10 Objek Wisata di Tabanan dengan Sensasi Liburan Berbeda

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bali, terkenal dengan Pantai Kuta, Pantai Sanur, Ubud, maupun Uluwatu. Padahal Bali lebih luas dari itu. Bila kamu biasa ke kawasan ramai, coba singgah selama 3 hari di Tabanan. Tabanan memiliki Pura, danau, pantai, tempat outbond, kebun, air terjun, sampai pemandian air panas dengan suasana syahdu.

Tak hanya itu, tiap tempat memiliki keeksotisan dan cerita yang seru untuk didengar. Apalagi kawasan Tabanan cukup sejuk dibandingkan kawasan Kuta ataupun Denpasar. Tertarik? Simak 10 objek wisata di Tabanan untuk kamu yang ingin liburan yang berbeda dari biasanya.

1. Tanah Lot

Tanah Lot

Membicarakan objek wisata di Tabanan, belum lengkap bila tak menyertakan Tanah Lot. Tanah Lot adalah salah satu destinasi wajib jika berkunjung ke Bali. Pengalaman sunset yang magis di sini memberikan ruang di hati para pengunjung. Apalagi adanya mitologi Bali yang menaunginya. Tanah Lot semakin menarik untuk dikunjungi.

Kalau kamu menyukai fotografi, perlu sekali rasanya mengunjungi Tanah Lot. Ini karena kawasan ini juga dikenal dengan one of the most photographed sea temple di Bali. Waktu terbaik saat mengunjungi Tanah Lot adalah saat sore hari pada hari biasa atau sempatkan datang saat Piodalan. Piodalan adalah acara peringatan setiap 210 hari.

Ritual ini biasanya terjadi berdekatan dengan Galungan atau Kuningan. Siapkan lensa kamera untuk memotret kearifan budaya dan agama ini. Untuk menikmatinya, jangan lupa membayar tiket masuk seharga Rp15.000 per anak dan Rp20.000 per orang. Sedangkan parkir kendaraan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 per mobil dan Rp2.000 per motor.

  • Alamat: Beraban, Kediri, Tabanan, Bali
  • Jam operasional: 07.00 – 19.00 WITA
  • Harga: Rp15.000 – Rp20.000 per orang

2. Danau Bratan

Danau Bratan

* sumber: pesona.travel

Danau Bratan adalah salah satu tempat yang bisa dijadikan objek wisata di Tabanan. Danau Bratan merupakan danau terluas dan terbesar kedua setelah Danau Batur. Fungsi danau ini sebenarnya adalah sebagai irigasi pada kawasan Bali di bagian tengah.

Keindahannya tak perlu lagi diragukan. Pasalnya Danau Bratan adalah salah satu dari 20 danau terbaik dan juga terindah se-dunia. Di sini kamu bisa menghirup udara segar tanpa mendengar kebisingan kota di telinga. Untuk menikmati danau yang berada di pegunungan ini kamu perlu membayar tiket sebesar Rp15.000 untuk anak-anak dan Rp20.000 untuk dewasa.

  • Alamat: Candikuning, Baturiti, Tabanan
  • Jam operasional: 08.00 – 18.00 WITA
  • Harga: Rp15.000 – Rp20.000

3. Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan

* sumber: www.kintamani.id

Membicarakan Danau Bratan tak lengkap rasanya bila tak menyebut Pura Ulun Danu. Lokasi Pura Ulun Danu terletak di ujung Danau Bratan. Kalau sudah ke Danau Bratan, kamu sekaligus menikmati Pura Ulun Danu. Pura yang dibangun pada abad ke-17 memiliki fungsi sebagai tempat berdoa bagi umat Hindu.

Kalau ke sini, ada baiknya datang saat pagi hari. Suasana magis dimana kabut akan menyelimuti gunung, pantulan bayangan pura itu sendiri sanggup membuatmu merinding. Jangan lupa untuk abadikan suasana alam dan manusia berpadu indah menggunakan lensa kamera, ya.

  • Alamat: Candikuning, Baturiti, Tabanan
  • Jam operasional: 08.00 – 18.00 WITA
  • Harga: Rp15.000 – Rp20.000 (sudah termasuk dengan Danau Bratan)

4. Pura Luhur Batukaru

Pura Luhur Batukaru

Kalau kamu mencari tempat yang tenang dan teduh di Bali, berkunjung saja ke Tabanan, tepatnya ke Pura Batukaru. Lokasinya berada di lereng Gunung Batukaru menjadikan kawasan ini memiliki udara segar dengan atmosfer yang syahdu. Walaupun sejarah munculnya Pura Luhur Batukaru masih belum diketahui pasti, kunjungan ke sini tentu tak merugikan, kan?

  •  Alamat: Jalan Penatahan-Wongayagede, Wongaya Gede, Penebel, Tabanan
  • Jam operasional: 24 jam

5. Kebun Raya Bali

Kebun Raya Bali

* sumber: www.kintamani.id

Tak hanya Bogor, Bali juga memiliki Kebun Raya yang bernama Kebun Raya Bali atau Kebun Raya Bedugul. Di sini kamu bisa belajar mengenai tumbuh-tumbuhan, piknik, ataupun sekedar berfoto. Dijamin, kamu akan sangat puas. Ini karena Kebun Raya Bali merupakan kebun raya botanical terluas di Indonesia.

Banyak spot menarik yang bisa kamu kunjungi saat ke sini misalnya saja Kebun Mawar, pemandangan Danau Bratan, Rumah Kaca Kaktus, Ramayana Boulevard, Candi Bentar, Taman Air, Taman Begonia, dan banyak lagi. Kamu bisa menikmati 2.000 jenis spesies tanaman di sini asalkan membayar tiket masuk sebesar Rp18.000 per orang, belum termasuk tiket parkir, ya.

  • Alamat: Jalan Kebun Raya, Candikuning, Baturiti, Tabanan
  • Nomor telepon: 0368 – 2033211
  • Jam operasional: 08.00 – 18.00 WITA
  • Harga: Rp18.000 per orang

6. Alas Kedaton

Alas Kedaton

Jika kamu mencari Pura dengan sesuatu yang berbeda, coba pergi ke Alas Kedaton. Di sini adalah area yang memiliki Pura Alas Kedaton beserta kera sebagai hewan keramat di antara pohon-pohon tinggi. Penduduk menjaga keasrian kawasan ini dengan tidak menebang pohon sembarangan.

Menariknya, Pura Alas Kedaton atau Pura Dalem Kahyangan menganggap halaman bagian dalam merupakan tempat paling suci walaupun berada lebih rendah dibandingkan halaman tengah ataupun halaman luar Pura. Kalau kamu mau menikmati Alas Kedaton secara berbeda bisa dengan datang saat Piodalan.

Sebaiknya kamu datang dengan membawa kacang tanah untuk kera di sini. Jangan kira kamu bisa menyembunyikan makanan dari mereka, ya. Ini karena mereka memiliki indera penciuman yang tajam. Tenang saja, mereka tak akan menggigit bila tak diganggu. Siapkan Rp20.000 per orang untuk tiket masuk ke Alas Kedaton yang unik ini.

  •  Alamat: Jalan Raya Alas Kedaton, Kukuh, Tabanan
  • Nomor telepon: 0361-814155
  • Jam operasional: 09.00 – 17.00 WITA
  • Harga: Rp20.000 per orang

7. Bali Treetop Adventure Park

Bali Treetop Adventure Park

* sumber: www.kintamani.id

Ingin kegiatan yang menantang tapi juga dekat dengan alam di Tabanan? Kamu bisa mencoba ke Bali Treetop Adventure Park. Objek wisata satu ini memang bukan dalam kategori “sightseeing”. Bali Adventure Treetop Adventure Park adalah tempat dimana kamu bisa outbond atau pacu adrenalin dengan rekan atau keluarga dalam suasana pepohonan di Bali.

Kalau kamu mengunjungi Kebun Raya Bali, Bali Treetop Adventure Park tepat berada di dalamnya. Udara sejuk, adrenalin meningkat sepertinya duet yang tak bisa diindahkan begitu saja. Di sini kamu bisa menikmati 7 Adventure Circuit dengan beragam ketinggian mulai dari 2 meter sampai 20 meter. Berani?

Sebelum memulai, ada syarat yang diberlakukan agar permainan adrenalin ini tetap aman, yaitu minimal usia 4 tahun dan maksimal 70 tahun serta berat badan maksimal 120 kg. Setelah itu, kamu bisa memilih kategori permainan atau Adventure Circuit yang disediakan.

Ada tarif yang berbeda yang disediakan pengelola. Tarif untuk dewasa mulai dari USD22-USD28 atau sekitar Rp300.000 – Rp400.000 dengan nilai tukar Rp14.000 per dolar. Sedangkan untuk anak-anak dikenakan USD14-USD18 atau sekitar Rp196.000 – Rp252.000 dengan nilai tukar Rp14.000 per dolar.

Bila kamu datang dengan pasangan dan 2 anak, pilih saja Family Package dengan harga mulai dari USD57 atau sekitar Rp798.000 dengan nilai tukar sebesar Rp14.000 per dolar. Ada baiknya kamu reservasi dahulu sebelum datang agar mendapatkan harga yang lebih murah.

  • Alamat: Kebun Raya Bali, Jalan Kebun Raya, Candikuning, Baturiti, Tabanan
  • Nomor telepon: 0367-9340009
  • Jam operasional: 08.30 – 18.00 WITA
  • Harga: mulai dari Rp200.000 per orang.

8. Air Terjun Blemantung

Air Terjun Blemantung

* sumber: www.balitoursclub.net

Bali memang terkenal dengan keindahan pantai, keeksotisan Pura, keramahan warga lokal, serta keseniannya yang luar biasa. Tapi tahukah kamu kalau Bali juga punya air terjun yang tak kalah serunya dengan bermain di pantai? Namanya Air Terjun Blemantung atau disebut juga Blahmantung.

Lokasinya berada di  Pujungan, Pupuan, Tabanan atau sekitar 48 kilometer dari ibu kota Tabanan. Karena lokasinya yang berada cukup jauh, sedikit yang merekomendasikannya sebagai objek wisata. Padahal keindahan, udara segar, dan airnya yang sejuk mampu memanjakan jiwa raga selayaknya bermain di pantai. Bahkan air terjunnya pun ada tiga dengan ketinggian berbeda.

Yang menarik dari lokasi ini adalah kamu bisa melihat aktivitas khas warga lokal yang bertani, sekaligus menyusuri kebun kopi, cengkeh, jeruk, sampai kakao. Kalau di sini, sempatkan untuk cicipi kopi lokal. Ini karena kawasan ini terkenal dengan salah satu penghasil kopi terbaik.

  • Alamat: Pujungan, Pupuan, Tabanan
  • Jam operasional: 08.00 – 17.00 WITA
  • Harga: Gratis

9. Air Panas Penatahan

Air Panas Penatahan

* sumber: www.kintamani.id

Walau Bali memiliki cuaca cenderung panas tapi saat berwisata ada kalanya terasa pegal-pegal dan mendambakan berendam air panas. Kalau kepikiran untuk ke kawasan Bogor, tentu menguras waktu dan biaya lagi. Mumpung di Bali, bisa lho ke Air Panas Penatahan di Tabanan untuk menikmati sensasi berendam air panas.

Air Panas Penatahan di sini bersumber dari Pura Yeh Panes. Ia berada di tepi sungai Yeh Ho sehingga pemandangan sawah beserta pohon rindang menjadi ciri khasnya. Walau kadar mineral dan belerang cukup tinggi di sini, tak ada bau belerang yang menusuk hidung. Penyakit kulit, pegal, rematik langsung terasa khasiatnya setelah direndam di sini.

Kamu bisa memilih kolam privat ataupun kolam publik. Tentu rate-nya berbeda. Untuk kolam umum dikenakan biara Rp 10.000 per orang. Sedangkan kolam privat perlu membayar Rp 25.000 per jam. Bila ingin puas berendam di sini, bisa datang dari pagi menjelang siang, ya.

  • Alamat: Desa Penatahan, Penebel, Tabanan
  • Jam operasional: 07.00 – 20.00 WITA
  • Harga: mulai dari Rp10.000 per orang

10. Pantai Soka

Pantai Soka

* sumber: punapibali.com

Selain Tanah Lot, Tabanan juga memiliki pantai yang tak kalah indah. Pantai Soka namanya. Pantai ini berpasir hitam, dilingkupi dengan sawah, pohon kelapa yang rimbun, perbukitan, serta Gunung Batukaru yang menakjubkan.

Pantai Soka memiliki mitos yang menarik untuk didengar. Pernah dengar tentang Kebo Iwa? Kebo Iwa adalah tokoh legendaris yang memiliki sakti mandraguna bagi masyarakat Bali. Konon menurut cerita, pantai ini digunakan sebagai tempat memasak bagi Kebo Iwa. Ini karena adanya batu karang yang berbentuk periuk dan dapur.

Dibalik mitos yang masih menyelimuti, keindahan pantai ini memang memberikan kesan tersendiri. Pantai Soka bisa menjadi alternatif kunjungan liburan ke pantai di Tabanan bila ingin suasana syahdu. Apalagi ada banyak titik yang bisa diekplor di Pantai Soka.

  • Alamat: Jalan Raya Denpasar – Gilimanuk, Selemadeg, Tabanan
  • Nomor telepon: 0361 – 811602
  • Jam operasional: 24 jam
  • Harga: Gratis

Sudah terbayang akan berkunjung kemana kali ini bila ke Bali? Tabanan bisa menjadi pilihan tepat untuk mengunjungi Bali yang lebih “sepi” tapi tetap ada sentuhan Bali yang kental. Kalau kamu punya rekomendasi objek wisata di Tabanan yang belum terjamah, yuk tulis di kolom komentar!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *