Inilah 8 Oleh-Oleh Khas Batu yang Selalu Diburu Wisatawan

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 2 Juni 2021

Batu memiliki paket lengkap untuk menarik wisatawan, mulai dari udara yang sejuk dan jauh dari polusi, tempat wisata beragam, dan makanan yang lezat. Rasanya kunjunganmu ke Jawa Timur tidak terasa lengkap jika belum singgah di Batu, Malang.

Ketika berada di Batu Malang, sempatkan dirimu untuk membeli beberapa macam oleh-oleh. Keluyuran akan memberimu rekomendasi oleh-oleh yang biasa dibuar oleh wisatawan. Apa saja kira-kira oleh-oleh khas Batu yang wajib dibeli? Yuk, simak daftar lengkapnya berikut ini.

1. Apel Batu

Apel Batu

* sumber: grosirbuahapel.wordpress.com

Batu mendapat julukan sebagai “kota apel”. Hal tersebut karena kebun buah apel di Batu sangat banyak. Bahkan, buah-buah apel segar banyak dijual di hampir setiap pasar maupun kaki lima yang berada di pinggir jalan.

Apel batu punya rasa yang asam sehingga lebih cocok dijadikan jus atau diolah menjadi cemilan. Warna apel dari Batu ini ada dua macam, yakni hijau dan kombinasi antara merah dan hijau. Jadi, rasanya kurang afdol jika kamu datang ke Batu tanpa membeli apel sebagai oleh-olehnya.

Oh ya, jika kamu ingin merasakan sensasi memetik apel Batu langsung dari pohonnya, baca artikel tempat wisata kebun apel di Malang ini untuk mencari referensi tempatnya.

2. Madu Klanceng

Madu Klanceng

* sumber: umkm.online

Bagi kamu yang ingin memberi oleh-oleh yang bermanfaat untuk penerimanya, belikan saja madu klanceng. Madu yang satu ini berasal dari tawon klanceng, jenis tawon liar yang memang dibudidayakan. Di Batu, ada sentra pembudidayaan tawon klanceng untuk menghasilkan madu berkualitas premium.

Usut punya usut, manfaat yang ditawarkan madu klanceng empat kali lebih banyak dibanding madu biasa. Madu ini bisa dikonsumsi oleh semua orang dari berbagai usia. Untuk anak-anak, madu klanceng dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kecerdasan otak karena di dalam madu ini terdapat Vitamin B Kompleks, Niasin, Asam Folat, Vitamin K, Biotin, dan Asam Pantotenat.

3. Sari Apel

Sari Apel

* sumber: jatisugono.blogspot.com

Sari apel yang dimaksud di sini bukan sari cuka apel ya, guys. Ini merupakan minuman yang dibuat dari buah apel Batu. Tak perlu khawatir soal rasa karena rasanya sendiri manis dan segar. Minuman sari apel ini dijual di hampir semua tempat belanja oleh-oleh khas Batu atau Malang.

Kamu bisa memilih sari apel yang dikemas dalam bentuk gelas atau botol plastik. Semuanya sama-sama enak dan menyegarkan, apalagi jika diminum dalam keadaan dingin. Harga sari apel dari Batu ini terbilang murah sehingga kamu pun bisa membelinya dalam jumlah banyak.

4. Kue Plintiran

Kue Plintiran

* sumber: kuebuatansendiri.wordpress.com

Yang satu ini adalah kue kering yang bisa kamu jumpai di kawasan Batu maupun Malang, namanya adalah kue plintiran. Dinamakan kue plintiran karena bentuknya memang seperti spiral. Kuenya menawarkan rasa legit dan terasa renyah saat digigit.

Kue plintiran adalah oleh-oleh yang sangat tepat untuk dibawa bepergian jauh. Pasalnya, kue ini cukup tahan lama dan tidak mudah basi. Selain membeli kue ini sebagai oleh-oleh, kamu pun bisa menjadikan kue ini sebagai cemilan saat berlibur di Batu, Malang.

5. Ladu

Ladu

* sumber: gunungsari.batukota.go.id

Tak semua orang mengetahui tentang jajanan dari Desa Gunungsari, Batu, Malang ini. Ya, ladu adalah jajanan tradisonal yang dulunya hanya dibuat saat menyambut Idul Fitri saja. Namun kini kamu bisa membeli ladu dengan mudah karena jajanan ini tak hanya dijual musiman saja.

Ladu dibuat dari beras ketan yang direndam selama 24 jam, lalu digiling untuk dijadikan tepung. Masyarakat di Desa Gunungsari lebih memilih untuk membuat tepung beras ketan sendiri untuk mempertahankan cita rasa tradisional jajanan ini. Setelah digiling, tepung beras ketan akan ditumbuk sampai halus dan kalis. Proses menumbuknya pun masih memakai alu, lho.

Usai ditumbuk, adonan akan dicampur dengan gula pasir, lalu dijemur di bawah sinar matahari selama seharian. Setelah kering, adonan akan dipotong dan dipanggang dalam oven selama 10 menit. Hasilnya, ladu punya tekstur yang mirip krupuk tapi rasanya manis. Makanan yang tidak menggunakan bahan pengawet ini bisa bertahan hingga 6 bulan.

6. Pie Apel

Pie Apel

* sumber: www.aremafood.com

Kalau Bali punya pie susu sebagai oleh-oleh yang paling laris, Batu juga punya pie apel yang tak kalah nikmat, lho. Kelezatan pie apel khas Batu ini banyak membuat orang penasaran sehingga tak sabat ingin mencobanya.

Sesuai dengan namanya, pie apel ini terbuat dari apel Batu yang punya rasa asam. Namun, proses pembuatan pie apel ini sangat profesional dengan mengandalkan bahan-bahan berkualitas sehingga rasa apel yang asam bisa terasa manis saat diolah menjadi pie.

Pie apel dari Batu punya tekstur yang lebih tebal dari pie susu Bali. Rasa pie apel ini juga tidak terlalu manis. Pie apel bisa menjadi kudapan yang pas untuk dinikmati bersama dengan secangkir teh atau kopi. Hmm.. Cocok banget dijadikan buah tangan, ya!

7. Malang Strudel

Malang Strudel

Salah satu oleh-oleh khas Batu, Malang, yang cukup kekinian adalah Malang Strudel. Mengingat Batu masih masuk wilayah Malang, tentu tak masalah jika kamu membeli Malang Strudel ini sebagai oleh-oleh. Apalagi kamu tak perlu berkunjung ke Malang untuk membeli kue ini, di tempat belanja oleh-oleh yang berada di Batu juga dijual Malang Strudel kok.

Malang Strudel memiliki berbagai varian, mulai dari green tea, durian, apel, orange, strawberry, choco peanute, peach cheese, nangka, dan masih banyak lagi. Namun, varian yang paling terkenal sudah pasti Malang Studel Apel. Segala olahan apel memang menjadi ciri khas dari Kota Batu maupun Malang.

8. Keripik Buah

Keripik Buah

Batu memang memiliki banyak cemilan khas yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh, salah satunya adalah keripik buah. Buah yang dijadikan keripik bukan hanya buah apel saja, melainkan ada buah nanas, nangka, pisang, mangga, hingga salak. Bahan pembuatan keripik ini memang berasal dari buah asli dan tidak perlu diragukan lagi.

Buah yang dipakai diiris tipis lalu diberi tepung dan digoreng hingga teksturnya renyah. Keripik buah khas Batu bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai buah tangan atau cemilan sendiri. Yuk, beli semua varian keripik buah yang legit ini!

Itulah berbagai rekomendasi oleh-oleh khas Batu, Malang, yang bisa kamu coba. Semua oleh-oleh dari Batu memang berupa makanan. Namun, kalau ingin dibawa bepergian jauh, pilihlah makanan kering yang mudah dibawa dan tahan lama di perjalanan.

Jika ingin mencari buah tangan lain khas Batu dan Malang, baca saja artikel oleh-oleh khas Malang ini untuk menambah referensimu.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram