Keluyuran / Cilegon / Beragam Oleh-Oleh Khas Cilegon yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Beragam Oleh-Oleh Khas Cilegon yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Desember 2019

Salah satu kota di provinsi Banten yang banyak memiliki destinasi wisata adalah Cilegon. Kota industri ini memang sudah terkenal karena banyak destinasi pantai yang indah. Tidak heran jika Cilegon akan terasa padat terutama pada akhir pekan. Selain dikenal sebagai kota industri, Cilegon juga dikenal sebagai ‘pintu gerbang’ pulau Jawa karena letaknya yang berada di sisi paling barat pulau Jawa.

Maka dari itu, selain padat karena wisatawan, Cilegon juga padat karena arus distribusi barang dari luar pulau yang dikirim melalui kapal. Selain bisa menikmati wisatanya, berkunjung ke suatu tempat tidak lengkap jika tidak menikmati oleh-olehnya juga.

Nah, jika kamu akan berkunjung ke Cilegon atau sedang berada di Cilegon, kota ini memiliki beragam oleh-oleh khas yang menarik untuk dibeli. Supaya kamu tidak bingung mau beli oleh-oleh apa di Cilegon, berikut beberapa rekomendasinya dari kami.

1. Batik Krakatoa

Batik Krakatoa (Copy)

* sumber: www.batikkrakatoacilegon.com

Sama seperti daerah lainnya, Cilegon juga punya batik khas yang menarik untuk oleh-oleh. Karena Cilegon berdekatan dengan gunung Krakatau di Selat Sunda, sehingga nama Krakatoa dipakai untuk nama batik khas Cilegon supaya lebih mudah diingat.

Saat ini, batik Krakatoa sudah memiliki puluhan motif yang menggambarkan sesuatu yang khas dengan Cilegon. Motif-motif batik Krakatoa meliputi motif Masjid Agung Cilegon, motif sate bandeng, motif sate bebek cibeber, motif kapal, motif rampak bedug, hingga motif Landmark Cilegon. Batik ini terbuat dari bahan yang bervariasi, mulai dari sutra, fiskos, dobi, dan primis.

Ini adalah jenis batik yang paling banyak dicari wisatawan saat berkunjung ke Cilegon. Bahkan batik Krakatoa sudah menembus pasar Asia lho! Jika kamu tertarik untuk membawa pulang batik Krakatoa, kamu bisa membelinya di Link. Kadipaten, Kelurahan Kedaleman, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon.

2. Batik Lereng Lesung

Batik Lereng Lesung (Copy)

* sumber: infobatik.id

Selain batik Krakatoa, kamu juga bisa membeli oleh-oleh batik lainnya dari Cilegon yaitu batik Lereng Lesung. Bagi kamu pecinta kain batik, jangan sampai melewatkan batik yang satu ini ya! Batik Lereng Lesung memiliki filosofi makna yang sangat mendalam dan unik. Tepatnya, batik Lereng Lesung menggambarkan simbol-simbol khas Cilegon yang indah.

Pertama, ada motif lesung yang berarti kapal, yang mencerminkan Cilegon adalah kota pelabuhan sebagai penggerak ekonomi dan pariwisata. Simbol rumput laut mencerminkan letak geografis Cilegon yang berdekatan dengan laut yang berarti kota yang dinamis. Selain itu ada juga simbol kubah masjid yang mencerminkan kepercayaan warga Cilegon.

Simbol roda gerigi yang mencerminkan Cilegon sebagai kota industri besar. Serta simbol bunga mawar dan melati yang mencerminkan flora dan fauna Cilegon. Batik Lereng Lesung memiliki enam warna yang bisa kamu pilih yaitu warna merah, hijau, biru, kuning, ungu, dan cokelat.

3. Miniatur Landmark Kota Cilegon

Miniatur Landmark Kota Cilegon (Copy)

* sumber: www.blanja.com

Biasanya suatu kota memiliki ciri khas berupa landmark atau tugu. Cilegon juga memiliki sejenis tugu yang kini menjadi ciri khas kota baja ini, yaitu landmark kota Cilegon. Jika kamu ingin mencari pajangan atau hiasan untuk di rumah, kamu bisa memilih miniatur landmark Cilegon ini. Landmark kota Cilegon ini tersedia dalam dua warna yaitu warna emas dan silver.

Umumnya dikemas dalam wadah seperti plakat yang dilapisi kaca. Jika kamu tertarik untuk membelinya, kamu bisa mengunjungi pusat inkubator dan klinik UKM di daerah Kedaleman, kota Cilegon. Atau kamu juga bisa mengunjungi salah satu pusat oleh-oleh Cilegon yang ada di sekitar Jalan Lingkar Selatan, Cibeber, kota Cilegon.

4. Emping

Emping (Copy)

* sumber: www.fimela.com

Selain barang, oleh-oleh yang paling tidak bisa dilewatkan adalah makanan. Nah, salah satu makanan ringan yang cocok banget dijadikan camilan maupun teman makanan sehari-harimu adalah emping. Emping adalah camilan seperti keripik yang terbuat dari melinjo. Emping yang dihancurkan dan dibentuk menjadi sangat tipis ini dijemur hingga menjadi sangat kering.

Setelah emping kering, camilan ini digoreng hingga renyah dan ditambahkan dengan bumbu beraneka rasa. Salah satu merek emping yang populer dijadikan oleh-oleh khas Cilegon adalah Emping Ceplis manis pedas. Warnanya yang sangat menggoda selera dan rasanya yang gurih pasti akan membuat kamu ketagihan.

Jika kamu tertarik untuk membeli emping ini, kamu bisa membelinya di toko yang ada di daerah Jalan Lingkar Selatan, Cibeber, kota Cilegon.

5. Kue Gipang

Kue Gipang (Copy)

* sumber: www.goodnewsfromindonesia.id

Kalau kamu ingin mencicipi oleh-oleh yang rasanya manis, kamu bisa membeli kue gipang. Kue gipang adalah makanan ringan yang terbuat dari beras ketan, asam jawa dan gula yang dilapisi sejenis selaI kacang. Sehingga membuat rasa kue ini manis, gurih, dan tentunya sangat enak. Kue gipang memiliki bentuk persegi panjang dengan ukuran yang cukup tebal.

Umumnya kue gipang dikemas di dalam toples. Selain dijadikan sebagai oleh-oleh, kue gipang ini ramai diburu pelanggan saat Lebaran. Uniknya, kue gipang memiliki tekstur yang sedikit lengket seperti karamel. Jika kamu ingin membelinya, kamu bisa menemukan makanan ini di daerah Bentola, Kelurahan Bulakan, Cibeber, kota Cilegon.

6. Gegetas

Gegetas (Copy)

Selain emping, jenis keripik lainnya yang populer dijadikan sebagai oleh-oleh khas Cilegon adalah gegetas. Gegetas merupakan keripik beras yang dicampur dengan kelapa dan bumbu-bumbu khas lainnya. Bentuknya mirip dengan emping, namun gegetas memiliki tekstur yang sedikit lebih keras tapi tetap enak dan gurih.

Kini, gegetas juga tersedia dalam varian rasa seperti balado yang dapat kamu beli di toko oleh-oleh di daerah Jombang Wetan, kota Cilegon. Camilan ini sangat nikmat untuk pelengkap makanan berkuah maupun untuk camilan di rumah.

7. Kue Engkak

Kue Engkak (Copy)

Selain gipang, jenis kue lainnya yang populer dijadikan oleh-oleh khas Cilegon adalah kue engkak. Kue engkak adalah kue lapis legit yang sudah dikonsumsi secara turun temurun. Rasanya tidak perlu diragukan lagi, manis dan legit, yang pasti bisa bikin kamu ketagihan lho!

Tekstur kuenya yang kenyal, dan bentuknya yang tebal ini cocok banget dijadikan sebagai makanan pengganjal lapar. Jika kamu tertarik, kamu bisa membelinya di salah satu toko oleh-oleh khas Cilegon yang berada di Jalan Lingkar Selatan, Cibeber, kota Cilegon.

8. Bakso Ikan Lele

Bakso Ikan Lele (Copy)

* sumber: resephariini.com

Jika biasanya kita menikmati lele dengan sambal pecel atau digoreng biasa, kali ini ada olahan ikan lele yang dijadikan oleh-oleh khas Cilegon. Apakah kamu pernah mendengar tentang bakso ikan lele? Nah, jika belum, kamu wajib mencicipi bakso ikan lele ini.

bentuk baksonya seperti bentuk bakso pada umumnya, namun karena tebuat dari daging ikan lele, warna bakso ini putih. Jika kamu pensaran dengan rasanya, kamu bisa mengunjungi toko oleh-oleh Keneke yang berada di Jalan Lingkar Selatan, Cibeber, kota Cilegon.

9. Kerupuk Dapros

Kerupuk Dapros (Copy)

* sumber: www.gotravelly.com

Cilegon punya kerupuk yang memiliki bentuk unik, yaitu kerupuk dapros. Kerupuk dapros merupakan kerupuk yang terbuat dari tepung terigu. Yang mencari daya tarik kerupuk ini adalah bentuknya yang cantik seperti bunga yang sedang mekar. Tekstur kerupuk ini sangat renyah, gurih, dan umumnya memiliki warna cerah seperti warna kuning atau pink.

Kerupuk dapros biasanya disajikan saat lebaran dan paling nikmat dijadikan sebagai camilan di rumah. Jika kamu ingin membelinya, kamu bisa mengunjungi toko oleh-oleh Cilegon yang berada di  daerah Jalan Lingkar Selatan, Cibeber, kota Cilegon.

10. Sate Bandeng

Sate Bandeng (Copy)

* sumber: pesona.travel

Selain camilannya, Cilegon juga punya oleh-oleh khas yang cocok dijadikan sebagai lauk yaitu sate bandeng. Sate yang terbuat dari ikan bandeng yang sudah dibuang durinya ini merupakan oleh-oleh makanan paling populer lho! Terdapat dua jenis sate bandeng, yaitu yang dibakar dan yang dipresto.

Tekstur daging sate bandeng ini sangat lembut dan yang pasti kamu tidak akan kerepotan makan ikan ini karena durinya sudah dihilangkan. Sate bandeng ini cukup awet karena sudah diproses melalu pembakaran. Umumnya, satu sate bandeng memiliki ukuran yang cukup besar sehingga cocok dinikmati bersama keluarga.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Cilegon. Buat kamu yang sedang berada di Cilegon, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh tersebut ya! Dengan membeli oleh-oleh dari suatu daerah itu sama saja kita telah mendukung produk lokal sekaligus membuat kita mengetahui budaya melalui produk yang dibeli.

Apakah kamu pernah membeli salah satu oleh-oleh khas Cilegon seperti di atas? Kamu bisa bercerita dengan kami di kolom komentar ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *