7 Minuman Khas Manado yang Paling Unik dan Menyegarkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain kaya akan makanan dan kue, Manado juga kaya akan minuman. Sejumlah minuman itu memiliki cita rasa yang khas. Kamu pasti bakal suka dan mau mencoba lagi setelah meminumnya. Minuman khas Manado sendiri lumayan banyak jumlahnya, mulai dari es kacang merah hingga minuman cap tikus. Eits, tapi tenang saja, ya, karena minuman cap tikus hanya nama saja dan tidak benar-benar terbuat dari tikus, kok. Penasaran dengan minuman-minuman khas Manado? Yuk, langsung simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. Es Kacang Merah

Es Kepal Kacang Merah

Sebetulnya, minuman ini bisa kamu temukan di daerah lain, seperti di Palembang. Namun, Es Kacang Merah dari Manado punya perbedaan yang cukup signifikan dibanding es kacang merah lainnya. Di Manado, Es Kacang Merah memakai susu cokelat manis sebagai pemanisnya. Ini amat berbeda dengan Es Kacang Merah Palembang yang memakai sirup cocopandan.

Minuman ini amat cocok disantap di waktu siang yang terik. Minuman ini juga cocok untuk takjilmu saat berpuasa nanti. Es Kacang Merah bisa kamu temukan di sejumlah tempat makan di sekitaran daerah Manado.

2. Es Kelapa Muda Gula Merah

Es Kelapa Muda Gula Merah

Rekomendasi minuman satu ini merupakan es kelapa muda yang disajikan secara tak biasa. Es kelapa ini dibuat dengan cara mencampurkan gula merah ke kelapa muda yang telah disajikan di gelas. Setelah itu, barulah diberi beberapa bongkah es batu untuk memberi efek dingin. Sama seperti minuman sebelumnya, minuman ini juga tak hanya cocok untuk diminum di waktu siang. Kamu pun bisa menjadikannya sebagai takjil di bulan Ramadan nanti.

3. Es Tji Mei

Es Tji Mei

Secara tampilan dan bahan, minuman ini mirip dengan Es Kacang Merah. Bedanya, minuman satu ini memiliki campuran alpukat dan durian di dalamnya. Es batu yang dipakai di sini pun berbeda, di mana es batunya diserut terlebih dulu. Makanya, minuman yang satu ini cocok banget untuk kamu yang suka sama minuman manis segar. Selain itu, Es Tji Mei juga cocok untuk melepas dahaga setelah berpuasa seharian. Apakah kamu pernah mencicipi Es Tji Mei?

4. Sarabba

Sarabba

Tak hanya minuman dingin, Manado juga punya minuman hangat. Salah satunya adalah Sarabba. Ini adalah minuman yang terbuat dari campuran rebusan jahe dan santan dengan gula aren dan susu. Bila ingin meminum Sarabba di Manado, kamu bisa datang ke kedai Sarabba & Gorengan El Jireh. Di sini, kamu bisa mencicipi hangatnya Sarabba beserta gorengan yang lezat.

Selain minuman khas Manado, Sarabba juga merupakan minuman khas Makassar. Di Makassar sana, minuman ini tak hanya memiliki rasa original. Agar rasanya makin enak, Sarabba di Makassar juga lazim diberi telur ayam kampung mentah di dalamnya.

5. Es Sirsak Manado

Es Sirsak Manado

Kalau masih ingin menyeruput minuman dingin di Manado, maka Es Sirsak Manado patut kamu coba. Minuman dingin ini terbuat dari buah sirsak yang diblender, lalu ditaruh di gelas dan dicampur dengan sejumlah topping.

Adapun topping yang dipakai adalah alpukat, kelapa muda, sagu mutiara, jelly, dan buah-buahan lainnya. Setelah semua topping ditaruh, minuman ini langsung disirami susu kental yang manis. Es Sirsak ini bisa dijumpai di sejumlah pedagang kaki lima atau di sejumlah rumah makan Manado.

6. Saguer

Saguer

Ini adalah minuman tradisional khas Minahasa yang juga terkenal di Manado. Minuman ini terbuat dari fermentasi air nira pohon aren. Warna minuman ini amat mirip dengan air susu. Secara rasa, Saguer punya cita rasa manis, pahit dan asam.

Pada zaman dahulu, Saguer sangat dilarang untuk diminum masyarakat awam. Ini tak lepas dari mitos yang beredar saat itu yang menganggap minuman ini sebagai minuman dewa. Namun, di abad ke -18, Saguer pun mulai diminum masyarakat awam dan dijual oleh para petani.

Di Manado, Saguer biasa dikonsumsi saat ada acara keluarga atau pesta pernikahan. Minuman ini termasuk ke dalam minuman keras dengan kadar alkohol 4-5 persen. Jadi, kalau kamu bukan pecinta minuman beralkohol, sebaiknya jangan meminum Saguer.

Kalaupun ada yang ingin membeli Saguer, silakan datang ke sekitaran Jalan Ringroad Manado. Harga sebotol minuman ini bisa diperoleh dengan harga Rp5.000 – Rp7.500.

7. Cap Tikus

Cap Tikus

Selain Saguer, ada satu minuman beralkohol lainnya di Manado. Cap Tikus adalah minuman tersebut. Serupa dengan Saguer, Minuman ini juga berasal dari Minahasa dan berbahan dasar air nira. Letak perbedaannya adalah proses pembuatannya yang lebih lama dan kadar alkohol yang lebih tinggi: 45 persen.

Minuman ini rupanya sudah ada di Manado (dan Minahasa) sejak masa penjajahan Belanda. Saat itu, minuman ini masih bernama Sopi dan dijual di Benteng Amsterdam, Manado. Para penjaja Sopi saat it adalah para pedagang Tiongkok, dan pembelinya adalah para petani Minahasa. Para petani Minahasa senang sekali meminum Sopi lantaran mampu menghangatkan tubuh, serta memantik semangat bekerja.

Selain terkenal dengan makanan dan kue khas Manado, ternyata kota ini juga kaya akan minumannya yang unik dan mungkin hanya bisa kamu temukan di Manado. Ini tentu kabar baik untukmu yang ingin melepas dahaga di sana. Bila ingin meminum minuman khas di sana, maka cobalah ketujuh minuman yang sudah kami rekomendasikan di atas.

Oh iya, jika kamu sedang jalan-jalan di Manado dan ternyata bingung memilih oleh-oleh khas daerah sana, berarti kamu perlu baca artikel 10 Oleh-oleh Khas Manado yang cocok untuk dibawa pulang. Selamat berwisata di Manado!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *