Keluyuran / Wisata Bali / Kunjungi 7 Objek Wisata di Karangasem yang Bikin Betah Ini!

Kunjungi 7 Objek Wisata di Karangasem yang Bikin Betah Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Agustus 2019

Bukan cuma Kintamani atau Uluwatu saja yang terkenal memiliki tempat rekreasi atau objek wisata yang keren. Kabupaten Karangasem juga punya, lho. Adakah di antara kamu yang tertarik untuk berwisata ke sini? Atau bahkan sudah pernah menikmati liburan indah di salah satu objek wisatanya?

Oh ya, buat kamu yang akan atau belum pernah berkunjung ke Karangasem, Keluyuran akan merekomendasikan objek wisata yang keren-keren dan wajib banget untuk dikunjungi. Yuk, simak langsung saja pembahasan tentang objek wisata di Karangasem ini!

1. Tirta Gangga

OBJEK WISATA DI KARANGASEM TIRTAGANGGA

Salah satu objek wisata di Karangasem yang wajib untuk dikunjungi adalah Taman Tirta Gangga. Taman yang dibangun di tahun 1946 oleh Raja Karangasem pada masa itu, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung.

Di taman ini kamu bisa menikmati indahnya pemandangan ala taman kerajaan dengan patung-patung dan air mancur yang indah di sekelilingnya. Bukan cuma itu saja, di area seluas satu hektar ini kamu juga bisa bermain air dan berswafoto di spot foto alami.

Taman Tirtagangga juga cocok untuk dijadikan tempat beristirahat alias melepas penat. Udara di taman ini sejuk, bikin orang betah, deh! Kamu pun bisa memberi makan ikan-ikan yang berenang dengan lincah yang hidup di kolam.

Buat kamu yang ingin berenang, ada kolam renang khusus yang bisa digunakan, lho. Kolamnya sendiri masih menggunakan bebatuan alami dan bisa digunakan untuk anak maupun dewasa, dengan kedalaman 1,5 hingga di atas 2 meter.

Untuk bisa masuk ke objek wisata ini, kamu harus merogoh kocek Rp.25.000,- dan kalau kamu bawa teman bule, teman bulemu akan dikenakan biaya Rp. 40.000,-. Gimana, mau mencoba berkunjung ke taman yang kabarnya pernah menjadi pemandian bagi anggota kerajaan ini?

  • Alamat: Jalan Raya Abang Desa Adat, Ababi, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali
  • Nomor Telepon:  0815-5800-1934
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-18.00
  • Harga Tiket Masuk: Rp 25.000,- per orang (Domestik), Rp. 40.000,- per orang (Asing)

2. Pura Besakih

pura besakih objek wisata di karangasem

Selanjutnya, ada Pura Besakih, pura yang menjadi tempat ibadah suci bagi umat Hindu di Bali, khususnya Karangasem. Pura ini kabarnya sudah dibangun sejak abad ke-9. Ada pula yang menyampaikan kalau pura terbesar di Pulau Dewata ini sudah ada sejak abad ke-13.

Pura Besakih sendiri merupakan sebuah kompleks yang terdiri dari 19 pura, yakni Pura Penataran Agung Besakih serta 18 pura lainnya yang salah satunya menjadi tempat diterimanya wahyu dari Tuhan.

Pura yang dijadikan situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1995 ini berada di lereng Gunung Agung dan punya pemandangan indah. Untuk kamu yang beragama Hindu, tentu kamu bisa bersembahyang dengan nyaman dan khidmat di pura ini.

Jika kamu ingin berkunjung ke Pura Besakih, kamu akan dikenakan biaya Rp. 30.000,- per orang. Biaya tersebut sudah termasuk akses masuk pura, sarung (jika pakaian dinilai kurang sopan), guide dan ojek one way. Tergolong murah, bukan? Kalau untuk turis asing, setiap orang yang masuk akan dikenakan biaya Rp. 60.000,- per orang.

  • Alamat: Besakih, Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 30.000,- per orang (Domestik), Rp. 60.000,- per orang (Asing)

3. Virgin Beach

objek wisata di karangasem virgin beach

Karangasem juga punya pantai berpasir putih dengan air lautnya yang masih biru dan jernih. Pantai di Bali ini juga masih sepi dari pengunjung. Ya, ada Virgin Beach, pantai yang terletak di Desa Adat Bugbug, Kecamatan Karangasem.

Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan khas pantai yang cantik, sunset maupun sunrise. Kamu juga bisa berswafoto ria dengan latar belakang pemandangan pantai yang indah. Buat kamu yang gemar olahraga selancar, ada penyewaan papan selancar dengan tarif di bawah Rp. 10.000,- meski jumlahnya tidak begitu banyak.

Di pantai ini kamu juga bisa kulineran, lho. Harganya? Ya, standar tempat wisata. Bagi sebagian orang, harga makanan di sini relatif mahal. Namun, pemandangan yang ditawarkan di sini pun nggak main-main cantiknya.

So, kalau kamu berkunjung ke Karangasem, jangan lupa mampir ke Virgin Beach, ya. Kamu hanya perlu menyiapkan dana sekitar Rp. 5.000,- hingga Rp. 10.000,- per orang untuk bisa menikmati keindahan Virgin Beach.

  • Alamat: Jalan Raya Bukit Asah, Desa Adat Bugbug, Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali
  • Jam Operasional:  Setiap hari, 06.00-18.00 WITA
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 5.000 – Rp. 10.000,- per orang

4. Taman Soekasada Ujung Water Palace

taman soekasada ujung karangasem

Selain taman Tirta Gangga, kamu juga bisa mengunjungi Taman Soekasada Ujung Water Palace. Taman ini kabarnya sering dikunjungi oleh raja Karangasem pada masanya. Taman ini cocok untuk dijadikan tempat bersantai bareng teman dan keluarga selama liburan di Karangasem.

Dari sini, kamu bisa menyaksikan pemandangan yang sangat asri dan indah dari persawahan bahkan laut yang ada di sekitar taman. Kamu juga bisa dengan bebas berswafoto tentunya. Selain itu, kamu dan para pengunjung lainnya juga dapat mempelajari sejarah dari taman yang dibangun oleh arsitek berdarah Tionghoa dan Belanda ini.

Untuk bisa menikmati pemandangan yang memanjakan mata di Taman Soekasada Ujung Water Palace, kamu perlu menyiapkan dana sebesar Rp. 15.000,-. Untuk anak-anak dikenakan biaya masuk Rp. 5.000,- saja. Dan untuk turis asing, tarif masuknya Rp. 50.000,- per orang. Kamu yang mau foto prewedding di sini juga bisa, kok.

Tarifnya Rp. 1.000.000,- untuk warga lokal/ wisatawan domestik. Sementara untuk wisatawan asing, tarif photo pre-weddingnya Rp. 2.000.000,-. Tarif tersebut sudah termasuk ruang ganti dan biaya untuk 8 orang pendamping. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi pihak pengelola melalui nomor telepon yang kami cantumkan, ya.

  • Alamat: Taman Ujung, Br. Dinas, Tumbu, Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali
  • Nomor Telepon: (0363) 4301870
  • Jam Operasional: Setiap hari, 06.00 – 19.00 WITA
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 5.000, – per orang (Anak), Rp. 15.000,- per orang (Domestik, dewasa), Rp. 50.000,- (Asing)

5. Bali Chocolate Factory

bali chocolate factory

Kamu ingin menikmati pemandangan pantai sambil makan aneka hidangan seafood yang enak? Hmmm… mungkin hal tersebut sudah sangat biasa dilakukan saat berlibur ke pantai, bukan? Nah, di Karangasem, Bali, kamu bisa menikmati lezatnya cokelat atau minum secangkir hot chocolate sambil mantai.

Ya, datang saja ke Bali Chocolate Factory. Kamu akan dikenakan biaya masuk Rp. 10.000,- untuk kemudian ditukar dengan sabun dari kelapa yang terbilang unik. Seperti yang sudah disampaikan tadi, di sini kamu bisa menikmati indahnya pantai sambil menikmati lezatnya minuman cokelat maupun makan cokelat itu sendiri.

Kamu juga bisa foto-foto ria dan bermain ayunan di dekat pantai. Sangat menarik, bukan? Gimana, tertarik untuk mengunjungi objek wisata unik di Karangasem ini?

  • Alamat: Jalan Pantai Jasri, Pertima, Subagan, Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali
  • Nomor Telepon: 0813-3701-2121
  • Jam Operasional: Setiap hari, 09.00 – 17.00 WITA
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 10.000.- per orang.

6. Taman Edelweis

taman edelweis karangasem

Siapa bilang berfoto di hamparan bunga cuma bisa dilakukan di Jepang, Belanda atau bahkan Korea Selatan dan Roma? Di Taman Edelweis yang letaknya tak jauh dari Pura Besakih juga bisa, kok. Yup, di taman yang luas ini ada banyak spot foto yang Instagram-able, termasuk padang bunganya itu sendiri.

Kamu juga bisa menikmati keindahan pemandangan sekitar Taman Edelweis yang tak kalah cantik. Oh ya, buat kamu yang ingin foto dengan latar belakang torii alias gerbang kuil seperti yang ada di Jepang, di Taman Edelweis juga bisa, kok.

Cukup dengan membayar biaya masuk sebesar Rp. 15.000,- saja per orangnya, kamu sudah bisa menikmati fasilitas swafoto di sini. Hayo, jadi ngiler kan, ingin foto di padang bunganya?

  • Alamat: Besakih, Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 18.00 WITA
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 40.000,- (Weekdays), Rp. 50.000,- (Weekend)

7. Rumah Pohon Temega

RUMAH POHON TEMEGA

Ingin menikmati pemandangan hamparan sawah yang indah dari ketinggian? Kunjungi saja Rumah Pohon Temega di Padang Kerta, Karangasem, Bali. Di sini kamu bisa bersantai sambil berfoto dengan latar belakang pemandangan yang asri. Dengan biaya masuk di bawah Rp. 20.000,- per orang, kamu sudah bisa naik ke Rumah Pohon Temega ini. Mau mencoba?

  • Alamat: Padang Kerta, Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem
  • Nomor Telepon: 0857-3868-2366
  • Jam Operasional: Setiap hari. 07.00-18.00 WITA
  • Harga Tiket Masuk: Di bawah Rp. 60.000,- per orang

Nah, itulah ketujuh objek wisata di Karangasem yang populer dan wajib dikunjungi kala berlibur ke Pulau Dewata, Bali. Gimana, ada salah satu objek wisata yang masuk dalam daftar yang ingin kamu kunjungi?

Kalau kamu punya informasi menarik seputar objek wisata di Karangasem lainnya, silakan sampaikan secara langsung melalui kolom komentar yang tersedia.

Oh iya, kalau kamu ingin mengunjungi tempat wisata yang paling populer di Bali, mungkin kamu bisa cari tahu referensinya di artikel ini. Selamat bersenang-senang, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar