Inilah 10 Negara yang Ramah untuk Traveler Wanita

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Liburan selalu ampuh mengatasi penat, setidaknya membawa kita keluar dari kesibukan sehari-hari yang menguras tenaga dan emosi walau sejenak. Liburan bersama keluarga memang menyenangkan, tapi liburan sendiri akan memberikan Anda pengalaman baru yang tak terlupakan. Sekali mencobanya bukan mustahil akan ketagihan.

Setelah menjelajahi beberapa kota besar di Indonesia seorang diri, Anda mungkin mulai penasaran untuk melakukan solo traveling di luar negeri. Namun, kekhawatiran yang lebih besar siap menanti. Terutama karena Anda adalah seorang wanita yang bepergian seorang diri dan tempat yang akan didatangi nanti adalah negeri orang yang jaraknya jauh dari tempat tinggal.

Kekhawatiran itu bisa disiasati dengan mempersiapkan segala sesuatu, termasuk mencari informasi mengenai negara ramah traveler wanita. Informasi tersebut merupakan faktor paling penting yang harus Anda cari tahu lebih dulu. Dengan mengetahuinya, kekhawatiran Anda akan bisa sedikit berkurang. Lalu negara mana saja yang raman dan aman untuk wanita yang ber-solo traveling? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini rekomendasinya untuk Anda!

1. Singapura

SingapuraSumber: theblondeabroad.com

Data pada 2013 lalu dari Infographics Rank menyebutkan bahwa Singapura adalah negara teraman untuk turis wanita. Angka penyerangan terhadap wanita hanya sekitar 0,1%. Walau data tersebut sudah cukup lama, sampai saat ini Singapura terbukti aman untuk traveler wanita. Jika ingin berjalan-jalan di malam hari pun  Anda tidak usah khawatir.

Selain aman, fasilitas yang disediakan negara ini sangat lengkap dan modern. Untuk bepergian Anda bisa menggunakan subway MRT dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Anda bisa bebas jalan-jalan di Gardens by The Bay atau Orchard Road tanpa khawatir.

2. Jepang

JepangSumber: yayimages.com

Negara ramah traveler wanita selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan adalah Jepang, tepatnya di Kota Tokyo. Anda tidak perlu khawatir berjalan-jalan di sini karena banyak turis lain yang siap membantu. Salah satu spot yang terhitung aman untuk traveler wanita adalah Golden Gai Shinjuku. Penduduk lokal di sana bahkan bersedia membantu Anda mendapatkan penginapan yang layak.

Membayangkan jalan-jalan di Tokyo pasti menyenangkan. Anda bisa berwisata  kuliner menyantap aneka ramen dan sushi di negeri asalnya. Puas bersantap lanjutkan perjalanan dengan mengunjungi kuil-kuil bersejarah yang bangunannya sangat cantik. 

3. Turki

TurkiSumber: neverendingfootsteps.com

Lonely Planet memasukkan Turki sebagai salah satu negara yang ramah bagi pelancong wanita. Terutama karena di sini terdapat sarana transportasi umum yang aman digunakan seperti taksi atau Uber. Saat liburan ke sini, Anda tidak boleh melewatkan keindahan Hagia Sofia yang bersejarah.

Selain lanskap terkenal itu, Grand Bazaar dan Spice Bazaar merupakan dua atraksi lainnya yang harus Anda sambangi saat liburan ke Turki. Dapatkan barang-barang otentik dengan harga terbaik di sana. Para pedagangnya pun terhitung ramah. Anda bisa duduk sambil minum teh dengan mereka.

4. Vietnam

Vietnam

Negara lain yang masih berada di kawasan Asia dan ramah bagi traveler wanita adalah Vietnam, terutama di Kota Hoi An. Penduduk Vietnam terkenal memiliki latar belakang kehidupan yang baik dan terbiasa kedatangan para turis sehingga mereka tahu caranya melayani tamu serta menjaga keamanan para tamu, termasuk tamu-tamu pelancong wanita.


Hoi An sendiri memang terkenal di antara turis karena keindahannya. Ia merupakan kota tua yang terletak di pesisir Laut China Selatan. Bangunan-bangunan di sepanjang kanal terlihat sangat cantik apalagi saat malam hari. Suasana di sana berubah jadi romantis karena lampu-lampu yang menyala memantulkan cahayanya ke arah air.

Berjalan-jalan di kawasan ini Anda akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan dari lingkungan yang masih terasa asli. Arsitektur pada setiap bangunan di sini juga bernilai sejarah tinggi. Tidak heran jika ia masuk dalam daftar UNESCO sebagai World Heritage Site pada 1999 lalu. Ia merupakan sisa-sisa pelabuhan dagang abad 15 yang masih terawat baik hingga kini.

5. Austria

Austria

Terbang agak jauh ke Austria, di sini Anda akan bertemu negara ramah traveler wanita selanjutnya. Tidak usah khawatir mengenai keamanan selama berada di Austria karena negara ini pernah dinobatkan sebagai negara nomor 4 dalam Global Peace Index serta nomor 7 dalam hal keamanan serta keselamatan berdasarkan Tourism Competitiveness Index pada World Economic Forum.

Ada banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi selama di sini. Khusus pencinta musik, wajib mengunjungi Kota Salzburg dan Wina. Dua kota tersebut bukan hanya tawarkan keindahan melainkan juga aman untuk turis wanita yang melakukan solo traveling. Pihak pemerintah Austria bahkan melebarkan trotoar serta menambah lampu penerangan di malam hari agar suasana terasa lebih aman.

6. Denmark

DenmarkSumber: matadornetwork.com

Punya mimpi untuk liburan ke Copenhagen, Denmark suatu saat nanti? Beruntung! Karena negara ini masuk dalam kategori aman untuk turis wanita. Di sana tidak pernah terjadi kasus pelecehan seksual atau diskriminasi terhadap wisatawan perempuan.

Keramahan tersebut didukung oleh beberapa tempat wisata di Denmark juga cocok untuk para wanita, salah satunya taman cantik yang berada di tengah Marselisborg Forest. Selain itu sempatkan juga untuk berkunjung ke Kota Tua Aarhus atau Kastil Kronborg.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram