Inilah 8 Tempat Makan Nasi Babat Paling Enak di Surabaya

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Oktober 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Babat merupakan bagian lambung dari hewan. Pada umumnya, babat sapi lah yang paling sering diolah menjadi berbagai macam makanan, mulai dari soto babat, babat penyet, nasi goreng babat, sampai dengan nasi babat. Nah, nasi babat sendiri adalah menu sederhana yang terdiri dari nasi putih dengan lauk babat goreng dan sambal. Walaupun sederhana, tapi rasanya benar-benar mantap jiwa, lho!

Surabaya adalah salah satu kota yang terkenal memiliki sejumlah tempat makan nasi babat yang enak. Kalau kamu ke Surabaya, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencoba nasi babat terenak yang ada di kota tersebut. Biar nggak kelewatan, berikut Keluyuran akan memberikan sejumlah rekomendasinya.

1. Nasi Babat Madura Mbok Lemu

Nasi Babat Madura Mbok Lemu

*Sumber: https://www.instagram.com/sobatnongkrong.sby/

Dari sekian banyak tempat makan nasi babat yang buka di Surabaya, boleh dibilang bahwa Nasi Babat Madura “Mbok Lemu” inilah yang cukup sukses. Hal tersebut bisa dilihat dari unggahan foto di Instagram-nya yang memperlihatkan sederet public figure tanah air yang pernah mampir untuk makan di tempatnya, mulai dari Band Padi, Ari Lasso, Giorgino Abraham, sampai dengan Chef Juna Rorimpandey.

Kelezatan nasi babat ala Mbok Lemu memang tiada duanya. Seporsi nasi campur babat berisi babat goreng, paru goreng, usus goreng, serundeng, dan mie. Yang bikin maknyus adalah sambal pelengkapnya yang super pedas tapi enak banget!

Nasi Babat Madura Mbok Lemu bisa dikunjungi di Jl. Raya Kupang Baru No.24, Sonokwijenan, Kec. Sukomanunggal, Surabaya.

2. Nasi Babat Madura Gosyen

Nasi Babat Madura Gosyen

*Sumber: https://www.instagram.com/cao0o/

Dinamakan “Gosyen” karena lokasi tempat makan ini berada persis di depan TK Gosyen. Alhasil, semua pelanggannya mengenal tempat ini dengan nama Nasi Babat Madura Gosyen. Warung ini buka sejak pukul 6 pagi sampai jam 1 siang, tetapi biasanya jam 10 pagi nasi babatnya sudah habis.

Yang membuat nasi babat di sini enak adalah babatnya yang empuk tapi rasanya benar-benar gurih. Satu porsi nasi babat berisi babat goreng, usus goreng, paru goreng, serundeng, dan sambal. Porsinya pun cukup banyak sehingga dapat dijadikan sebagai menu sarapan yang mengenyangkan.

Lokasi Nasi Babat Madura Gosyen terletak di Jl. Raya Dukuh Kupang Barat No.25, Putat Jaya, Kec. Dukuhpakis, Surabaya.

3. Nasi Babat Pasar Pegirian

Nasi Babat Pasar Pegirian

* sumber: www.samkuliner.com

Jalan-jalan ke kawasan Ampel rasanya kurang lengkap jika tidak mampir di Nasi Babat Pegirian. Ini merupakan salah satu nasi babat terbaik yang ada di Surabaya. Walaupun tempatnya sederhana, tapi antrian pengunjung yang datang kemari benar-benar luar biasa ramai!

Warung nasi babat ini buka sejak pukul 5 sore sampai subuh. Kamu yang lapar tengah malam bisa banget mampir kemari untuk mengisi perut dengan nasi babat yang gurih. Istimewanya, nasi putih di sini dicampur dengan jagung sehingga rasanya mirip dengan nasi jagung. Tak hanya menyediakan babat khas Madura, tempat ini juga menyediakan lauk lain, seperti belut goreng, peyek udang, cumi, dan tongkol.

Alamat Nasi Babat Pasar Pegirian ada di Jl. Nyamplungan, Ampel, Kec. Semampir, Surabaya.

4. Nasi Babat Ngagel Jaya

Nasi Babat Ngagel Jaya

* sumber: idfoodex.blogspot.com

Mungkin kamu akan sedikit kesulitan menemukan warung Nasi Babat Ngagel Jaya, apalagi jika kamu tidak tinggal di Surabaya. Tempat makannya berupa warung tenda yang berada di emperan toko, tepatnya di seberang Gereja Kristen Jawi Wetan

Sajian nasi babat di sini benar-benar berbeda karena nasi putihnya dicampur dengan jagung. Potongan babatnya yang gurih dan empuk disajikan bersama sambal super pedas. Kalau kamu tidak terbiasa mengonsumsi makanan pedas, kamu pasti tidak tahan dengan sambal dari warung ini. Namun, apabila kamu suka makanan pedas, sambal warung ini pasti sesuai dengan seleramu.

Kunjungi Nasi Babat Ngagel Jaya di Jl. Ngagel Jaya Selatan No. 141, Baratajaya, Gubeng, Surabaya.

5. Nasi Babat Cak Yasin

Nasi Babat Cak Yasin

Walaupun sama-sama berada di kawasan Dukuh Kupang, Nasi Babat Gosyen berbeda jam buka dengan Nasi Babat Cak Yasin. Tempat makan babat milik Cak Yasin ini bukanya sejak sore sampai tengah malam. Kontras dengan jam buka Nasi Babat Gosyen yang buka dari pagi sampai siang saja.

Satu nasi babat campur di Warung Cak Yasin ini berisi nasi putih dalam porsi besar, babat goreng, usus goreng, dan paru goreng. Semua jeroan sapi ini diolah dengan baik sehingga teksturnya empuk. Yang membuat kamu ketagihan adalah sambalnya yang cukup pedas dan jeroannya yang dibumbui hingga merasuk ke bagian dalamnya.

Ingin menyantap Nasi Babat Cak Yasin? Datang ke tempatnya di Jl. Dukuh Kupang No.30, Dukuh Kupang, Kec. Dukuh Pakis, Surabaya.

6. Depot Langgeng Barokah

Depot Langgeng Barokah

Kalau tempat makan lainnya memang spesial menyediakan nasi babat, berbeda dengan Depot Langgeng Barokah ini. Di sini, kamu juga bisa menjumpai lain, seperti bebek goreng, ayam goreng, dan lauk pauk lainnya.

Babat yang disajikan di tempat ini potongannya cukup besar dan memuaskan. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan Nasi Babat Pegirian dan Mbok Lemu, tekstur babat di depot ini sedikit kurang empuk.

Depot Langgeng Barokah berlokasi di Jl. Kalibutuh No. 21, Tembok Dukuh, Kec. Bubutan, Surabaya.

7. Nasi Babat Pak Pri Karang Empat

Nasi Babat Pak Pri Karang Empat

Bagaimana kriteria babat yang benar-benar enak? Tentu saja babat yang disajikan dalam keadaan hangat. Nah, saat ini cukup sulit untuk menemukan tempat makan nasi babat yang menyajikan babat dalam keadaan hangat. Kebanyakan tempat menghidangkan babat yang sudah digoreng sebelumnya sehingga babatnya dingin.

Nasi Babat Pak Pria yang berlokasi di Karang Empat menyajikan babat goreng yang masih hangat. Pasalnya, babat baru digoreng ketika ada yang memesan. Potongan babat goreng yang empuk ini disajikan bersama sambal dan nasi dengan taburan bawang goreng yang membuat rasanya makin sedap.

Yuk, mampir di Nasi Babat Pak Pri yang lokasinya berada di Jl. Karang Empat Besar No. 46, Kec. Tambaksari, Surabaya.

8. Nasi Babat Cak Poer

Nasi Babat Cak Poer

Makan babat goreng dengan nasi jagung memang nikmat tiada duanya. Apalagi jika babatnya dibumbui dengan sangat baik sehingga gurihnya meresap. Wah, pasti mantap!

Jika ingin makan nasi jagung dengan lauk babat goreng gurih, mampir saja ke Warung Nasi Babat Cak Poer. Warung sederhana ini menyajikan babat goreng, paru goreng, usus goreng, dan masih banyak lagi. Satu porsi nasi babat disajikan lengkap dengan paru, usus, sambal, serundeng, dan peyek.

Nasi Babat Cak Poer dapat dikunjungi di Jl. Kedungdoro 36, Surabaya, mulai pukul 17:30.

Sudah siap untuk kuliner mencoba berbagai nasi babat lezat di Surabaya? Rekomendasi ini hanya sebagian saja. Masih banyak tempat makan nasi babat lain yang mungkin belum sempat diulas di sini. Jika kamu ingin menambahkan tempat makan nasi babat favoritmu di kota pahlawan, jangan ragu untuk menuliskan rekomendasimu di kolom komentar.

Kalau kamu juga suka dengan bebek goreng, mampir di artikel bebek goreng enak di Surabaya ini, yuk!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *