10 Oleh-Oleh Khas Brebes yang Mesti Kamu Bawa Pulang

Kota Brebes adalah salah satu kabupaten yang cukup luas yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kota Brebes sering menjadi tempat persinggahan karena berada di jalur mudik Pantura. Tapi tahukah kalian kalau Kota Brebes juga ternyata memiliki beberapa tempat wisata yang bisa didatangi loh. Sebut saja  seperti Air Terjun rayon Canyon, hutan mangrove Kaliwlingi dan banyak lagi.

Nah, jika sudah mendatangi tempat-tempat wisata di Brebes jangan lupa untuk membeli oleh-oleh juga dong. Salah satu oleh-oleh Kota Brebes yang wajib sekali kamu bawa pulang tentu telur asinnya yang khas. Tapi selain telur asin, ternyata ada banyak jenis kuliner dan kerajinan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh dari Kota Brebes loh.

Kali ini kita akan mencari tahu, apa saja sih oleh-oleh khas Kota Brebes yang bisa kamu bawa pulang kerumah. Informasi lebih lengkapnya bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Telur Asin Rasa Udang

Telur Asin Rasa Udang

Telur Asin sudah menjadi oleh-oleh khas Brebes yang paling umum dibawa pulang. Biasanya orang-orang membawa pulang telur asin bakar atau telur asin biasa khas Brebes. Selain kedua jenis telur asin tadi ada juga telur asin rasa udang. Telur asin ini tidaklah berbeda dari telur asin biasa, hanya cita rasa udang ini merupakan inovasi dari telur asin biasa.

CIta rasa udang dalam telur asin ini ternyata didapatkan dari bebek atau itik yang diberikan pangan tepung udang. Cara lainnya adalah dengan menambahkan tepung udang saat melakukan proses pengasinan. Dari situlah telur memiliki wangi dan cita rasa udang yang khas, kamu bisa mendapatkan telur ini di banyak sentra oleh-oleh khas Brebes.

2. Kerupuk Telur Asin

Kerupuk Telur Asin

Jika kamu merasa membawa telur asin terlalu ribet, kamu bisa menggantinya dengan membawa kerupuk telur asin. Kerupuk ini merupakan inovasi cemilan enak dan sehat yang terbuat dari telur asin. Kerupuk ini 100% terbuat dari telur asin loh, bukan dari tepung atau bahan kerupuk lainnya. Telur asin biasa akan di iris berbentuk bulat lalu di jemur hingga kering lalu digoreng hingga matang.

Kerupuk telur asin ini memiliki kandungan protein yang bagus untuk tubuh. Bentuk kerupuk ini bulat dengan warna kuning di bagian tengahnya dan rasanya sangat unik. Harga kerupuk ini juga relatif murah, kamu bisa membeli kerupuk ini dengan harga mulai Rp10.000.

3. Ikan Bandeng

Ikan Bandeng

Saat kamu datang ke Kota Brebes, pemandangan yang paling sering kamu temui adalah banyaknya penjual Bandeng. Ikan Bandeng menjadi salah satu oleh-oleh khas Brebes yang cocok untuk kamu berikan pada orang tua di rumah. Kamu bisa mengolah ikan bandeng menjadi berbagai menu yang lezat dan dinikmati bersama keluarga.

Kamu bisa menemukan penjual ikan bandeng di berbagai tempat di Kota Brebes, seperti di pasar-pasar tradisionalnya. Harga dari ikan bandeng ini juga bervariasi, tapi kamu bisa tawar menawar dengan pedagang jika membeli dalam jumlah banyak.

4. Kerupuk Tulang Bandeng

Kerupuk Tulang Bandeng

Oleh-oleh khas Brebes lainnya yang juga sangat terkenal adalah kerupuk tulang ikan bandeng. Pada umumnya, tulang ikan biasanya akan langsung dibuang karena sudah menjadi limbah. Tapi di Brebes, tulang-tulang ikan ini justru diolah dan menjadi bahan baku untuk membuat kerupuk. Kerupuk ini memiliki banyak manfaat seperti menjaga kesehatan tulang, memperkuat gigi dan pembekuan darah.

Tulang-tulang bandeng ini akan dikukus selama 1 jam agar teksturnya menjadi tidak terlalu keras. Tulang yang sudah dikukus akan di blender hingga halus dengan bahan-bahan lainnya seperti tepung tapioka dan terigu. Kerupuk ini sudah banyak dijual di banyak toko-toko yang menjual oleh-oleh khas Brebes dan harganya pun sangat terjangkau.

5. Abon Ikan Bandeng

Abon Ikan Bandeng

Olahan ikan bandeng lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk orang rumah adalah abon ikan bandeng. Kita pasti familiar dong dengan berbagai merk abon daging sapi yang banyak dijual dipasaran, tapi abon bandeng pasti jarang. Nah, kamu bisa membawa pulang abon bandeng sebagai lauk yang bisa dinikmati bersama keluarga di rumah.

Abon ikan bandeng ini menjadi varian kuliner terbaru dari olahan ikan bandeng khas kota Brebes. Abon ikan bandeng teksturnya mirip dengan abon sapi, rasanya pun sangat gurih dan enak banget. Di Brebes sendiri ikan bandeng memang cukup melimpah, sehingga sangat mudah menemukannya.

6. Ikan Serinding Crispy

Ikan Serinding Crispy

Satu lagi kuliner Brebes yang akan sering kamu temukan di berbagai toko oleh-oleh khas Brebes yaitu Ikan seringing crispy. Jajanan ini juga menjadi salah satu kuliner yang banyak beli oleh para wisatawan loh. Seperti namanya, kuliner ini adalah olahan ikan seriding yang diberikan bumbu dan dibuat dalam versi krispi.

Di Kota Brebes, ikan serinding adalah jenis ikan yang banyak ditemukan di daerah pesisir utara. Jajanan ikan serinding crispy ini dibuat dengan berbagai varian rasa yang bisa kamu pilih loh. Soal harga jangan khawatir, jajanan ini memiliki harga yang sangat bersahabat dengan kantong kok.

7. Bawang Merah

Bawang Merah

Saat berkunjung ke Kota Brebes, hal yang paling mudah kamu temui adalah begitu banyaknya tanaman bawang merah. Petani bawang merah memang sangat banyak di Kota Brebes, karena memang itu adalah mata pencaharian utamanya. Bawang merah hidup dengan subur di Brebes, karena tanah dan udaranya memang subur.

Selain kamu bisa membawa pulang bawang merah utuh, kamu juga bisa membawa pulang bawang merah goreng. Bawang merah khas brebes ini memiliki wangi yang khas dengan rasa gurih yang menggugah selera untuk makan. Kamu bisa menemukan bawang merah goreng di berbagai sentra oleh-oleh khas Brebes.

8. Batik Brebes

Batik Brebes

Satu kerajinan tangan yang tidak bisa lepas dari tradisi masyarakat Indonesia, yaitu kerajinan batik. Tahu tidak sih kalau Kota Brebes juga memiliki batik tulis sendiri yang sudah turun temurun. Batik Salem adalah batik khas Brebes yang sudah aja sejak ratusan tahun lalu atau sejak abad ke 19.

Hingga sekarang sudah ada sekitar 60 motif Batik Salem yang dijual di pasaran sebagai batik Khas Kota Brebes. Tapi ada tiga motif Batik Brebes yang paling disukai dan menjadi best seller, yaitu motif kopi pecah, manggar dan sawat rantai. Kamu bisa membeli batik ini di butik-butik atau di sentra kain batik yang ada di Kota Brebes.

9. Anyaman Khas Gunung Tajem

Anyaman Khas Gunung Tajem

Selain kuliner dan batik, Kota Brebes juga memiliki kerajinan tangan yaitu anyaman bambu khas Gunung Tajen. Anyaman bambu ini memiliki banyak bentuk terutama barang-barang untuk keperluan rumah tangga. Seperti cepon, kipas, topi, dan produk lainnya, yang susah kamu temui di kota-kota besar.

Seperti namanya, anyaman ini memang berasal dari Desa Gunung Tajem, Kecamatan Salem, Brebes. Kerajinan ini memiliki harganya cukup bervariasi tergantung dari jenis dan besarnya produk anyamannya. Kerajinan tangan khas Gunung Tajem ini bisa kamu jadikan hiasan di rumah atau digunakan sehari-hari pun bisa.

10. Keramik Hias

Keramik Hias

Di Kota Brebes ada satu desa yang dikenal sebagai sentra kerajinan keramik hiasnya yang sangat indah. Penasaran? Desa kerajinan keramik hias ini ada di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes.

Keramik Desa Malahayu ini dikenal kaya akan seni dan sangat artistik, keramik ini menyerupai keramik-keramik asal China. Sayangnya nih meski memiliki nilai seni yang tinggi, kerajinan keramik ini belum bisa menembus pasar luar negeri. Alasannya karena para pengrajin tidak memiliki modal untuk bisa menjual keramik hingga keluar Indonesia.

Bagaimana, sudah punya ide saat pulang nanti mau bawa oleh-oleh apa buat orang rumah? Selain 10 oleh-oleh yang sudah kita bahas tadi, masih banyak jenis oleh-oleh lainnya yang bisa kamu dapatkan di Brebes. Hal terpenting saat membeli oleh-oleh adalah memilih produk dengan teliti, selalu melihat tanggal kadaluwarsa dan kualitas barang.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram