5 Minuman Khas yang Harus Dicoba Saat Berkunjung ke Lampung

Ditulis oleh Anggie Warsito

Selain kaya akan makanan khas, Lampung juga punya beragam minuman yang khas. Sejumlah minuman itu bisa menjadi pereda haus yang tepat, terutama bila kamu sedang piknik di sana. Tak usah khawatir kalau kamu bingung atau tak tahu minuman mana saja yang termasuk khas Lampung. Pasalnya, kami bakal memberikan beberapa rekomendasi di antaranya.

Keluyuran telah merangkum sejumlah daftar minuman yang wajib kamu coba saat berada di Lampung. Yuk, simak rekomendasinya berikut ini.

1. Kopi Lampung

Kopi Lampung

* sumber: ahlikopilampung.com

Lampung adalah salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesia. Oleh karenanya, tak lengkap rasanya bila tak mencicipi secangkir kopi saat di Lampung nanti. Kopi Lampung sendiri dikenal sebagai kopi dengan tekstur lembut dengan cita rasanya yang kuat.

Kopi Lampung punya beragam jenis di dalamnya. tiga di antaranya adalah:

  • Kopi Robusta Lampung Semut: Kopi Lampung yang bentuknya kecil, dan cocok diseduh bersama kopi arabika.
  • Kopi Robusta Finest Robusta: Kopi Lampung dengan rasa yang pekat, serta beraroma cokelat dan/atau rempah-rempah.
  • Kopi Jantan : sejenis Kopi Lampung yang bentuknya bulat, dan konon ampuh bagi vitalitas kaum pria.

Untuk menikmati lezatnya Kopi Lampung, kamu bisa datang ke Kedai Kopi Lampung SR yang informasi lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini:

  • Nama Tempat : Kedai Kopi Lampung SR.
  • Alamat : Jalan Barokah No. 95, Way Dadi, Sukarame, Kota Bandar Lampung, Lampung 35133.
  • No. Telepon : 0819-7911-628.
  • Jam Buka : Setiap hari; 10.00-22.00
  • Harga : Sekitar Rp 20.000 - Rp 30.000.

2. Serbat

Serbat

Jika minuman khas Lombok adalah serbat jahe, maka minuman khas Lampung adalah serbat kweni dimana minuman ini menggunakan buah mangga kweni sebagai bahan utama. Agar menjadi segelas Serbat, mangga kweni tersebut bakal dicampur dengan beberapa mili liter air putih; air gula; dan es batu sebagai bahan pendingin minuman ini.

Di beberapa tempat, mangga kweni yang dipakai pada minuman ini lazim dicampur dengan jahe dan gula aren. Campuran gula aren dan jahe membuat minuman ini punya cita rasa mangga kweni yang manis sedikit masam; dan berpadu dengan manisnya gula aren dan hangatnya potongan jahe.

Di Lampung, Serbat menjadi teman minum untuk santapan Seruit. Bagi yang belum tahu, Seruit adalah masakan berbahan ikan digoreng atau dibakar; lalu dicampur dengan terasi, tempoyak, dan/atau mangga.

Bila ingin menikmati minuman ini, kamu bisa datang ke tempat makan ini:

  • Nama Tempat : Cikwo Resto and Coffee.
  • Alamat : Jalan Kimaja, Sepang Jaya, Labuhan Ratu, Sepang Jaya, Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung 35213.
  • No. Telepon : 0812-7327-6777.
  • Jam Buka : Setiap hari; 08.30-21.00
  • Harga : Rp 18.000.

3. Es Kacang Merah

Es Kacang Merah

* sumber: yopiefranz.id

Seperti  halnya di Palembang, Lampung juga punya Es Kacang Merah sebagai andalan. Sama seperti di Palembang, bahan dasar utama Es Kacang Merah tentu saja kacang merah dan es batu. Bedanya, bahan dasar itu bakal dicampur dengan bahan tambahan lain. Bahan-bahan tambahan yang dipakai sendiri relatif; tergantung tempat makan yang menyajikan minuman ini.

RM. Siang Malam Lampung misalnya. Di tempat makan ini, Es Kacang Merah disajikan dengan mencampukan kacang merah dengan kolang-kaling dan es serut. Ketiga bahan itu nantinya diletakkan di dalam gelas cantik. Setelah itu, barulah ditambahkan larutan gula yang manis dan kental.

Kalau mau menyantap Es Kacang Merah di RM Siang Malam, maka kamu bisa menyimak informasi kedua tempat makan itu di bawah ini:

  • Nama Tempat : Siang Malam
  • Alamat : Jalan Lintas Sumatera Km 6, Kekiling, Kalianda, Belambangan, Penangahan, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35592.
  • No. Telepon : (0727) 334444.
  • Jam Buka : Setiap hari selama 24 jam.
  • Harga : Sekitar Rp 15.000 - Rp 25.000.

4. Durian Kopi Luwak

Durian Kopi Luwak

* sumber: wisataindonesia48.blogspot.com

Selain Kopi Lampung, Lampung masih punya kopi yang patut dicoba. Salah satunya adalah Durian Kopi Luwak. Sesuai namanya, kopi khas Lampung ini dibuat dari kopi luwak yang dicampur dengan buah durian.


Cara membuatnya sendiri tak terlalu sulit. Kita hanya perlu menyiapkan beberapa biji kopi luwak dan memasukkannya ke dalam air mendidih. Selama dalam didihan air, kopi luwak wajib diaduk hingga betul-betul merata.

Masukkan 5 buah durian beserta bijinya yang sudah matang dan gula secukupnya. Rebus dan aduklah lagi hingga merata selama 5 menit lamanya. Tuang kopi di atas cangkir yang sudah diletakkan saringan di atasnya.

Perpaduan kopi luwak dan durian pada minuman ini membuat cita rasanya begitu khas. Selain itu, kopi ini pun juga punya sejumlah khasiat, salah satunya dapat menghangatkan tubuh kita. Sayangnya, minuman ini hanya bisa kamu temukan di kala musim durian tiba. Jadi, kalau mau mencoba minuman khas Lampung ini, cobalah datang di kala musim panen durian telah tiba di Lampung.

5. Ice Kopi Jelly

Ice Kopi Jelly

* sumber: sawitmerah.blogspot.com

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram