Inilah 10 Oleh-Oleh Makanan Khas Bandung yang Tahan Lama

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 9 November 2019

Membahas oleh-oleh khas Bandung memang tidak pernah ada habisnya, ya. Bandung sendiri memiliki beragam jenis oleh-oleh berupa makanan yang bercitarasa lezat dan tentunya tahan lama.

Nah, kali ini, Keluyuran akan memberikan rekomendasi 10 oleh-oleh khas Bandung yang tahan lama, agar kamu yang ingin pulang kampung dengan jarak yang jauh dari Bandung, bisa membawa oleh-oleh dengan tenang, tanpa takut oleh-olehnya kedaluwarsa. Apa sajakah oleh-oleh itu? Yuk, simak langsung saja pembahasan berikut ini.

1. Kue Kartikasari

bolen kartikasari

*

Bukan cuma pisang bolen saja, toko kue Kartikasari juga terkenal memiliki beragam jenis kue yang tidak kalah lezat lainnya. Oh ya, kue-kue dari Kartikasari ini merupakan oleh-oleh khas Bandung yang tahan lama, lho. Pisang bolennya yang amat terkenal bisa bertahan hingga empat hari di suhu ruang. Sedangkan untuk produk lapis legitnya bisa tahan hingga lima hari dan brownies panggangnya bisa tahan hingga tujuh hari, lho.

Produk kue Kartikasari sendiri memiliki berbagai varian rasa dan dijual mulai Rp. 48.000,- saja per kotaknya. Kamu tertarik untuk membeli?

  • Alamat : Jalan. H. Akbar No. 4, Kebon Kawung, Bandung
  • Nomor Telepon : (022) 4231355, 4200441, 4239678
  • Jam Operasional: Pukul 07.00 s/d 19.00 WIB

2. Peuyeum

Peuyeum

Selanjutnya, ada peuyeum. Nah, kalau makanan yang satu ini, pasti sudah pada kenal, bukan? Peuyeum sendiri merupakan olahan makanan tradisional yang terbuat dari singkong yang difermentasi. Peuyeum sendiri memiliki rasa yang manis dan legit.

Penganan ini mampu bertahan selama empat hingga lima hari. Jika kamu ingin membawa pulang oleh-oleh khas Bandung, jangan lupakan si manis yang satu ini, ya. Peuyeum sendiri sangat mudah ditemukan di Kota Kembang. Jadi, kamu tak usah khawatir bakal kesulitan untuk membeli oleh-oleh ini.

3. Oncom Raos

oncom pasirreungit

* sumber: www.tokopedia.com

Oncom juga adalah salah satu oleh-oleh yang tak boleh terlewatkan untuk dibawa pulang saat berkunjung ke Bandung. Kamu dapat membeli berbagai olahan dari ampas tahu yang difermentasi ini di toko Oncom Raos.

Di sana, ada aneka ragam olahan oncom, termasuk oncom goreng yang jadi favorit banyak orang. Nggak cuma menjual oncom saja, toko ini juga menjajakan oleh-oleh khas Jawa Barat, lho. Nah, gimana, mau coba oncomnya?

  • Alamat: Jalan Cihampelas No.57, Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 4236326
  • Jam Operasional: Pukul 07.00 s/d 19.00 WIB

4. Bolu Bakar

oleh-oleh khas bandung bolu bakar tunggal

*Sumber: https://www.instagram.com/p/Bv0OpMThUDV/

Bolu bakar Tunggal ini adalah kue bolu berbentuk persegi panjang. Sesuai dengan namanya, kue ini dimasak dengan cara dibakar. Kue bolu yang bagian tengahnya dipotong ini memiliki banyak isian. Di antaranya roombutter, durian, kacang, kopi hingga cokelat. Selain itu ada juga varian rasa asin yang terdiri dari rasa tuna juga abon.

Bolu ini dapat bertahan selama dua hingga tiga hari dalam suhu ruangan normal. Bolu bakar Tunggal dibanderol dengan rentang harga Rp. 38.000,- hingga Rp. 59.000,- per kotak. Khusus bolu manis, kamu dapat menambah satu jenis isian lagi. Kamu cukup menambah biaya sebesar Rp. 8000,- saja.

  • Alamat: Jalan Jend. Sudirman No. 570-574, Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 6013712
  • Jam Operasional: Pukul 08.00 s/d 17.00 WIB

5. Gepuk Ny. Ong

Gepuk Ny Ong Tempat Oleh-Oleh Bandung

Gepuk adalah olahan yang terbuat dari daging sapi yang digeprek dan dimasak menggunakan berbagai macam bumbu sehingga memiliki citarasa yang lezat. Di Bandung, kamu dapat membeli gepuk untuk oleh-oleh di Gepuk Ny. Ong yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat.

Gepuk Ny. Ong sendiri punya beragam varian rasa, mulai dari yang original hingga ekstra pedas. Menurut tempat makan, Gepuk Ny. Ong dapat bertahan hingga dua bulan lamanya jika ditaruh dalam suhu lemari pendingin. Gimana, tertarik untuk membeli?

  • Alamat: Jalan Pasir Kaliki No.96, Pasir Kaliki, Cicendo, Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 4221458
  • Jam Operasional: Pukul 09.00 s/d 22.00 WIB

6. Batagor Riri

batagor riri

* sumber: travelingyuk.com

For your information, di Bandung ada satu tempat makan batagor yang sangat populer, yakni batagor Riri. Batagor Riri tidak hanya dapat dinikmati di tempat saja, tetapi dapat kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah, karena kamu dapat membeli batagor yang dijual dalam kemasan.

Batagor ini tersedia dalam beberapa varian kemasan dengan isi lima, sepuluh dan dua puluh potong. Harga dari batagor kemasan ini bervariasi, tergantung varian kemasan mana yang kamu pilih. Batagor Riri bisa bertahan hingga 3-4 hari di dalam suhu lemari pendingin.

  • Alamat: Jalan Burangrang No.41, Malabar, Lengkong, Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 7303349
  • Jam Operasional: Pukul 08.00 s/d 20.00 WIB

7. Brownies Amanda

resep brownies kukus amanda bandung

Brownies kukus Amanda juga adalah salah satu oleh-oleh khas Bandung yang amat sangat populer dan banyak dicari masyarakat. Olahan brownies kukus ini memiliki banyak varian rasa. Salah satunya adalah rasa pandan.

Brownies Amanda ini memiliki daya tahan yang cukup lama, yakni sekitar tiga hingga empat hari jika disimpan didalam kulkas. Ada yang belum pernah mencoba? Brownies ini dijual mulai dari Rp.30.000,-an saja per box-nya.

  • Alamat: Jalan Rancabolang No.29, Manjahlega, Rancasari, Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 7514657
  • Jam Operasional: Pukul 07.00 s/d 21.00 WIB

8. Kopi Aroma

kopi aroma

* sumber: kumparan.com

Di Bandung, ada toko kopi yang sudah eksis sejak tahun 1930-an silam, namanya Kopi Aroma. Di toko ini, kamu dapat membeli biji kopi mokka arabika dan robusta yang diolah secara tradisional.

Kamu dapat membeli biji kopi yang telah digiling, bahkan kamu dapat menyesuaikan tingkat kehalusannya sesuai keinginanmu. Pembelian kopi disini dibatasi, lho. Kamu dapat membeli kopi ini hingga tiga kilogram saja. Sebanyak 250 gram kopi dijual dengan harga Rp. 20.000,-. Mau mencoba?

  • Alamat: Jalan Banceuy No. 51, Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 4230473
  • Jam Operasional: Senin-Sabtu, pukul 08.30 s/d 14.30 WIB

Oh iya, masih di daerah sekitaran Banceuy, ada satu tempat makan khas Malaysia yaitu nasi lemak. Nasi Lemak Banceuy bisa kamu coba jika ingin mencicipi hidangan ala negri Jiran untuk santap makan siang.

9. Permen Susu Karamel

oleh-oleh khas bandung yang tahan lama permen-susuSumber: http://panglima-komunikasi.blogspot.com/

* sumber: panglima-komunikasi.blogspot.com

Selanjutnya, ada permen susu karamel khas dari daerah Pangalengan. Permen susu ini dibuat sejak akhir tahun 60'an oleh penduduk setempat karena banyaknya stok susu sapi yang dihasilkan oleh sapi para peternak saat itu. Nah, agar susu-susu tersebut tidak terbuang sia-sia, maka tercetuslah ide untuk mengolahnya menjadi penganan lezat. Salah satunya adalah permen susu karamel ini.

Oh ya, kalau berkunjung ke Pangalengan, jangan lupa untuk membeli permen susu karamel yang manis nan legit, ya. Permen ini dapat bertahan lebih dari satu hari tentunya. Sebungkus kecil permen susu karamel biasanya dibanderol seharga lima ribuan saja. Permen khas Pangalengan ini dapat Anda temukan di toko oleh-oleh kecil hingga besar yang tersebar di wilayah Pangalengan. Hayo, kamu penasaran ingin mencobanya?

10. Wajit Cililin

wajit cililinSumber: https://www.youtube.com/

* sumber: www.youtube.com

Selain kerupuk gurilem yang gurih, daerah Cililin Bandung juga punya olahan penganan manis, yakni wajit Cililin. Wajit Cililin sendiri dibuat dari beras ketan, parutan kelapa dan gula merah. Wajit ini berbentuk kerucut dan dibungkus dengan menggunakan daun jagung kering. Makanan ini biasa disajikan pada saat acara hajatan atau bahkan kumpul keluarga.

Wajit Cililin sendiri dapat dengan mudah ditemukan di kawasan Cililin. Penganan ini tentunya dapat bertahan lama dan cocok untuk dijadikan buah tangan.

Nah, itulah kesepuluh oleh-oleh khas Bandung yang tahan lama dan tentunya wajib untuk kamu boyong saat pulang ke kampung halaman. Gimana, kamu tertarik untuk membeli salah satu atau bahkan beberapa jenis dari oleh-oleh khas Bandung yang masuk kedalam daftar di atas?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram