Catat! Ini 10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Banten Terfavorit

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 14 April 2020

Kalau kamu ke Banten, jangan hanya main ke tempat wisatanya saja. Cobalah untuk membeli oleh-olehnya di sana. Banten sendiri mempunyai sejumlah buah tangan yang khas dan patut untuk dibawa pulang.

Kalau kamu berminat membeli buah tangan di Banten, lebih baik kamu membaca artikel ini dahulu. Di artikel Keluyuran kali ini, ada beberapa buah tangan khas Banten yang bisa kamu bawa pulang nanti. Adapun sejumlah buah tangan itu bisa kamu simak sebagai berikut.

1. Sate Bandeng

Catat! Ini 10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Banten Terfavorit 9

* sumber: www.idntimes.com

Berbeda dengan satu pada umumnya yang dibuat dari ayam atau kambing, sate satu ini dibuat dari bahan dasar daging ikan bandeng. Proses pembuatan buah tangan ini lumayan unik. jadi, ikan bandeng pada buah tangan ini bakal dibersihkan dulu sisiknya, lalu diremas dan dipukul-pukul agar dagingnya hancur.

Daging bandeng yang hancur itu nantinya bakal dikeluarkan dari kulit dan tulangnya, lalu dicampur dengan santan dan sejumlah bumbu. Setelah itu, daging tersebut dimasukkan kembali ke kulit ikannya, ditusukkan ke bambu, dan kemudian dibakar.

Buah tangan ini cukup mudah ditemukan. Di mana saja. Kalau mau tempat yang recommended, kamu bisa datang saja ke Sate Bandeng Ibu Mulyati yang ada di Jalan Raya Pandeglang No. KM 3, Karundang, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten 42125.

2. Rengginang

Catat! Ini 10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Banten Terfavorit 10

* sumber: makanan-tradisional22.blogspot.com

Rengginang tak hanya ada di Jawa Barat semata. Makanan satu ini juga ada di Banten dan menjadi buah tangan di sana. Di Banten, Rengginang dibuat dari nasi ketayang yang dijemur langsung di bawah sinar matahari yang terik.

Sesudah dijemur, nasi tersebut nantinya bakal digoreng hingga matang. Rengginang khas Banten sendiri memiliki tekstur yang tebal dengan cita rasa yang gurih. Untuk membelinya, kamu bisa datang ke Pasar Rau Trade Center di Jalan TB Sueb No. 1, Cimuncang, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten 42111.

3. Keripik Getas

Catat! Ini 10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Banten Terfavorit 11

Kalau mau buah tangan berupa keripik tak biasa, Keripik Getas sangat cocok untuk dibawa. Keripik ini dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan kelapa dan dikukus selama 30 menit. Kedua bahan tersebut nantinya bakal dicampur bawang putih, garam, dan ketumbar; kemudian dibentuk bulat tipis.

Setelah berbentuk bulat tipis, adonan tersebut lalu digoreng hingga matang. Keripik ini memiliki tekstur yang gurih. Untuk bisa mendapatkan buah tangan ini, kamu bisa datang ke daerah Cilegon; tempat di mana keripik itu berasal.

4. Ceplis

Catat! Ini 10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Banten Terfavorit 12

* sumber: empingbanten.wordpress.com

Selain Keripik Getas, ada satu keripik tak biasa lainnya yang bisa kamu beli. Keripik tersebut adalah Ceplis. Ini adalah keripik khas Banten yang dibuat dari bahan dasar emping melinjo. Pada keripik ini, melinjo bakal digepengkan dulu hingga berbentuk pipih; lalu dicetak dan dikeringkan di bawah sinar matahari.

Setelah kering, keripik tersebut bakal digoreng hingga matang. di Banten, Ceplis tersedia dalam beragam rasa. Ada rasa manis, pedas, gurih, dan juga ada rasa balado. Bila ingin membeli buah tangan ini, datang saja ke Toko Emping/Ceplis yang ada di Jalan Di Panjaitan No. 152, Ketileng, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon, Banten 42416.

5. Emping Menes

Catat! Ini 10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Banten Terfavorit 13

* sumber: www.wisataku.id

Serupa dengan Ceplis, buah tangan ini juga dibuat dari bahan melinjo. Pada Emping Menes, melinjo diolah dulu dengan disangrai hingga bagian dalamnya matang. setelah itu, melinjo tersebut bakal ditumbuk hingga bagian kulitnya terkupas, dan bentuknya menjadi pipih.

Sesudah bentuknya pipih, melinjo tersebut dijemur dahulu hingga kadar airnya berkurang. Setelah kadar airnya, melinjo yang sudah menjadi emping itu bisa langsung dibungkus ataupun digoreng terlebih dahulu.

Untuk membeli buah tangan ini, kamu bisa datang ke Kecamatan Menes, Kabupaten Pandenglang, Banten 42262.

6. Bakso Ikan

Catat! Ini 10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Banten Terfavorit 14

* sumber: www.masakanpraktisrumahan.com

Di wilayah selatan Banten, ada satu buah tangan yang bisa kamu beli. Buah tangan itu adalah bakso ikan. Berbeda dengan bakso ikan umumnya, bakso ikan dari selatan Banten ini dibuat dari ikan tuna. Kerennya lagi, ikan tuna yang dipakai itu asli dari Samudera Hindia.

Selain bisa dijadikan buah tanganmu nanti, kamu bisa mencicipi baksonya lebih dulu. Untuk mencobanya, kamu bisa datang ke depot Bakso Ikan Khas Banten di daerah Sukadana, Ciomas, Serang, Banten 42164.

7. Kerupuk Tulang Ikan Bandeng

Catat! Ini 10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Banten Terfavorit 15

Sesuai namanya, kerupuk ini dibuat dari bahan yang unik: tulang ikan bandeng. Tulang ikan bandeng pada kerupuk ini merupakan sisa produksi dari buah tangan khas Banten lainnya: Sate Bandeng. Cara pengolahannya sendiri tak jauh berbeda dengan cara membuat kerupuk pada umumnya.

Kalau ingin membeli buah tangan ini, kamu bisa datang Rumah Bandeng Blivie yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Panancangan, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten 42124. Kebetulan, tempat tersebut merupakan salah satu pusat olahan bandeng, termasuk Kerupuk Bandeng.

8. Gipang

Catat! Ini 10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Banten Terfavorit 16

* sumber: anggisnack.wordpress.com

Bila ingin membeli buah tangan berupa kue, maka kamu bisa menjadikan Gipang sebagai buah tanganmu. Gipang sendiri merupakan kue berbahan dasar beras ketan merah atau ketan putih. Bahan dasar itu kelak dikukus, didinginkan, dan dicuci bersih.

Barulah sesudahnya dijemur hingga kering, digoreng, dan dicampur dengan air gula hingga teksturnya lengket. Gipang memiliki bentuk seperti balok dengan cita rasa yang manis. Saat ini, Gipang sudah tersaji dalam beragam varian rasa. Misalnya: pandan, selai kacang, dan gula merah. Buah tangan ini bisa kamu temukan di sejumlah tempat. Perempatan Ciceri dan Pasar Lama adalah dua tempat di antaranya.

9. Opak

Catat! Ini 10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Banten Terfavorit 17

* sumber: thewonderfulbanten.blogspot.com

Seperti halnya Rengginang, Opak juga ternyata bisa kamu temukan di Banten. Di Banten, Opak memiliki tekstur yang renyah dan kering. Opak di Banten sendiri terbagi atas dua jenis. Pertama, opak yang dibuat dari beras ketan. Dan kedua, opak yang terbuat dari singkong.

Selain dijadikan buah tangan, masyarakat Banten sering memakai Opak sebagai sajian di acara-acara yang sakral. Buah tangan ini bisa kamu beli di selatan Banten. Tepatnya, di Desa Pagelaran yang ada di Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten.

10. Sambal Buroq

Catat! Ini 10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Banten Terfavorit 18

* sumber: resepnusantara.id

Kamu punya kerabat yang suka sambal, dan ingin membawakan sambal untuknya? Kalau ya, beli saja buah tangan satu ini! Sambal Buroq merupakan sambal dengan bahan dasar unik; kulit buah melinjo yang berwarna kemerahan.

Pada sambal ini, kulit melinjo itu bakal dipadukan bersama bawang dan cabai rawit. Sambal Buroq memiliki cita rasa yang pedas, gurih, dan sedikit manis. Sambal ini sangat cocok disantap bersama semur daging, opor, ataupun sajian lezat lainnya.

Di Banten, sambal tak hanya dijadikan buah tangan. Sambal ini sering dijadikan sajian di acara-acara khusus, serta disajikan di sejumlah tempat makan di sana.

Demikianlah beberapa buah tangan khas Banten yang bisa kamu bawa pulang nanti. Semoga membantumu saat hendak membeli buah tangan di Banten nanti. Selamat berbelanja! Nikmati juga kuliner lainnya yang kami rekomendasikan di artikel makanan khas Banten ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram