Keluyuran ke Indonesia Timur, Coba 5 Minuman Khas Papua Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Papua merupakan sebuah pulau di ujung timur Indonesia yang dikenal dengan julukan Bumi Cendrawasih. Karena, di Papua menjadi satu-satunya habitat burung cendrawasih di Indonesia. Pulau yang sebagian besarnya adalah hutan ini memiliki banyak kekayaan yang bisa dieksplor. Wisata alam, budaya, hingga kuliner bisa kamu coba di sini.

Papua yang dikenal dengan destinasi wisata Raja Ampat ini sangat menjunjung tinggi budaya dan adat istiadat. Tak heran, bagi yang menyukai wisata budaya sangat disarankan untuk menyempatkan liburan ke Papua. Di sini, kamu bisa melihat budaya yang tidak akan ditemukan di daerah lain. Bahkan, kuliner yang ada di Papua pun terbilang sangat unik.

Jika makanan khas Papua ada ulat sagu yang dijadikan sebagai sate, maka Papua juga memiliki minuman khas yang dapat menyegarkan kerongkonganmu di tengah panasnya Pulau Papua.

Kali ini, Keluyuran akan menginformasikan 5 minuman khas Papua yang bisa kamu coba ketika Keluyuran ke Tanah Papua. Apa saja sih? Simak artikel berikut ini ya!

1. Es Kelapa Muda Asam Manis

Es Kelapa Muda Asam Manis

Es Kelapa Muda pasti sudah tidak asing didengar. Minuman berbahan dasar buah kelapa yang masih muda ini biasanya memiliki cita rasa yang manis dan menyegarkan. Tak jarang pula, Es Kelapa Muda ditambahkan jeruk peras yang menambah sensasi segar pada minuman ini. Es Kelapa Muda akan mudah kamu temukan di pinggir jalan atau di tempat wisata.

Di Papua, Es Kelapa Muda diolah dengan cara yang sedikit berbeda. Kelapa degan atau kelapa muda dikerok panjang, ditambah 1 ½ sendok teh biji selasih yang sudah direndam air hingga mekar, air kelapa, air jeruk nipis, gula pasir yang sudah direbus, air mineral, dan es batu. Minuman ini menjadi salah satu minuman khas Papua yang kaya akan manfaat.

Sesuai dengan namanya, Es Kelapa Muda Asam Manis menciptakan rasa manis serta asam yang menyatu dan sangat menyegarkan. Minuman ini cocok dinikmati saat hari sedang panas. Nikmat dan segar!

2. Sunset Papua

Sunset Papua

Sunset diidentikkan dengan langit berwarna jingga yang indah, kemudian mengganti siang menjadi malam. Waktu sunset banyak diincar traveler ketika liburan ke suatu tempat. Apalagi, Papua dikenal dengan sunset yang sangat indah, dan lebih dulu diantara daerah lain di Indonesia. Uniknya lagi, di Papua kamu akan menemukan minuman Sunset Papua yang menjadi salah satu minuman khas Tanah Papua.

Sunset Papua terbuat dari kombinasi antara jus jeruk dan jus wortel yang menghasilkan warna orange – jingga seperti halnya pemandangan matahari terbenam. Dalam satu gelas, jus jeruk terdapat di bagian bawah, dan jus wortel di bagian atas. Rasanya sangat enak dan menyegarkan. Namun, jika kamu suka manis, maka perlu menambahkan gula di minuman ini.

Sunset Papua dapat dengan mudah ditemukan di restoran-restoran yang ada di Papua. Lebih lengkap lagi, jika menikmati minuman Sunset Papua sambil menikmati eloknya matahari terbenam dari timur Indonesia.

3. Es Buah Matoa

Es Buah Matoa

Matoa merupakan buah khas Papua yang tumbuh di wilayah dataran rendah, hingga ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Papua memiliki dua jenis buah matoa. Yaitu, matoa kelapa dan matoa papeda. Perbedaannya terdapat pada tekstur daging buah matoa. Sebenarnya, matoa juga terdapat di Maluku dan Papua Nugini. Namun, buah ini lebih dikenal menjadi buah khas Papua.

Bukan hanya buahnya saja yang khas dari Papua, di sini juga terdapat Es Buah Matoa yang menjadi salah satu minuman khas Bumi Cendrawasih. Es Matoa terbuat dari buah matoa yang dicampurkan dengan kolang-kaling, jelly / cincau hitam, dan rempah pilihan khas Papua. Rasa yang dihasilkan dari Es Buah Matoa adalah manis, asam, dan segar.

Es Buah Matoa juga diberi hiasan jeruk liamu dan daun pandan yang membuat minuman ini tampak lebih segar. Bukan hanya segar, Es Buah Matoa kaya akan vitamin A dan C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Minuman ini, wajib kamu coba ketika berkunjung ke Tanah Papua.

4. Swansrai Papua

Swansrai Papua

Swansrai merupakan minuman fermentasi air kelapa yang disuguhkan dengan batok kelapa. Minuman ini biasanya disuguhkan untuk tamu yang berkunjung ke rumah warga Papua sebagai bentuk penghormatan terhadap tamu. Swansrai memiliki rasa yang kuat, dan sedikit pahit. Namun, kamu perlu hati-hati dalam menikmati minuman ini.

Karena berasal dari fermentasi air kelapa, Swansrai mengandung kadar alkohol sekitar 20 hingga 30 persen. Minuman ini mirip seperti tuak atau arak. Bagi kamu yang tidak terbiasa minum minuman beralkohol, tidak disarankan untuk minum Swansarai karena khawatir akan mabuk dan tidak kuat dengan kadar alkoholnya.

Meski begitu, Swansarai Papua tetap menjadi minuman khas Papua yang sering membuat penasaran bagi traveler. Sehingga, tak jarang dari mereka mencoba Swansarai setibanya di Papua. Minuman ini juga menjadi perekat persaudaraan antar sesama masyarakat Papua yang kemudian dinikmati ketika diselenggarakan acara adat.

5. Teh Sarang Semut

Teh Sarang Semut

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar Sarang Semut? Mungkin bagi sebagian orang akan membayangkan sebuah tempat yang dihidupi banyak semut di dalamnya. Namun, di Papua Sarang Semut merupakan tanaman khas yang biasa diolah menjadi makanan dan minuman karena kaya akan khasiat, serta dipercaya dapat menyembuhkan penyakit berat.

Sarang Semut berasal dari Asia Tenggara dan area kepulauan yang tumbuh menempel pada tanaman lain, atau disebut juga sebagai tanaman epifit. Meski begitu, tanaman ini tidak bersifat seperti parasit. Bentuk Sarang Semut mirip seperti labirin yang bersekat-sekat.

Sarang Semut memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia. Diantaranya, mengurangi kadar gula dalam darah, meringankan ambeien, mencegah darah tinggi, mengempeskan benjolan pada payudara, menjaga kesehatan jantung, menghilangkan migrain, mengobati kanker, menguatkan metabolisme, dan menjadi antibiotik dalam tubuh.

Di Papua, Sarang Semut bukan hanya dijadikan sebagai obat saja, melainkan dibuat sebagai teh yang dapat dikonsumsi siapapun. Teh Sarang Semut dibuat dari sari Sarang Semut yang direbus dan dijadikan sebagai teh dengan manfaat yang masih tetap sama. Teh Sarang Semut menjadi minuman yang wajib dicoba agar tubuh tetap fit selama traveling.

Demikian informasi 5 minuman khas Papua yang bisa kamu coba ketika keluyuran ke Papua. Jadi, sudah tahu kan, apa saja sih yang bisa dieksplor di Papua selain wisata alam dan kulinernya?

Ternyata, minuman khas Papua tak kalah menariknya. Mulai dari minuman yang terbuat dari sarang semut, hingga minuman mengandung alkohol dapat kamu temukan di sini. Sudah siap untuk eksplor alam, budaya, dan kuliner khas Papua?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *