10 Oleh-Oleh Khas Gresik yang Sayang Jika Dilewatkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ketika berbicara tentang Kota Gresik, hal pertama yang akan kamu ingat mungkin semen karena kota ini dikenal memiliki pabrik semen terkenal. Namun, Kota Gresik juga memiliki sejumlah destinasi wisata alam yang terkenal, contohnya Pulau Bawean yang indah.

Jika berlibur ke Kota Gresik, pastikan kamu tak lupa untuk membawa oleh-oleh khas Gresik. Kira-kira apa saja oleh-olehnya? Simak di artikel ini, ya!

1. Kue Jubung

Kue Jubung

Oleh-oleh khas Gresik yang muncul yang menarik untuk dicicipi adalah kue Jubung. Kue yang satu ini terkenal di kalangan masyarakat di Kabupaten Gresik. Kue Jubung merupakan kue tradisional yang kelezatannya tak kalah dibandingkan kue-kue masa kini.

Biasanya kue jubung dibuat dengan menggunakan bahan dasar berupa ketan hitam asli bukan  campuran. Kemudian ditambahkan juga wijen sebagai bahan taburan untuk menaburi  seluruh permukaan kue. Sesudahnya adonan dibungkus menggunakan kulit pohon pisang.

Walaupun kue asli Gresik ini nampak sederhana, ternyata banyak diminati oleh para wisatawan. Tak mengherankan jika kue ini banyak dibeli untuk dibawa sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Kalau ingin membawa kue ini, kamu bisa beli di pusat jajanan rakyat yang ada di Gresik karena harganya lebih murah.

2. Kopi

Kopi

Untuk para pencinta kopi murni mungkin kamu mau mencoba kopi asal Kota Gresik. Kopi ini memiliki  cita rasa yang begitu istimewa yang berbeda dari pada kopi yang ada di daerah lain. Minuman yang mantap ini dibuat dari kopi jenis robusta yang merupakan racikan tangan orang Gresik sendiri.

Kopi sepertinya sudah mendarah daging dalam kehidupan masyarakat Gresik. Ini dapat dilihat dari banyaknya warung yang menjajakan kopi yang menyebar di tiap sudut kota itu. Untuk mencicipi kopi Gresik, kamu cukup mampir di warung pinggir jalan.

Kalau kamu mencicipi kopi di warung-warung, hargannya murah sekali. Biasanya sambil menikmati kopi, pengunjung juga mencicipi gorengan. Untuk oleh-oleh, kamu bisa membeli kopi di toko oleh-oleh dengan harga sekitar Rp14.000 per bungkus.

3. Bandeng Asap

Bandeng Asap

Olahan bandeng khas Gresik terkenal akan kenikmatannya. Bandeng asap merupakan salah satu olahan bandeng yang terkenal. Olahan bandeng ini bisa tahan sampai 1 hingga 2 hari. Salah satu tempat yang terkenal dengan bandeng asapnya adalah restoran Pak Elan.

Kamu bisa menikmati bandeng tanpa duri dimasak dengan cara diasap di restoran ini. Rasanya pasti super nikmat. Bandeng asap ini dibandrol dengan harga sekitar Rp55.000 per ekornya. Coba makan bandeng asap ini dengan cocolan petis, pasti kamu akan ketagihan.

Jadi kalau kamu liburan ke Kota Gresik, jangan lupa untuk mencicipi bandeng asapnya. Kalau ingin dibawa pulang sebagai oleh-oleh, kamu harus mampir ke Restoran Pak Elan. Nikmati bandeng asap bersama keluarga di rumah.

4. Otak-Otak Bandeng

Otak-otak Bandeng

Otak-otak bandeng adalah olahan bandeng lainnya yang bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh khas Gresik. Seperti namanya, kuliner dari Gresik ini dibuat dari ikan bandeng sebagai bahan utamanya. Rasa olahan bandeng ini perpaduan antara manis dan pedas.

Kalau ingin mencoba olahan bandeng ini, kamu bisa mencicipi otak-otak Bandeng Bu Muzanah. Otak-otak bandeng ini rasanya lezat dan nikmat serta tak berbahaya kalau dikonsumsi karena tanpa bahan pengawet. Walau tanpa pengawet, otak-otak ini bisa tahan hingga 2 hari.

Kalau kamu berkunjung ke Kota Gresik, pastikan untuk membeli oleh-oleh khas Gresik ini di toko oleh-oleh Bu Muzannah yang berada di jalan Sindujoyo no. 68. Toko ini buka sampai sebelum pukul 20.00 WIB. Kalau membeli di toko online harganya sekitar Rp51.500.

5. Kue Pudak

Kue Pudak

Selain kue jubung, kue dari Gresik yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Gresik adalah kue pundak. Kue pudak ini adalah jajanan rakyat khas penduduk Gresik. Sampai saat ini kue pundak menjadi oleh-oleh langganan yang dicari oleh para wisatawan.

Bahan dasar utama untuk membuat kue pundak adalah tepung beras yang diolah bersama gula jawa serta santan murni. Yang unik dari kue pundak adalah kemasannya yang menggunakan daun pinang. Kue ini terkenal memiliki rasa yang manis dan lezat di lidah sehingga susah berhenti memakannya.

Kalau kamu ingin membeli kue tradisional ini, langsung saja kunjungi  pusat jajanan di Jalan Sindujoyo No. 11 di Kabupaten Gresik. Harga kue pundak ini bergantung dari kemasannya, tapi tetap murah meriah sehingga tak bikin kantong bolong.

6. Petis

Petis

Selain dikenal memiliki makanan olahan yang lezat, Kota Gresik juga dikenal akan petisnya, yang menjadi bahan dasar untuk rujak. Biasanya penduduk Gresik tak hanya menggunakan petis untuk bumbu saja, tapi petis juga dijadikan untuk tambahan contohnya sambal yang dipadukan dengan udang kecil.

Petis dari Gresik juga berbeda dibandingkan dengan petis dari daerah lainya. Tekstur petisnya lembut tapi juga lunak serta tidak lengket. Sebenarnya kegunaan petis asli Gresik banyak sekali, yaitu untuk sajian makanan ringan, contohnya saat makan sate, lontong, atau juga rujak.

Jika ingin tahu rasa petis dari Gresik, pastikan kamu mengunjungi  beberapa pusat toko terlengkap yang ada di Kota Gresik. Kamu bisa membawa petis ini untuk oleh-oleh. Berminat untuk membeli petis dalam jumlah banyak? Tak usah khawatir karena petis ini dikemas dalam tempat yang praktis dan aman.

7. Keripik Bayam

Keripik Bayam

Jika liburan di Kota Gresik, tak lengkap kalau tak ditemani makanan ringan khas kota ini, seperti keripik bayam. Yang unik adalah keripik bayam ini banyak diburu oleh para pembeli saat akhir pekan. Yang menjadi bahan dasar oleh-oleh khas Gresik ini tentu saja sayuran bayam yang segar.

Daun bayam ini diolah dengan dilumuri tepung yang telah diberi bumbu sebelumnya. Berbicara soal rasa, keripik bayam ini memiliki rasa yang gurih, enak dan legit. Walaupun cara pembuatanya memakai alat tradisional tapi penampilan keripik ini tetap menarik.

Berita baiknya, olahan bayam ini dimasak tanpa menggunakan bahan pengawet. Oleh karena itu, kamu jangan ragu untuk membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Untuk membeli jenis makanan ringan ini, kamu bisa berkunjung ke daerah Sidokumpul, Gresik.

8. Bonggolan

Bonggolan

Makanan yang bisa kamu bawa juga sebagai oleh-oleh khas Gresik adalah Bongolan. Namanya mungkin terdengar asing di telinga beberapa orang. Bongolan dibuat menggunakan daging ikan yang dicampur dengan tepung kanji serta beberapa bumbu seperti garam, bawang, dan lain-lain.

Rasa olahan ikan ini gurih dan mantap. Kamu bisa juga mencoba membuatnya sendiri di rumah. Makanan ini dibungkus menggunakan daun pisang. Penyajiannya pun bisa menggunakan alas daun pisang. Kamu bisa membeli oleh-oleh ini di toko online seharga kira-kira Rp10.000 saja.

9. Kerupuk Ikan

Kerupuk Ikan

Masih ada makanan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Gresik yaitu kerupuk Ikan Payus khas Sidayu Gresik. Bahan untuk membuat kerupuk ini yaitu ikan Payus yang berasal dari Gresik. Kamu tahu tempura, kan? Kerupuk ini rasanya tak jauh lho dengan rasa tempura.

Untuk mendapatkan oleh-oleh kerupuk ini, kamu bisa membelinya di toko online seharga kira-kira Rp45.000 untuk kemasan ukuran 500 gr. Tentunya kerupuk ini bisa kamu jadikan sebagai teman nasi atau juga camilan lezat ketika sedang bersama keluarga.

10. Pernak-Pernik Asli Gresik

Pernak-Pernik Asli Gresik

Tak hanya makanan, Kota Gresik juga memiliki oleh-oleh yang lain berupa barang. Jadi selain membawa makanan kamu juga bisa membawa pernak-pernik asli Gresik. Contoh pernak-pernik itu adalah kaos dengan desain ala Gresik yang bisa kamu jadikan buah tangan untuk orang di rumah.

Kaos ini banyak sekali macamnya. Kamu bisa menentukan pilihan warna kaos, desain gambar, atau bahkan ukurannya. Untuk mendapatkan harga yang murah, kamu harus membeli dalam jumlah yang banyak. Penjual kaos biasanya ada di Jalan Arif Rahman Hakim, yaitu di depan SMK Semen Gresik.

Gresik tak hanya dikenal sebagai kota semen. Kota ini juga memiliki tempat wisata yang menarik. Kalau kamu jalan-jalan ke Kota Gresik, pasti akan mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang. Nah, oleh-oleh khas Gresik di atas bisa jadi pilihan kamu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *