10 Oleh-Oleh Khas Bogor yang Wajib untuk Dibawa Pulang

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Menjadi salah satu kota besar di Provinsi Jawa Barat, Kota Bogor dengan julukannya sebagai “Kota Hujan” memiliki beberapa daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Beberapa tempat terkenal di Kota Bogor menyajikan panorama alam yang tak ada tandingannya, seperti misalnya Perkebunan Teh Gunung Mas, hingga Puncak Bogor.

Suasananya yang asri serta damai dijamin akan membuat para pelancong betah berlama-lama di Kota Bogor. Tak hanya kaya akan keindahan alam, Kota Bogor juga memiliki banyak sekali kafe-kafe unik yang cozy untuk berkumpul bersama teman dan keluarga. Selain itu ada apalagi? Ya! Kulinernya yang khas!

Bogor dikenal memiliki makanan khas yang sangat lezat, lho. Makanan-makanan tersebut sangat cocok dijadikan buah tangan atau oleh-oleh bagi kamu para pelancong yang berkunjung ke Kota Bogor. Kira-kira, oleh-oleh apa saja yang menjadi rekomendasi untuk kamu bawa selepas dari Bogor? Simak pemaparannya di bawah ini.

1. Talas Bogor

Talas Bogorpie talas bogor

Menjadi salah satu kota yang memiliki tingkat kesuburan tanah yang baik, Kota Bogor sudah terkenal ke berbagai daerah sebagai penghasil umbi talas dengan kualitas yang baik pula. Talas ini biasa disebut sebagai “Talas Bogor”.

Berbeda dengan talas pada umumnya, Talas Bogor memiliki ukuran yang lebih besar. Umbi talas ini bisa dengan mudah kamu jumpai di beberapa titik di pusat kota. Akan tetapi, perlu kamu ketahui bahwa membeli Talas ini harus dengan ilmunya, ya.

Kamu harus pintar dalam memilih umbi talas yang hendak dibeli. Pastikan umbi talas tersebut sudah matang sempurna dengan ciri-ciri dagingnya berwarna keabuan dan aroma talasnya yang menyengat.

Talas ini sangat direkomendasikan untuk kamu jadikan sebagai oleh-oleh khas Kota Bogor karena harganya yang murah dan mudah dijumpai.

2. Asinan Khas Bogor

asinan bogor

* sumber: craftlog.com

Selain Talas, Bogor juga terkenal dengan asinan khasnya yang memiliki rasa pedas, asam dan menyegarkan. Asinan khas Bogor ini terbuat dari buah dan sayuran yang ditambahkan bumbu khas sehingga menyehatkan dan menyegarkan tubuh.

Karena rasanya yang menyegarkan, asinan ini sangat cocok disantap saat siang hari. Rasa pedas yang terdapat pada kuahnya merupakan rasa alami dari cabai merah yang dimasukkan dengan jumlah yang cukup banyak.

Meskipun demikian, asinan Bogor ini tetap memiliki rasa yang juara sehingga menjadi salah satu makanan paling populer yang dicari para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

3. Papapia

Papapia

Mendengar namanya, mungkin kamu akan merasa sedikit asing dan aneh. Ya, memiliki nama Papapia, kue Pia ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan kue Pia pada umumnya yang biasa kamu temukan di kota-kota lain di Indonesia.

Papapia memiliki beberapa varian isi yang lezat dan mampu menggoyang lidahmu sehingga tak ingin berhenti untuk memakannya. Ada yang unik dari isian Papapia ini yaitu Talas yang memberikan tekstur lembut namun renyah di dalamnya.

Papapia khas Kota Bogor ini sudah dikemas sebaik mungkin sehingga praktis untuk dibawa sebagai buah tangan oleh para pelancong.

4. Bika Bogor

Bika Bogo

Jika biasanya kamu menjumpai Bika Ambon yang merupakan makanan khas Medan, di Bogor juga kamu bisa menjumpai Bika yang tak kalah enaknya. Berbeda dengan Bika Ambon, Bika Bogor memiliki bahan dasar umbi talas, lho.

Meskipun demikian, rasa yang ditawarkan dari Bika Bogor ini sangatlah lezat ditambah beberapa varian rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera, seperti coco pandan, green tea, coklat, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, kamu juga tak perlu khawatir dengan warna bikanya yang mencolok karena Bika Bogor dibuat menggunakan bahan alami tanpa pengawet dan bahan berbahaya lainnya.

Jika kamu tertarik dengan Bika Bogor, maka disarankan membeli di salah satu toko Bika Bogor yang sudah terkenal kelezatannya yaitu Bika Bogor Talubi. Toko kue ini terletak di Jalan Raya Pajajaran No. 20 M

5. Roti Unyil

Roti Unyil

Siapa sih yang tak kenal Roti Unyil? Hampir semua orang sudah mengenalnya karena Roti yang satu ini memiliki keunikan dengan bentuknya yang “Unyil” atau mini. Meskipun memiliki bentuk yang mini, akan tetapi soal rasa, Roti ini tak kalah enak dari roti biasanya.

Roti Unyil khas Bogor patut kamu bawa sebagai oleh-oleh karena memiliki rasa yang lezat dan isiannya yang beragam dimulai dari sosis, bakso, keju, coklat, dan masih banyak lagi. Bentuknya yang mungil ini memudahkan siapa saja memakannya dalam satu gigitan.

Roti Unyil yang paling populer di Kota Bogor adalah Roti Unyil Venus yang terletak di Ruko V Point, Jalan Raya Pajajaran No. 01.

6. Strudel Bogor

Strudel

Strudel merupakan makanan berupa pastry berlapis yang memiliki berbagai jenis isian lezat. Strudel ini adalah makanan yang cukup populer bagi kaum bangsawan yang saat ini dapat dinikmati oleh siapapun tak terkecuali kamu.

Di Bogor, terdapat sebuah tempat yang menjual Strudel khas Bogor yang sangat lezat yaitu di Jalan Raya Pajajaran No. 3F, Baranangsiang. Isi dari Strudel tersebut beragam, mulai dari aneka buah-buahan, cokelat, talas, hingga bakso dan asinan.

7. Lapis Talas

Lapis Talas

Oleh-oleh khas Bogor yang satu ini adalah makanan yang sudah terkenal ke berbagai daerah di Indonesia. Meskipun demikian, tetap saja makanan yang dibeli di daerah aslinya merupakan makanan yang paling original dan nikmat.

Ya, Lapis Talas namanya karena dibuat dengan Umbi Talas sebagai bahan dasarnya. Memiliki rasa yang manis dan lezat, teksturnya pun sangat lembut dan mudah dikunyah sehingga cocok dikonsumsi oleh semua kalangan.

8. Keripik Talas

Keripik Talas

Tak hanya bisa dibuat kue, Talas Bogor juga banyak diolah menjadi makanan ringan berupa keripik yang memiliki rasa gurih yang khas. Keripik Talas ini menjadi salah satu makanan yang wajib kamu bawa sebagai buah tangan.

Keripik talas dibuat dengan cara memotong buah Talas dengan ukuran yang tipis berbentuk stik dan kemudian menggorengnya hingga memiliki tekstur yang renyah. Keripik talas ini tentu memiliki kelezatan yang tak kalah dari keripik lainnya.

Kamu bisa membeli keripik Talas di beberapa titik tempat yang menjual oleh-oleh khas Bogor dengan berbagai ukuran dan harga.

9. Pie Talas

pie talas bogor

 

Masih berbahan dasar umbi Talas, kali ini buah Talas diolah menjadi makanan modern berupa pie. Ya, pie merupakan kue pastry yang dibuat menggunakan cetakan khusus dan kemudian ditambahkan fla di dalamnya.

Pie talas dimasak dengan teknik khusus sehingga memiliki rasa lezat dan tekstur yang sangat lembut. Memiliki rasa yang manis dan ukurannya yang mini, Pie talas ini sangat cocok dijadikan buah tangan untuk diri sendiri atau dihadiahkan kepada orang terkasih.

10. Makaroni Panggang

Makaroni panggang.

Jika biasanya makaroni dikonsumsi dengan cara digoreng, maka makaroni yang satu ini diolah dengan cara yang lain. Makanan yang menjadi salah satu oleh-oleh khas Bogor yang sudah populer ini adalah Makaroni panggang.

Biasanya makaroni ini diolah dengan campuran keju dan daging yang kemudian dipanggang secara bersamaan hingga matang. Memiliki rasa gurih, makaroni panggang ini cocok dikonsumsi sebagai makanan pembuka atau Appetizer.

Itu dia beberapa referensi oleh-oleh khas Bogor yang wajib kamu bawa setelah mengunjungi Kota Hujan ini. Oleh-oleh tersebut dijamin pasti disukai olehmu karena benar-benar memiliki kualitas serta rasa yang bintang lima dan akan membuatmu ketagihan.

Tapi, Bogor ini bukan hanya memiliki oleh-oleh khas saja, karena ada berbagai macam tempat wisata romantis yang wajib kamu kunjungi bersama pasangan saat ke Bogor. Ingin tahu? Langsung kunjungi artikel 10 Tempat Romantis di Bogor ini.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *