8 Pilihan Oleh-Oleh yang Bisa Dibeli Saat Liburan di India

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 14 April 2020

India bisa menjadi tempat wisata di luar Indonesia yang layak kamu kunjungi. Apalagi, jika kamu hendak piknik di negara yang punya tempat wisata yang indah sekaligus bercorak spiritual. India punya beberapa kota yang menyajikan tempat wisata religi nan indah. Misalnya: New Delhi, Agra, dan Jaipur.

Selain mengandung kota dengan wisata religi, India juga punya beragam oleh-oleh yang khas. Amat disayangkan sekali bila kamu sampai tak membelinya. Kalau kamu belum tahu oleh-oleh khas India mana yang harus dibeli, Keluyuran akan memberikan beberapa pilihan di antaranya yang bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Kain Sari

Kain Sari

* sumber: www.sochstore.com

Oleh-oleh khas India pertama yang bisa menjadi pilihanmu adalah Kain Sari. Ini adalah sebuah kain dengan panjang mencapai 4 - 9 meter; dan memiliki warna yang beragam lagi cerah. Kain ini sering dipakai kaum Hawa di India, baik di dunia nyata maupun di layar lebar (film). Kain sari lazimnya dipakai dengan cara diikatkan ke kepala atau dililit di bagian pinggang.

Ada beberapa tempat yang lazim menjual kain khas India Ini. Salah satunya adalah Crawford Market yang bernama lain Mahatma Jyotiba Phule Mandai. Di tempat ini, kamu bisa membeli Kain Sari dalam beragam ukuran dan motif. Harga Kain Sari di sini lumayan variatif; tergantung dari tingkat kesulitan motifnya.

Kalau kamu tertarik belanja Kain Sari di Crawford Market, sila datang ke alamat lengkapnya di Dhobi Talao, Chhatrapati Shivaji Terminus Area, Dort, Mumbai, Maharashtra, India.

2. Miniatur Taj Mahal

Miniatur Taj Mahal

Belum lengkap rasanya bila tidak ke Taj Mahal saat di India nanti. Kamu tentu saja boleh ke tempat wisata India yang ikonik ini. Bahkan, kamu pun bisa membawa kenangan manismu di tempat wisata ini setelah pulang nanti. Caranya? Beli saja miniatur Taj Mahal!

Sama halnya dengan Taj Mahal asli, miniatur Taj Mahal juga dibuat dari bahan marmer putih. Hanya ukurannya saja yang membuatnya beda dengan versi aslinya. Miniatur ini bisa kamu temukan di sekitaran lokasi Taj Mahal. Bila tidak, kamu datang saja ke Janpath Market yang ada di New Delhi, India.

3. Teh India

Teh India

* sumber: www.archanaskitchen.com

Siapa bilang kalau produsen teh di Asia hanya Jepang dan Tiongkok saja? India pun juga punya teh bikinan mereka sendiri, lho. Bahkan, teh di negara ini punya kualitas yang dapat mengungguli teh Jepang dan Tiongkok.

Kualitas teh ini bisa terpancar berkat proses pembuatannya yang tak biasa. Teh India dipetik di kala bulan purnama tiba di bulan Juni. Jam pemetikkannya pun tak sembarangan. Daun Teh India harus betul-betul dipetik mulai pukul 00.00 hingga 03.00.

Setelah dipetik, daun teh pun lalu diolah sebagaimana teh lazimnya. Untuk beberapa jenis teh tertentu, daun teh tersebut biasanya bakal diolah sambil dicampur dengan bahan lainnya. Misalnya: Himalayan Spicy Tea yang merupakan campuran daun teh dengan kayu manis; cengkeh; kapulaga; lada hitam; dan jahe.

Untuk membeli oleh-oleh ini, kamu bisa datang ke toko-toko yang ada di Mumbai, Delhi, Agra, dan Jaipur. Soal harga, Teh India punya harga yang variatif; tergantung dari kualitas serta kuantitasnya.

4. Sepatu Mojari

Sepatu Mojari

Selain Kain Sari, kaum Hawa di India juga sering memakai sepatu tradisional negara mereka sebagai outfit utama. Sepatu tersebut tak lain adalah sepatu Mojari. Sepatu Mojari umumnya punya bentuk khas sepatu wanita non-hak tinggi pada umumnya. Namun, ada pula beberapa jenis sepatu ini yang bentuknya serupa sepatu Aladdin.

Ciri khas lainnya dari sepatu ini adalah adanya motif di bagian permukaan luarnya. Tak sampai di situ, sepatu ini juga dilengkapi aksesoris unik seperti manik-manik dan kulit kerang.  Oleh-oleh ini amat cocok untuk kerabat atau temanmu yang suka memakai sepatu yang lumayan artsy.

Kalau mau membeli sepatu ini di sentral pembuatannya, maka kamu bisa datang ke daerah Jaipur, Rajahstan, India.

5. Laddu

Youtube

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=rcphxlXIO2g

Kalau mau buah tangan India berupa makanan, maka Laddu adalah salah satu pilihan tepat. Laddu merupakan sebuah kue yang terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan sejumlah bahan makanan. Bahan makanan yang lazim dipakai biasanya berupa kacang, kelapa, dan/atau minyak samin.

Di India, makanan satu ini biasanya dipakai sebagai sesajen. Namun, kamu pun masih tetap bisa menjadikannya sebagai buah tanganmu kelak. Laddu relatif awet dan mudah dibawa; itu pun dengan catatan, kamu harus membawanya di tempat yang kedap udara lagi aman.

6. Halwa

Halwa

* sumber: www.archanaskitchen.com

Makanan India lainnya yang bisa menjadi pilihan buah tanganmu adalah Halwa. Ini adalah sebuah makanan yang terbuat dari wortel yang dihaluskan. Agar lebih nikmat, makanan satu ini biasanya disantap berbarengan dengan susu atau yogurt. Di India, makanan ini lazim disantap sebagai teman minum kopi. Makanan ini juga sering dipakai sebagai sajian hari besar keagamaan, terutama Idul Fitri.

Sebagaimana degan Laddu, Halwa pun juga mudah dibawa dan tahan lama. Asalkan, kamu bisa membawanya dengan benar. Untuk membawa buah tangan ini, pastikan untuk meletakkannya di tempat kedap udara, serta harus terpisah dari sejumlah bahan makanan lainnya.

7. Gelang India

Gelang India

* sumber: en.wikipedia.org

Pilihan oleh-oleh selanjutnya yang bisa kamu beli adalah Gelang India. Ini adalah sebuah aksesoris khas India dengan ciri khas berupa warnanya yang beragam. Buah tangan ini bisa kamu beli bersama dengan Kain Sari dan Sepatu Sepatu Mojari.

Dibanding buah tangan lainnya, Gelang punya harga yang amat terjangkau. Kamu bisa membelinya secara satuan atau paketan. Untuk membelinya, kamu bisa datang ke dua tempat berikut:

  • Colaba Causeway, Mumbai, Maharashtra, India.
  • Sarojini Nagar Market, Sarojini Nagar, New Delhi, India.

8. Tas Etnik India

Tas Etnik India

* sumber: dazzlinglannabags.blogspot.com

Ini adalah pilihan buah tangan khas India terakhir yang bisa kamu beli nanti. Buah tangan ini bisa menjadi pelengkap atau pilihan outfit khas India yang bisa kamu bawa pulang. Seperti halnya pada Gelang India, tas Etnik India juga punya ciri khas berupa warnanya yang beragam. Agar makin estetis, tas ini lazimnya diberi hiasan berupa manik-manik yang cantik.

Untuk membeli tas India, kamu bisa datang ke High Street Phoenix. Tempat ini letaknya persis di Tulsi Pipe Road, Lower Parel, Mumbai, Maharashtra, India.

India bisa menjadi alternatif tempat wisata di luar Indonesia. Ini tak lepas dari adanya kota-kota yang menyajikan tempat wisata yang indah dan bernuansa religi. Oleh-oleh khasnya pun lumayan banyak. Delapan di antaranya sudah disampaikan di atas. Kamu bisa membeli salah satu atau semua buah tangan tersebut; sesuai dengan bujet yang kamu punya.

Singgah juga di artikel tempat wisata di India ini untuk mendapatkan referensi destinasi wisata yang menarik di sana.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram