keluyuran web banner

Jangan Lupa Beli 7 Oleh-Oleh Ini Saat Berwisata di Aceh

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 29 April 2019

“Serambi Mekkah”, itulah julukan yang melekat pada Aceh. Provinsi paling utara di Pulau Sumatera ini sangat layak dikunjungi sebagai daerah wisata. Ini tak lepas dari beragamnya tempat wisata di daerah satu ini.

Kalau betulan piknik ke sini, janganlah sampai lupa membeli oleh-oleh khas di sini, ya. Masa sih kamu nggak mau ngasih kenang-kenangan untuk orang-orang terkasih di kampung halaman? Oh ya, kalau nanti mau beli oleh-oleh di Aceh, sebaiknya baca dulu artikel ini hingga usai. Ada sejumlah rekomendasi buah tangan khas Aceh yang bakal Keluyuran kasih tahu di sini. Dari pada penasaran, langsung baca informasi selengkapnya, ya!

1. Ayam Tangkap

Youtube

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=k0LCmza46UU

Hampir tiap daerah di Indonesia selalu menyajikan buah tangan berbahan dasar ayam. Aceh pun tak luput untuk menyajikan salah satu jenis buah tangan tersebut. Dan bila ingin membeli buah tangan khas Aceh berbahan ayam, maka Ayam Tangkap amatlah recommended.

Ayam Tangkap sendiri dibuat dari ayam kampung yang digoreng dan dicampur dengan sejumlah bumbu. Bumbu-bumbu yang dipakai biasanya adalah kari ayam; daun pandan; dan rempah-rempah. Semua bumbu tersebut dicampur secara merata hingga betul-betul meresap ke daging ayam kampungnya.

Kalau mau mencicipi dan membawa buah tangan ini, kamu bisa datang ke Rumah Makan Aceh Rayeuk di Jalan Mr. Muhammad Hasan, Batoh, Biang Cut, Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh.

2. Dendeng Aceh

Dendeng Aceh

Selain sajian ayam, buah tangan berupa dendeng juga lazim ditemukan di sejumlah daerah. Aceh salah satunya. Dendeng Aceh sendiri merupakan sebuah daging sapi yang dipotong tipis, dikeringkan dan dicampur rempah-rempah khas Aceh. Rempah-rempah yang dipakai itu menjadikan dendeng satu ini begitu beda dibanding dendeng pada lazimnya.

Untuk membeli Dendeng Aceh yang sudah jadi, kamu bisa datang ke Dendeng Aceh Gunung Seulawah di daerah Sukadami, Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh. Kamu pun juga bisa lho datang langsung ke pabrik pembuatnya. Adapun pabrik Dendeng Aceh sendiri bisa kamu temui di Lueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh.

3. Kopi Aceh

Kopi Aceh

* sumber: prelo.co.id

Sebagaimana yang diketahui, Aceh merupakan salah satu produsen kopi terbaik di Indonesia. Reputasi dan cita rasanya pun tak perlu diragukan. Oleh karenanya, tak afdal bila tidak membeli Kopi Aceh saat pulang piknik dari sini.

Setidaknya ada tiga jenis Kopi Aceh yang bisa kamu beli. Kopi Tarik, Robusta, dan Aceh Gayo adalah tiga kopi tersebut. Adapun untuk membeli salah satu atau ketiganya, kamu bisa datang ke Ulee Kareng Cofee di Simpang 7 No. 28 – 29 Banda Aceh, Jalan K. H. Ahmad Dahlan, Lamreung, Ulee Kareng, Banda Aceh, Aceh.

4. Kue Bhoi

Kue Bhoi

* sumber: www.befreetour.com

Kalau mau membawa buah tangan berupa kue, maka Kue Bhoi amat layak kamu bawa pulang. Kue khas Aceh ini dibuat dari campuran tepung terigu, telur, gula pasir, vanili, dan soda kue. Semua bahan tersebut dibuat seulet dan setelaten mungkin, agar hasilnya sangat optimal.

Kue ini punya tekstur garing di luar, namun lembut di dalam. Rasanya pun cukup manis; namun tak sampai membuatmu eneg. Bentuknya pun menarik. Kue khas Aceh ini punya tiga varian bentuk yang unik; ada yang berupa ikan, bunga, dan bintang.

Di Aceh, kue ini biasanya dipakai sebagai kudapan Idul Fitri atau kudapan seserahan. Meski begitu, kamu masih bisa membawanya sebagai buah tangan. Ada beberapa toko yang menjual kue khas Aceh ini, Salah satunya adalah Ave Bhoi yang ada di Cot Batee, Kuala, Kabupaten Bireuen, Aceh.

5. Kue Keukarah

Kue Keukarah

* sumber: www.meutiarahmah.com

Bila tidak sempat atau emoh membeli Kue Bhoi, maka kamu bisa membeli kue Keukarah. Secara tekstur, kue ini tergolong lebih renyah ketimbang Kue Bhoi. Bentuknya pun tak kalah unik. Kue satu ini punya bentuk serupa sarang burung, sehingga banyak yang menjulukinya sebagai Kue Sarang Burung atau Eumpeung Miriek.

Dari segi bahan, Kue Keukarah memakai bahan tepung beras dan gula cair sebagai bahan utamanya. Agar menghasilkan rasa manis yang pas, gula cair pada kue ini lantas dilarutkan terlebih dulu. Secara rasa, umumnya kue ini punya rasa manis original yang pas. Seiring waktu, varian rasanya pun bertambah. Kini, sudah ada Kue Keukarah rasa durian dan cokelat.

Untuk bisa mendapatkan kue ini, kamu bisa datang ke Outlet Peunayong di Jalan Sri Ratu Syafiatuddin No. 328, Peunayong, Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh.

6. Bros Aceh

Bros Aceh

Ingin membeli oleh-oleh khas Aceh selain makanan? Jangan khawatir, kami bakal memberi beberapa rekomendasi di sini! Rekomendasi pertama adalah Bros Aceh. Ini adalah aksesoris khas Aceh yang bisa mempercantik penampilan atau bisa pula sebagai hiasan kerudung.

Berbeda dengan bros biasanya, Bros Aceh punya ukuran yang lebih besar dan bentuknya agak menjuntai. Motifnya sendiri beragam, dan warnanya lebih dominan emas atau perak. Bros Aceh bisa kamu dapatkan dengan mudah di sejumlah toko kerudung atau aksesoris di seantero Aceh.

Adapun tempat yang recommended untuk membelinya adalah Toko Niar Bros & Florist yang ada di Jalan Teuku Hamzah Bendahara, Kota Bireun, Kota Juang, Kabupaten Bireun, Aceh.

7. Kopiah

Kopiah

* sumber: steemit.com

Buah tangan non-makanan terakhir yang bisa kamu beli di aceh adalah kopiah. Di Aceh, kopiah merupakan semacam outfit wajib untuk dipakai, utamanya bagi kaum Adam. Bagi kamu yang ingin membeli buah tangan untuk Ayah; kakak; atau pasangan, maka buah tangan ini sepertinya layak untuk dibeli.

Ada dua jenis kopiah khas Aceh yang bisa kamu beli. Pertama, Kopiah Riman yang terbuat dari bulu ijuk yang sudah direndam. Kopiah ini konon lazim dipakai para pria bangsawan di Aceh pada masa Sultan Iskandar Muda.

Kopiah kedua yang bisa kamu beli di Aceh adalah Kopiah Meukeutop yang dibuat dari kain berwarna merah dan kuning. Dari segi corak, Kopiah Meukeutop punya ciri khasnya sendiri. Di bagian lingkaran bawah kopiah ini, terdapat tulisan huruf “lam” yang ditulis dalam aksara Arab. Bentuk huruf “lam” pada kopiah ini tidak dibuat persis laiknya huruf “lam” dalam aksara Arab. Melainkan, dibuat laiknya segitiga siku-siku.

Untuk membeli Kopiah Riman, kamu bisa datang ke para pengrajin di desa Dayah Adan, Mutiara, Kabupaten Pidie, Aceh. Adapun untuk Kopiah Meukueop, kamu bisa datang ke para pengrajin yang ada di Meulaboh, Aceh.

Aceh bisa menjadi daerah yang layak untuk kamu kunjungi. Ini tak lepas dari beragamnya tempat wisata di Serambi Mekkah tersebut. Oleh-olehnya pun juga beragam. Mulai dari makanan hingga aksesoris, bisa kamu temukan di sini.

Bila kamu nanti ke Aceh, maka tidak ada salahnya membeli oleh-oleh khas di sana. Adapun beberapa di antaranya sudah kami rekomendasikan di atas. Semoga rekomendasi kami bisa bermanfaat untukmu!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram