10 Museum di Korea yang Memiliki Koleksi Unik dan Aneh

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 13 September 2021

Menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi museum di zaman modern ini bukan sebuah ide yang membosankan. Pasalnya wisata edukasi yang identik dengan suasana serius dan monoton kini dikemas dan ditampilkan dalam suasana yang lebih menarik. Artefak yang dipajang adalah sesuatu yang tidak pernah kita pikirkan menjadi sebuah koleksi museum yang menarik banyak pengunjung.

Jika kamu kebetulan berlibur ke Korea, beberapa museum ini wajib kamu kunjungi. Wisata edukasi yang ditawarkan oleh museum-museum ini menampilkan sebuah pengalaman seru. Kamu tidak akan menyangka bawah artefak-artefak ini akan begitu menarik untuk dipelajari. Yuk, simak ulasan tentang 10 museum di Korea yang memiliki koleksi unik dan tidak biasa berikut ini!

1. Namhae Treasure Island Garlic Museum

  • Alamat: Gyeongsangnam-Do Namhae-Gun I-Dong-Myeong Dajeong-Ri 971
  • Jam Buka: Setiap Hari 09.00 – 21.00
  • HTM: Gratis
  • Telpon: +82 10-6357-0043

Bawang putih adalah salah satu bumbu masak yang sering kita jumpai. Bumbu masak ini punya banyak manfaat. Tidak hanya sebagai bumbu yang meningkatkan cita rasa masakan, bawang putih juga punya khasiat lain yang tak kalah penting

Bagi kamu yang tertarik pada bawang putih, Korea punya tempat menarik yang disebut dengan Namhae Treasure Island Garlic Museum. Singkatnya, tempat ini merupakan museum bawang putih. Semua informasi dan pengetahuan tentang bawang putih dan bawang-bawang lainnya ada di sini.

Pengunjung akan diajak mempelajari seluk beluk bawang dari segi manfaat, penggunaan pada makanan, cara mengolah dari mulai pembibitan, merawat hingga memanen. Museum ini dilengkapi dengan penjelasan audio yang menggunakan bahasa Korea dan bahasa Inggris.

Pengunjung yang masuk ke museum ini tidak dikenakan biaya, alias gratis. Jadi, nikmati wawasan berharga dari bawang putih dan bawang-bawangan yang ada di museum ini. Seru lho!

2. Kimchikan Museum

Kimchikan MuseumSumber: klook.com
  • Alamat: 35-4 Insadong-Gil, Gwanhun-Dong, Jongno-Gu, Seoul, Korea Selatan
  • Jam Buka: Setiap Hari 10.00 – 18.00
  • HTM: 9.000 Won
  • Telpon: +82 2-6002-6456

Kimchi terkenal sebagai masakan khas Korea. Saking terkenalnya, negara ini dijuluki sebagai Negeri Kimchi. Tak heran jika Korea punya Museum Kimchi di mana pengunjung dapat mempelajari berbagai hal mengenai makanan tradisional fermentasi itu.

Museum ini terletak di Insadong, dibuat khusus sebagai pusat pengetahuan dan informasi mengenai kimchi.  Kimchikan Museum memajang sekitar 200 jenis kimchi yang ada di seluruh Korea.

Menariknya, selain mendapat pengetahuan mengenai kimchi dan manfaatnya, pengunjung juga diajak membuat kimchi langsung. Pihak museum akan mengajari pengunjung bagaimana cara membuat kimchi khas Korea resep dari nenek moyang.

3. Rice Cake and Kitchen Utensil Museum

  • Alamat: 71 Donhwamun-Ro, Waryong-Dong, Jongno-Gu, Seoul, Korea Selatan
  • Jam Buka: Setiap Hari 10.00 – 18.00
  • HTM: 3.000 Won
  • Telpon: +82 2-741-5447

Museum ini berlokasi di pusat kota Seoul. Di dalamnya terpajang kurang lebih 2.000 jenis tteok atau kue beras yang ada di Korea. Museum ini menempati gedung yang tidak begitu luas. Pengunjung bisa melihat berbagai jenis tteok dan peralatan dapur tradisional Korea.

Koleksi tteok beragam warna dan bentuk menarik perhatian. Tteok yang mempunyai makna khusus bagi masyarakat Korea ini menjadi artefak yang memberikan pelajaran penting mengenai kebudayaan Korea dari masa ke masa.

Peralatan dapur yang dipajang di sini pun terbilang langka. Koleksi benda-benda masa lalu tersebut tidak dapat kamu lihat di buku-buku teks. Hanya di museum inilah pengunjung bisa melihatnya.

Di lantai 3 gedung ini, pengunjung disuguhi benda-benda koleksi menarik dari tradisi makan orang Korea, yaitu 5첩 반상. Ini adalah tradisi makan yang biasa dilakukan oleh raja dan keluarga bangsawan yang mempunyai 12 hidangan makanan.

4. Toilet Park and Museum

Toilet Park and MuseumSumber: bbc.com
  • Alamat: 9 Jangan-Ro 458beon-Gil, Imok-Dong, Jangan-Gu, Suwon-Si, Gyeonggi-Do, Korea Selatan
  • Jam Buka: Selasa – Minggu Pukul 10.00 – 17.00
  • HTM: Gratis
  • Telpon: +82 31-271-9777

Museum ini resmi dibuka tahun 2012. Meskipun walikota Suwon, selaku pencetus ide membuat museum toilet ini sudah tutup usia sebelum gedungnya rampung, namun pihak keluarga melanjutkan pembangunan museum sampai akhirnya museum dibuka untuk umum dan disediakan gratis.

Lalu, apa saja yang ada di museum ini? Jangan kaget! Museum ini berisi berbagai macam bentuk toilet tradisional Korea dan modern. Di sini juga terdapat pispot tradisional dari Eropa yang berusia ratusan tahun.

Ada banyak patung dengan pose orang sedang buang air besar, termasuk penampakan kotoran yang dikeluarkannya. Pengunjung juga bisa mempelajari proses pencernaan makanan dalam tubuh sampai ia menjadi kotoran dan dibuang.

Museum ini adalah salah satu media edukasi efektif untuk menyampaikan informasi penting mengenai higienitas dan kesehatan pada masyarakat.

5. Jeju Glass Castle Museum

  • Alamat: 462 Nokchabunjae-Ro, Hangyeong-Myeon, Jeju-Si, Jeju-Do, Korea Selatan
  • Jam Buka: Setiap Hari Pukul 09.00 – 19.00
  • HTM: 9.000 Won
  • Telpon: +82 64-772-7777

Jeju adalah sebuah pulau cantik yang ada di Korea. Pulau ini terkenal dengan pemandangannya yang indah dan menjadi destinasi wisata menarik sepanjang musim. Di salah satu lokasi di Pulau Jeju terdapat sebuah museum indah yang berisi koleksi kaca dengan rupa-rupa warna dan bentuk.

Museum ini menjadi cantik bukan karena bunga-bungan atau pepohonannya, melainkan karena taman-taman kaca yang ada di lokasi museum ini.

Di Jeju Glass Castle terdapat labirin kaca paling besar di dunia, danau cermin, bola kaca, dan karya seni kaca lainnya yang berasal dari Korea dan Eropa. Salah satu seniman penyumbang koleksi kaca di museum ini adalah seniman dari Italia, Ceko dan Jepang.

Di museum unik ini, pengunjung akan diajari membuat sendiri kerajinan kaca langsung oleh ahli kaca. Pengalaman seru yang ditawarkan museum ini pasti akan sangat berkesan.

6. Soedaemun Prison Museum

  • Alamat: 251, Tongil-Ro, Seodaemun-Gu, Seoul
  • Jam Buka: Setiap Hari Pukul 09.30 – 18.00
  • HTM: 1.000 – 3.000 Won
  • Telpon: +82 2-360-8590

Seodaemun Prison Museum mengingatkan kita pada Lubang Buaya yang ada di indonesia. Tempat ini adalah sebuah tempat saksi sejarah perjuangan masyarakat Korea merebut kemerdekaan dari tangan Jepang.

Seodaemun Prison Museum adalah penjara yang dibuat oleh pihak Jepang tahun 1907 untuk menawan para pejuang kemerdekaan Korea. Para relawan pejuang dan demonstran yang menuntut kebijakan tertentu ditahan di penjara ini. 

Tokoh popular Ryu Gwansun yang menentang pendudukan Jepang dan genosida pada kebudayaan Korea termasuk huruf Hangeul tercatat pernah menghuni sel di sini.

Penjara ini telah mengalami banyak perombakan. Sampai saat ini tersisa sel nomor 10, 11 dan 12 saja yang masih asli dan satu ruangan eksekusi tahanan. Untuk melengkapi koleksi museum, di museum ini banyak terdapat diorama tahanan saat disiksa dan dieksekusi.

7. Pig Museum 

Pig MuseumSumber: korea.net
  • Alamat: Icheon Gyeonggi-Do 467-832 Korea Selatan
  • Jam Buka: Setiap Hari Pukul 09.00 – 17.00
  • Harga Tiket: 2.000 – 19.000 Won plus workshop sosis dan atraksi babi
  • Telpon: +82 31-641-7540

Selain museum bawang dan kimchi serta tteok, Korea juga membuat museum yang tak kalah aneh. Museum ini mengambil babi sebagai benda utama sebagai temanya. Pig Museum yang terletak di Incheon ini adalah gudangnya pengetahuan tentang babi.

Museum ini merupakan museum babi pertama di Asia. Di dalamnya terdapat lebih dari 5.000 koleksi dari berbagai negara hal-hal yang berhubungan dengan babi. Selain memajang artefak per-babi-an, Pig Museum membuka workshop membuat sosis babi dan bacon bagi pengunjung.

Selain itu, ada pula atraksi dari hewan-hewan menggemaskan ini yang dihelat di sini. Lalu, ada sesi khusus memberi makan anak babi yang lucu.

8. Jeju Loveland Museum

  • Alamat: 2894-72 1100 (Cheonbaek)-Ro, Yeon-Dong, Jeju-Si, Jeju-Do, Korea Selatan
  • Jam Buka: Setiap Hari Pukul 09.00 – 24.00
  • HTM: 12.000 Won
  • Telpon: +82 64-712-6988

Museum berikut ini hanya diperuntukkan bagi pengunjung yang berusia 18+. Jeju Loveland adalah sebuah museum patung luar ruangan yang resmi dibuka tahun 2014 yang lalu. Museum ini merupakan museum bertema seks yang menampilkan 140 patung yang berpose ‘berani’.

Pembuatan patung-patung ini dikerjakan oleh para eks mahasiswa Universitas Hongik. Patung-patung dengan pose erotis tersebut kebanyakan digambarkan telanjang. Berbagai pahatan alat kelamin tersebar di sudut-sudut museum menambah koleksi unik dari museum ini.

9. Trick Eye Museum

  • Alamat: 20 Hongksi-Ro 3 Gil, Seogyo-Dong, Mapo, Seoul, Korea
  • Jam Buka: Setiap Hari Pukul 09.00 – 21.00
  • HTM: 12.000 – 15.000 Won
  • Telpon: +82 2-3144-6300

Museum ini mengkombinasikan seni dengan teknologi canggih yang tersaji lewat Augmented Reality Effect. Dengan teknologi yang canggih, museum ini mengubah lukisan dua dimensi menjadi karya tiga dimensi.

Pengunjung bisa menikmati pengalaman melihat karya seni istimewa sekaligus berinteraksi dengan lukisan-lukisan yang dipajang di dalam museum. Untuk menampilkan kesan interaksi nyata dengan lukisan-lukisan, pengunjung dibekali aplikasi Tricked Camera.

Aplikasi ini dibuat untuk membuat lukisan menjadi hidup saat pengunjung memotret atau merekam gambar. Hasil gambar akan berubah seolah pengunjung menjadi bagian dari gambar tersebut.

Trick Eye Museum menyediakan zona unik bagi pengunjung, seperti Water World, Zona Sinkronisasi, Horror Nights, Fantasy dan Best of Trick Eye. Zona-zona tersebut akan memberikan pengalaman seru berlibur di museum yang sangat berkesan, terutama bagi anak-anak.

Pihak museum mengadakan program menarik yang khusus dibuat bagi pengunjung yang berstatus pelajar berupa wisata edukasi melukis, membuat kerajinan dan kegiatan edukatif lainnya.

10. Knife Gallery

  • Alamat: 7, Insadong 9-Gil, Jongno-Gu, Seoul
  • Jam Buka: Setiap Hari Pukul 09.30 – 19.00
  • HTM: 1.000 Won
  • Telpon: +82 2-735-4430

Knife Gallery merupakan satu-satunya tempat di Seoul yang menyimpan ribuan koleksi pisau dan senjata tajam dari seluruh dunia. Beberapa di antaranya mungkin pernah kamu lihat di film atau drama.

Rupa-rupa pisau tradisional dan modern dari mulai pisau dapur sampai pisau militer ada di sini. Ada pula koleksi pisau yang hanya dibuat sebagai benda dekoratif semata. Bentuknya yang unik dan ketersediaannya yang langka membuat pisau-pisau di Knife Gallery menjadi istimewa.

Pengunjung juga bisa memesan pisau sesuai selera dari mulai desain dan ukuran pisau. Bahkan pengunjung diperbolehkan melihat langsung proses pembuatannya.

Itu dia 10 museum paling aneh di Korea saat ini. Museum-museum tersebut pasti menjadi destinasi wisata menarik bagi pengunjung yang menaruh minat pada hal-hal tak biasa. Pasalnya museum-museum tersebut mengakomodasi berbagai hal, tidak hanya bermain, kamu bisa memperluas wawasan seru dari tempat-tempat itu.

Jadi, jika kamu berkunjung ke Korea nanti, pastikan kamu mengunjungi museum-museum di atas. Selain menikmati pemandangan indahnya, museum ini menawarkan liburan seru yang dijamin akan berkesan.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram