10 Ngarai Terindah di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Ditulis oleh Siti Hasanah

Salah satu keindahan alam yang terbentuk selama ribuan tahun adalah ngarai, yang di Amerika Serikat disebut Canyon dan di Eropa disebut Gorge. Kebanyakan ngarai diakibatkan oleh aktivitas sungai yang alaminya memang cenderung memotong permukaan tempat sungai mengalir sehingga mengikis lapisan batuan di bawahnya.

Ngarai menawarkan pemandangan sangat dramatis. Bukan hanya karena ukurannya tapi juga karena keindahannya yang sering tersembunyi di bawah tanah. Mau lihat-lihat ngarai terindah di dunia? Yuk, simak artikel di bawah ini!

1. Ngarai Sianok, Indonesia

Ngarai Sianok, Indonesia
  • Lokasi: Taman Panorama, Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat
  • Jam buka: Setiap hari, 09:30–17:30
  • HTM: Rp3.000/orang

Ngarai pertama yang termasuk dalam ngarai terindah di dunia berada di Indonesia, yaitu Ngarai Sianok. Terletak di pinggiran kota bukit Bukittinggi di dataran tinggi Minangkabau, ngarai ini terlihat menakjubkan. Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah curam dengan pemandangan yang indah.

Lembah ini merupakan salah satu objek wisata potensial yang dimiliki oleh Provinsi Sumatra Barat. Terdapat dua dinding curam di ngarai ini. Keduanya saling berhadapan dan hampir vertikal. Di bawahnya terdapat sungai berkelok-kelok di antara hijaunya persawahan. Tinggi ngarai ini sekitar 100 – 120 meter dan panjangnya sekitar 15 km.

Tebing inilah yang memisahkan kota Bukittinggi dari Kota Gadang yang berada di sisi berlawanan. Dari Taman Panorama di Bukittinggi, pengunjung sudah bisa melihat keindahan Ngarai Sianok. Keindahan ngarai ini bisa juga disaksikan dengan berjalan kaki menuruni tebing. Di dasar ngarai terdapat bunker Jepang yang dibangun ketika masa Perang Dunia II.

2. Grand Canyon, Amerika Serikat

Grand Canyon, Amerika Serikat
  • Lokasi: Arizona, Amerika Serikat
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Kendaraan - $35, Sepeda Motor - $30, Individu - $20/orang
  • Telepon: +1 928-638-7888

Meski Grand canyon bukan ngarai yang terbesar maupun terdalam di dunia, tapi tak ada ngarai lain yang setenar Grand Canyon di dunia ini. Ngarai ini dianggap sebagai satu dari tujuh keajaiban alam di Bumi. Ngarai dengan sisi curam yang menakjubkan yang terletak di Negara Bagian Arizona AS ini panjangnya sekitar 277 mil dengan lebar 18 mil dan kedalaman lebih dari 6000 kaki.

Diukir oleh Sungai Colorado selama jutaan tahun yang lalu, Grand Canyon merupakan salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan. Di dasar Grand Canyon terdapat batuan metamorf yang berusia kira-kira 2 miliar tahun. Di bagian atas ngarai ini juga terdapat batuan yang usianya lebih dari 230 juta tahun, karena itu Grand Canyon bisa mengungkapkan banyak hal mengenai sejarah Bumi.

Salah satu air terjun terindah di dunia, yaitu Air terjun Havasupai, berada ngarai ini. Air terjun yang dikelilingi oleh tebing warna-warni ini memiliki air berwarna biru yang mencolok. Kolam renang yang berada di kaki bukit Havasupai juga cocok untuk berenang.

Di bagian barat ngarai terdapat Grand Canyon Skywalk, yaitu jembatan kantilever, yang menawarkan panorama yang luar biasa. Posisinya berada 720 kaki di atas lantai ngarai. Grand Canyon juga adalah salah satu tujuan untuk hiking terbaik di Arizona.

3. Ngarai River Fish, Namibia

Ngarai River Fish, Namibia
  • Lokasi: selatan Namibia

Fish River Canyon yang terletak di selatan Namibia ini memiliki ukuran yang sangat menakjubkan. Kedalaman ngarai ini mencapai sekitar 549 meter dengan panjang sekitar 161 kilometer dan lebar sampai 26 kilometer. Selain karena ukurannya, ngarai ini merupakan tempat yang memesona serta penuh dengan mitos mengenai ular raksasa yang dianggap sudah membentuk ngarai ini.


Cara terbaik agar bisa menjelajahi Ngarai River Fish yaitu dengan melakukan pendakian lima hari sepanjang setengah dari panjang ngarai ini yang mulai dari Hobas dan ujungnya di mata air Ai-Ais. Waktu terbaik untuk melakukan pendakian ini yaitu antara Juli sampai pertengahan Oktober, saat suhu lebih dingin.

4. Ngarai Verdon, Prancis

Ngarai Verdon, Prancis
  • Lokasi: wilayah Provence-Alpes-Côte d'Azur di Prancis Tenggara

Jika ada ngarai di Eropa yang dijuluki sebagai Grand Canyon-nya Eropa, tak lain pasti Ngarai Verdon. Verdon yang merupakan salah satu ngarai sungai paling terkenal dan populer di Eropa posisinya memotong kaki bukit Provencal Alps. Ngarai ini memiliki tebing yang menjulang sampai 700 meter di atas sungai hijau yang memesona.

Ngarai ini terbentuk karena erosi yang dilakukan oleh Sungai Verdon dan bersama-sama, ngarai dan sungai tersebut membentuk fitur yang paling istimewa dari lokasi tersebut. Untuk menikmati ngarai ini, pengunjung bisa berkendara di jalan puncak tebing untuk mengintip ke dalam ngarai.

Selain itu, pengunjung bisa mendaki melalui sebagian besar ngarai di jalur Sentier Martel yang indah. Bisa juga memilih opsi popular yaitu menyewa kano atau kayak untuk bermain air di bawah tebing kapur.

5. Ngarai Colca, Peru

Ngarai Colca, Peru
  • Lokasi: Alamat: Chivay, Peru
  • Telepon: +51 54 203010
  • HTM: sekitar 70 sol

Kedalaman Ngarai Colca, lebih dari dua kali kedalaman Grand Canyon. Ngarai ini banyak dikunjungi dan terkenal karena terdapat burung condor Andes yang terbang melewati tebingnya. Bagi sebagian besar pengunjung yang tertarik untuk menyaksikan burung ini, mereka akan berkunjung ke ngarai ini saat dini hari di tempat pengamatan Cruz del Condor.

Dari tempat pengamatan tersebut sampai ke Sungai Colca kedalamannya sekitar 1200 meter. Namun ada bagian lain dari Ngarai Colca yang kedalamannya mencapai 3.200 meter. Berada di antara puncak Andes dengan ketinggian sekitar 6000 meter, lokasi ini hampir menjadi pesaing untuk ngarai terdalam di dunia, yaitu Ngarai Cotahuasi.

6. Ngarai Antelope, Amerika Serikat

Ngarai Antelope, Amerika Serikat
  • Lokasi: di barat daya Amerika Serikat, di tanah yang dimiliki oleh Bangsa Navajo

Ngarai Antelope yang berada di wilayah Navajo Arizona tak diragukan lagi merupakan ngarai slot (ngarai sempit di bebatuan lunak) yang paling indah di dunia. Berduyun-duyun fotografer maupun wisatawan dari seluruh dunia datang ke ngarai ini untuk melihat dinding batu pasir bergelombang yang berwarna-warni dan lorong-lorong sempit.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram