Keluyuran / Kuliner Makassar / Segarnya 6 Minuman Khas Makassar yang Menggugah Selera Ini

Segarnya 6 Minuman Khas Makassar yang Menggugah Selera Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Oktober 2019

Menelusuri kuliner khas Makassar memang seolah tak ada habisnya. Kota Anging Mammiri ini memang punya segudang makanan maupun jajanan yang lezat. Jangan kaget jika berat badanmu bertambah setelah berwisata kuliner di Makassar.

Sudah mencoba makanan berat dan jajanan khas Makassar, rasanya ada yang kurang jika tidak mencari minuman atau hidangan penutup segar di kota ini. Minuman khas Makassar mempunyai rasa yang unik dan wajib banget untuk dicoba. Biar nggak penasaran, Keluyuran akan membahas satu persatu minuman segar dari Makassar yang wajib kamu cicipi.

1. Es Pallu Butung

Es Pallu Butung

* sumber: resepdanmasakan.com

Saat cuaca panas paling enak kalau kita minum minuman segar yang bisa melepas dahaga, nih. Es pallu butung adalah minuman yang sangat wajib dicoba ketika berada di Makassar. Meskipun minuman ini sudah banyak dijual di kota-kota lain, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, tapi tentu saja berbeda jika kita meminumnya langsung di kota asalnya.

Es pallu butung terbuat dari bubur sumsum yang disajikan dengan potongan es batu dan sirup berwarna hijau. Kemudian, minuman ini diisi dengan potongan buah pisang raja. Ada juga es pallu butung yang disajikan dengan pisang raja yang sebelumnya sudah dibalut dengan tepung beras yang diberi pewarna hijau.

Semangkuk es pallu butung biasa dijual dengan harga 10 – 20 ribu rupiah, tergantung di mana tempat menjualnya. Kamu bisa menemukan pedagang es pallu butung ini di warung kaki lima sampai dengan restoran bintang lima yang memang menjual makanan dan minuman khas Makassar.

2. Sirup Markisa

Sirup Markisa

Di kota-kota besar sangat sulit untuk mencari minuman atau makanan yang terbuat dari buah markisa. Maklum saja, buah markisa umumnya hanya tumbuh di daerah-daerah sejuk atau di tempat yang ketinggiannya berada di 600 – 1.600 meter di atas permukaan laut.

Di Sulawesi Selatan, markisa tumbuh dengan sangat subur, tepatnya di Kelurahan Malino, Kabupaten Gowa. Tak heran jika Makassar sendiri dapat memanfaatkan buah ini menjadi salah satu minuman khasnya, apalagi jika bukan sirup markisa.

Sirup markisa khas Makassar punya cita rasa yang berbeda. Pasalnya, proses pengolahan sirup markisa di kota ini melalui sejumlah tahapan, mulai dari pencucian, ekstraksi buah, pengemasan dalam botol, sampai pasteurisasi.

Rasa asam khas buah markisa masih terasa ketika kamu meminum sirup ini. Pembuatnya akan menambahkan sedikit gula untuk menetralisir rasa asam tersebut. Sirup markisa ini bisa langsung diminum bersama es batu atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

3. Sarabba

Sarabba

* sumber: beritagar.id

Siapa bilang Makassar tidak punya minuman hangat? Sarabba adalah minuman tradisional dari Makassar yang biasa disajikan dalam keadaan hangat. Kalau kamu sedang jalan-jalan malam di Makassar dan ingin menghangatkan tubuh, beli saja sarabba yang biasanya banyak dijual di warung-warung kaki lima pada malam hari.

Sarabba terbuat dari kombinasi kayu manis, jahe, bubuk pala, merica bubuk, gula jawa, santan, dan kuning telur ayam kampung. Selain dapat menghangatkan tubuh, sarabba juga dapat meredakan flu dan menambah stamina, lho.

Apakah sarabba memiliki rasa yang amis karena memakai telur? Tentu saja tidak. Rempah-rempah lain yang dipakai dalam pembuatan minuman ini berfungsi untuk menekan rasa dan aroma amis dari telurnya sehingga ketika dikonsumsi tidak akan terasa amis atau bau sama sekali. Nah, berminat untuk mencoba minuman tradisional ini?

4. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo

Kalau dilihat-lihat tampilan es pisang ijo ini memang sangat mirip dengan es pallu butung. Bahkan, bahan pembuatannya pun hampir sama, yakni bubur sumsum, sirip merah, dan potongan buah pisang.

Yang membedakan keduanya adalah pisangnya. Pisang yang dipakai untuk minuman ini selalu dibalut dengan tepung beras yang diberi pewarna hijau, sedangkan es pallu butung tidak selalu memakai pisang yang dibalut dengan tepung beras.

Es pisang ijo terasa semakin segar karena diberi serutan es batu. Untuk menambah rasa manisnya, pedagang turut menambahkan susu kental manis putih pada minuman ini. Wah, semangkuk es pisang ijo bisa menjadi pelega dahaga yang benar-benar mujarab! Apalagi harganya juga tidak akan menguras isi kantongmu, yakni mulai 10 – 20 ribu rupiah saja.

5. Kopi Susu Makassar

Kopi Susu Makassar

* sumber: www.shopback.co.id

Minuman kopi mungkin bisa kamu temukan dengan mudah di setiap daerah di Indonesia. Namun, perlu kamu ingat bahwa setiap daerah pasti mempunyai cara unik atau resep tersendiri dalam mengolah minuman kopinya.

Sama halnya dengan Makassar, kota ini juga mempunyai resep rahasia tersendiri untuk mengolah kopi. Bahkan, ada banyak tempat minum kopi di Makassar yang mengunggulkan menu kopi susu yang mungkin tampak sederhana.

Kopi susu khas Makassar disajikan dengan cara yang manual. Salah satu tempat minum kopi, yakni Warkop Daeng Sija, menyajikan kopi dengan cara diseduh di atas kompor minyak sehingga rasanya lebih pekat dan aromanya sangat khas.

Untuk menemani secangkir kopi khas Makassar, biasanya ada jajanan khas yang disajikan di meja, seperti baroncong (kue pancong) yang disajikan dalam keadaan hangat. Pokoknya, pengalaman minum kopi susu di Makassar bakal tak terlupakan deh!

6. Sirup Pisang Ambon

Sirup Pisang Ambon

*Sumber: https://www.instagram.com/siropbangau/

Sirup markisa mungkin bukan hal baru bagimu, tapi bagaimana dengan sirup pisang ambon? Selama ini, pisang ambon selalu diolah menjadi makanan atau jajanan. Tentu saja sirup pisang ambon dari Makassar ini bakal menjadi hal yang baru bagimu.

Masyarakat Makassar biasa menyebut sirup pisang ambon dengan nama sirup DHT. Sirupnya berwarna merah dengan sentuhan rasa dan aroma buah pisang. Sirup ini bisa dicampur dengan air dan es batu, lalu diminum langsung. Akan tetapi, kamu juga bisa mencampur sirup ini ke makanan atau minuman lain, seperti es pallu butung atau es pisang ijo.

Sirup pisang ambon juga bisa menjadi oleh-oleh yang menarik untuk dibawa pulang, lho. Pasalnya, sirup ini pasti sulit ditemukan di daerah lain selain Makassar.

Wah, 6 minuman khas Makassar ini benar-benar menarik untuk dicoba, ya? Tentu saja kamu jadi semakin tidak sabar untuk mencobanya, kan? Jika berkunjung ke Makassar, jangan lupa untuk menyempatkan diri mencoba semua minuman khas ini, ya! Kunjungi juga artikel jajanan khas Makassar ini untuk memperbanyak referensi kulinermu di Kota Anging Mammiri!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *