10 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Tidak Boleh Terlewat

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ketika Anda berkunjung ke Balikpapan, Anda tentu tidak akan melewatkan sejumlah tempat nongkrong keren yang ada di Balikpapan. Namun, jangan lupa untuk membeli buah tangan untuk keluarga dan sahabat di rumah. Buah tangan atau oleh-oleh merupakan bentuk perhatian Anda kepada orang terdekat. Jadi, jangan sampai melewatkan acara membeli buah tangan ini!

Butuh referensi untuk mencari barang yang bisa dijadikan oleh-oleh? Simak daftar oleh-oleh khas Balikpapan yang direkomendasikan oleh Keluyuran berikut ini, ya! Kami akan memberi informasi mengenai barang-barang yang bisa dijadikan sebagai souvernir khas Balikpapan.

1. Aksesoris Etnik Khas Dayak

tas dayak

Suku Dayak adalah salah satu suku yang mendiami Pulau Kalimantan. Oleh karena itu, bila Anda sedang mencari oleh-oleh khas Balikpapan yang unik, Anda bisa membeli beragam aksesoris etnik khas Dayak. Aksesoris ini bisa berupa anting, kalung, gelang, sampai dengan tas yang terbuat dari manik-manik dan dibentuk sesuai dengan ciri khas Suku Dayak.

Selain aksesoris, Anda pun bisa membeli pakaian khas Dayak untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Untuk membeli oleh-oleh berupa aksesoris etnik khas Dayak, Anda bisa menuju ke Pasar Inpres Kebun Sayur.

2. Amplang

Amplang Oleh-Oleh Khas Balikpapan

Amplang adalah sejenis kerupuk yang berbahan dasar ikan pipih. Jajanan yang satu ini bisa ditemukan dengan mudah saat Anda berada di Balikpapan. Meskipun saat ini sudah banyak amplang yang bahan dasarnya diganti dengan ikan tengiri, tetapi rasa dari kerupuk ini tetap saja gurih dan lezat.

Belum ke Balikpapan rasanya jika Anda tidak membawa pulang amplang sebagai oleh-oleh. Makanan ringan yang juga dikenal dengan nama kuku macan ini bisa dijadikan sebagai cemilan atau teman saat bersantap makanan utama dengan nasi putih dan lauk.

3. Makanan Olahan Kepiting

Makanan Olahan Kepiting

Balikpapan adalah kota yang kaya akan hasil laut, salah satunya kepiting. Jadi, kurang afdol rasanya jika tidak menyantap hidangan kepiting saat berada di sini. Anda bisa membawa aneka masakan kepiting, seperti kepiting saus tiram, kepiting tauco, atau kepiting asam manis.

Akan tetapi, bila Anda ingin membawa oleh-oleh yang lebih praktis dan lebih tahan lama, Anda bisa membeli abon kepiting atau keripik kepiting. Ada banyak pilihan makanan ringan yang terbuat dari kepiting di Balikpapan. Anda bisa membelinya sebagai buah tangan yang lebih mudah dibawa saat naik pesawat.

4. Mantau

Mantau

Anda mungkin berpikir bahwa Mantau adalah makanan khas Tiongkok, bukan? Ya, makanan sejenis kue ini memang berasal dari negeri tirai bambu. Namun, Mantau juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Balikpapan yang wajib dicoba. Anda bisa menemukan Mantau yang sudah dibungkus dalam kemasan yang rapi dan cantik di berbagai toko oleh-oleh di Balikpapan.

Mantau menjadi populer karena makanan ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat Balikpapan. Jika Anda mencari oleh-oleh yang praktis dan bisa dibeli dengan mudah di Balikpapan, mantau dalam kemasan ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

5. Onde-Onde Ubi Ungu

Onde-Onde Ubi Ungu

Onde-onde adalah salah satu jenis jajanan tradisional yang terbuat dari kacang hijau. Namun, bagaimana jika onde-onde ini dibuat dari ubi ungu? Nah, Balikpapan juga menawarkan oleh-oleh berupa kue onde-onde yang berbahan dasar ubi ungu.

Apabila Anda tidak menyukai onde-onde ubi ungu, Anda tetap bisa membeli onde-onde kacang hijau, keju, atau cokelat di dalam toko yang sama. Tempat yang menjual onde-onde khas Balikpapan ini adalah Rumah Kue Brownies. Jangan sampai melewatkan untuk mampir dan membeli kue onde-onde yang unik ini jika Anda sedang berada di Balikpapan.

6. Bingka

Bingka

Kue tradisional yang satu ini juga bisa dibawa sebagai oleh-oleh untuk orang terdekat Anda. Adalah bingka yang merupakan kue basah berbahan dasar kentang, telur, mentega, susu, santan, dan gula. Rasa dari kue ini gurih dan memiliki manis yang pas. Bingka adalah kue yang tidak bisa tahan lama.

Jadi, jika Anda akan membeli kue ini sebagai oleh-oleh, usahakan untuk membelinya beberapa jam sebelum pesawat Anda landing. Saat ini, kita bisa menemukan bingka dengan berbagai macam rasa, mulai dari keju, pisang, dan gula merah.

7. Bakpia

Bakpia

Selama ini Anda mungkin mengira bahwa bakpia adalah kue yang berasal dari Yogyakarta. Hal tersebut dikarenakan Bakpia Pathuk khas Yogyakarta memang sangat tersohor. Namun, di Balikpapan juga ada oleh-oleh khas yang berupa bakpia, lho. Lantas, apa bedanya bakpia khas Balikpapan dengan bakpia pathuk?

Bakpia khas Balikpapan memiliki ukuran yang lebih besar, sehingga Anda lebih puas ketika menyantap bakpia ini. Selain itu, kulit bakpia ini juga tidak terlalu manis, melainkan didominasi dengan rasa yang sedikit asin dan gurih. Rasa manis baru bisa dirasakan ketika Anda menggigit isi bakpia. Bakpia khas Balikpapan ini menawarkan isi kacang hijau, keju, dan cokelat.

8. Batik Khas Balikpapan

Batik Khas Balikpapan

Apakah Anda salah seorang penggemar batik? Jika ya, maka Anda harus berburu batik khas Balikpapan untuk diri sendiri atau dijadikan buah tangan. Batik adalah oleh-oleh khas Balikpapan yang sangat bermanfaat karena bisa dipakai dalam jangka waktu lama oleh si penerimanya.

Di samping itu, batik khas Balikpapan memiliki motif yang bisa dibilang cukup simple. Sebagai penggemar atau kolektor batik, kain atau pakaian yang bermotif batik khas Balikpapan ini sangat wajib untuk dimiliki.

9. Batu Mulia

Batu Mulia

Berburu batu mulia dengan harga miring, kenapa tidak? Anda bisa membeli beragam batu mulia untuk dijadikan buah tangan di Pasar Inpres Kebun Sayur yang ada di Balikpapan. Pasar ini merupakan pusat penjualan batu mulia dengan kualitas yang cukup baik dan harga ekonomis.

Di tempat ini, ada dua jenis batu yang ditawarkan, yakni batu masak atau batu alami. Batu masak dibuat dengan beberapa campuran bahan agar tampilannya terlihat indah. Sementara itu, batu alami terbentuk oleh alam. Untuk memperoleh harga yang lebih murah, jangan ragu untuk menawar harga yang sudah diberikan oleh penjual.

10. Kain Songket Balikpapan

Kain Songket Balikpapan

Bingung mencari oleh-oleh saat di Balikpapan? Anda bisa mengunjungi Pasar Inpres Kebun Sayur dan mencari kain songket khas Balikpapan. Harga kain songket yang dijual di pasar ini lebih murah jika dibanding Anda berburu songket di kota atau provinsi lain.

Kain songket ini dijual dalam bentuk kain meteran sampai dengan penutup kepala atau sarung. Warna-warna kain songket khas Balikpapan ini juga sangat indah. Namun, Anda harus berani menawar harga yang diberikan oleh penjual karena terkadang penjual akan menaikkan harga kain songket yang ditawarkan ketika mengetahui Anda adalah wisatawan.

Inilah 10 barang yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Balikpapan untuk keluarga dan sahabat di tempat tinggal Anda. Bila ada oleh-oleh asli Balikpapan yang belum kami sebutkan di sini, silakan tulis nama oleh-oleh tersebut di kolom komentar yang berada di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *