10 Museum di Korea yang Memiliki Koleksi Unik dan Aneh

Ditulis oleh Siti Hasanah

Menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi museum di zaman modern ini bukan sebuah ide yang membosankan. Pasalnya wisata edukasi yang identik dengan suasana serius dan monoton kini dikemas dan ditampilkan dalam suasana yang lebih menarik. Artefak yang dipajang adalah sesuatu yang tidak pernah kita pikirkan menjadi sebuah koleksi museum yang menarik banyak pengunjung.

Jika kamu kebetulan berlibur ke Korea, beberapa museum ini wajib kamu kunjungi. Wisata edukasi yang ditawarkan oleh museum-museum ini menampilkan sebuah pengalaman seru. Kamu tidak akan menyangka bawah artefak-artefak ini akan begitu menarik untuk dipelajari. Yuk, simak ulasan tentang 10 museum di Korea yang memiliki koleksi unik dan tidak biasa berikut ini!

1. Namhae Treasure Island Garlic Museum

  • Alamat: Gyeongsangnam-Do Namhae-Gun I-Dong-Myeong Dajeong-Ri 971
  • Jam Buka: Setiap Hari 09.00 – 21.00
  • HTM: Gratis
  • Telpon: +82 10-6357-0043

Bawang putih adalah salah satu bumbu masak yang sering kita jumpai. Bumbu masak ini punya banyak manfaat. Tidak hanya sebagai bumbu yang meningkatkan cita rasa masakan, bawang putih juga punya khasiat lain yang tak kalah penting

Bagi kamu yang tertarik pada bawang putih, Korea punya tempat menarik yang disebut dengan Namhae Treasure Island Garlic Museum. Singkatnya, tempat ini merupakan museum bawang putih. Semua informasi dan pengetahuan tentang bawang putih dan bawang-bawang lainnya ada di sini.

Pengunjung akan diajak mempelajari seluk beluk bawang dari segi manfaat, penggunaan pada makanan, cara mengolah dari mulai pembibitan, merawat hingga memanen. Museum ini dilengkapi dengan penjelasan audio yang menggunakan bahasa Korea dan bahasa Inggris.

Pengunjung yang masuk ke museum ini tidak dikenakan biaya, alias gratis. Jadi, nikmati wawasan berharga dari bawang putih dan bawang-bawangan yang ada di museum ini. Seru lho!

2. Kimchikan Museum

Kimchikan MuseumSumber: klook.com
  • Alamat: 35-4 Insadong-Gil, Gwanhun-Dong, Jongno-Gu, Seoul, Korea Selatan
  • Jam Buka: Setiap Hari 10.00 – 18.00
  • HTM: 9.000 Won
  • Telpon: +82 2-6002-6456

Kimchi terkenal sebagai masakan khas Korea. Saking terkenalnya, negara ini dijuluki sebagai Negeri Kimchi. Tak heran jika Korea punya Museum Kimchi di mana pengunjung dapat mempelajari berbagai hal mengenai makanan tradisional fermentasi itu.

Museum ini terletak di Insadong, dibuat khusus sebagai pusat pengetahuan dan informasi mengenai kimchi.  Kimchikan Museum memajang sekitar 200 jenis kimchi yang ada di seluruh Korea.

Menariknya, selain mendapat pengetahuan mengenai kimchi dan manfaatnya, pengunjung juga diajak membuat kimchi langsung. Pihak museum akan mengajari pengunjung bagaimana cara membuat kimchi khas Korea resep dari nenek moyang.

3. Rice Cake and Kitchen Utensil Museum

  • Alamat: 71 Donhwamun-Ro, Waryong-Dong, Jongno-Gu, Seoul, Korea Selatan
  • Jam Buka: Setiap Hari 10.00 – 18.00
  • HTM: 3.000 Won
  • Telpon: +82 2-741-5447

Museum ini berlokasi di pusat kota Seoul. Di dalamnya terpajang kurang lebih 2.000 jenis tteok atau kue beras yang ada di Korea. Museum ini menempati gedung yang tidak begitu luas. Pengunjung bisa melihat berbagai jenis tteok dan peralatan dapur tradisional Korea.


Koleksi tteok beragam warna dan bentuk menarik perhatian. Tteok yang mempunyai makna khusus bagi masyarakat Korea ini menjadi artefak yang memberikan pelajaran penting mengenai kebudayaan Korea dari masa ke masa.

Peralatan dapur yang dipajang di sini pun terbilang langka. Koleksi benda-benda masa lalu tersebut tidak dapat kamu lihat di buku-buku teks. Hanya di museum inilah pengunjung bisa melihatnya.

Di lantai 3 gedung ini, pengunjung disuguhi benda-benda koleksi menarik dari tradisi makan orang Korea, yaitu 5첩 반상. Ini adalah tradisi makan yang biasa dilakukan oleh raja dan keluarga bangsawan yang mempunyai 12 hidangan makanan.

4. Toilet Park and Museum

Toilet Park and MuseumSumber: bbc.com
  • Alamat: 9 Jangan-Ro 458beon-Gil, Imok-Dong, Jangan-Gu, Suwon-Si, Gyeonggi-Do, Korea Selatan
  • Jam Buka: Selasa – Minggu Pukul 10.00 – 17.00
  • HTM: Gratis
  • Telpon: +82 31-271-9777

Museum ini resmi dibuka tahun 2012. Meskipun walikota Suwon, selaku pencetus ide membuat museum toilet ini sudah tutup usia sebelum gedungnya rampung, namun pihak keluarga melanjutkan pembangunan museum sampai akhirnya museum dibuka untuk umum dan disediakan gratis.

Lalu, apa saja yang ada di museum ini? Jangan kaget! Museum ini berisi berbagai macam bentuk toilet tradisional Korea dan modern. Di sini juga terdapat pispot tradisional dari Eropa yang berusia ratusan tahun.

Ada banyak patung dengan pose orang sedang buang air besar, termasuk penampakan kotoran yang dikeluarkannya. Pengunjung juga bisa mempelajari proses pencernaan makanan dalam tubuh sampai ia menjadi kotoran dan dibuang.

Museum ini adalah salah satu media edukasi efektif untuk menyampaikan informasi penting mengenai higienitas dan kesehatan pada masyarakat.

5. Jeju Glass Castle Museum

  • Alamat: 462 Nokchabunjae-Ro, Hangyeong-Myeon, Jeju-Si, Jeju-Do, Korea Selatan
  • Jam Buka: Setiap Hari Pukul 09.00 – 19.00
  • HTM: 9.000 Won
  • Telpon: +82 64-772-7777

Jeju adalah sebuah pulau cantik yang ada di Korea. Pulau ini terkenal dengan pemandangannya yang indah dan menjadi destinasi wisata menarik sepanjang musim. Di salah satu lokasi di Pulau Jeju terdapat sebuah museum indah yang berisi koleksi kaca dengan rupa-rupa warna dan bentuk.

Museum ini menjadi cantik bukan karena bunga-bungan atau pepohonannya, melainkan karena taman-taman kaca yang ada di lokasi museum ini.

Di Jeju Glass Castle terdapat labirin kaca paling besar di dunia, danau cermin, bola kaca, dan karya seni kaca lainnya yang berasal dari Korea dan Eropa. Salah satu seniman penyumbang koleksi kaca di museum ini adalah seniman dari Italia, Ceko dan Jepang.

Di museum unik ini, pengunjung akan diajari membuat sendiri kerajinan kaca langsung oleh ahli kaca. Pengalaman seru yang ditawarkan museum ini pasti akan sangat berkesan.

6. Soedaemun Prison Museum

  • Alamat: 251, Tongil-Ro, Seodaemun-Gu, Seoul
  • Jam Buka: Setiap Hari Pukul 09.30 – 18.00
  • HTM: 1.000 – 3.000 Won
  • Telpon: +82 2-360-8590

Seodaemun Prison Museum mengingatkan kita pada Lubang Buaya yang ada di indonesia. Tempat ini adalah sebuah tempat saksi sejarah perjuangan masyarakat Korea merebut kemerdekaan dari tangan Jepang.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram