keluyuran web banner

7 Minuman Khas Lombok yang Wajib Dicoba oleh Wisatawan

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 1 Mei 2020

Lombok merupakan destinasi wisata di Indonesia Timur yang mulai dilirik wisatawan. Tak hanya Bali saja, Lombok juga sudah mulai menjadi jujugan bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin mencari pantai cantik dengan panorama yang mempesona.

Saat berkunjung ke Lombok, Anda juga wajib mencoba kuliner makanan dan minuman khasnya. Pada artikel kali ini, Keluyuran akan membahas sejumlah minuman khas Lombok yang wajib banget dicoba oleh para wisatawan. Buat kamu yang penasaran, silakan intip ulasan lengkapnya di sini, ya!

1. Tuak Manis

Tuak Manis

* sumber: travel.kompas.com

Apa yang ada di dalam benakmu ketika mendengar kata “tuak”? Sudah pasti kamu akan membayangkan minuman tradisional yang bisa memabukkan. Nah, namun tuak manis khas Lombok ini tidak memabukkan, lho. Kamu yang tidak terbiasa mengonsumsi minuman beralkohol pun bisa menikmati minuman segar ini.

Tuak manis dibuat dari pohon enao atau aren yang disadap sehingga mengeluarkan air berwarna putih dengan tekstur yang kental. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Kamu tidak akan merasakan aroma atau rasa alkohol sama sekali karena memang minuman ini tidak mengandung alkohol.

Untuk mengonsumsi tuak manis yang benar-benar segar dan bebas alkohol, sebaiknya segera mengonsumsinya ketika airnya baru disadap dari pohon enao. Pasalnya, tuak manis yang dibiarkan selama berhari-hari akan menjadi lebih cepat terfermentasi hingga berubah menjadi minuman beralkohol.

2. Bubur Reket Bereng

Bubur Reket Bereng

* sumber: id.tastemade.com

Bubur reket bereng adalah bubur ketan hitam. Sebenarnya kamu bisa menemukan bubur ketan hitam di berbagai daerah di Indonesia. Namun, ketika kamu berkunjung ke Lombok, kamu harus mencoba bubur ketan hitam khas dari Lombok Tengah ini.

Bubur ketan hitam terbuat dari ketan hitam yang direbus lalu disiram dengan kuah santan dan gula merah cair. Santan yang dipakai harus santan yang benar-benar diperas dari kelapa asli, bukan santan instan dalam kemasan.

Versi tradisional bubur reket bereng hanya terdiri dari ketan hitam, santan, dan gula merah cair. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, para penjual bubur reket bereng ini juga menambahkan es batu dan susu kental manis ke dalamnya. Semangkuk bubur reket bereng bisa melegakan dahaga ketika kamu letih berjalan-jalan mengunjungi tempat wisata di Lombok.

3. Es Sarang Burung

Es Sarang Burung

* sumber: resepgulaku.com

Walaupun namanya adalah es sarang burung, minuman ini tidak menggunakan sarang burung sama sekali, lho. Jadi, kamu tidak perlu khawatir harga minuman ini mahal karena tidak ada kandungan sarang burung walet sama sekali di dalamnya.

Es sarang burung terdiri dari agar-agar yang diserut memanjang sehingga bentuknya seperti mie. Kemudian, agar-agar tersebut dicampur dengan buah leci, sirup leci, dan air. Terkadang es sarang burung ini juga ditambah dengan biji selasih agar rasanya semakin enak.

Minuman khas Lombok yang satu ini sangat cocok diminum dalam kondisi dingin. Jadi, tambahkan es batu atau es serut sebelum menikmati minuman ini. Jangan lupa untuk selalu memesan es sarang burung ini ketika kamu merasa lelah atau dahaga setelah berwisata mengelilingi pantai-pantai di Lombok.

4. Poteng Isi

Poteng Isi

Satu lagi minuman khas Lombok yang manis dan menyegarkan, namanya adalah poteng isi. Poteng isi sejatinya adalah nama lain dari es tape. Dilihat dari namanya saja kamu pasti sudah mengetahui bahwa bahan utama untuk membuat minuman ini adalah tape.

Poteng isi diolah dengan mencampur tape bersama santan dan susu. Kemudian, untuk membuat rasanya jadi lebih segar, penjual akan menambahkan beberapa potong es batu ke dalamnya.

Untuk menikmati poteng isi, kamu bisa singgah di sejumlah pedagang kaki lima yang ada di sepanjang jalan-jalan protokol di Lombok. Minuman ini termasuk masih bisa dijumpai dengan mudah kok. Harga segelas poteng isi juga cuma dibanderol 10-20 ribu saja. Yuk, saatnya melepas dahaga dengan segelas poteng isi yang segar!

5. Brem

Brem

* sumber: kuliner.panduanwisata.id

Sama seperti tuak manis, brem juga sering disangka sebagai minuman beralkohol. Padahal, minuman selamat datang ini ada juga yang tidak mengandung alkohol.

Brem sendiri terbuat dari ketan yang telah melalui tahapan fermentasi. Akan tetapi, proses fermentasi yang terlalu bisa menimbulkan kadar alkohol pada minuman ini. Jadi, apabila tidak ingin mengonsumsi brem yang beralkohol sebaiknya pilih brem yang proses fermentasinya terbilang singkat.

Zaman dulu brem hanya bisa ditemukan pada saat acara-acara adat. Kini, kamu bisa menemukan minuman brem ini dengan mudah di warung-warung kali lima yang terletak di Lombok. Nah, apakah kamu tertarik untuk mencoba brem? Jangan lupa untuk memilih brem yang bebas alkohol agar tidak memabukkan, ya!

6. Madu Sumbawa

Madu Sumbawa

* sumber: www.pikub.com

Kalau kamu sedang berkunjung ke Lombok, sempatkan diri untuk membeli madu dari Sumbawa. Sebagaimana yang kami ketahui, madu dari Sumbawa ini memiliki kualitas yang masih baik dengan kadar madu yang benar-benar murni.

Madu ini diproduksi di Sumbawa tetapi banyak dijual di Lombok. Ketika dicampur dengan air, madu khas Sumbawa ini tidak memiliki rasa yang terlalu manis atau hambar. Pokoknya tenggorokanmu bakal terasa lebih segar ketika meminum madu Sumbawa ini.

7. Serbat Jahe

Serbat Jahe

* sumber: www.forestamart.com

Minuman khas Lombok tidak hanya terdiri dari minuman segar saja, tetapi ada juga minuman yang mampu menghangatkan tubuh, terutama jika kamu mengonsumsinya di malam hari. Adalah serbat jahe yang merupakan perpaduan antara bubuk jahe gula merah dan gula merah.

Serbat jahe biasa dijual dalam bentuk kemasan siap seduh. Kamu hanya perlu membuka bungkusnya, menuang bubuk serbat jahenya, dan menyeduh dengan air. Minuman ini bisa menjadi penghangat tubuh yang bisa kamu konsumsi pada malam hari, terutama saat udara sedang dingin atau musim hujan.

Beragam minuman khas Lombok ini bisa kamu coba ketika kamu berkunjung ke Lombok. Tak hanya memiliki rasa yang unik, minuman-minuman khas dari Lombok ini memang sudah sangat disukai oleh wisatawan lokal dan luar negeri yang berkunjung ke Lombok.

Nah, apakah kamu juga turut ingin mencoba minuman-minuman khas Lombok di atas? Tulis nama minuman yang ingin kamu coba pertama kali, ya! Jangan lupa untuk turut membaca artikel makanan khas Lombok berikut ini agar kamu tidak ketinggalan dengan informasi kuliner Lombok lainnya, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram