Inilah 4 Minuman Khas Banten yang Mesti Kamu Cobain

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 26 Desember 2020

Indonesia sendiri adalah negara yang memiliki banyak sekali kekayaan kuliner dengan ciri khasnya tersendiri. Termasuk saat kamu sedang berkunjung ke Kabupaten Banten, kamu harus mencoba kuliner yang ada. Di Banten sendiri memiliki banyak sekali varian kuliner yang terkenal seperti garang asem,  tauge goreng, nasi sumsum hingga kue gipang.

Jika ada makanan khas, pasti ada juga minuman khas yang harus dicoba juga dong. Tidak lengkap rasanya kalau makan tanpa adanya minum, tenggorokan akan terasa seret setelah makan. Di Banten ternyata ada beberapa minuman khas yang harus kamu coba sambil makan. Minuman-minuman khas Banten ini rata-rata akan terasa menyegarkan, salah satunya seperti sirup rosella dan es sekemu.

Sayangnya meski menjadi minuman khas, bukan berarti akan mudah menemukan minuman-minuman tersebut. Beberapa minuman khas Banten seperti es sekemu kini sudah sangat sulit untuk ditemui di berbagai tempat. Kini hanya sedikit sekali penjual es sekemu di Banten, jadi kamu perlu berkeliling Banten untuk bisa menemukan penjual minuman ini.

Kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai 4 minuman khas Kabupaten Banten yang wajib kamu coba. Informasi lengkapnya bisa kamu dapatkan di artikel di bawah ini.

1. Sirup Rosella Fresh

Sirup Rosella Fresh

Sirup Rosella Fresh adalah salah satu minuman khas Banten yang harus banget kamu coba. Sirup Rosella fresh menjadi salah satu minuman favorit saat sedang panas. Kamu bisa mencampurkan Sirup Rosella dengan air dan berikan beberapa balok es ke dalamnya. Saat kamu meminum sirup ini, kamu akan merasakan sensasi rasa manis yang sangat menyegarkan setelah seharian berpanas-panasan.

Berbeda dari sirup lainnya, Sirup Rosella fresh ini ternyata memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Sirup Rosella ini ternyata dapat membantu untuk mendetox racun-racun yang ada dalam tubuh kita. Untuk kamu yang memiliki masalah darah kental, sirup ini juga bisa kamu konsumsi untuk membantu mengurangi pengentalan darah.

Bukan hanya berfungsi untuk mendetox tubuh dan mengurangi pengentalan darah, sirup ini juga bagus untuk ginjal loh. Sirup rosella fresh ternyata dapat membantu untuk mencegah terjadinya peradangan pada saluran ginjal. Sirup rosella memang berbeda dengan sirup lainnya, karena banyak sekali manfaat dari Sirup Rosella yang bisa kita dapatkan.

Kenapa sih kok bisa bermanfaat bagus sekali untuk tubuh? Padahal ini kan cuma sirup? Jawabannya karena Sirup Rosella Fresh ini aman dan bebas dari berbagai bahan-bahan kimia yang berbahaya. Warna merah menyala dari sirup ini murni berasal dari bunga Rosella segar tanpa pewarna buatan. Sirup ini juga bebas dari bahan-bahan seperti pengawet dan pemanis buatan yang berbahaya.

2. Es Sekemu

Es Sekemu

Es Sekemu adalah salah satu minuman paling populer yang khas banget dari Banten. Es sekemu menjadi minuman menyegarkan yang bisa kamu nikmati di siang hari yang panas. Es sekemu ini memiliki komposisi yang terdiri dari kelapa muda dan buah sawo. Gabungan daging kelapa dan sawo memberikan cita rasa unik saat kamu memakannya.

Di Banten sendiri, Kelapa muda adalah buah yang mudah kamu temukan di daerah bagian pesisir Banten. Berbeda dengan buah sawo, buah ini justru buah yang dibudidayakan di daerah Kawasan Pandeglang dan juga Lebak. Selain berisikan kelapa muda dan sawo, agar terasa manis es sekemu ini juga diberikan sirup gula. Aroma harum es sekemu bisa didapatkan dari tambahan daun pandan yang di dalamnya.

Meski sempat Berjaya, sayangnya es sekemu ini kini sudah sangat sulit untuk didapatkan. Di Banten sendiri kini sudah jarang sekali pedang yang menjual minuman ini. Kamu mungkin harus berkeliling ke berbagai tempat di Banten untuk bisa mencoba minuman satu ini. Padahal minuman ini bisa menjadi salah satu minuman khas Banten yang ikonik dan jadi favorit para wisatawan.

3. Es Kuwut

Es Kuwut

Satu lagi minuman yang bisa kamu temui di Kabupaten Banten dan wajib banget kamu cobain. Es kuwut adalah salah satu minuman Banten yang sangat cocok saat cuaca panas. Es kuwut ini menjadi salah satu rekomendasi minuman yang harus kamu coba setelah seharian menjelajahi Banten. Es kuwut ini terdiri dari berbagai buah-buahan yang disajikan dalam satu wadah.

Komposisi Es Kuwut terdiri dari suwiran kelapa muda, potongan buah melon, biji selasih dan irisan jeruk nipis. Dari bahan-bahan yang dipakai sudah terbayang dong bagaimana segarnya es kuwut ini saat masuk ke tenggorokan. Kamu bisa mendapatkan es kuwut ini dengan harga yang relatif murah, untuk satu porsinya di harga mulai Rp8.000 saja.

Selain di Banten, Es kuwut ini bisa kamu temui di daerah lainnya seperti Bali dan Bandung. Bahkan beberapa restoran membuat beberapa variasi Es Kuwut agar terlihat lebih modern dan menarik. Tapi tetap saja classic is gold, kamu harus mencoba versi asli dahulu baru mencoba varias lainnya. Jadi kamu bisa membandingkan rasa dari versi klasik dengan versi modern agar bisa mempertahankannya.

4. Bir Pletok Bang Pletok

Bir Pletok Bang Pletok

Minuman khas Banten terakhir yang akan kita bahas selanjutnya adalah Bir Pletok Bang Pletok khas Banten. Kamu mungkin berpikir minuman satu ini adalah minuman yang dapat memabukkan. Tenang saja, justru sebaliknya Bir Pletok ini tidak memiliki kandungan alkohol sedikitpun di dalamnya. Bir Pletok ini justru terbuat dari berbagai macam rempah-rempah tradisional dan kayu secang.

Bir Pletok ini memiliki warna merah yang menarik saat di tuangkan ke dalam gelas. Warna ini ternyata berasal dari kayu secang segar yang digunakan sebagai bahan pembuatan bir. Bahan utama dari pembuatan Bir Pletok ini adalah Jahe, sehingga akan terasa hangat saat diminum. Selain jahe, ada bahan lainnya seperti kapulaga, sereh, kayu manis, dan gula.

Karena terbuat dari rempah-rempah, Bir Pletok ini memiliki khasiat yang sangat bagus loh untuk tubuh kita. Bir Pletok dapat membuat tubuh hangat karena kandungan jahe di dalamnya, bir ini cocok dikonsumsi saat masuk angin. Selain itu manfaat lain dari bir pletok adalah minuman ini bisa meningkatkan imun dan menambah stamina.

Lalu kenapa sih kok dinamakan bir pletok? Asal muasal penamaan bir ini  ada sangkut pautnya dengan Belanda. Bir Pletok ternyata terinspirasi dari orang-orang yang sering bergaul dengan penjajah Belanda, dimana mereka sering melihat para Belanda mengkonsumsi Bir. Dari situlah mulai dibuat minuman yang mirip dengan apa yang dikonsumsi para Belanda, yaitu Bir Pletok.

Kita sudah selesai nih membahas mengenai minuman-minuman khas Banten yang harus kamu coba. Salah satu yang menjadi rekomendasi tentu es sekemu yang sudah sulit didapat. Jika kamu beruntung mungkin kamu bisa mencicipi es ini tanpa di sangka-sangka. Selamat mencoba!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram