10 Obat yang Efektif untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mabuk perjalanan merupakan sesuatu yang biasa dan sering dialami oleh orang-orang yang sedang melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan. Umumnya mabuk kendaraan ditandai dengan gejala pusing, mual dan muntah.

Penyebabnya sendiri cukup beragam bisa karena kondisi perut kosong, kondisi fisik yang tidak fit atau banyaknya guncangan selama perjalanan.

Mabuk perjalanan tentu bisa membuat tidak nyaman atau bahkan mengganggu selama perjalanan yang harusnya menyenangkan. Nah, bagi kamu yang sering mengalami mabuk perjalanan saat bepergian. Kali ini Keluyuran akan membahas 10 obat yang efektif untuk mengatasi mabuk perjalanan. Apa saja itu? Berikut adalah daftarnya.

1. Jahe

Teh Jahe

Jahe merupakan ramuan tradisional yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk meringankan efek mabuk perjalanan. Jahe sendiri adalah bahan alami yang memang dikenal karena manfaatnya yang cukup baik bagi kesehatan tubuh.

Selain dapat membantu mengurangi rasa mual, bahan tersebut juga bisa mengatasi gangguan lain seperti kembung. Cara membuat ramuan ini pun cukup mudah. Kamu hanya perlu merebus jahe berukuran satu ruas jari dalam air mendidih.

Setelah proses perebusan selesai. Tuangkan air jahe yang telah hangat dalam gelas, lalu tambahkan satu sendok madu. Kamu bisa meminum ramuan ini satu jam sebelum perjalanan atau membawanya dalam termos untuk diminum selama perjalanan.

2. Lemon

Lemon

Selain Jahe, bahan tradisional lain yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi mabuk perjalanan adalah air perasan lemon. Lemon sendiri diketahui mengandung asam sitrat yang dipercaya bisa mengurangi mual dan muntah akibat mabuk perjalanan.

Cara membuat ramuan ini pun cukup praktis dan tidak membutuhkan waktu lama. Kamu hanya perlu mencampur air perasan lemon dengan air hangat. Setelah itu tambahkan madu untuk mengurangi rasa asam.

Minumlah ramuan tersebut sebelum atau ketika dalam perjalanan. Selain cara tersebut, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghisap potongan lemon selama dalam perjalanan. Rasa asam pada lemon bisa menghilangkan rasa pahit dalam mulut dan membuatnya lebih segar.

3. Teh

Teh

Selanjutnya kamu juga bisa memanfaatkan air teh untuk mengatasi mual. Teh hangat memang cukup efektif dan banyak digunakan masyarakat untuk mengatasi mabuk perjalanan. Kandungan antioksidan yang ada dalam teh memang baik untuk menjaga metabolisme tubuh.

Kamu hanya perlu menyeduh teh hangat yang diberi gula atau madu sesuai selera. Kemudian simpan dalam termos agar kehangatannya tetap terjaga selama perjalanan. Minumlah air teh tersebut ketika gejala mual muncul. Selain dapat memberikan efek segar, teh juga dapat mengurangi rasa enek di mulut.

Baca juga: 10 Rekomendasi Merk Teh Hitam Terbaik di Indonesia

4. Cuka Apel

Cuka Apel

Selanjutnya ada cuka apel yang juga dapat membantu mengatasi gejala mabuk perjalanan. Cuka apel diketahui dapat menyeimbangkan pH tubuh karena sifat alkali yang dimilikinya. Hal itu yang kemudian sering dimanfaatkan oleh orang-orang sebelum hendak bepergian.

Cara pembuatan ramuan ini pun terbilang mudah. Campur dua sendok cuka apel ke dalam air hangat. Kemudian minum sekitar setengah jam sebelum melakukan perjalanan.

Jika rasa asam pada cuka apel terlalu kuat, kamu bisa menambahkan madu atau pun gula sebagai perasa manis. Ramuan ini bisa membantu menenangkan perut serta mengurangi gejala mual selama perjalanan.

5. Kayu Manis

Kayu Manis

Bahan lain yang juga memiliki khasiat untuk mengatasi gejala mual dan muntah akibat mabuk perjalanan adalah kayu manis. Kayu manis memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti mengurangi rasa lelah, sebagai anti inflamasi, dan juga dapat mengontrol mual dan muntah.

Cara membuatnya adalah dengan merebus satu sendok teh kayu manis yang telah dikeringkan ke dalam satu gelas air. Setelah proses perebusan selesai. Diamkan air rebusan tersebut hingga berubah hangat. Setelah selesai saring kayu manis dan minumlah ramuan tersebut setengah jam sebelum kamu mulai melakukan perjalanan.

6. Peppermint

Peppermint

Bahan lain yang cukup sederhana dan juga efektif dalam meredakan gejala mual saat dalam perjalanan adalah dengan mengunyah permen peppermint. Kandungan mentol yang terdapat dalam peppermint dapat membantu merelaksasi otot lambung sehingga gejala mual di perut akan teratasi.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan peppermint dalam bentuk minyak esensial untuk mengatasi gejala pusing akibat mabuk perjalanan. Caranya cukup menghirup aroma yang telah diteteskan pada sapu tangan saat kedua gejala tersebut muncul.

7. Buah Zaitun

Buah Zaitun

Produksi air liur yang berlebih memang kerap dialami oleh orang yang sedang mengalami mabuk perjalanan. Hal tersebut terkadang membuat perasaan tidak nyaman bahkan membuatnya semakin tambah mual. Nah, untuk mengatasi hal tersebut buah zaitun memang sangat cocok untuk dijadikan obat.

Kandungan tanin yang terdapat dalam buah zaitun memang dapat secara alami mengatasi produksi air liur yang berlebih ketika mabuk perjalanan. Kamu hanya perlu membawa beberapa buah zaitun sebagai bekal dalam perjalanan. Kamu bisa mengkonsumsi buah zaitun secara perlahan sampai gejala mabuk perjalanan berkurang.

8. Minyak Telon atau Kayu Putih

Minyak Telon atau Kayu Putih

Obat lainnya yang juga sering digunakan untuk mengatasi gejala mabuk perjalanan adalah dengan menggunakan minyak telon atau kayu putih. Cara ini paling sering digunakan masyarakat untuk mengatasi mabuk akibat menempuh perjalanan jauh.

Minyak kayu putih sendiri memang dapat mengatasi berbagai gejala seperti mual, muntah, pusing, serta bisa membantu melegakan pernafasan. Minyak kayu putih diketahui dapat memberikan efek hangat yang membuat tubuh lebih nyaman.

Caranya dengan mengoleskan minyak kayu putih ke beberapa bagian tubuh seperti leher, tengkuk, dada, perut dan kepala sambil melakukan pijatan ringan.

9. Tolak Angin

Tolak Angin

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Selanjutnya ada Tolak Angin yang diproduksi Sido Muncul. Obat tradisional yang telah berdiri sejak tahun 1930 ini memang cukup populer di tanah air. Masyarakat sendiri kerap menggunakan obat tradisional ini untuk mencegah mabuk saat harus menempuh perjalanan jarak jauh.

Tolak Angin terbuat dari campuran bahan-bahan alami yang cukup bagus untuk kesehatan seperti jahe, daun mint, cengkeh, buah adas, dan madu. Selain memiliki rasa yang enak, jamu yang dibuat dalam bentuk kemasan sachet ini pun cukup praktis. Hal ini yang membuat obat ini menjadi pilihan bagi masyarakat saat sedang melakukan perjalanan.

10. Antimo

Antimo

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bila obat-obatan yang disebutkan di atas masih belum bisa mengatasi gejala akibat mabuk perjalanan. Maka Antimo bisa jadi obat mabuk perjalanan yang cukup efektif. Antimo sendiri adalah obat golongan antihistamin yang memiliki kandungan aktif Dimenhidrinat 50 mg.

Antimo sendiri biasa digunakan untuk mencegah dan mengobati gejala seperti mabuk perjalanan mual, muntah, dan pusing. Selain bekerja sebagai antihistamin, obat ini juga bekerja dengan menekan pada sistem saraf pusat dan telinga yang menjadi penyebab timbulnya gejala mabuk perjalanan.

Efek samping yang ditimbulkan biasanya mengantuk sehingga selama perjalanan gangguan akibat mabuk perjalanan pun dapat diminimalisir. Nah, obat ini pun bisa menjadi alternatif untuk mencegah mabuk perjalanan.

Nah, itulah 10 Obat yang efektif untuk mengatasi mabuk perjalanan yang berhasil Keluyuran rangkum untuk kamu. Semoga informasi yang telah dibahas di atas bisa menjadi solusi bagi kamu yang sering mengalami mabuk perjalanan ketika bepergian.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *