keluyuran web banner

Wajib Dicoba! 7 Minuman Khas Gorontalo yang Unik dan Enak

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 24 Maret 2021

Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang dikenal memiliki beragam jenis kuliner. Seperti yang kita ketahui, bahwasanya setiap daerah di tanah air menawarkan beragam sajian yang menarik untuk dicoba. Salah satunya adalah sajian minuman khas dari Gorontalo yang akan dibahas dalam artikel di bawah. 

Selain unik, minuman yang berasal dari salah satu provinsi di Sulawesi ini memiliki cita rasa yang bisa membuat pencinta kuliner jatuh hati. Nah, minuman apa saja itu? Simak daftarnya berikut ini.

1. Es Brenebon

Es Brenebon

* sumber: www.pengusahasukses.com

Es Brenebon adalah salah satu sajian langka yang sangat disukai oleh masyarakat Gorontalo. Selain karena rasanya yang manis dan menyegarkan, kuliner ini juga dikenal bisa mengenyangkan. 

Sajian ini terbuat dari bahan dasar kacang merah rebus yang dicampur dengan beragam topping seperti susu coklat, puding, sirup pandan, dan es serut. Meski dicampur bergaram bahan lain, namun Es Brenebon sendiri memiliki rasa kacang merah yang cukup dominan. 

Minuman ini biasanya disajikan dalam mangkuk kecil seperti sup. Masyarakat sendiri biasanya menemukan sajian tradisional ini menjelang bulan Ramadhan. Nah, jika kamu termasuk orang yang menyukai makanan sehat, maka minuman tradisional ini sangat cocok untuk kamu.

2. Gohu Pepaya 

Gohu Pepaya 

* sumber: appere.wordpress.com

Asam manis pepaya atau dikenal dengan Gohu pepaya adalah minuman khas Gorontalo yang menarik untuk dicoba. Gohu pepaya merupakan sejenis rujak atau asinan berbahan dasar pepaya muda. Gohu pepaya terbuat dari buah pepaya mengkal yang dicampur dengan cuka, irisan cabe, air matang, jahe, gula, dan garam. 

Gohu pepaya memiliki rasa asam manis pedas dan segar dari buah pepaya. Minuman ini biasanya disajikan dalam mangkuk kecil atau gelas. Minuman ini sangat enak bila dinikmati dalam keadaan dingin dan saat cuaca panas. 

Nah, masyarakat Gorontalo sendiri kerap menyajikan minuman ini sebagai takjil atau menu saat buka puasa. Selain menyegarkan, sajian ini juga dikenal enak dan juga sehat.

3. Omu

Omu

Minuman khas Gorontalo berikutnya adalah Omu. Minuman ini bisa ditemukan saat menjelang bulan Ramadhan. Minuman ini dikenal sebagai salah satu minuman khas yang telah ada sejak tahun 1957. 

Omu sendiri adalah sajian minuman berbahan dasar kelapa muda yang dicampur dengan bahan-bahan tradisional lainya seperti gula merah yang terbuat dari fermentasi air aren, potongan jeli yang terbuat dari tepung sagu, dan juga es batu. 

Omu menjadi salah satu minuman tradisional khas Gorontalo yang mulai langka ditemukan di masyarakat. Selain karena banyaknya produk minuman kekinian yang dijual di pasaran, proses pembuatan Omu yang membutuhkan waktu pun menjadi alasan minuman ini semakin langka. 

Meski demikian di daerah-daerah pedesaan atau menjelang bulan puasa, masyarakat masih bisa menemukan penjual yang menjajakan minuman tradisional ini. 

4. Saraba

Saraba

Jika di daerah Jawa terdapat Wedang jahe, maka di Gorontalo terdapat Saraba. Saraba adalah salah satu minuman yang kerap dikonsumsi masyarakat Gorontalo menjelang malam atau ketika musim dingin. Minuman ini dikenal berkhasiat untuk menghangatkan tubuh. 

Saraba terbuat dari potongan jahe yang direbus, kemudian diberi gula aren atau susu. Masyarakat sendiri kerap menambahkan telur ayam kampung sebagai penambah stamina. Nah, cara pembuatan minuman tradisional ini terbilang cukup mudah dan sederhana. 

Kamu hanya perlu merebus air dengan potongan jahe. Setelah matang buang ampas jahe dan masukan gula aren, dan susu. Jahe yang biasa digunakan biasanya jenis jahe merah. Selain memiliki sensasi hangat yang kuat, cita rasa pedas yang dihasilkan oleh jenis jahe ini lebih besar dibanding dengan jahe biasa. 

Minuman ini sangat cocok untuk musim dingin atau saat malam hari. Selain memberi efek hangat bagi tubuh, minuman ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Bohito Fruity

Bohito Fruity

* sumber: www.yummy.co.id

Selanjutnya ada Bohito fruity. Bohito atau air nira merupakan minuman tradisional alami yang berasal dari pohon aren. Bohito fruity merupakan minuman khas dari Gorontalo yang mulai memiliki banyak penggemar. 

Air nira adalah air aren yang ditampung dalam sebuah tabung kayu. Masyarakat sendiri kerap mengkonsumsi minuman ini secara langsung atau sebagai campuran untuk membuat minuman lain seperti Bohito Fruity. 

Cara membuatnya pun sangat mudah. Air nira yang telah ditampung dalam bambu kemudian direbus bersama campuran kembang Telang atau yang dikenal dengan nama ilmiah Clitoria ternatea, yaitu tumbuhan dari suku polong-polongan yang memiliki karakteristik bunga berwarna ungu.

Bunga ini biasa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pewarna alami untuk membuat kue atau minuman. Masyarakat kerap mengkonsumsi minuman ini karena rasanya yang enak dan segar. Bohito Fruity sendiri biasanya disajikan dalam keadaan dingin. 

6. Bohito Presso

Bohito Presso

* sumber: www.genpi.co

Nah, masih berbahan dasar air nira segar. Minuman khas Gorontalo selanjutnya yang disukai oleh masyarakat adalah Bohito presso. Jika Bohito Fruity merupakan campuran dari Bohito dan bunga Telang, maka Bohito presso merupakan campuran air nira dan kopi khas Gorontalo. 

Cara pembuatan minuman tradisional ini hampir mirip dengan Bohito Fruity. Dimana air nira yang telah direbus hingga mendidih kemudian didinginkan sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam lemari es. Jika air nira telah dingin, maka kamu bisa langsung mencampurnya dengan kopi. Bohito presso sendiri memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dengan jenis minuman kopi lainnya. 

Nah, jika kamu berkunjung ke Gorontalo, maka tidak ada salahnya untuk merasakan sensasi nikmatnya kopi bercampur air nira yang menyegarkan.

7. Kopi Pinogu 

Kopi Pinogu 

Kopi Pinogu adalah kopi organik yang menjadi salah satu produk unggulan di Provinsi Gorontalo. Kopi ini berasal dari daerah pertanian yang ada di Kecamatan Pinogu. Kopi pinogu sendiri merupakan jenis kopi yang merupakan campuran dari kopi robusta dan kopi liberika. 

Di daerah aslinya, Kopi ini ini biasanya disajikan menggunakan alat tradisional. Kopi Pinogu dikenal memiliki rasa asam yang cukup dominan. Kopi Pinogu sendiri menjadi salah satu jenis kopi yang mulai banyak dilirik oleh para pencinta kopi yang ada di dunia. 

Konon, kopi Pinogu sendiri menjadi kopi kesukaan ratu Belanda. Nah, jika kamu salah satu pecinta kopi, maka kopi Pinogu tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Gorontalo. 

Demikianlah 7 minuman khas dari Gorontalo yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke sana. Selain memiliki cita rasa yang khas, hampir sebagian besar minuman tradisional tersebut memiliki efek yang baik bagi kesehatan. 

Nah, jika kamu mengetahui jenis minuman lain dari Gorontalo, maka kamu bisa memberitahu kami dengan menulis di kolom komentar di bawah ini ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram