Cobain 4 Minuman Khas Maluku yang Nikmat dan Segar

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Maluku merupakan salah satu mutiara di Indonesia Timur yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya menarik dari segi pariwisatanya saja, tetapi juga makanan dan minuman khasnya. Beberapa waktu lalu Keluyuran sempat mengulas seputar hidangan nikmat di Maluku melalui artikel masakan khas Maluku. Kini, kami ingin memperkenalkan beberapa minuman khas dari Maluku yang sangat nikmat dan segar.

Di Maluku, ada sejumlah minuman unik yang diolah dengan cara unik pula. Bahkan, beberapa jenis minuman menggunakan bahan baku yang mungkin terdengar aneh di telingamu. Tak perlu berlama-lama lagi, simak informasi Keluyuran seputar minuman khas Maluku ini, yuk!

1. Kopi Sibu-sibu

Kopi Sibu-sibu

*Sumber: https://id.pinterest.com/pin/255860822556559782/?lp=true

Walaupun tidak memiliki kebun kopi, Maluku memiliki olahan kopi yang nikmat, lho. Olahan kopi khas dari Maluku ini umumnya dibuat dari kopi berjenis robusta. Tak hanya satu, Maluku punya beberapa minuman kopi khas yang selalu diburu oleh wisatawan.

Salah satu variasi minuman kopi yang paling terkenal di Maluku adalah kopi sibu-sibu. Sekadar informasi, sibu-sibu adalah Bahasa Maluku yang artinya adalah sepoi-sepoi. Secara tak langsung, nama minuman kopi ini menunjukkan bahwa secangkir kopi sibu-sibu lebih enak dinikmati saat santai sembari merasakan hembusan angin sepoi-sepoi.

Biji kopi robusta yang sudah dihaluskan akan diseduh dengan air panas. Yang membuat minuman ini jadi sangat unik adalah topping cacahan biji ketapang yang dicampur langsung di dalam kopi. Selain itu, untuk memperkuat rasa dan aroma, kopi ini juga diracik dengan tambahan bubuk cengkeh. Kamu pasti akan merasakan aroma yang berbeda ketika kopi sibu-sibu ini disajikan.

Minuman khas Maluku ini paling nikmat jika diminum sambil menyantap cemilan berupa kue-kue khas Maluku, seperti sagu gula, kue kasbi, pulut unti, dan bruder sagure. Tertarik untuk mencoba secangkir kopi sibu-sibu yang terkenal ini?

2. Jus Buah Pala

Jus Buah Pala

*Sumber: https://twitter.com/marthenreasoa/status/883899876651577344

Ingin minum yang segar-segar saat berada di Maluku? Yuk, coba jus buah pala. Jus istimewa yang satu ini dibuat dari daging buah pala. Ide untuk membuat jus buah pula ini muncul dari keprihatinan para petani setempat karena daging buah pala seringkali dibuang begitu saja. Nilai jual daging buah pala tidak setinggi biji pala.

Desa Morella adalah tempat pembuatan jus pala khas Maluku ini. Ada beberapa bahan yang dipakai untuk membuat jus pala, antara lain adalah daging buah pala segar, gula, air, pewarna makanan alami, dan asam sitrat. Ketika diminum, kamu akan merasakan minuman dengan rasa yang manis dan segar.

Untuk bisa menikmati jus pala, kamu dapat mencarinya di toko atau supermarket yang terdapat di Maluku. Jus siap minum ini sudah dikemas secara rapi dalam botol plastik sehingga mudah dibawa ke mana saja.

Sayangnya, lantaran keterbatasan pengiriman ke luar Maluku, maka jus pala ini masih sulit dijumpai di luar Maluku dan sekitarnya. Namun, kalau kamu berkesempatan untuk datang ke Maluku, jangan lupa untuk mencicipi jus segar berkhasiat ini, ya!

3. Sopi

Sopi

* sumber: m.bizlaw.id

Minuman khas Maluku yang satu ini masih menjadi kontroversi di kalangan masyarakat Maluku sendiri. Pasalnya, sopi adalah minuman beralkohol yang masih dianggap ilegal. Akan tetapi, sopi sudah sangat akrab di kalangan masyarakat setempat. Bahkan, minuman ini kerap kali dihadirkan dalam acara-acara penting atau upacara adat setempat.

Sopi dianggap sebagai minuman ilegal karena kandungan alkoholnya di atas 30%. Dengan kadar alkohol setinggi itu, sopi sudah dikategorikan sebagai minuman keras golongan C. Pemerintah setempat sendiri mengalami dilema ketika harus menertibkan minuman yang sudah dianggap sebagai minuman adat ini.

Proses pengolahan sopi ini tergolong tradisional dan mudah. Di Ambon, ada banyak tempat produksi sopi yang biasanya terletak di tengah hutan.

Cara memproduksi minuman keras ini dengan mengambil air sadapan pohon aren (sageru), lalu ditambahkan bubuk akar husor untuk mengurangi rasa manis dari minuman ini dan tidak berubah menjadi gula merah. Kemudian, air sageru dimasak dalam tungku kedap udara. Ketika matang uapnya yang menjadi cairan akan dialirkan lewat batang pohon bambu dan diisi ke dalam botol.

Kualitas sopi berbeda-beda, tergantung proses pengolahannya. Namun, harga jual sopi rata-rata berada di angka Rp 200.000 per 10 liter. Menurut pengakuan pembuat sopi, dari uang hasil penjualan sopi inilah mereka bisa menyekolahkan anak-anaknya agar bisa memperoleh kehidupan yang lebih baik.

Sebelum mencoba sopi, ketahuilah bahwa minuman ini termasuk ilegal di Maluku. Jadi, kamu harus mempertimbangkannya berkali-kali sebelum mantap untuk mencoba minuman keras asli Maluku ini.

4. Kopi Rarobang

Kopi Rarobang

* sumber: id.tastemade.com

Apabila kopi sibu-sibu terbuat dari kopi robusta, maka kopi rarobang terbuat dari kopi arabica. Ya, kopi rarobang adalah minuman khas Maluku yang nikmat dan aman. Mengapa aman? Karena kopi yang satu ini tidak mengandung alkohol seperti sopi yang memang merupakan minuman keras.

Kopi rarobang adalah minuman yang sangat istimewa. Tak hanya kopi hitam biasa, minuman ini diracik dengan rempah-rempah pilihan. Dalam membuat kopi rarobang, masyarakat Maluku akan menambahkan jahe, cengkeh, kayu manis, gula pasir, serai, dan kacang kenari.

Cara membuat kopi rarobang adalah merebus kopi arabica yang sudah dihaluskan bersama-sama dengan rempah-rempah tersebut (kecuali kacang kenari). Setelah mendidih, matikan api dan saring ampas kopi. Kopi yang sudah disaring ini nantinya akan ditambahkan kacang kenari yang sudah ditumbuk.

Bila kamu menyukai susu, kopi rarobang ini juga nikmat jika ditambah dengan susu kental manis, lho. Meskipun tampilannya agak mirip dengan kopi sibu-sibu, tapi cita rasa kedua minuman ini sangat berbeda. Kopi rarobang lebih terasa racikan rempah-rempahnya. Semua cita rasa rempah yang digunakan akan berpadu menjadi satu dalam mulutmu.

Rempah-rempah yang dipakai dalam membuat kopi rarobang juga bisa mengembalikan stamina tubuh. Tak heran jika kopi ini sering dinikmati oleh para pekerja di Maluku setelah mereka bekerja seharian.

Ingin menikmati kopi rarobang? Carilah warung makan yang turut menjual kopi ini. Sama seperti kopi sibu-sibu, kamu juga bisa menikmati kopi ini sambil menikmati pisang rebus atau cemilan khas Maluku lainnya.

Minuman-minuman khas Maluku ini bisa kamu temukan saat berkunjung ke Maluku. Namun, tetap waspada dalam memilih minuman, ya. Sebisa mungkin hindari minuman yang dianggap ilegal agar kamu tidak terjerat masalah yang merugikan dirimu sendiri.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *