10 Olahan Nasi Khas Spanyol yang Lezat dan Kaya Rasa

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 9 Juli 2021

Ternyata, bukan hanya orang Indonesia saja yang menyantap nasi. Nasi bisa dimasak dengan ribuan cara berbeda dan cocok dengan hampir semua jenis makanan. Banyak budaya yang menggunakan nasi sebagai bahan dasar dan memiliki cara memasak yang unik, termasuk salah satunya di Spanyol.

Di Catalonia padi ditanam secara tradisional di daerah Marshal seperti Pals dan delta sungai seperti Ebro. Dan wilayah Valencia juga terkenal dengan produk berasnya. Tidak mengherankan jika nasi sangat populer di Spanyol. Hidangan nasi Spanyol yang paling enak adalah paella, tetapi masih ada olahan nasi Spanyol enak lainnya yang patut dicoba. Temukan menunya di artikel berikut.

1. Paella

Pecinta olahan nasi khas Spanyol akan memberi tahu wisatawan bahwa satu-satunya hidangan yang dari nasi yang disebut sebagai paella adalah paella dengan resep tradisional dari Valencia, yaitu paella valenciana.

Namun akar dari olahan nasi khas Spanyol yang sekarang menjadi ikon ini tidak seperti yang dibayangkan banyak orang. Paella Valencia yang asli tidak berisi seafood dan hanya memiliki kedalaman sekitar 2 sentimeter (kurang dari satu inci) di dalam wajan.

Hidangan ini berawal dari makan siang yang lezat bagi para pekerja di ladang yang jauh dari pantai. Resep tradisionalnya memakai daging kelinci, siput, dan kacang hijau besar dan dimasak di atas api terbuka dalam wajan bundar tipis yang dikenal sebagai paella.

Ya, jadi nama olahan nasi paling terkenal di Spanyol ini sebenarnya berasal dari wajan tempat memasaknya. Untuk menghindari kebingungan, banyak orang Spanyol sekarang menyebut wajan sebagai paellera sedangkan kata "paella" lebih merujuk pada makanan.

Saat ini, terdapat banyak variasi paella yang lezat, termasuk versi makanan laut yang terkenal, paella mixta (antara makanan laut dan daging merah), dan bahkan paella vegetarian.

2. Arroz Caldoso

Nama masakan ini artinya nasi sup. Itu karena nasi kaserol dari Spanyol ini dimasak menggunakan wajan dan diberi banyak kuah jadi saat sudah matang olahan nasi khas Spanyol ini menjadi kuah nasi, tidak kering seperti paella.

Makanan ini dibuat menggunakan jenis beras yang sama dengan yang dipakai untuk membuat paella, yaitu arròs bomba. Bahan dasarnya yaitu nasi, daging, sayuran seperti kentang, artichoke atau kacang hijau serta bawang putih.

Jika paella merupakan evolusi dari makanan nelayan, arroz caldoso merupakan evolusi dari makanan petani dan itulah mengapa daging dan sayuran menjadi bahan utama walaupun hingga saat ini makanan laut dan ikan juga menjadi topping yang populer.

3. Arroz al Caldero

Paella itu adalah nasi yang menyerap semua cairan masakan, jadi hasil akhirnya nasi tidak terlalu kering. Tetapi jika ingin hidangan olahan nasi khas Spanyol yang begitu juicy sampai hampir lembut, carilah arroz al caldero.

Olahan nasi ini disajikan di wajan hitam yang dalam, seperti kuali dan asalnya dari Murcia, yaitu wilayah di selatan Valencia di sepanjang Pantai Mediterania.

Jika paella menghasilkan kerak renyah di bagian bawah wajan, arroz al caldero kekuatannya pada rasa yang intens dan tekstur krim yang mewah.

Rahasia arroz al caldero yang spektakuler apa pada kaldunya yang sering kali berisi sampai 15 jenis ikan, dan paprika ñora asap asli Murcia.

4. Arroz Negro

Disebut juga dengan arròs negre dalam bahasa Katalan, arroz negro adalah olahan nasi hitam mirip dengan paella, tapi yang membedakan yaitu warnanya hitam. Warna hitam didapat dari penambahan tinta cumi. Jika memiliki jiwa petualang, tidak akan sulit menemukan restoran nasi ini di Barcelona.

Salah satu restoran yang direkomendasikan untuk mencoba menu ini adalah Elche di distrik Poblesec. Sebagai informasi di daerah Empordà yang indah mereka membuat nasi hitam ini tanpa tinta.

Sebaliknya, penduduk di sana menumis bawang bombay dan tomat dalam waktu yang sangat lama sampai mencapai titik sampai akhirnya berubah menjadi hampir gosong. Butuh banyak kesabaran dan pengalaman untuk membuatnya.

Meski butuh waktu lama tapi rasanya sangat lezat. Sayang sekali tidak mudah untuk menemukannya di Barcelona dan untuk menikmatinya orang harus harus berkendara selama 2 jam ke Utara Barcelona untuk menemukannya.

5. Arroz a Banda

10 Olahan Nasi Khas Spanyol yang Lezat dan Kaya Rasa 5Sumber: rtve.es

Dalam paella, semua bahan dimasak di dalam panci paella yang sama. Namun pada “arroz a banda” semua bahan dimasak secara terpisah dan sesudah itu dicampur dalam wajan yang sama dan dihidangkan bersama.

Rasa pekat untuk olahan nasi khas Spanyol ini asalnya dari kaldu ikan yang dipakai untuk menanak nasi. Kaldu ikan ini terbuat dari ikan kecil dan ikan sisa hasil tangkapan nelayan.

Umumnya, orang akan membuat kaldu ikan yang sangat kental untuk dihidangkan sebagai sup dengan kentang. Sesudahnya sisa kaldu akan digunakan untuk memasak nasi dan dihidangkan sebagai pendampingnya. Dengan begini nelayan akan mendapatkan dua hidangan dari satu proses memasak.

Variasi lain dari arroz a banda adalah "arròs del senyoret" (atau del señorito), di mana tulang ikan dan cangkang makanan laut dibuang dan sebagai hasilnya, hidangan jadi lebih mudah dimakan dan terlihat lebih "elegan" untuk dimakan.

Baca juga: 10 Jenis Sandwich Khas Spanyol yang Terbuat dari Baguette

6. Arròs a la Cassola

Resep Catalan ini dibuat dengan casserole alih-alih dengan panci paella seperti yang dilakukan di daerah Valencia. Dari situlah asal namanya. Olahan nasi khas Spanyol ini juga dikenal sebagai arròs del tros (nasi perkebunan) dan arròs de pagès (nasi petani) karena bahan dasarnya khas dari pedesaan.

Dalam hidangan ini terdapat nasi dan daging (baik kelinci, ayam, daging babi atau sosis). Sering kali ditambah kacang hijau, jamur, artichoke, dan sayuran lainnya yang biasanya bervariasi tergantung pada musimnya.

Ikan atau makanan laut yang lebih modern seperti cumi atau sotong juga telah ditambahkan untuk menambah rasa. Resep ini lebih sulit ditemukan di restoran, tapi sangat terkenal di rumah-rumah penduduk.

7. Arroz con Bogavante

Di luar Valencia, sebagian besar menu akan menyebut hidangan nasi hanya dengan sebutan arroz. Sebagian besar masih dimasak menggunakan panci paella yang sama persis, tetapi karena bahan dan daerahnya berbeda, maka tidak disebut paella.

Sebaliknya, olahan nasi khas Spanyol ini disebut dengan "arroz con …” atau nasi dengan  bahan utama apa pun yang mereka pilih untuk ditambahkan.

Mungkin bahan paling bergengsi adalah bogavante atau lobster. Arroz con bogavante atau nasi dengan lobster yang dibuat dengan baik adalah hidangan yang penuh rasa. Bahan populer lainnya adalah kerang, udang, ayam, dan ikan.

8. Paella Catalana

10 Olahan Nasi Khas Spanyol yang Lezat dan Kaya Rasa 8Sumber: allevents.in

Menurut chef Quim Marqués, yang menciptakan dan mematenkan hidangan yang agak kontroversial ini, paella Catalana mewakili kombinasi sempurna antara darat dan laut.

Olahan nasi khas Spanyol ini terdiri dari daftar bahan yang luas seperti nasi rasa kunyit tradisional, ayam, udang karang, sosis longaniza, plum dan bergantung pada musim, terkadang ditambahkan artichoke atau kacang polong.

Semenjak mulai muncul di menu restoran lokal, paella Catalana sudah menimbulkan perdebatan sengit mengenai apa yang dimaksud dengan paella otentik. Terlepas dari sudut pandang yang berbeda, hidangan ini sudah menjadi hidangan yang umum di wilayah Catalonia.

9. Paella de Marisco

Paella de marisco merupakan raja hidangan olahan nasi khas Spanyol dan mungkin hidangan ini merupakan makanan Spanyol paling terkenal dan populer di seluruh dunia.

Makanan ini asalnya dari Valencia, sebuah wilayah di pantai Mediterania Spanyol antara Barcelona dan Murcia yang terkenal dengan hidangan nasinya.

Terdapat banyak varian paella di Spanyol. Jenis paella ini merupakan gabungan antara ayam, cumi, babi, kerang, remis dan udang untuk menghasilkan olahan nasi yang tak akan terlupakan.

10. Arroz al Horno

10 Olahan Nasi Khas Spanyol yang Lezat dan Kaya Rasa 10

Arroz al horno merupakan "nasi panggang Spanyol". Horno artinya oven dan hidangan ini adalah sajian umum lainnya dari daerah penghasil beras di Valencia. Faktanya, hidangan ini sangat disukai sehingga satu kota di daerah tersebut mendedikasikan seluruh festival untuk hidangan tersebut.

Makanan ini merupakan hidangan mudah lainnya yang sempurna untuk malam apa pun dalam seminggu. Hidangan ini menggabungkan antara daging babi dengan sosis darah atau morcilla, buncis, serta bawang putih.

Hidangan dilengkapi dengan tomat segar serta kentang goreng ringan sehingga membuatnya menjadi hidangan utama yang cocok untuk keluarga.

Ternyata nasi juga merupakan makanan yang umum di Spanyol. Bahkan ada beberapa daerah yang terkenal sebagai penghasil beras di sana, seperti Valencia. Hidangan nasinya pun diberi bermacam-macam campuran bahan sehingga menambah kaya rasanya.

Jika di Indonesia ada olahan nasi seperti nasi kebuli, nasi campur, nasi liwet atau nasi minyak yang terkenal kelezatannya, olahan nasi khas Spanyol yang ada didaftar ini juga tak kalah enaknya dan layak untuk dicoba. Selamat mencicipi.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram