Mengenal Sejarah Kehidupan di Museum Geologi Bandung

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Merencanakan liburan di Bandung, bukan hanya bisa menikmati wisata alam dan taman rekreasinya saja. Di Bandung ada banyak wisata edukasi, salah satunya Museum Geologi. Museum ini dibangun pada tahun 1929, dan sempat dilakukan renovasi, kemudian diresmikan kembali pada 23 Agustus 2000.

Museum Geologi menyimpan materi geologi yang sangat melimpah yang dikumpulkan sejak tahun 1850. Berdirinya Museum Geologi sangat berkaitan dengan sejarah penyelidikan geologi dan tambang yang dimulai pada abad ke-17.

Kemudian dari hasil penyelidikan yang ditemukan dibutuhkan tempat untuk penyimpanan dan penganalisaan barang tersebut. Pada akhirnya di tahun 1928 dibangun gedung yang bernama Geologisch Laboratorium, atau Geologisch Museum.

Bangunan tersebut saat ini lebih dikenal dengan nama Museum Geologi. Di museum ini, pengunjung dapat melihat fosil dan sejarah manusia menurut evolusi Darwin, hipotesis terjadinya bumi dalam sistem tata surya, serta keadaan geologi Pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, hingga Irian Jaya atau Papua.

Jika kamu tertarik untuk berwisata edukasi di Museum Geologi, simak artikel berikut ini untuk mengetahui informasi seputar Museum Geologi, mulai dari spot menarik, fasilitas, tiket masuk, hingga penginapan di sekitar Museum Geologi bagi kamu pengunjung dari luar kota Bandung. Simak informasinya berikut ini!

Spot Populer di Museum Geologi

Spot Populer di Museum Geologi

* sumber: www.wisataidn.com

Wisata edukasi di Museum Geologi menjadi hal yang menyenangkan. Terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang setiap harinya di Museum Geologi selalu ramai. Museum Geologi menyediakan ruangan-ruangan dimana kamu bisa belajar lebih banyak soal ilmu Geologi yang selama ini dipelajari di sekolah. Berikut ini spot populer yang akan menambah wawasanmu:

1. Ruang Sejarah Kehidupan

Ruang Sejarah Kehidupan

* sumber: idetrips.com

Pada sisi timur Museum Geologi, terdapat Ruang Sejarah Kehidupan yang dibagi menjadi empat bagian sudut peraga. Ada bagian Kenozoikum yang terdiri dari Zaman Kuarter dan Tersier, Mesozoikum, Pra Kambrium dan Paleozoikum.

Terdapat satu sudut yang berisi tentang informasi sejarah terbentuknya Kota Bandung, hingga peninggalan fauna dan artefak yang pernah hidup di Kota Bandung.

2. Ruang Geologi Indonesia

Ruang Geologi Indonesia

* sumber: www.wego.co.id

Pada sisi barat terdapat Ruang Geologi Indonesia yang memeragakan asal mula adanya Bumi. Menjelaskan mulai dari struktur dan pergerakan kerak bumi, pelapukan dan erosi, batuan dan mineral, gunung api dan karst, serta geologi pulau-pulau yang ada di Indonesia. Ruangan ini dilengkapi dengan video interaktif sehingga informasi yang disajikan semakin menarik dan mudah untuk dipahami.

3. Ruang Sumber Daya Geologi

Ruang Sumber Daya Geologi

* sumber: peragaanmuseumgeologi.wordpress.com

Pada Ruang Sumber Daya Geologi terdapat 8 sudut peragaan, mulai dari pengenalan mineral logam, mineral non logam, minyak dan gas, sumber daya geologi, batu mulia, batubara, sumber daya air, hingga panas bumi. Ruangan ini berada di lantai dua sebelah timur Museum Geologi, dan ruangan ini memiliki banyak warna yang memperjelas pemahaman tentang dunia geologi.

4. Ruang Manfaat dan Bencana Geologi

Ruang Manfaat dan Bencana Geologi

* sumber: jabar.tribunnews.com

Di lantai dua sebelah barat Museum Geologi, terdapat Ruang Manfaat dan Bencana Geologi yang menyajikan info dan edukasi tentang pemanfaatan sumber daya geologi, mulai dari zaman pra sejarah, zaman sejarah, hingga zaman modern semua terangkum secara jelas di sini.

Ada pula informasi tentang proses terjadinya bencana alam, seperti meletusnya gunung api, tanah longsor, gempa bumi, hingga tsunami.

Fasilitas di Museum Geologi

Fasilitas di Museum Geologi

* sumber: www.siswapelajar.com

Menikmati wisata edukasi, Museum Geologi juga dilengkapi dengan fasilitas terbaik yang akan memanjakan setiap pengunjung yang datang. Berikut ini fasilitas yang didapatkan ketika berkunjung ke Museum Geologi Bandung:

  • Auditorium

Jika datang bersama rombongan dari sekolah, kampus atau institusi lainnya, terdapat auditorium yang biiasa digunakan untuk pemutaran film, ceramah, seminar, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Auditorium ini berkapasitas 200 orang. Pemutaran film dilakukan selama 20 menit sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

  • Ruang Edukasi

Selain auditorium, Museum Geologi juga menyediakan Ruang Edukasi yang bisa menampung sebanyak 40 orang. Ruangan ini dijadikan sebagai tempat untuk diskusi. Namun penggunaan Ruang Edukasi tidak bisa mendadak, harus dilakukan reservasi atau pemberitahuan terlebih dahulu.

  • Poliklinik

Fasilitas yang satu ini jarang ditemukan di tempat wisata lain. Museum Geologi menyediakan Poliklinik yang dikhususkan bagi pengunjung yang sakit ketika melakukan kunjungan di Museum Geologi. Fasilitas Poliklinik dilayani langsung oleh dokter dan paramedis secara gratis. Poliklinik hanya tersedia pada hari Senin – Kamis, pada jam 09.00 – 14.00 saja.

  • Souvenir Shop

Ingin membawa kenang-kenangan berupa cinderamata yang berhubungan dengan ilmu bumi? Museum Geologi menyediakan Souvenir Shop yang menjual cinderamata berupa kaos, gantungan kunci, benda geologi, alat peraga, hingga buku tentang ilmu bumi.

  • Masjid
  • Toilet
  • Area Parkir Motor, Mobil dan Bus : Museum Geologi menyediakan lahan parkir untuk mobil dan motor di dalam area parkir museum dengan tarif Rp2.000, dan parkir bus di pinggil Jalan Diponegoro dengan retribusi sebesar Rp25.000.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Museum Geologi

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Museum Geologi

Setelah tahu informasi tentang Museum Geologi, pasti yang selanjutnya ingin diketahui adalah harga tiket masuk untuk menikmati wisata edukasi yang satu ini. Museum Geologi mematok harga yang sangat murah untuk mendapat ilmu baru mengenai dunia geologi. Berikut ini daftar harga tiket masuk, jam operasional, dan kontak yang bisa dihubungi untuk melakukan reservasi.

  • Tiket masuk

Anak / Mahasiswa : Rp2.000

Dewasa : Rp3.000

Turis Internasional : Rp10.000

  •  Jam Operasional

Senin – Kamis : 08.00 – 16.00 WIB

Sabtu – Minggu : 08.00 – 14.00 WIB

Jumat & Libur Nasional : Tutup

  •   Kontak : (022) 7213 822

Alamat dan Akses Transportasi ke Museum Geologi

Alamat dan Akses Transportasi ke Museum Geologi

  • Alamat : Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung

Letak Museum Geologi tidak jauh dari Gedung Sate dan Lapangan Gasibu Bandung. Museum ini berada di tengah-tengah antara Gedung Sate dengan salah satu masjid besar di Bandung, yaitu Masjid Pusda’i. Lokasi yang sangat strategis ini memudahkan pengunjung untuk datang ke Museum Geologi. Berikut ini akses transportasi yang bisa digunakan.

  • Mobil / Motor

Pengguna kendaraan pribadi dari arah Bandung Barat, Cimahi, Bandung Utara, atau Gerbang Tol Pasteur, bisa melewati fly over Pasupati sampai ujung jembatan, kemudian melewati Lapangan Gasibu, dan mengarah ke Jalan Supratman. Sampailah di Museum Geologi.

Bagi yang datang dari arah Bandung Timur seperti dari Cileunyi dan Cicaheum, maka bisa melewati Jalan Surapati, kemudian melewati Masjid Pusda’i, masuk ke Jalan Diponegoro, dan sampai di Museum Geologi.

  • Transportasi Umum

Pengguna transportasi umum, bisa menggunakan angkutan kota dengan beragam jurusan. Angkutan kota yang melewati Museum Geologi, diantaranya; Cicaheum – Ledeng, Riung Bandung – Dago, dan Cicaheum – Ciwastra.

Hotel Sekitar Museum Geologi

Bagi pengunjung dari luar kota Bandung, ada beberapa pilihan hotel yang bisa dipilih di dekat Museum Geologi Bandung. Diantaranya :

1. Vio Hotel Surapati

Jl. Surapati No.51, Sadang Serang, Coblong, Kota Bandung

Kontak : (022) 2511 718

2. Pullman Bandung City Center

Jl. Layang Pasupati No.2, Lebakgede, Coblong, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung

Kontak : (021) 5083 5158

3. Ciwulan36 Guest House

Jl. Ciwulan No.36, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung

Kontak : (022) 7274 148

4. Hotel Vio Cimanuk

Jl. Cimanuk No.15, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung

Kontak : (022) 7231 099

5. Amaris Hotel Cimanuk

Jl. Cimanuk No.14, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung

Kontak : (022) 4209 985

6. Mitra Hotel Bandung

Jl. Supratman No.98, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung

Kontak : (022) 7207 245

7. Citarum Hotel

Jl. Citarum No.16, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung

Kontak : (022) 7207 100

8. RedDoorz Gedung Sate 2

Jl. Titiran No.17, Sadang Serang, Coblong, Kota Bandung

Sekian informasi tentang Museum Geologi yang perlu diketahui sebelum berwisata edukasi di Bandung. Liburan ke museum bisa menambah pengetahuan dan wawasanmu tentang kehidupan pada masa lampau hingga masa kini. Ayo bermain sambil belajar di Museum Geologi!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *