10 Minuman Khas Jawa Timur yang Segar dan Nagih Banget

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 13 April 2020

Saat mengunjungi sebuah daerah, kamu pasti tidak akan melewatkan kesempatan untuk hunting kuliner di sana, bukan? Tentu kamu ingin mencoba berbagai makanan yang mungkin belum pernah kamu cicipi sebelumnya. Namun, perlu kamu ingat bahwa setiap daerah juga memiliki kudapan atau minuman khas yang sayang bilang dilewatkan begitu saja, lho.

Jika kamu berkunjung ke Jawa Timur, ada sejumlah minuman khas yang dimiliki oleh provisi tersebut. Bahkan, minuman-minuman ini cukup terkenal di sejumlah daerah di Jawa Timur, seperti Surabaya, Sidoarjo, Malang, Lamongan, Blitar, Banyuwangi, dan lain-lain.

Nah, kali ini Keluyuran akan menginformasikan seputar minuman khas Jawa Timur yang segar dan bikin kamu ketagihan! Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini!

1. Wedang Pokak

Wedang Pokak

Ada yang mengatakan bahwa minuman tradisional yang satu ini merupakan khas dari Probolinggo, tetapi ada juga yang bilang bahwa Wedang Pokak adalah minuman khas Gresik. Bahkan, jika kamu melakukan pencarian di internet, Wedang Pokak diklaim sebagai minuman khas Demak, Jawa Tengah. Dari mana pun asalnya, Wedang Pokak tetap bisa dijumpai dengan mudah di Jawa Timur.

Minuman yang satu ini diracik dari berbagai rempah-rempah, seperti serai, cengkeh, kayu manis, jahe, jeruk purut, dan daun pandan. Untuk membuat rasanya lebih manis, kamu bisa menambahkan gula batu atau gula pasir.

Wedang Pokak bisa diminum dalam keadaan hangat maupun dingin. Minuman ini memberikan banyak khasiat, mulai dari mengurangi nyeri ketika datang bulan, meredakan sakit kepala, sampai menghangatkan tubuh saat cuaca dingin.

2. STMJ

STMJ

*Sumber: https://www.instagram.com/olinsetiawan/

Susu Telur Madu Jahe (STMJ) adalah minuman yang sudah dikenal di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya STMJ adalah minuman khas Malang, Jawa Timur? Minuman ini dipercaya dapat menambah energi dan kebugaran konsumennya. Bahkan, STMJ sudah dianggap sebagai salah satu jenis jamu.

Manfaat yang ditawarkan STMJ tidak lepas dari bahan-bahan yang dipakai. Kandungan protein dari telur, kalsium dari susu, dan berbagai vitamin yang terkandung di dalam madu membuat minuman ini berkhasiat.

Ketika kamu ingin membuat STMJ sendiri, pastikan kamu menggunakan telur ayam kampung, madu yang benar-benar murni, dan susu sapi murni (bukan susu instan atau kental manis). Apabila bahan-bahannya berkualitas dan alami, maka khasiat dari minuman ini untuk meningkatkan stamina dan vitalitas bisa langsung kamu rasakan.

3. Es Sinom

Es Sinom

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=yX1oR6Jkjf8

Setelah meminum jamu yang pahit, biasanya pedagang jamu tradisional akan langsung memberikan segelas es sinom untuk menetralisir rasa pahit jamu di lidah. Namun, es sinom bukan sekadar minuman penghilang pahit biasa, lho. Minuman ini juga menyediakan berbagai manfaat, seperti melancarkan peredaran darah, meredakan nyeri haid, dan mencegah kerontokan rambut.

Es sinom sendiri dibuat dari racikan kunyit dan gula aren. Rasa yang ditawarkan es sinom adalah manis dengan sentuhan rasa kecut atau masam. Kamu bisa menikmati es sinom setiap hari karena minuman ini tidak akan memberikan efek samping apapun bagi kesehatan. Nikmati es sinom dalam kondisi dingin agar rasanya lebih segar.

4. Wedang Jaselang

Wedang Jaselang

* sumber: www.idntimes.com

Malang adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang paling banyak menghasilkan minuman khas. Selain STMJ, ada juga minuman khas dari Malang yang namanya Wedang Jaselang. Nama “Jaselang” sendiri diambil dari bahan-bahan yang dipakai untuk meracik minuman ini, yaitu jahe, secang, dan alang-alang. Usut punya usut, ternyata Wedang Jaselang sudah dikenal sejak zaman nenek moyang kita, lho!

Selain melibatkan jahe, secang, dan alang-alang, proses pembuatan Wedang Jaselang ini juga menggunakan sedikit merica, kayu manis, dan kapulaga. Hasilnya, minuman ini memiliki aroma dan cita rasa yang kuat.

Wedang Jaselang bisa dikonsumsi untuk melegakan tenggorokan yang sakit atau batuk. Ketika diminum dalam kondisi hangat, minuman ini juga mampu menghangatkan tubuh serta meredakan perut yang kembung.

5. Es Gudir

Es Gudir

* sumber: sajiansedap.grid.id

Gudir” adalah Bahasa Jawa dari agar-agar. Jadi, minuman Es Gudir yang akan kami bahas kali ini terbuat dari agar-agar. Jauh sebelum boba milk tea populer, Es Gudir khas Jawa Timur ini sudah lebih dulu ada, lho. Bahkan, bahan-bahannya pun lebih sehat.

Agar-agar biasanya diserut atau dipotong kecil-kecil lalu dimasukkan ke dalam sirup atau gula merah. Selain itu, Es Gudir juga bisa disajikan bersama dengan santan, seperti dawet atau cendol. Minuman yang satu ini paling nikmat diminum pada siang hari ketika cuaca sedang panas-panasnya.

6. Jamu Kebonagung

Jamu Kebonagung

* sumber: www.idntimes.com

Jawa Timur memang memiliki sejumlah minuman segar yang berkhasiat untuk kesehatan, salah satunya adalah Jamu Kebonagung. Minuman tradisional dari Pasuruan ini terbuat dari kapulaga, lada, cengkeh, bunga pala, cabe jamu, gula jawa, dan serai.

Jika dulu Jamu Kebonagung ini diracik secara tradisional dan hanya dibuat ketika hendak diminum, kini kamu bisa menemukan minuman ini dalam kemasan botol siap minum. Jamu Kebonagung diklaim dapat memberikan manfaat untuk meredakan perut kembung, mengatasi batuk berdahak, dan menurunkan kolesterol.

7. Sari Temulawak (Bersoda)

Sari Temulawak

Yang satu ini adalah minuman bersoda yang bisa dijumpai di daerah Jawa Timur, terutama di sejumlah kabupaten, seperti Mojokerto, Jombang, dan sekitarnya. Sari Temulawak bukan minuman tradisional lantaran ada campuran soda di dalamnya.

Minuman yang satu ini menawarkan rasa yang manis dan segar. Konon, Sari Temulawak sempat menjadi minuman yang sangat laris di pertengahan tahun 90-an sampai awal 2000. Kini, Sari Temulawak ini masih bisa dijumpai meskipun keberadaannya tergolong langka.

8. Wedang Angsle

Angsle

* sumber: angkat.id

Saat cuaca dingin paling enak memang meminum minuman hangat untuk menghangatkan badan. Nah, kamu bisa memesan Wedang Angsle jika berada di kawasan Jawa Timur. Minuman khas Malang ini bisa ditemukan di hampir semua daerah di Jawa Timur.

Angsle terbuat dari air rebusan jahe, serai, dan gula jawa, lalu dicampur dengan santan kelapa. Selain itu, angsle juga berisi kacang tanah yang disangrai, potongan roti tawar, ketan putih yang dikukus, kacang hijau, putu mayang, dan tape singkong. Wah, rasa Wedang Angsle ini benar-benar nikmat dan cocok buat kamu yang tidak menyukai rasa dan aroma jahe yang terlalu pekat.

9. Wedang Cemue

Wedang Cemue

* sumber: resepnusantara.id

Ngawi juga punya minuman khas yang mirip dengan Angsle, namanya Wedang Cemue. Cara membuat kuah Wedang Cemue hampir mirip dengan ketika membuat kuah Angsle. Yang membedakan hanya isiannya saja. Wedang Cemue hanya diisi dengan kacang tanah goreng, roti tawar, dan taburan bawang goreng.

10. Es Buto Ijo

Es Buto Ijo

Cari minuman dingin untuk menyegarkan tenggorokan? Minum saja Es Buto Ijo. Minuman segar yang satu ini cocok dijadikan dessert setelah menyantap makanan berat.

Es Buto Ijo sendiri terdiri dari serutan kelapa muda, selasih, mutiara, dan rumput laut. Kemudian, airnya diberi sirup dan susu kental manis. Kamu bisa meminum Es Buto Ijo ini di siang hari yang panas untuk melepas dahaga, lho.

Itulah 10 minuman khas Jawa Timur yang wajib banget untuk kamu coba. Jangan ragu untuk menambahkan nama minuman lainnya yang belum disebutkan di sini, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram