Inilah 6 Oleh-Oleh Khas Bali yang Wajib Dibawa Pulang

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau nanti kamu pulang dari Bali, kami sarankan jangan langsung pulang begitu saja. Cobalah membeli oleh-oleh khas dari Pulau Dewata ini. Bali sendiri punya banyak oleh-oleh yang sebaiknya kamu beli untuk keluarga atau teman-temanmu di kampung halaman. Lalu, apa saja sih buah tangan khas dari Pulau Seribu Pura ini? Yuk, simak saja daftar-daftarnya di bawah ini!

1. Kacang Disco

Kacang Disco

Oleh-oleh pertama yang bisa kamu bawa nanti adalah Kacang Disco. Ini bukanlah kacang yang bisa membuatmu pandai berdisco. Ini hanyalah sebuah kacang tanah yang dibungkus adonan tepung dan bumbu, lalu digoreng hingga kering.

Kacang ini punya tekstur yang gurih saat digigit. Kacang ini lazimnya disajikan dengan rasa original. Namun, seiring waktu, kacang ini pun sudah punya rasa yang lebih variatif. Pedas manis, barberkyu, dan rasa udang adalah beberapa varian rasa tersebut.

Kacang Disco bisa kamu temukan di berbagai toko, salah satunya adalah Toko Kacang Bali yang ada di Jalan Sumatera No. 21, Daun Puri Kangin, Denpasar Baru, Kota Denpasar, Bali.

  • Alamat: Jalan Sumatera No. 21, Daun Puri Kangin, Denpasar Baru, Kota Denpasar, Bali
  • Nomor Telepon: 0812-3789-6888
  • Jam Operasional: 08.00 – 18.00
  • Harga: Sekitar Rp20.00 s/d Rp30.000

2. Buah Wani

Buah Wani

Berbeda dari oleh-oleh sebelumnya, oleh-oleh satu ini bukanlah sebuah penganan olahan, tetapi sejenis buah khas dari pulau Bali. Buah Wani sendiri merupakan mangga khas Bali dengan aroma yang harum, terutama saat sudah matang.

Buah ini bisa kamu konsumsi langsung, apalagi bila sudah benar-benar masak. Bila tidak, kamu juga bisa menjadikan buah ini sebagai campuran es, atau pelengkap bahan sambal. Agar buah ini aman dibawa, kamu harus mengemasnya dengan kemasan khusus. Untungnya, sejumlah penjual buah ini di Bali sudah menyediakan kemasan khusus untuk buah ini.

Tak seperti buah lainnya di Bali, Buah Wani kurang begitu populer, serta tidak terlalu banyak pembudidayanya. Walau begitu, kamu masih bisa menemukan buah ini di sejumlah pasar tradisional di Bali, seperti di Pasar Badung Baru.

  • Alamat: Jalan Cokroaminoto No.16, Pemecutan Kaja, Bali
  • Nomor Telepon: (0361) 432609
  • Jam Operasional: 24 jam

3. Pie Susu

Pie Susu Asli Enaaak

Kalau yang satu ini adalah sebuah kue khas Pulau Dewata. Pie ini terbuat dari susu dengan bentuk bulat pipih, serta pinggirannya yang renyah saat digigit. Setidaknya, ada tiga merk Pie Susu di Bali yang bisa kamu coba dan beli. Tiga merk tersebut adalah:

Pie Susu Dhian

Ini adalah merk Pie Susu Bali yang outlet-nya ada di Jalan Nangka Selatan No. 47 A, Dangin Puri Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali. Pie Susu di sini mempunyai ukuran yang cukup mungil, sehingga kamu bisa menyantap dan membawanya dengan mudah. Harganya sendiri juga murah. Satu buah Pie Susu di sini bisa kamu dapatkan dengan dana Rp1.500 saja.

  • Alamat: Jl. Nangka Selatan No.47A, Dangin Puri Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar
  • Nomor Telepon: 0813-3872-0170
  • Jam Operasional: 08.00 – 22.00
  • Harga: Rp1.500 per pie

Pie Susu Enaaak

Tak jauh dari Pie Susu Dhian, ada satu merk Pie Susu lainnya yang patut kamu coba. Pie Susu Enaaak adalah merk yang dimaksud. Sesuai namanya, rasa Pie Susu di sini amatlah enak. Saking enaknya, merk Pie Susu ini pun selaku laku di pasaran. Kalau kamu mau membeli merk satu ini, silakan datang ke Jalan Nangka Selatan No. 163, Dangin Puri Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali.

  • Alamat: Jl. Nangka Selatan No.163, Dangin Puri Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali
  • Nomor Telepon: (0361) 263138
  • Jam Operasional: 08.00 – 20.00
  • Harga: Sekitar Rp30.000 per box

Pie Susu Krisna

Berbeda dengan dua merk lainnya, merk Pie Susu ini kini sudah memiliki empat outlet yang tersebar di seantero Bali. Adapun salah satunya ada di Jalan Sunset No. 88, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Dari segi rasa, Pie Susu di sini punya cita rasa yang tak terlalu manis. Sangat cocok untuk mereka yang tak suka makanan yang terlalu manis. Keistimewaan lainnya dari merk ini adalah kulitnya yang amat renyah dan gurih. Amat cocok untuk yang suka pie dengan pinggirannya yang crunchy.

  • Alamat: Jalan Sunset No. 88, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
  • Nomor Telepon: (0361) 750031
  • Jam Operasional: 08.00 – 22.00
  • Harga: Sekitar Rp20.000 s/d Rp90.000

Selain merk Pie Susu di atas, masih ada merk Pie Susu lainnya yang juga terkenal di Bali. Simak selengkapnya di artikel 10 Merk Pie Susu Bali yang Enak dan Paling terkenal.

4. Lapis Legit Harum Bali

Lapis Legit Harum Bali

Lapis legit ternyata tak hanya bisa kamu temukan di pulau Jawa. Pulau Bali pun juga punya penganan tradisional ini. Bila ingin membeli lapis legit di Bali, maka Lapis Legit Harum Bali sangatlah direkomendasikan.

Sama seperti lapis legit lazimnya, lapis legit dari Bali ini juga punya tekstur yang lembut dan lezat. Bedanya, lapis legit satu ini punya rasa yang lebih variatif. Adapun varian rasa tersebut adalah original, cokelat, teh hijau, dan pandan.

Kalau mau membeli lapis legit ini, kamu bisa datang ke Harum Lapis Legit Cake Shop. Di toko ini, kamu bisa membeli sekotak lapis legit khas Bali dengan harga Rp130 ribu. Oh ya, toko satu ini juga punya kue-kue lain yang bisa kamu beli, lho. Adapun yang menjadi rekomendasi adalah roll cake, serta kue keringnya.

Kalau kamu mau membeli lapis legit beserta kue lainnya di toko tersebut, sila datang ke alamat lengkapnya, di Jalan Kediri No. 9, Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

  • Alamat: Jalan Kediri No. 9, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
  • Nomor Telepon: 0851-0046-0050
  • Jam Operasional: 08.00 – 20.00
  • Harga: Sekitar Rp130.000

5. Pia Legong

Pia Legong

Selain Pie Susu dan Lapis Legit, ada satu kue lain di Bali yang bisa kamu jadikan sebagai  buah tangan. Kue tersebut adalah Pia Legong. Ini adalah sebuah kue kecil yang berisi varian rasa tertentu. Biasanya, sepotong kue ini berisi topping berupa keju, cokelat, atau kacang hijau.

Kalau mau membeli kue ini, kamu bisa datang ke toko Ruko Kuta Megah No. 15. Di toko ini, Pia Legong dibuat murni dengan tangan, tanpa bantuan mesin sama sekali. Setelah matang, kue ini langsung dikemas, sehingga kamu pun mudah untuk membawanya. Proses pembuatannya yang murni memakai tangan membuat rasa dan kualitas kue ini begitu khas dan terjaga.

Kamu tertarik? Langsung saja datang ke alamat lengkap Ruko Kuta Megah yang ada di Jalan By Pass Ngurah Rai, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

  • Alamat: Jalan By Pass Ngurah Rai, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
  • Nomor Telepon: 0811-1935-566
  • Jam Operasional: 08.00 – 20.00
  • Harga: Sekitar Rp30.000 – Rp100.000-an

6. Batik Galuh

Batik Galuh

Bila enggan membeli oleh-oleh berupa makanan atau buah, maka Batik Bali sangat cocok sebagai buah tanganmu.  Batik Bali sendiri punya beragam jenis atau produk. Salah satunya adalah Batik Galuh Batubulan yang ada di toko Galuh Batik. Toko Galuh Batik sendiri bisa kamu temukan di Jalan Raya Batu Bulan, Tegehe, Batubulan, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

Seperti batik-batik pada umumnya, Batik Galuh juga punya daya tarik dari segi corak dan warnanya yang menarik. Kualitas kainnya pun juga bagus dan layak bersaing dengan batik-batik lainnya. Di Toko Galuh Batik, Batik Galuh tak hanya disajikan dalam bentuk kain mentah semata. Kain Batik Galuh di sini dibuat menjadi pakaian dan aksesoris, misalnya rok, kemeja, gaun, dan juga tas.

  • Alamat: Jalan Raya Batu Bulan, Tegehe, Batubulan, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
  • Nomor Telepon: (0361) 298304
  • Jam Operasional: 07.30 – 18.00

Kalau kamu hendak pulang dari Bali, maka cobalah untuk beli oleh-oleh terlebih dulu. Bali sendiri kaya akan buah tangan yang bisa kamu bawa untuk keluarga atau kerabatmu nanti. Adapun enam di antaranya sudah kami sebutkan di atas.

Oh ya, di antara enam oleh-oleh di atas, mana yang bakal kamu beli nanti? Beritahu kami di kolom komentar, ya! Dan untuk Anda yang masih bingung mau kemana saat di Bali, coba kunjungi 10 Tempat Wisata di Bali ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *