Keluyuran / Depok / 10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Depok yang Bikin Kalap Belanja

10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Depok yang Bikin Kalap Belanja

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Oktober 2019

Belanja oleh-oleh adalah kegiatan yang biasa dilakukan ketika kita berkunjung ke suatu kota atau negara. Pasalnya, setiap daerah pasti memiliki barang atau makanan unik yang bisa dijadikan buah tangan untuk kerabat dan keluarga terkasih.

Sama halnya ketika berkunjung ke Depok, belanja oleh-oleh adalah kegiatan yang wajib kamu lakukan di sana. Ada banyak makanan unik yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh. Kali ini, Keluyuran akan mengajakmu untuk hunting oleh-oleh khas Depok yang pastinya bakal membuatmu kalap belanja!

1. Belimbing Dewa

Belimbing Dewa

*Sumber: https://twitter.com/dispertan/status/1023329634677477376

Selain mendapat julukan sebagai ‘kota petir’, Depok juga punya julukan sebagai ‘kota belimbing’. Julukan ini diberikan karena Depok merupakan wilayah penghasil belimbing yang cukup melimpah. Jenis belimbing yang dihasilkan Kota Depok sebagian besar adalah belimbing dewa yang notabene punya ukuran lebih besar dari belimbing lain.

Kamu bisa mendapatkan belimbing dewa ini di pasar tradisional sampai dengan pedagang belimbing yang biasa membuka lapak di pinggir jalan. Buah belimbing ini sangat kami rekomendasikan sebagai oleh-oleh yang wajib kamu beli, terutama jika perjalananmu kembali ke kota asal tidak memakan waktu lama agar kesegaran belimbing tetap terjaga.

2. Dodol Belimbing

Dodol Belimbing

* sumber: photo.trubus.id

Tak hanya menjual buah belimbing dewa utuh, Kota Depok juga menawarkan makanan olahan belimbing dewa. Salah satu makanan olahan belimbing yang paling terkenal adalah dodol belimbing. Buah belimbing dewa yang rasanya manis diolah sedemikian rupa hingga menjadi dodol, cemilan khas Indonesia yang pasti bakalan kamu sukai.

Dodol belimbing memiliki rasa manis alami mengingat bahan utamanya, belimbing dewa, memang sudah memiliki rasa yang manis. Tekstur dodol yang kenyal berpadu dengan rasa yang legit sehingga membuat siapapun pasti ketagihan saat menyantapnya.

3. Emping Melinjo

Emping Melinjo

* sumber: www.agrowindo.com

Sejatinya, emping melinjo memang bisa ditemukan di hampir setiap daerah. Namun, Kota Depok punya cara unik dalam mengolah emping melinjo. Ya, di sini emping melinjo diolah menjadi berbagai macam rasa, mulai dari asin, manis, sampai dengan pedas. Emping melinjo yang dijual juga bervariasi ukurannya.

Kalau kamu ingin membeli oleh-oleh yang terbilang awet dan tahan lama, beli saja emping melinjo khas Depok ini. Makanan ini rata-rata diolah secara homemade sehingga cita rasanya masih benar-benar murni dan khas rumahan banget.

4. Dodol Jambu Merah

Dodol Jambu Merah

* sumber: acc-ukm.blogspot.com

Usai mencicipi dodol belimbing yang rasanya legit, cobalah untuk membeli dodol jambu merah. Dodol yang juga dibuat di Depok ini menawarkan cita rasa yang berbeda dengan dodol belimbing. Namun, keduanya sama-sama menawarkan rasa manis yang bikin nagih.

Bukan cuma lezat, dodol jambu merah ternyata juga menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan, lho. Adapun manfaat yang ditawarkan oleh dodol jambu merah ini antara lain adalah menurunkan hipertensi, meredakan diare, dan mencegah sembelit.

Dodol jambu merah ini banyak dijual di toko oleh-oleh yang berada di Kota Depok. Jadi, tak sulit kok untuk mencari makanan unik yang  satu ini.

5. Jus Rumput Laut

Jus Rumput Laut

* sumber: sarilemonjusmurni.blogspot.com

Bagaimana cara kamu menikmati rumput laut? Ada yang sering menikmati rumput laut kering sebagai snack, ada juga yang menikmati rumput laut dengan cara diolah menjadi sup, ramen, atau sushi. Nah, kalau kamu adalah penggemar rumput laut, kamu wajib mencoba jus rumput laut khas Depok.

Jus rumput laut adalah salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Depok yang wajib kamu beli. Rumput laut segar diolah menjadi jus dan ditambah dengan pemanis alami untuk memberikan rasa manis. Jus ini sangat cocok diminum dalam keadaan dingin.

Di balik kesegaran yang ditawarkan, ternyata jus rumput laut juga menyimpan sejumlah manfaat, salah satunya adalah meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh untuk mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

6. Nastar Belimbing

Nastar Belimbing

* sumber: shopee.co.id

Siapa yang bisa menolak kelezatan kue nastar? Kue kering yang satu ini memang selalu menjadi idola, terutama jika disuguhkan pada hari raya. Apabila kamu berkunjung ke Depok, belilah kue nastar di kota ini karena rasa kuenya dijamin berbeda dengan kue nastar lain yang pernah kamu coba sebelumnya.

Nastar dari Depok menggunakan selai buah belimbing. Jika biasanya nastar memakai selai nanas, kini kamu bisa menikmati nastar dengan rasa yang berbeda. Rasa nastar dengan selai belimbing ini dijamin tidak kalah nikmat dibanding nastar yang menggunakan selai nanas.

7. Keripik Tempe

Keripik Tempe

* sumber: ramesia.com

Setali tiga uang dengan emping melinjo, keripik tempe sebenarnya adalah makanan yang bisa kamu temui dengan mudah di setiap minimarket. Namun, saat sedang berkunjung ke Depok kamu wajib membeli keripik tempe khas Depok karena rasanya sangat gurih dan enak.

Tempe diiris setipis mungkin, dibumbui dengan rempah sederhana, dan digoreng hingga renyah. Keripik tempe homemade dari Depok ini merupakan cemilan yang bisa dinikmati oleh siapapun dari berbagai usia. Packing yang terjamin juga membuat keripik tempe ini tetap renyah saat dinikmati oleh orang-orang yang menerima buah tanganmu.

8. Sirup Belimbing

Sirup Belimbing

Masih membahas oleh-oleh khas Depok dari olahan belimbing dewa. Kali ini, Keluyuran akan merekomendasikan sirup belimbing. Jika sirup umumnya terbuat dari buah markisa, leci, atau jeruk, sirup yang satu ini diekstrak dari belimbing dewa segar.

Rasa manis alami yang ditawarkan sirup belimbing ini tidak bikin serik tenggorokan. Selain itu, sirup belimbing juga nikmat diminum dalam keadaan dingin. Kamu bisa menjadikan sirup belimbing ini sebagai oleh-oleh yang murah dan pasti disukai oleh penerimanya. Pasalnya, selain bisa dibuat menjadi minuman, sirup ini juga bisa dipakai untuk membuat kue dan hidangan penutup lainnya.

9. Biskuit Temma

Biskuit Temma

Depok memiliki beberapa makanan unik yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh. Selain makanan olahan belimbing, ternyata ada juga makanan olahan tepung kedelai atau tepung tempe. Tak tanggung-tanggung, hasil olahan tepung kedelai ini berupa biskuit yang bisa dinikmati oleh siapapun, termasuk balita.

Biskuit Temma merupakan biskuit yang dibuat dari tepung kedelai dan buah kurma. Biskuit tinggi protein ini dapat meningkatkan energi tubuh. Rasanya yang enak tidak kalah dengan biskuit-biskuit dari merk lain yang dijual di supermarket.

10. Jus Lidah Buaya

Jus Lidah Buaya

Saat cuaca panas enaknya membeli oleh-oleh yang segar, nih! Jus lidah buaya dapat menjadi alternatif terbaik jika kamu memang ingin membeli buah tangan yang segar. Masyarakat Depok memang terbiasa mengolah lidah buaya menjadi minuman jus yang segar.

Tak hanya menawarkan kesegaran saja, jus lidah buaya juga memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh. Adapun manfaat dari konsumsi jus lidah buaya adalah melancarkan pencernaan, menjadi anti-aging alami, dan menstabilkan kadar gula darah.

Wah, oleh-oleh khas Depok ini memang bisa bikin kita kalap belanja, ya! Kalau kamu ingin mencari oleh-oleh di atas, kamu dapat berkunjung ke tempat yang kami rekomendasikan dalam artikel tempat belanja oleh-oleh di Depok. Kamu juga bisa menambahkan barang atau makanan lain dari Depok yang cocok dijadikan oleh-oleh. Tulis saja rekomendasimu di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *