Inilah 8 Minuman Khas Padang yang Menarik untuk Dicoba

Ditulis oleh Dhiya Awlia Azzahra - Diperbaharui 29 Juli 2020

Padang dikenal sebagai daerah yang memiliki beberapa makanan khas yang sangat nikmat dan umumnya memilki rasa yang pedas. Tidak heran jika warung makan Padang telah menjamur hampir di seluruh Indonesia. Bahkan makanan khas Padang seperti rendang sudah dikenal dunia lho!

Disamping makanan khas-nya yang populer, Padang juga memiliki minuman khas yang belum diketahui oleh banyak orang. Dengan campuran bahan-bahan yang unik dan wajib kamu coba jika berkunjung ke Padang. Penasaran apa saja minuman khas Padang? Yuk, coba beberapa minuman di bawah ini.

1. Teh Talua

Teh Talua (Copy)

* sumber: www.saribundo.biz

Salah satu minuman paling populer di Padang ini sekilas mirip dengan teh tarik, tetapi teh ini memiliki rasa yang sangat unik dan sangat berbeda dengan teh tarik. Teh Talua terbuat dari campuran kuning telur ayam, bubuk vanili, gula, dan teh panas kemudian diberi tetesan jeruk nipis segar supaya rasanya lebih nikmat dan segar.

Selain bahannya yang unik, cara membuatnya pun unik karena menggunakan beberapa gabungan potongan lidi untuk mengaduk minuman ini. Masyarakat Padang percaya bahwa jika mengaduk Teh Talua dengan lidi maka baunya tidak amis. Biasanya orang Padang minum Teh Talua untuk sarapan atau diminum pada malam hari.

Teh Talua bermanfaat sebagai penambah stamina, asupan vitamin dan menjaga kesehatan mata. Jika kamu berkunjung ke Padang, kamu bisa dengan mudah menemukan Teh Talua di warung makan atau warung kopi yang ada di sana.

2. Jus Pinang Muda

Jus Pinang Muda (Copy)

* sumber: id.openrice.com

Jenis minuman yang telah populer sejak tahun 2000-an ini merupakan minuman penambah energi dari bahan alami. Bermanfaat untuk meningkatkan stamina pria dan menghilangkan tubuh yang pegal-pegal. Minuman ini dibuat menjadi jus yang segar dan nikmat dengan beberapa campuran bahan alami seperti gula merah, jahe, telu rayam kampung dan susu kental manis.

Jika kamu sedang berada di Padang, jus pinang muda dapat kamu temukan di warung minuman yang berada di pinggir jalan. Untuk lebih mudah menemukannya, kamu cukup melihat penanda buah pinang yang digantung di depan warung minuman atau warung makan. Selain itu katanya jus pinang muda juga bermanfaat untuk membuat rumah tangga lebih harmonis lho!

3. Aia Kawa Daun

Aia Kawa Daun (Copy)

* sumber: www.wanita.me

Bagi kamu pecinta kopi dan ingin menikmati sensasi minum kopi yang berbeda, Aia Kawa adalah pilihan yang tepat. Aia kawa adalah minuman yang terbuat dari daun kopi yang dikeringkan. Dibuat dengan cara disangrai selama 12 jam dan dicampur dengan air dingin lalu diseduh dengan air panas. Jika ingin rasa yang manis, ditambahkan gula pasir sesuai selera.

Yang menarik adalah daun kopi yang dipilih menggunakan daun kopi berwarna kekuningan karena masyarakat Padang percaya bahwa daun yang tidak terlalu muda akan menghasilkan racikan minuman yang lebih enak. Bagi kamu yang berkunjung ke Padang dan ingin mencicipi air kawa daun, kamu dapat mengunjungi daerah Padang Panjang, Payakumbuh dan Bukit Tinggi.

Karena di daerah-daerah tersebut banyak warung yang menyediakan Aia Kawa. Rasa dari minuman ini sedikit pahit dan warnanya lebih pekat. Umumya Aia Kawa disajikan dalam batok gelas kepala yang bagian bawahnya diberi tatakan supaya minumannya tidak tumpah. Aia Kawa bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan menurunkan darah tinggi.

4. Dadiah

Dadiah (Copy)

* sumber: www.indonesiakaya.com

Dadiah atau dadih adalah salah satu minuman terunik dari Padang. Banyak yang bilang Dadiah adalah yogurt khas Indonesia karena tekstur dan rasanya yang mirip dengan yogurt. Jika biasanya yogurt terbuat dari susu sapi, berbeda dengan Dadiah yang terbuat dari susu kerbau yang difermentasi.

Proses fermentasinya pun sangat unik karena disimpan di dalam bambu selama dua hari sehingga menghasilkan tekstur yang menggumpal dengan rasa asam yang segar. Dadiah memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan dan minuman ini merupakan sumber protein yang baik dibandingkan yogurt biasa.

Selain itu baik bagi penderita intoleransi laktosa dan dapat menurunkan kadar kolesterol. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba yogurt tradisional Padang ini?

5. Es Tebak

Es Tebak (Copy)

Sumber: https://twitter.com/arieparikesit/status/879346902487097344

Minuman segar yang satu ini bisa dibilang sebagai es campurnya orang Padang. Es Tebak yang cocok diminum saat siang hari ini terbuat dari campuran tepung sagu dan tepung ketan yang dibentuk seperti cendol. Teksturnya sedikit keras tapi akan melembut jika sudah disajikan.

Lalu dicampur dengan es serut, cincau, nangka, tape, potongan roti, kolang-kaling, sirup dan susu kental manis. Selain cocok diminum saat siang hari, Es Tebak juga cocok diminum saat bulan puasa.

6. Aia Aka

Aia Aka (Copy)

* sumber: padangkita.com

Aia Aka adalah air daun kacang yang sekilas mirip dengan es cincau. Minuman untuk mengatasi panas dalam ini terbuat dari daun cincau hijau yang dicampur dengan kuah santan dan perasan jeruk nipis yang membuat rasanya segar. Teksturnya yang kenyal dan lembut dan warna hijaunya yang mengkilat membuat siapa saja tertarik untuk mencobanya.

Jika kamu berkunjung ke Padang, kamu dapat menemukan penjual minuman ini dengan gerobak dorong yang dapat kamu jumpai di pingir jalan pada sore hingga tengah malam. Selain itu air kacang khas Padang ini bermanfaat untuk sistem pencernaan dan kesehatan jantung. Aia Aka juga sering dijadikan sebagai minuman untuk berbuka puasa.

7. Es Durian

Es Durian (Copy)

* sumber: travel.detik.com

Es durian khas Padang ini berbeda dari es durian pada umumnya dan yang membuatnya berbeda adalah campuran yang digunakannya. Es durian ini terbuat dari durian yang yang diblender halus lalu dicampur dengan potongan cincau, cairan gula tebu, susu bubuk cokelat, potongan tebak yang terbuat dari tepung beras, potongan agar-agar hangkue dan es serut.

Lalu ditambah dengan susu kental manis sebagai topping-nya. Aromanya yang harum dan manis serta rasanya yang unik mampu membuat pengunjung penasaran dengan sensasi campuran es durian ini.

8. Pepaya Kuah Santan

Pepaya Kuah Santan (Copy)

Jika biasanya pepaya dibuat menjadi kolak, kali ini pepaya dibuat menjadi minuman segar dan dingin. Minuman tradisional yang satu ini merupakan campuran dari potongan pepaya matang, santan, susu kental manis dan es batu. Sehingga membuat rasanya manis, gurih dan segar sangat cocok diminum saat cuaca sedang panas. Untuk membuat aromanya lebih harum, biasanya es pepaya ini dicapur dengan daun pandan.

Ternyata tidak hanya makanan khas Padang saja yang nikmat, tetapi minuman-minuman khasnya pun beragam dan menarik untuk dicoba. Jika kamu sedang berada di Padang atau ingin berkunjung ke sana, jangan lupa untuk menikmati beberapa minuman di atas ya atau kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Jangan sampai kita tidak tahu minuman khas asal Indonesia ini. Kira-kira minuman khas Padang mana yang akan kamu coba? Yuk, tulis di kolom komentar bawah ini ya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram