Mulai dari berbagai jenis camilan hingga makanan khasnya, tapi jangan lupa mencoba minuman khasnya juga. Apalagi saat kamu sedang berkunjung ke Kota Banjarmasin, selain makanan dan oleh-oleh kamu juga harus mencoba minuman khasnya.

Kota yang sering dijuluki dengan nama Kota Seribu Sungai ini ternyata memiliki banyak macam-macam minuman khas yang nikmat. Kita akan membahas mengenai berbagai minuman yang harus kamu coba saat mengunjungi Kota Banjarmasin. Sebut saja es nangka selasih yang menjadi favorit banyak orang Banjarmasin atau es sari kacang hijau yang menyehatkan.

Berbagai jenis minuman tersebut ternyata didominasi dengan berbagai minuman dingin yang menyegarkan loh. Gimana nih, penasaran dong kira-kira apa saja nih minuman khas Banjarmasin yang harus kamu coba? Informasi lebih lengkapnya ada di bawah ini.

1. Es Nangka Selasih

Es Nangka Selasih

Saat kamu mengunjungi Kota Banjarmasin ada satu minuman yang harus banget kamu cobain, yaitu es nangka selasih. Minuman satu ini menjadi salah satu minuman yang sangat populer di Kota Banjarmasin loh. Saat mencoba es nangka selasih ini, tubuhmu terasa lebih segar setelah beraktivitas seharian berjalan-jalan.

Bagi masyarakat Banjarmasin, es nangka selasih ini menjadi salah satu hidangan khas yang cocok untuk berbuka puasa. Campuran dari buah nangka, selasih dan es batu akan memberikan rasa manis dan dingin di mulut. Sedangkan tambahan jeruk nipis membuat minuman ini sangat menyegarkan untuk tenggorokan. Biasanya orang-orang minuman ini disantap setelah menunaikan ibadah sholat Tarawih.

Tapi tenang saja, minuman ini bukan minuman yang hanya ada dan dijual saat Ramadhan kok. Kamu bisa mencoba es nangka selasih ini di berbagai tempat kuliner di Banjarmasin. Sedangkan untuk harganya, es nangka selasih di jual dengan harga yang sekitar Rp7.000 hingga Rp15.000 saja.

2. Es Lidah Buaya

Es Lidah Buaya

Saat cuaca panas, kamu pasti akan membutuhkan minuman yang bisa menyegarkan tubuh dong. Alih-alih membeli minuman soda yang sudah biasa diminum sehari-hari, kamu harus coba minuman satu ini. Es lidah buaya, adalah salah satu minuman favorit warga Banjarmasin yang cocok untuk menyegarkan tubuh.

Kita sudah tahu dong kalau Lidah Buaya memiliki banyak sekali khasiat baik untuk kecantikan dan kesehatan. Tapi jika lidah buaya diolah menjadi minuman, memang belum banyak yang yang melakukan inovasi ini. Di Banjarmasin sendiri es lidah buaya ini menjadi minuman wajib, apalagi saat cuaca panas terik. Es lidah buaya akan menyegarkan tenggorokan dan tubuh yang terasa panas setelah beraktivitas.

Es lidah buaya sendiri sebenarnya masuk dalam daftar minuman khas Kalimantan yang menyehatkan. Jadi kamu tidak akan kesulitan untuk bisa mendapatkan es lidah buaya ini apalagi di Kota Banjarmasin. Kamu akan dengan sangat mudah menemukan pedagang es lidah buaya di berbagai tempat di Banjarmasin.

3. Es Tebu

Es Tebu

Selain kedua minuman di atas, Kota Banjarmasin juga memiliki es tebu yang harganya sangat murah loh. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp5.000 saja untuk mendapatkan satu porsi es tebu khas Banjarmasin. Es tebu ini bisa menjadi alternatif minuman menyegarkan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Banjarmasin.

Es tebu khas Banjarmasin ini memang dikenal memiliki rasa manis yang menjadi favorit masyarakat disana. Karena es tebu juga memiliki banyak khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh, seperti mencegah dehidrasi dan antioksidan. Kamu bisa minum es tebu saat berkeliling untuk berjalan-jalan sambil mencari oleh-oleh khas Banjarmasin untuk dibawa pulang.

4. Es Jagung

Es Jagung

Setelah seharian berwisata ke berbagai tempat di Kota Banjarmasin, pasti akan merasa hausan dong. Dibanding membeli soft drink kekinian kamu bisa memilih untuk mencoba minuman khas Banjarmasin. Salah satunya yaitu es jagung, minuman yang populer sekali di kalangan masyarakat Banjarmasin. Rasa manis, dingin dan lembutnya dari es jagung ini sangat cocok untuk mengobati dahagamu.

Seperti namanya es jagung, minuman ini berbahan dasar dari jagung yang manis. Jagung akan di rebus hingga matang lalu di blender dengan es batu, sedikit gula dan susu kental manis. Kamu bisa mendapatkan minuman ini di berbagai warung atau sentra kuliner khas Banjarmasin. Sedangkan untuk harganya, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp10.000 saja untuk bisa menikmati satu porsi es jagung.

Es jagung ternyata tidak hanya populer di Banjarmasin saja loh, tapi di Pontianak juga minuman ini sangat populer. Es jagung sendiri memang sudah menjadi minuman khas dari Provinsi Kalimantan Selatan. Tidak heran jika es jagung ini juga menjadi salah satu minuman khas dari kota lainnya di Provinsi Kalimantan Selatan.

5. Es Sari Kacang Hijau

Es Sari Kacang Hijau

Kacang hijau biasanya akan kita temui dalam bentuk kuliner seperti bubur atau kue-kue tradisional. Di Kota Banjarmasin sendiri, kacang hijau justru tidak diolah menjadi bahan makanan seperti di atas. Di Banjarmasin, kacang hijau justru diolah menjadi bahan minuman yang sehat dan tentunya menyegarkan. Minuman ini sering disebut dengan nama es sari kacang hijau khas Banjarmasin.

Pembuatan minuman ini sebenarnya cukup sederhana, tapi rasanya benar-benar sangat menyegarkan. Belum lagi minuman ini sangat mudah untuk didapatkan di berbagai tempat di Kota Banjarmasin. Kamu bisa mendapatkannya di berbagai gerai makanan di tepi jalan dan pastinya dengan harga yang sangat murah.

6. Es Buah

Es Buah

Di Banjarmasin sendiri, es buah menjadi minuman utama ketika kamu datang berkunjung kesana. Es buah cocok untuk menyegarkan tubuh dan menjadi pencuci mulut setelah melahap berbagai makanan khas Banjarmasin. Es buah mungkin menjadi salah satu jenis minuman yang sudah umum diketahui banyak orang. Karena minuman satu ini popularitasnya sangat tinggi dan menjadi favorit banyak orang.

Es Buah terdiri dari berbagai macam buah-buahan yang segar yang dicampur es, gula dan sirup yang menyegarkan. Minum satu ini akan dengan sangat mudah kamu dapatkan di berbagai tempat di Banjarmasin. Harga untuk bisa mendapatkan satu porsi es buah ini hanya sekitar Rp5.000 hingga Rp7.000 ribu saja.

7. Teh Gunung Satria

Teh Gunung Satria

Teh Gunung Satria bukan hanya oleh-oleh khas Banjarmasin yang harus di bawa pulang, tapi wajib kamu coba. Di Banjarmasin sendiri Teh Gunung Satria ini dikenal dengan wanginya yang sangat khas dan menenangkan. Belum lagi rasanya yang manis, semakin membuat orang-orang pasti ketagihan untuk meminum teh ini.

Teh Gunung Satria tersedia dalam tiga varian yang bisa kamu coba, seperti Aroma Original, Aroma Melati dan Teh Asli Banjar. Teh Gunung Satria dikemas seperti kemasan teh terkenal lainnya dan berisi 25 pcs setiap dusnya. Kamu bisa menikmati Teh Gunung Satria di pagi atau sore hari sambil bersantai di hotel bersama teman atau keluarga.

Teh Gunung Satria ini menjadi salah satu teh unggulan di Banjarmasin yang sangat populer dan disukai banyak orang. Bahkan Teh Gunung Satria ternyata dapat menyalip popularitas dari teh-teh ternama lainnya loh.

Gimana nih, sudah punya pilihan kira-kira minuman mana yang akan kamu coba saat ke Kota Banjarmasin? Minuman-minuman khas Banjarmasin ternyata banyak di dominasi dengan minuman dingin yang segar. Minuman-minuman tersebut akan cocok untuk menemani kamu setelah lelah menjelajah kota Banjarmasin seharian.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *