Mengenal dan Belajar Melukis di Museum Barli Bandung

Ditulis oleh Riastri Herliana

Jalan-jalan ke Kota Bandung, akan memberikan kesan yang berbeda ketika mengunjungi museum yang ada di Kota Kembang ini. Jika biasanya museum digunakan sebagai tempat untuk menyimpan benda bersejarah, peninggalan kerajaan, hingga fosil, berbeda dengan museum di Kota Bandung yang satu ini.

Museum Barli merupakan museum seni yang menampilkan banyak karya seni mulai dari lukisan, hingga patung. Museum ini milik perorangan yang didirikan pada tahun 1990. Nama museum ini berasal dari nama seorang pelukis yang bernama Barli. Di Museum Barli, kamu bisa mengenal berbagai macam karya seni dari seniman Indonesia.

Tak hanya menampilkan karya seni, Museum Barli juga memiliki program pameran keliling, dan sekolah melukis. Segala informasi tentang Museum Barli disebarkan melalui media dan acara yang diadakan secara rutin. Jika kamu suka menjelajahi museum seni, berikut informasi tentang Museum Barli yang perlu kamu ketahui.

Spot Populer di Museum Barli

Spot Populer di Museum Barli

Penasaran ada apa di dalam Museum Barli? Museum yang memamerkan beragam karya seni, khususnya lukisan ini memberikan pengalaman baru yang menyenangkan. Di sini, kamu juga bisa nostalgia dengan permainan yang sering dimainkan saat kecil. Berikut ini spot menarik yang ada di Museum Barli.

1. Permainan Jadul

Permainan Jadul

* sumber: altisena.blogspot.com

Generasi 80 – 90an, siapa yang suka membaca komik, Majalah Bobo, dan bermain game klasik? Semua itu bisa kamu dapatkan di Museum Barli. Di sini menyediakan arena Permainan Jadul dimana terdapat beragam permainan masa kecil yang banyak disukai pada zamannya. Seperti game boy, tamagochi, dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang aktif bermain games di masa kecil, pasti merindukan akan masa-masa dimana belum ada gadget seperti sekarang ini. Main computer menggunakan joystick, Nintendo, dan membaca komik yang sekarang sudah sulit ditemukan. Di arena Permainan Jadul, kamu akan diajak bernostalgia dengan beragam permainan masa kecil.

2. Galeri Seni Rupa

Galeri Seni Rupa

* sumber: backpackerjakarta.com

Sebagai museum yang menampilkan beragam karya seni, tentu pameran seni merupakan hal utama yang bisa kamu lihat di Museum Barli. Di Galeri Seni Rupa, kamu bisa melihat keindahan karya seni buatan orang Indonesia berupa lukisan, hingga patung yang terbuat dari kayu.

Museum Barli menampilkan karya seni rupa kontemporer dan memorable. Karya seni yang disajikan sangat realistik dan lebih banyak memperlihatkan kehidupan sehari-hari. Karya seni yang dipajang di sini beberapa diantaranya adalah potret wanita sebagai petani desa, dan potret kehidupan yang ada di pedesaan.

Museum Barli memiliki tiga lantai, dimana lantai pertama digunakan untuk workshop, lantai dua dan tiga menjadi galeri pameran seni, dan pada lantai ketiga merupakan area khusus pameran seni karya Barli Sasmitawinata.

3. Belajar Melukis

Belajar Melukis

* sumber: hargabelanja.com

Mengajak anak wisata edukasi menjadi hal yang tepat ketika merencanakan liburan bersama keluarga. Di Museum Barli, anak bukan hanya diperkenalkan dengan beragam karya seni yang sangat indah, melainkan bisa membuat sebuah lukisan sendiri. Di sini, setiap pengunjung yang penasaran dengan proses melukin, bisa belajar bersama ahlinya.


Belajar Melukis merupakan satu hal edukatif yang bisa dilakukan di Museum Barli. Proses belajar memakan waktu selama kurang lebih 2,5 jam. Dalam kurun waktu 2,5 jam anak akan diajarkan mulai dari membuat konsep lukisan, hingga membuat imajinasi tersebut menjadi nyata. Di sini, tidak hanya anak saja yang bisa belajar melukis, tetapi orang tua juga bisa turut serta belajar melukis.

Fasilitas di Museum Barli

Fasilitas di Museum Barli

* sumber: www.pergidulu.com

Menikmati karya seni rupa kontemporer memang sangat menyenangkan. Selain itu, Museum Barli juga menyediakan fasilitas yang akan membuatmu betah untuk menghabiskan waktu di sini. Berikut ini fasilitas yang didapatkan ketika berkunjung ke Museum Barli.

1. Café

Museum Barli menyediakan café yang letaknya berada di dalam area museum. Café Barli tak lepas dari suasana kesenian selayaknya museum yang ada di lantai atas. Di café ini terdapat hiasan mural yang cukup besar, juga dilengkapi dengan kursi yang nyaman dan suasananya sangat tenang.

2. Lahan Parkir

Museum Barli menyediakan dua area parkir untuk mobil dan motor. Parkiran mobil terletak di basement yang tempatnya tidak terlalu luas, dan cukup sekitar 5 – 8 mobil. Sedangkan parkiran motor terletak di pinggir Jalan Sutami. Meski berada di tepi jalan, parkirnya tetap aman karena dijaga oleh penjaga parkir.

Tarif parkir motor : Rp2.000

Tarif parkir mobil : Rp3.000

3. Fasilitas Lainnya

  • Toilet
  • Musholla

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Museum Barli

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Museum Barli

* sumber: direktorionlinemuseumdiindonesia.wordpress.com

Museum Barli mematok harga tiket yang sangat terjangkau. Dimana pengunjung umum dan pelajar dibedakan biaya masuknya. Bagi pelajar, wajib memperlihatkan kartu pelajar untuk mendapatkan harga khusus.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram