Inilah 6 Minuman Khas Jambi yang Enak dan Wajib Dicoba

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 26 Desember 2020

Jambi adalah salah satu provinsi Indonesia yang terletak di bagian pesisir timur bagian tengah pulau Sumatera. Saat datang ke Jambi hal yang tidak boleh terlewatkan adalah mencicipi kuliner khasnya. Meski hanya memiliki waktu yang sangat singkat, setidaknya kita mencicipi satu atau dua kulinernya dong karena ada berbagai macam kuliner seperti makanan hingga minuman khas Jambi yang bisa menggoyang lidah.

Setelah mencoba makanan khas Jambi kurang lengkap rasanya kalau tidak mencicipi jenis minuman khas yang hanya ada di Jambi. Jambi setidaknya memiliki enam jenis minuman khas yang wajib banget kamu cobain. Beberapa minuman bahkan hanya ada di Jambi seperti Teh Kajoe Aro, kopi Tuak khas Jambi Tulo dan Air Kawa khas Kerinci.

Kali ini kita akan mencari tahu dan mengenal lebih lanjut mengenai minuman-minuman khas Jambi yang harus kamu coba. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, kamu bisa menyimaknya di bawah ini

1. Jus Pinang

Jus Pinang

Seperti namanya Jus Pinang, minuman ini di olah dari buah pinang yang di haluskan. Jus Pinang adalah salah satu minuman yang paling terkenal di Jambi. Minuman ini selalu menjadi andalan orang Jambi untuk menyegarkan badan setelah beraktivitas. Belum lagi khasiat dari Jus Pinang ini yang bikin orang-orang makin gemar untuk meminumnya.

Bagi masyarakat Jambi, Jus Pinang dipercaya berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, masuk angin dan melancarkan peredaran darah. Jus Pinang juga cocok untuk di konsumsi anak-anak karena bisa menjadi obat cacing. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan jus buah Pinang ini di berbagai restoran di Jambi, harganya pun sangat bersahabat.

Sedikit bercerita mengenai sejara buah Pinang, dahulu buah pinang dijadikan ibu-ibu Melayu-Jambi sebagai pembersih gigi. Buah Pinang dianggap dapat membuat gigi jadi bersih dan menjaga kekuatan gigi secara alami. Seiring berjalannya waktu, masyarakat Jambi mulai membuat berbagai macam produk yang berbahan utama dari buah pinang.

2. Teh Kajoe Aro

Teh Kajoe Aro

Teh Kajoe Aro adalah teh hitam alami yang khas banget dari Jambi, teh ini sangat populer sejak zaman dulu loh. Tanpa perlu memberikan tambahan seperti gula, teh ini sudah terasa nikmat dan menenangkan saat di minum. Teh Kajoe Aro memiliki aroma dan dan rasa yang khas sekali, sensasi ini akan membekas di lidah kamu.

Ada 6 cita rasa teh yang khas yang masuk dalam grade 1, yaitu Broken Orange Pecco (BOP), Broken Orange Pecco Fanning (BOPF), Pecco Fanning (PF) Broken Tea (BT) Broken Pecco (BP) dan Dust.  Jika kamu seorang pecinta teh, pasti tidak akan kesulitan untuk membedakan rasa dari ke enam teh ini. Teh Kajoe Aro ini harus masuk dalam daftar teh Indonesia yang wajib banget kamu coba dan nikmati rasanya.

Beberapa varietas dari Teh Kajoe Aro ini sebenarnya berasal dari negeri Belanda loh. Tapi yang menjadi keistimewaan dari Teh ini adalah, kesulitan untuk mendapatkan keenam rasa teh bersamaan. Kuliner Jambi satu ini menjadi kuliner yang cukup langka bahkan di Jambi sekalipun. Kamu harus mencarinya hingga berbagai tempat di perkebunan Kajoe Aro, Kabupaten Kerinci untuk mendapatkannya.

3. Kopi AAA

Kopi AAA

Di Jambi ada satu kopi yang paling populer dan dikenal banget sebagai kopinya Jambi, yaitu Kopi AAA. Kopi AAA ini adalah kopi racikan yang sudah turun temurun dan di produksi oleh PT. NEFO Jambi, Indonesia.  Kopi AAA ini pertama dibuat pada tahun 1966 dan hingga kini masih bertahan sebagai salah satu kopi murni khas Jambi.

Jambi sendiri dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang menghasilkan kopi-kopi berkualitas. Beberapa daerah di Jambi yang terkenal akan kopinya yaitu Kerinci, Merangin dan Tanjung Jabung Barat. Biji-biji kopi tersebut akhirnya diolah secara manual dengan cara tubruk dan jadilah Kopi AAA. Kopi dengan warna hitam yang sangat pekat dengan tingkat kepahitan yang jauh lebih tinggi dari kopi biasa.

Sepulangnya dari Jambi, kamu bisa menghadiahkan kopi ini pada para kerabat dan sanak saudara. Kamu bisa mendapatkan kopi ini di sentra oleh-oleh di Kota Jambi atau di coffee shop yang ada di kota Jambi.

4. Kopi Tuak Khas Jambi Tulo

Kopi Tuak Khas Jambi Tulo

Kabupaten Jambi akan menjadi surganya bagi para pencinta kopi karena begitu melimpahnya para petani kopi di berbagai daerah di Jambi. Kopi lainnya yang menjadi khas banget dari Jambi adalah Kopi Tuak Tulo khas Jambi. Kopi ini adalah kopi dengan cita rasa yang unik karena diberi campuran air nira yang memberikan sensasi berbeda di lidah.

Air nira yang yang digunakan untuk menyeduh kopi adalah air nira yang benar-benar masih segar loh. Air nira ini diambil langsung dari pohonnya yang ada di Kawasan hutan Desa Jambi Tulo, Kabupaten Jambi. Proses pengambilan air nira juga tidak bisa sembarangan, air ini hanya diambil saat pagi dan sore hari. Karena jika mengambil air nira di siang hari, rasanya akan terasa masam dan kurang sedap untuk kopi.

Jika dilihat dari proses pembuatannya, Kopi Tuak Khas Jambi Tulo ini adalah kopi yang sangat spesial yah. Kamu hanya bisa mendapatkan kopi ini di Desa Jambi Tulo, Kabupaten Muaro Jambi. Kopi Tuak khas Jambi Tulo ini adalah kopi yang sudah jadi minuman tradisi dari para leluhur. Kopi ini juga tidak akan membuat perut kembung atau mual, asal diminum sesuai porsinya.

5. Air Kawa Khas Kerinci

Air Kawa Khas Kerinci

Kita sudah sering dengar dong berbagai olahan dari biji kopi, tapi pernah dengar olahan dari daun kopi belum? Di kerinci ada minuman yang terbuat dari seduhan daun kopi kering yang disangrai loh yang disebut Air Kawa. Air Kawa adalah minuman tradisional yang khas dan populer banget dari masyarakat Kerinci.

Dahulu kala, Air Kawa ini adalah minuman pengganti kopi pada masa kolonial menjajah Indonesia. Air Kawa ini memiliki rasa yang sedikit sepat, tapi aroma dari air kawa ini benar-benar aromatik sekali. Air Kawa ini akan tuangkan ke dalam tempurung kelapa dan disajikan dengan berbagai macam kue kering. Kamu bisa menikmati minum Air Kawa yang panas dengan aromanya yang wangi saat musim dingin.

6. Sirup Kayu Manis Khas Kerinci

Sirup Kayu Manis Khas Kerinci

Selain berbagai olahan dari biji kopi dan daun kopi, Kabupaten Kerinci juga memiliki minuman khas lainnya. Di Desa Siulak Deras, Kecamatan Gunung Kerinci ada minuman mirip jamu dengan rasa manis khas yaitu sirup Sirup kulit Kayu Manis. Sirup ini adalah perpaduan antara minyak kayu manis yang tercampur dengan gula saat proses perebusan.

Sirup ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti menghangatkan badan, mencegah masuk angin, rematik dan pegal-pegal. Kulit Kayu Manis yang digunakan sebagai bahan utama berasal dari pohon yang berusia 7 hingga 10 tahun. Makin tua usia pohonnya, maka rasanya akan semakin kuat dan kental. Jika sirup berwarna sama dengan madu, artinya pohon yang digunakan masih berusia muda.

Gimanih sudah tahu dong mau mencicipi minuman khas Jambi yang mana setelah sampai nanti? Jambi sendiri memang identik dengan kopi, jadi ada beberapa minuman khas yang tidak jauh dari olahan kopi. Kamu cukup datang ke daerah pembuatan minuman tersebut untuk mencobanya.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram