10 Oleh-Oleh Khas Belitung yang Wajib Untuk Dibeli

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 14 April 2020

Belitung merupakan daerah yang bisa kamu jadikan pilihan tempat untuk menghabiskan liburanmu. Banyaknya tempat wisata (terutama wisata alam) di sana adalah alasannya. Dan bila kamu senang berwisata di sini, pastikan jangan langsung pulang dahulu ya. Kenapa?

Setelah puas menikmati makanan khas Bangka Belitung, kini saatnya untuk membeli oleh-oleh khas di sana. Ya, hitung-hitung untuk menyenangkan orang-orang yang kamu tinggal piknik. Lantas, apa saja sih buah tangan khas di sana yang bisa kamu beli? Kalau kamu penasaran, langsung saja lihat daftarnya di bawah ini:

1. Keripik Siput Gonggong

Keripik Siput Gonggong (Copy)

* sumber: www.kulinerbelitung.com

Keripik biasanya dibuat dari pisang, kentang, maupun singkong namun hal itu tidak berlaku pada keripik satu ini. Keripik ini dibuat dari bahan yang tidak biasa yaitu siput gonggong. Siput gonggong merupakan siput laut yang lazim ditemukan di laut Kepulauan Riau, Bangka, dan Belitung.

Cara mengolah keripik ini tidaklah rumit. Siput gonggong yang telah diambil dari cangkangnya langsung dicuci lalu dikeringkan, digoreng, dan dicampur dengan bumbu-bumbu khusus. Keripik ini bisa kamu jumpai di sejumlah toko oleh-oleh di Belitung.

2. Kerupuk Sukun

Kerupuk Sukun (Copy)

Ingin membawa buah tangan berupa kerupuk berbahan unik? Coba saja beli buah tangan satu ini! Sesuai namanya, ini adalah kerupuk dengan bahan dasar utama buah sukun. Pada keripik ini, sukun akan diolah dulu dengan cara mengupas dan memotong terlebih dahulu buah sukun.

Buah sukun sendiri harus dipotong dengan bentuk bundar tipis. Seusai dipotong, sukun lantas direndam dalam air berkapur sirih dan garam selama 15 menit. Sukun pun lantas langsung digoreng 15 menit setelahnya. Tiriskan sukun sejenak, bila sudah matang. kerupuk sukun pun bisa langsung dikemas dalam plastik ataupun toples.

3. Kerupuk Belitung

Kerupuk Belitung (Copy)

* sumber: www.indonesiakaya.com

Masih mau membeli kerupuk asli Belitung lainnya? Kalau ya, kamu harus coba membeli kerupuk satu ini. Kerupuk asli Belitung ini dibuat dari udang atau ikan tenggiri sebagai bahan utamanya. Bahan utama itu nantinya bakal dicampur dengan sejumlah bahan seperti garam dan tepung terigu.

Tidak sulit menemukan buah tangan satu ini. Kalau kamu berminat, kamu bisa datang ke Jalan Sriwijaya yang ada di wilayah Tanjung Pandan. Di sana, berderet pedagang yang menjual kerupuk satu ini.

4. Getas

Getas (Copy)

* sumber: www.indonesiakaya.com

Buah tangan ini sebetulnya bisa kamu temukan di Palembang ataupun Bangka namun tidak ada salahnya untuk membeli buah tangan ini saat kamu di Belitung nanti. Getas sendiri merupakan sebuah kerupuk berbahan dasar ikan tenggiri dan sejumlah bahan lainnya.

Ciri khas buah tangan ini adalah bentuknya yang bulat, serta warnaya yang putih. Buah tangan ini biasanya disantap bersama dengan cuka pempek. Tak sulit untuk menemukan buah tangan ini. Kamu cukup datang ke toko buah tangan yang ada di sekitaran Belitung.

5. Dodol Belitung

Dodol Belitung (Copy)

Siapa bilang dodol hanya ada di Garut? Belitung pun juga punya makanan sekaligus buah tangan satu ini. Di Belitung, dodol dibuat dari santan ketan yang dicampur bersama dengan bahan-bahan lainnya seperti gula merah, daun pandan dan garam.

Adonan tersebut lantas dicampur lagi dengan tepung ketan yang sebelumnya telah dicampur tepung beras dan santan. Campuran dua adonan itu lantas dimasukkan ke dalam loyang yang sebelumnya sudah diberi alas pisang. Ratakan campuran adonan tersebut dan tiriskan sejenak.

Adonan yang telah menjadi dodol itu nantinya bakal dipotong lantas dimasukkan ke dalam kemasan. Dodol khas Belitung ini memiliki cita rasa yang legit dan padat. Kamu bisa membelinya di sejumlah toko kue bila kamu berminat.

6. Ikan Asin Jambal Roti

Ikan Asin Jambal Roti (Copy)

Selain kerupuk dan dodol, Belitung juga punya oleh-oleh dalam bentuk olahan ikan. Adapun buah tangan tersebut adalah ikan asin jambal roti. Olahan ikan ini dibuat dari ikan mahyung yang lazim ditemukan di perarian Belitung.

Pada olahan ini, ikan mahyung akan digarami dan lantas diawetkan dalam beberapa waktu. Buah tangan ini memiliki cita rasa yang enak, meskipun harganya agak sedikit mahal. Walau mahal, kamu tidak akan menyesal untuk membelinya, mengingat rasanya yang begitu lezat.

7. Belacan

Belacan (Copy)

* sumber: www.indonesiakaya.com

Buah tangan ini merupakan terasi khas daerah Belitung. Buah tangan ini biasanya diproduksi dan ditemukan di desa Sijok alias Sijuk. Bahan dasar buah tangan ini adalah udang rebon yang baru saja ditangkap nelayan.

Udang rebon tersebut nantinya bakal difermentasi dan dicampur dengan sejumlah bahan. Seperti: cabai merah, bawang merah, bawang putih, terasi Bangka, tomat, gula merah, dan garam. Buah tangan ini sangat cocok untuk dijadikan bumbu masak dirumah.

8. Sambal Lingkung

Sambal Lingkung (Copy)

* sumber: belbangka.blogspot.com

Kalau kamu pecinta pedas, buah tangan ini amat layak untuk dibeli. Sambal Lingkung merupakan sambal berbahan dasar ikan yang diramu bersama bahan-bahan lain seperti santan, daun salam, daun jeruk dan sebagainya.

Secara tampilan, buah tangan ini mirip sekali dengan abon. Untuk cita rasa, buah tangan ini rasanya cukup gurih, dengan rempah-rempah yang begitu kaya di lidah. Buah tangan ini amat cocok untuk disantap bersama dengan nasi ataupun lauk pauk lainnya.

9. Sirup Jeruk Kunci

Sirup Jeruk Kunci (Copy)

Belitung tak hanya punya buah tangan berupa makanan tapi minuman pun juga ada di pulau satu ini. Adapun salah satunya adalah Sirup Jeruk Kunci. Dan sesuai namanya, ini merupakan sebuah sirup dengan bahan dasar jeruk kunci.

Jeruk kunci sendiri dipakai karena khasiatnya yang baik, jenis buah jeruk ini diyakini dapat menyembuhkan pilek. Harga sirup ini tergolong bervariasi. Satu botolnya bisa dibanderol dengan harga mulai Rp15.000 hingga Rp20.000.

Selain berkhasiat, buah tangan ini cukup awet saat dibawa pulang nanti. Kalau kamu mau membeli buah tangan ini, datang saja ke toko Rumah Jeruk yang ada di Jalan Jenderal Sudirman No. 57 A, Perawas, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung.

10. Batu Satam

Batu Satam (Copy)

Tak hanya makanan dan minuman, Belitung pun juga memiliki souvenir sebagai buah tangan. Batu Satam adalah salah satunya. Ini adalah sebuah batuan khas Belitung, utamanya di wilayah Belitung Timur.

Batu ini terbentuk dari meteor yang tertabrak lapisan bumi yang mengandung timah tinggi pada jutaan tahun lalu. Ciri khas Batu ini adalah bentuknya yang lonjong, bulat, dan berwarna kehitaman. Konon, batu ini memiliki sejumlah khasiat seperti penangkal racun dan juga penangkal jin.

Harga jenis batu ini tergolong mahal; mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah. Kendati mahal, kamu tak bakal menyesal untuk membelinya, mengingat keindahan dan khasiat yang ada pada batu ini.

Belitung memiliki buah tangan khas yang bisa dibeli. Sepuluh di antaranya sudah kami beritahukan di atas. Jadi, kalau kamu piknik ke Belitung, jangan langsung buru-buru pulang kampung. Cobalah beli salah satu atau beberapa di antara huah tangan di atas. Semoga bermanfaat.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram