Inilah 10 Minuman Khas Turki yang Wajib untuk Dicicipi

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 27 September 2021

Selain terkenal karena sisa peninggalan peradaban yang masih berdiri kokoh, Turki juga dikenal karena kebudayaan, serta beragam kuliner yang dapat memanjakan lidah. Salah satunya adalah minuman khas yang kerap disajikan masyarakat Turki. Selain cita rasanya yang unik, beberapa minuman bahkan dipercaya memiliki khasiat untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Nah, jika kamu berencana untuk melakukan perjalanan ke Turki, kamu wajib mencoba makanan khas Turki dan minuman khas Turki yang akan Keluyuran bahas di bawah ini wajib kamu coba selama berada di sana. Minuman apa saja itu? Yuk, simak minuman khas Turki yang wajib dicicipi berikut ini!

1. Ayran

Ayran adalah salah satu jenis minuman tradisional Turki yang disukai oleh anak-anak dan orang dewasa. Minuman ini biasa disajikan di musim panas karena rasanya yang menyegarkan. Ayran terbuat dari campuran Yoghurt, air, dan garam. Jika kamu berkunjung ke supermarket yang ada di Turki, kamu bisa melihat minuman ini dalam bentuk kemasan dengan berbagai merek.

Sementara buatan rumah atau yang dijual kafe dan restoran biasanya disajikan dengan banyak busa di gelas. Ayran sendiri merupakan minuman yang telah ada sejak lama. Selain di Turki, minuman ini juga cukup terkenal di beberapa negara Timur Tengah.

2. Raki

Raki

Raki merupakan minuman beralkohol khas Turki yang cukup populer dan disukai di negara yang zaman dulu dikenal dengan sebutan Ottoman Empire. Raki sendiri berbahan dasar anggur dan adas manis atau kismis. Minuman ini biasanya diminum oleh pria yang telah dewasa.

Raki sendiri menjadi minuman yang kerap disajikan dengan berbagai hidangan seperti Seafood, Kebab, atau kudapan populer khas Turki, yaitu Mezze. Selain di Turki, minuman jenis ini juga cukup populer di sekitar wilayah Mediterania dan Timur Tengah.

Masyarakat Turki menyebut minuman unik ini dengan sebutan 'Susu Singa'. Metafora yang digunakan untuk menggambarkan sosok pria pemberani dan kuat.

3. Boza

BozaSumber: kimdeyir.com

Berbicara mengenai minuman khas Turki, minuman bernama Boza menjadi salah satu yang cukup disukai oleh masyarakat. Boza merupakan minuman fermentasi yang terdiri dari berbagai campuran bahan seperti gandum, air, gula, dan ragi. Masyarakat Turki sendiri biasa menaburkan kayu manis minum jenis ini.

Mereka biasa meminum secara langsung, atau menggunakan sendok tergantung dari konsentrasi minuman yang dibuat. Boza sendiri dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari menghangatkan, hingga membuat stamina tubuh tetap terjaga.

Bagi beberapa orang, rasa dari minuman ini mungkin tidak terlalu istimewa. Namun, bagi masyarakat Turki Boza adalah salah satu minuman yang khas yang cukup disukai.

4. Salgam

Minuman khas Turki lainnya yang cukup digemari masyarakat maupun wisatawan asing adalah Salgam. Minuman tradisional  yang dikenal menyehatkan tubuh ini berbahan dasar sayur-sayuran seperti wortel ungu, air, gandum bulgur, garam, dan ragi. Sepintas minuman yang cukup populer di kota Mersin dan Adana ini memang terlihat seperti smoothies dengan tekstur yang kental.

Wisatawan sendiri bisa dengan mudah menemukan minuman khas ini jual oleh para pedagang kaki lima yang berada di sudut kota. Minuman khas sangat cocok dinikmati dengan hidangan kebab. Salgam sendiri memiliki warna merah tua atau ungu dan memiliki rasa yang sangat kuat.

5. Salep

Salep

Minuman khas Turki yang satu ini sangat pas diminum pada musim dingin. Salep atau Sahlep adalah minuman panas yang terbuat dari bubuk tanaman dari keluarga anggrek, yang kerap dijadikan obat herbal oleh masyarakat Turki. Tanaman tersebut biasa tumbuh di alam. Bagian yang digunakan adalah umbi yang terdapat pada tanaman.

Setelah umbi direbus dan dikeringkan, bahan tersebut digiling sampai berbentuk serbuk berwarna putih. Bahan-bahan dan cara penyajian untuk minuman ini sendiri cukup sederhana. Bubuk Salep yang sudah digiling dicampur dengan susu cair, dan gula lalu dimasak dengan api sedang. Setelah minuman matang, sajikan dalam cangkir dan taburi kayu manis di atasnya. 

6. Turk Kahvesi (Kopi Turki)

Kopi menjadi salah satu minuman wajib bagi masyarakat Turki. Berbeda dengan kopi jenis lain yang ada di berbagai negara. Kopi Turki sendiri memiliki ciri khas hitam dan pekat. Selain warna, aroma dan rasa yang dihasilkan pun berbeda dari daerah lain. Turki sendiri adalah negara pertama di dunia yang telah mengenal kopi sejak pertama kali ditemukan.

Kopi Turki diperkirakan masuk ke Turki saat kekaisaran Ottoman Turki. Masyarakat Turki biasa mengonsumsi minuman yang sangat disukai dunia ini setiap saat. Mereka biasa menyajikan kopi menggunakan sebuah cangkir yang mereka sebut dengan fincan. Pada umumnya, kopi disajikan dengan permen yang berfungsi menetralisir rasa pahit.

7. Sherbet

SherbetSumber: medutur.com

Sharbat adalah minuman khas Turki yang biasa disajikan di musim panas. Minuman ini biasanya dihadirkan saat acara khusus atau diadakannya festival. Sharbat sendiri adalah minuman yang terbuat dari kelopak bunga Mawar yang dicampur bahan-bahan tambahan lain seperti gula, perasan lemon, dan air. Sherbet biasanya disajikan dalam keadaan dingin.

Masyarakat sendiri biasanya menyaring minuman sebelum menyajikannya dalam gelas. Selain lezat dan unik, minuman khas yang satu ini memiliki warna yang cukup menggoda selera. Jika kamu berpelesir ke Turki, tidak ada salahnya mencoba minuman yang menyegarkan ini.

8. Sira

Sira

Sira adalah minuman non-alkohol yang cukup digemari di Turki. Minuman jus yang telah melalui tahap fermentasi ringan ini terbuat dari bahan utama anggur. Anggur yang biasa digunakan biasanya dari berbagai jenis. Sira memiliki rasa manis karena dikenal mengandung fruktosa tinggi. Minuman ini sangat nikmat diminum pada musim panas.

Tampilannya yang menarik mampu menggugah selera. Sira sendiri biasa dihidangkan dengan es batu dan perasaan lemon. Minuman ini biasa diminum dengan berbagai camilan khas Turki. Salah satunya yang populer adalah Kebab atau Donner.

9. Turkish Tea

Turki memiliki tradisi unik yang cukup popular dengan istilah 'Cay'. Sama seperti kopi, teh menjadi minuman sehari-hari masyarakat Turki. Masyarakat Turki sendiri kerap menyajikan salah satu minuman tradisional ini dua ceret bertumpuk yang dikenal dengan nama 'Caydanlik'. Teh biasanya dinikmati panas dalam sebuah gelas kecil, yang berfungsi untuk menunjukkan kerapatan warna teh.

Berbeda dengan beberapa negara yang kerap mencampur teh dengan susu. Di Turki sendiri biasanya disajikan tanpa dan dengan gula. Teh yang digunakan pun biasanya berbeda tergantung selera. Mulai dari teh yang memiliki rasa dan aroma yang ringan sampai dengan teh dengan aroma dan rasa yang kuat.

10. Tursu

Tursu

Minuman khas Turki yang satu ini dikenal memiliki rasa yang unik. Tursu adalah minuman yang populer di Istanbul. Minuman ini bisa dengan mudah ditemukan di wilayah  Pantai Eminonu. Tursu adalah minuman khas Turki yang biasa disajikan pada musim panas.

Selain rasanya yang unik, bahan-bahan yang digunakan untuk jenis minuman ini terbilang unik seperti acar sayuran, buah bit, bawang bombay, paprika, wortel dan bawang putih. Minuman ini biasa disajikan dalam kondisi dengan.

Tursu sendiri memiliki sensasi rasa yang cukup unik yang memadukan rasa asam dan manis yang menyegarkan. Selain rasanya yang lezat, minuman ini just dikenal sangat menyehatkan.

Demikian 10 Minuman khas Turki yang berhasil kami rangkum untuk kamu. Selain rasanya yang lezat, hampir sebagian besar minuman tersebut dikenal menyehatkan. So, kamu yang sedang berpelesir ke Turki jangan lupa mencoba minuman unik yang telah dijelaskan di atas.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram